17 Cara Mengusir Nyamuk Dari Rumah Anda, Alami, Murah Dan Mudah Dilakukan

Cara mengusir bahkan menghilangkan nyamuk dari dalam dan luar rumah, alami, mudah dan murah

Nyamuk adalah drakula rumahan yang menyerang di siang dan malam hari, sejenis serangga kecil yang mampu terbang dan hidup di dua dunia (diperairan ketika masih menjadi larva dan pupa juga didaratan saat sudah dewasa). Mereka terbang berpatroli, kadang mengelilingi kepala anda  di sore hari. Beruntungnya mereka memiliki tubuh yang kecil, langsing dan gesit saat terbang ke sana dan ke sini. Jumlah mereka semakin banyak saat musim penghujan bergiliiran di suatu wilayah. Tidak ada seorangpu yang benar-benar mampu mengenali serangannya, datang mengendap-endap, tanpa suara dan tanpa rasa sakit (spesies tertentu saja). Kemampuan ini semakin mempermudahnya untuk mengisap darah segar manusia.

Ada banyak spesiesnya tetapi tiga yang sangat terkenal, yaitu Aedes aegypthy, Anopheles sp. Dan Aedes abopictus. Membawa masing-masing 3 penyakit endemik yang bisa saja menyerang terutama di musim penghujan. Penyakit itu yakni, demam berdarah, malaria dan kaki gajah.

  • Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue yang dapat menimbulkan perdarahan hebat bagi pasien, terutama yang masih anak-anak.
  • Malaria sejenis penyakit yang disebabkan oleh parasit plasmodium yang dapat menimbulkan shock, kejang-kejang dan step terutama pasien anak.
  • Kaki gajah merupakan penyakit yang disebabkan oleh cacing filariasis yang dapat menimbulkan penyumbatan di saluran limfe hingga pembengkakan di daerah kaki penderita.
  • Demam chikungunya adalah penyakit yang disebabkan oleh virus chikungunya yang dapat menimbulkan penyakit arthritis pada persendian pasien, pada akhirnya pasien akan menderita lumpuh layu.
  • Demam penyakit kuning yang menyebabkan demam panas dingin, nyeri otot, sakit kepala, kehilangan nafsu makan, mual dan muntah, demam tinggi.

Serangga kecil ini biasanya menggigit manusia yang satu dengan manusia lainnya secara berpindah-pindah. Ini mungkin disebabkan karena nyamuk itu sendiri sakit akibat kuman dalam darah manusia sehingga alat tusuknya/ proboscis melemah. Akibatnya satu orang tidak cukup untuk membuat mereka kenyang ditambah lagi pergerakan manusia yang cukup aktif memaksa mereka untuk menginjeksi beberapa orang agar bisa kenyang. Sebenarnya masih cukup banyak penyakit yang dapat ditularkan oleh nyamuk antara manusia dalam populasi tertentu.

Cara alami mengusir nyamuk dari lingkungan sekitar rumah anda

Teknik mengendalikan serangga yang kami anjurkan dalam bagian ini berwawasan lingkungan. Sebab pengendalian yang ramah lingkungan dapat dipakai dalam jangka panjang tanpa menimbulkan resistensi bagi serangga dimaksud. Cara-cara seperti ini sangat dibutuhkan di zaman yang serba egois seperti sekarang. Dimana manusia hanya berpikir untuk hidup sendiri (menyendiri) lalu dengan sengaja menekan dan menyingkirkan makhluk hidup lainnya.

Pembasmian massal terhadap spesies tertentu dapat mengganggu ekosistem hayati. Karena setiap makhluk hidup (termasuk serangga) mengambil peran penting dalam rantai makanan. Kehilangan satu komponen disana dapat menyebabkan ketidak seimbangan alam sehingga bersinggungan keras dengan kehidupan manusia (menyebabkan kerugian, penyakit dan sebagainya). Pada akhirnya ketidakseimbangan ini akan diresponi dengan memusnakah/ membunuh semua hewan dan serangga yang hidup disekitar kita.

Teknik yang kami anjurkan dalam bagian ini merupakan teknik alamiah yang memodifikasi lingkungan agar dijauhkan dari habitat alami nyamuk itu sendiri. Salah satu sisi yang kami manfaatkan adalah sistem rantai makanan. Musuh alami nyamuk tersedia banyak disekitar anda. Hanya perlu mengajak, memelihara dan ramah pada mereka sehingga predator ini membantu mengeliminasi vektor penularan penyakit di lingkungan anda. Berikut ini beberapa hal yang dapat kami rekomendasikan.

Cara yang sudah umum dilakukan

Kunci dari teknik ini adalah memutus mata rantai kehidupan nyamuk. Serangga ini memiliki kelemahan dalam siklus hidupnya yakni harus ada air untuk membuatnya berkembang biak. Jadi, inti dari pekerjaan ini adalah “mengusahakan bagaimana caranya agar nyamuk tidak sampai menyentuh pinggiran dan permukaan air“.

