Alasan Mengapa Orang Tua (Orang Dewasa) Lambat Tapi Bijak

Alasan Mengapa Orang Tua (Orang Dewasa) Lambat Daripada Anak Muda

Saat kita masih muda dulu, lebih energik, lebih cepat dan lebih gesit saat melakukan segala sesuatu. Dimana kekuatan masih berada dipuncak tertinggi dan indrapun masih sangat peka mencerna segala sesuatu. Keadaan ini jugalah yang membuat kita lebih sensitif dalam beberapa hal dan mungkin juga terkesan lebay menanggapi sesuatu.

Anak muda masih sensitif dan lebay adalah hal yang biasa, biarkan mereka

Ketika masih remaja dan anak muda, indra sangat sensitif namun otak masih belum berkembang secara optimal. Inilah yang membuat mengapa terkadang anak muda tidak dapat mengendalikan keinginan indranya sebab rasa disana begitu kentara (jelas). Lain halnya ketika sudah dewasa (jadi orang tua) yang terjadi adalah kebalikannya pikiran bekerja optimal namun indra mulai berkurang sensitifitasnya.

Kawula muda sangat mudah terangsang oleh hal-hal yang berasal dari lingkungan luar. Ini dikarenakan fokus mereka yang seutuhnya ditujukan ke indra sedangkan pikirannya kosong. Biarkan saja mereka sensitif dan merasakan akibat dari sikapnya itu. Sehingga suatu saat mereka akan berubah jua. Otak yang tetap sadar membuat orang tua/ orang dewasa senantiasa berpikir (fokus kepada Tuhan) sehingga indra lebih mudah dikendalikan.

Fokus berpikir membuatmu lebih bijak

Inilah yang membuat kebanyakan orang tua menjadi lebih bijak dalam memandang dunia pada sudut pandang tertentu. Artinya, orang dewasa telah mengurangi fokusnya pada indra dengan segala kenikmatannya dan sekarang fokusnya diarahkan untuk berpikir, salah satunya dengan senantiasa fokus kepada Tuhan dalam Firman & puji-pujian kepada-Nya. Karena kita fokus pada pikiran maka berpikirpun lebih tajam. Sedangkan saat anda lebih fokus kepada indra maka anda lebih sensitif dan mudah terangsang (bereaksi lebay oleh karena perubahan disekeliling anda).

Sedikit perumpamaan tentang hubungan indra dan otak

Perumpamaannya seperti seorang penunggang kuda, indra adalah kudanya sedangkan jokinya adalah otak. Saat kudanya dibiarkan tanpa joki alhasil ia akan berlari secara acak (bebas) kemanapun itu. Sedangkan saat kudanya dikendarai oleh joki yang tepat maka mereka akan berlari dan mencapai garis finis bersama. Demikian jugalah indra kita bisa menjadi liar (penuh hawa nafsu) karena pikiran sedang kosong sama sekali.

Sedikit cerita tentang indra mata yang kami miliki. Dahulu mata ini bisa melihat dengan jelas objek yang berada cukup jauh. Akan tetapi saat ini, jangkauan mata ke tempat yang lebih jauh mulai berkurang. Namun bila diperhatikan dengan seksama (membutuhkan waktu beberapa saat) untuk dapat mengenalinya. Demikian halnya juga saat ada objek yang terlalu cepat bergerak di depan kami. Pasti tidak begitu mengenal detai dan ciri khas objek tersebut. Apakah anda sebagai orang yang sudah tua mengalami hal ini?

Alasan mengapa orang dewasa/ orang tua lebih lambat dari anak muda.

Kemungkinan hanya kakek-nenek yang sudah tua banget yang mengalaminya. Kami pasti mengalami penurunan fungsi indra lebih cepat akibat aktivitas yang terlalu intens di depan LCD. Tapi biar bagaimanapun, apa yang kami alami pasti akan dialami oleh orang dewasa lainnya, cepat atau lambat. Penurunan fungsi pada indra ini membuat kita membutuhkan waktu lebih banyak untuk merespon aktivitas lingkungan.

Lambatnya respon indra terhadap rangsangan yang datang dari luar secara tidak langsung turut membuat aktivitas keseharian kita melambat. Demikian jugalah saat kita menikmati hidup. Saat melakukan apapun agar indra lebih bisa merasakan kenikmatannya maka lakukanlah secara perlahan saja. Mau makan pelan saja biar nikmatnya terasa, mau jalan-jalan perlahan saja agar suasananya bisa dinikmati bahkan mau bercintapun lakukanlah dengan sabar agar kenikmatannya itu terasa di indra.

Begitulah kehidupan kita di dunia ini, saat masih muda kita harus lincah, gesit dan cepat untuk bisa berhasil dalam pertandingan yang sesungguhnya. Akan tetapi ketika anda sudah dewasa dan menua maka anda butuh pergerakan yang lebih santai dan sedikit lambat agar dapat menikmati keberhasilan yang telah diraih selama ini.

Fokus indra semakin terangsang, Fokus berpikir semakin bijak. Salam santun!

Iklan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s