Cara Memperkuat Batang & Akar Pohon – Alasan Mengapa Pohon Cepat Tumbang Diterpa Angin Kencang

Cara memperkuat akar dan batang tanaman, faktor penyebab pohon tumbang

Seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa pohon adalah makhluk hidup terkuat di bumi ini. Merekalah “The Guardian” yang melindungi dunia ini dari berbagai ancaman bencana alam yang besar. Jika mereka hanya 1, 2 atau 3 pokok saja tidak akan memberi pengaruh banyak. Akan tetapi saat pepohonan berkerumun dalam suatu wilayah membentuk hutan maka disanalah banyak kehidupan di topang termasuk manusia.

Tanpa pohon maka dunia ini akan kepanasan karena terpaan sinar matahari langsung. Kuatnya energi matahari, menarik bumi untuk tetap berputar-putar pada orbitnya. Kemampuan tumbuhan hijaulah yang telah mengurangi panasnya energi itu dengan cara menyerapnya lalu mentransformasikannya dalam bentuk-bentuk lain (senyawa kompleks) yang lebih bermanfaat.

Sebatang pohon sangatlah berarti bagi kehidupan. Pastikan anda tidak menebangnya sembarangan karena alasan yang tidak jelas, lakukanlah itu untuk sesuatu yang bermanfaat untuk keberlangsungan hidup anda. Sebab pepohonan seperti AC yang selalu memberi rasa sejuk bagi bumi ini. Oleh karena itu daripada uang anda habis menginstal air conditioner di dalam rumah, lebih baik tanam pepohonan disekitar tempat tinggal anda untuk membuat suasananya lebih nyaman dan sejuk.

Sedikit masalah yang kita temukan di daerah perkotaan tepatnya dipinggiran jalan yang ditanami pepohonan yang rimbun. Ada masa dimana mereka tidak kuat lagi menahan terpaan angin yang begitu kencang. Saat suatu daerah tidak memiliki cukup banyak tumbuhan hijau untuk menyerap energi matahari maka suhu udara di tempat tersebut semakin memanas (global warming). Keadaan  ini membuat cuaca buruk yang datang bersama angin yang sangat kencang dari daerah bertemperatur rendah menuju daerah dengan temperatur tinggi. Ujung-ujungnya bisa menjadi angin topan, putting beliung bahkan tornado.

Faktor penyebab tumbangnya pohon di pinggir jalan.

Ada beberapa alasan mengapa pepohonan berjatuhan/ tumbang/ patah di daerah perkotaan. Selain karena faktor eksternal juga karena faktor internal. Saat kedua faktor ini bergabung menjadi satu niscaya dampak kerusakannya besar. Berikut faktor penyebab pohon tumbang yang kami ketahui.