  1. Minimalisir terbentuknya genangan air yang tidak terkendali.

    Anda harus jeli melihat permukaan tanah di lingkungan sekitar rumah. Minimalisir terbentuknya lengkungan pada tanah. Perhatikan tempat pembuangan sampah dan telungkupkan wadah yang dapat menampung air hujan.

  2. Menutup tempat penampungan air.

    Bila anda memiliki tempat penampungan air bersih di rumah, tutuplah permukaannya agar serangga kecil ini tidak berkembang biak disana. Daerah dinding permukaan air merupakan dunia kedua bagi nyamuk sebagai tempat untuk meletakkan telur-telurnya.

  3. Menguras tempat penampungan air yang dimiliki.

    Sebelum larva menjadi dewasa membutuhkan waktu 1-2 minggu. Oleh karena itu alangkah lebih baik jika anda lebih sering menguras penampungan air yang dimiliki, sekali dalam tiga hari atau net-netnya sekali seminggu agar larvanya tidak sampai menjadi dewasa.
    Ini merupakan salah satu cara untuk memutus siklus kehidupan nyamuk sehingga serangga tersebut tidak menjadi dewasa.

  4. Mengubur sampah yang ada di sekitar anda.

    Alangkah lebih baik bagi anda untuk mengubur sampah yang dihasilkan oleh keluarga. Selain lebih aman hal ini juga turut membuat sampah itu menjadi pupuk bagi tanaman di sekitar lingkungan anda. Tidak lupa untuk menaburkan garam pada sampah yang akan dikubur agar lebih mudah dihancurkan oleh mikroorganisme dalam tanah. Memusnahkan sampah dengan melakukan aksi pembakaran menimbulkan polusi dan pencemaran lingkungan yang masif.

  5. Bersihkan rumah dan lingkungan sekitarnya.

    Kebersihan yang kami maksud adalah membebaskan rumah anda dari sampah organik misalnya bekas bungkusan makanan, sisa makanan, dan pakaian kotor. Sadarilah bahwa keringat merupakan salah satu sampah organik. Oleh karena itu hindari menumpuk pakaian kotor selama berhari-hari sebelum di cuci. Alangkah lebih baik bila tidak menggantung pakaian kotor di kamar.

    Memanfaatkan musuh alami nyamuk

    Pemangsa alami nyamuk terdapat dimana-mana. Asalkan anda tidak egois niscaya hidup bersama predator itu indah.

  6. Manfaatkan ikan.

    Tidak ada salahnya jika anda memelihara ikan di bak penampungan air yang dimiliki. Predator ini dapat menjadikan larva nyamuk sebagai salah satu sumber protein tinggi baginya.

  7. Gunakan kodok/ katak sebagai predator.

    Hewan ini kadang menjengkelkan bagi beberapa orang. Mereka memandang miris kehadiran kodok/ katak dilingkungannya karena suara bising yang dikeluarkan. Padahal hewan ini adalah pemangsa yang turut mengeliminasi larva serangga di dalam air dan mengawasi yang dewasa disekitar perairan.

  8. Biarkan laba-laba di sudut-sudut yang tidak penting dan ventilasi rumah anda.

    Binatang kecil yang sangat terkenal setelah marvel merilis filmnya yang berjudul “Spiderman”. Ternyata hewan ini tidak hanya bermanfaat di dalam film saja melainkan dalam kehidupan nyatapun khasiatnya sangat nyata.

    Menyingkirkan sarang laba-laba dari ruang tamu memang baik akan tetapi menyingkirkan sarangnya dari tempat-tempat yang tidak diperhatikan orang seperti di kamar mandi, halaman belakang dan tempat-tempat yang tidak sering didatangi oleh tamu adalah berlebihan. Selengkapnya, Kegunaan laba-laba yang hidup di sekitar rumah anda

  9. Jangan mengganggu cicak yang berpatroli di plafon rumah.

    Kadal kecil yang satu ini suka nongkrong di atas plafon rumah di malam hari. Sayang, beberapa anak yang jahil memanah/ mengkatapel mereka dengan karet hingga jatuh. Ini adalah perilaku yang tidak patut dicontoh karena tidak ramah lingkungan dan turut menghilangkan salah satu pemangsa potensial nyamuk.

  10. Jangan suka menangkap capung disekitar lingkungan anda.

    Capung sepertinya sepele sekali, mereka ada disekitar lingkungan kita. Sayang, karena bentuknya yang lucu dan unik terlebih ketika warnanya mencolok (seperti merah menyala) membuat adik-adik di rumah suka menangkap dan mempermainkannya. Oleh karena itu, mulai sekarang larang adek kecil anda untuk menangkapi serangga sembarangan sebab mereka punya peran penting dalam rantai makanan termasuk dalam menekan jumlah nyamuk pembawa penyakit.

    Memanfaatkan tanaman pengusir nyamuk yang mengandung minyak asiri

    Ini hanyalah beberapa contoh tanaman yang memancarkan aroma tertentu. Pada dasarnya, setiap tanaman yang memancarkan aroma semerbak mengandung minyak asiri yang tidak disukai oleh serangga pada umumnya.

  11. Tanam bawang putih di pekarangan depan dan belakang rumah

    Bawang putih merupakan salah satu komponen lingkungan yang tidak disukai oleh nyamuk. Anda dapat menanam beberapa diantaranya untuk menjadi barier alami. Anda juga dapat menamnya di tempat dari mana angin berasal.

  12. Tanam serai di tempat dari mana angin berasal

    Tanaman ini juga dapat mengeluarkan aroma yang tidak disukai oleh nyamuk. Wewangian ini disebut dengan minyak asiri. Tanamlah ia di tempat-tempat dari mana biasanya nyamuk datang dan memasuki rumah.

  13. Tanaman jeruk all variant

    Jeruk dan semua jenisnya memiliki minyak asiri pada daun dan buahnya. Pada dasarnya semua tanaman yang menyebabkan aroma semerbak dapat anda manfaatkan sebagai penghalang alami dari gangguan drakula kecil.

    Teknik mekanik yang umum

    Spesies tertentu memiliki larva yang tidak dapat hidup di lingkungan perairan yang mengandung mineral. Mereka hanya dapat bertahan pada air tadah hujan. Salah satunya adalah nyamuk Aedes aegypti.

  14. Gunakan kelambu saat tidur.

    Merupakan teknik mekanik kuno yang digunakan untuk menghindari gigitan drakula kecil. Penggunaan kelambu sangat efektif terutama bagi anak-anak anda dimalam hari. Efektivitas kelambu berada pada level 100%.

  15. Pasanglah kawat kecil di ventilasi tempat tinggal anda.

    Termasuk salah satu cara mekanik untuk melindung keluarga anda dari invasi segala jenis serangga di siang dan malam hari. Anda dapat membelinya di toko-toko bangunan terdekat di pasar.

    Cara kimiawi yang tetap alami

  16. Taburkan garam dalam air tadah hujan yang dimiliki.

    Merupakan cara kimiawi paling ramah lingkungan untuk membunuh larva nyamuk di dalam air yang digunakan.

  17. Taburkan kapur sirih di dalam air.

    Cara kimiawi lainnya yang dapat membantu anda mengeliminasi nyamuk dari dalam wadah penampungan air yang dimiliki.

Efek samping penggunaan bahan kimia untuk membunuh serangga

Pada dasarnya cara-cara alamiah yang kami ajukan disini hanya memanfaatkan dan memodifikasi lingkungan dimana habitat tempat nyamuk itu berada. Modifikasi yang kita lakukan hanyalah berusaha menekan jumlahnya tidak memusnahkannya sama sekali. Jadi setelah melakukan teknik yang telah kami sarankan ini masih terdapat beberapa drakula kecil di sekitar lingkungan anda.

Sesekali digigit nyamuk bukanlah masalah besar teman. Istilah kecil yang kami gunakan disini adalah “bagian dari menguji daya tahan tubuh sendiri“. Saat nyamuk menusukkan proboscisnya kedalam kulit maka antigen asing juga turut masuk kesana. Dengan demikian sistem imun anda akan bereaksi dan menyesuaikan diri untuk menanggapinya. Layaknya manusia seutuhnya, sistem imun yang telah teruji akan lebih kuat menangkal kuman penyakit yang datang dari luar. Akan tetapi gigitan yang terlalu banyak/ terlalu intens juga tidak sehat.

Membunuhnya sampai tingkat nol hanya dapat dilakukan oleh bahan kimia diantara menggunakan obat nyamuk, fogging, DDT dan lain sebagainya. Berikut efek penggunaan bahan kimia untuk membunuh serangga dirumah anda.

  1. Menyebabkan polusi, wewangian yang timbul sebenarnya tidak benar-benar baik untuk paru-paru manusia.
  2. Turut mengeliminasi serangga bermanfaat lainnya disekitar lingkungan rumah anda.
  3. Menimbulkan residu dalam paru-paru dan darah sampai menyebabkan penyakit.
  4. Mencemari air permukaan dan air minum anda.
  5. Mengotori permukaan peralatan makan dan minum.
  6. Mahalnya biaya yang dikeluarkan untuk membeli bahan kimia tersebut.
  7. Belum lagi tingginya biaya perawatan kesehatan ketika mata, kulit, tenggorokan, paru-paru dan organ pencernaan mengalami iritasi karenanya.

Pada intinya, kami mengajak anda untuk kembali memelihara lingkungan alami di sekitar anda sebab disanalah ada yang namanya keseimbangan lingkungan dimana serangga yang dihasilkan tidak terlalu berlebihan hingga menyebabkan penyakit.

Salam hijau!

Iklan

6 comments

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s