  1. Kekurangan unsur hara – natrium. Tahukah anda bahwa ketika manusia kekurangan garam dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari maka kebutuhan natrium akan diekstraksi/ diambil dari tulang anda? Saat seseorang kekurangan mineral ini maka tubuh secara otomatis mengambil cadangannya yang disimpan dalam tulah. Akibatnya tulang anda rapuh, keropos dan mudah cidera/ patah. Pahamilah bahwa tulang adalah batang pohon kecil dalam tubuh manusia. Jika manusia saja dapat mengalami tulang keropos maka pohon juga dapat mengalami kerapuhan batang akibat kekurangan unsur hara khususnya sodium klorida.
  2. Terbatasnya kemampuan akar untuk mengembang mencari zat gizi yang dibutuhkannya. Ketika anda menanamnya dipinggir jalan, diantara aspal dan tembok maka secara tidak langsung keadaan yang menghimpit ini akan membatasi kemampuan akar untuk mengeksploitasi unsur hara di dalam tanah. Kekurangan zat hara akan memaksa pohon tersebut untuk mengambil cadangan zat gizi yang disimpan pada batangnya. Jika proses ini terus berlanjut niscaya batangnya akan mengalami keropos dan mudah patah.
  3. Kemarau panjang – hujan jarang turun. Masa tanpa curah hujan yang cukup adalah masa paceklik bagi tanaman. Darimana lagi ia memperoleh asupan unsur hara bila air hujan jarang menyentuh tanah? Akibatnya, keadaan ini menyebabkan diambilnya beberapa unsur hara esensial dari cadangan makanan yang disimpan pada batang-kayu tumbuhan tersebut. Jika keadaan ini terus berlanjut maka lama kelamaan konsentrasi/ kerapatan kambium akan terus berkurang hingga membuatnya cepat tumbang walau hanya diterpa oleh angin kencang saja.
  4. Penyakit busuk akar. Ditandai dengan proses cepat pelapukan pada akar/ batang tanaman tertentu. Sehingga akar tidak mampu lagi menahan beban diatasnya lalu menyebabkan pohon tersebut tumbang tanpa ada sebuah faktor yang nyata menjadi penyebabnya.
  5. Karena semen yang menutupi permukaan tanah. Saat permukaan tanah tempat tanaman tersebut dicangkokkan/ ditanamkan disemen/ dicor permanen sehingga memberikan efek yang jelas. Saat dedaunan berjatuhan dari ranting pohon maka secara tidak langsung dedaunannya yang tergeletak di atas tanah akan membusuk lalu kembali menjadi pupuk bagi keberlangsungan hidup kedepannya. Saat permukaan tanah disemen permanen maka kompos tanah berkurang karena dedaunan yang jatuh tidak lagi membusuk melainkan akan disapu bersih oleh petugas kebersihan ke tempat pembuangan sampah sementara. Artinya, perolehan unsur hara berkurang karena keadaan ini.
  6. Faktor usia. Sebenarnya pohon tidak mengenal usia. Ia dapat berusia hingga puluhan, ratusan hingga ribuan tahun kedepannya. Semuanya tergantung dari kecukupan unsur hara yang dimilikinya. Jika cukup, maka akan terus hidup sedangkan jika merasa kekurangan maka sebaiknya, melepaskan tanggung jawab itu lalu mengakhiri semuanya. Faktor tumbangnya tanaman hanyalah akibat sekunder karena selama ini sebenarnya pohon tersebut menderita kekurangan garam tanah.
  7. Faktor angin kencang/ topan/ putting beliung. Angin yang hembusannya diluar batas kecepatan normal berpotensi menumbangkan pohon yang anda sayangi. Oleh karena itu usahakanlah untuk tetap tenang saat terjadi hal seperti ini lalu sambil berharap kepada Tuhan agar tidak terjadi sesuatu yang aneh-aneh setelah hembusan angin yang sangat kencang itu. Biar bagaimanapun juga, walau kekuatan angin cukup besar namun bila akar dan batang/ kayunya kuat menahan niscaya hal-hal buruk tidak akan terjadi.

Cara memperkuat akar dan batang kayu pohon agar tidak mudah tumbang diterpa angin dan usia

Pernahkan anda berpikir mengapa batang pohon kelapa yang ditanam di tepi pantai begitu kuat bahkan sering dijadikan sebagai jembatan darurat? Ini karena kandungan garam yang tinggi didalamnya. Jadi kunci utama untuk memperkuat pohon adalah GARAM. Demikian halnya juga dengan tulang manusia, kunci utama untuk memperkuat tulang adalah GARAM.

Simak teman, Bahaya garam dan cara mengimbanginya

Setelah mengetahui faktor yang menyebabkan pepohonan berjatuhan dengan mudahnya maka sekarang mari kita bahas bersama apa saja usaha yang dapat dilakukan untuk meminimalisir bahkan bila perlu mencegah tumbangnya pepohonan yang ditanam di tengah kota. Berikut selengkapnya.

  • Satu-satunya cara alami agar nutrisi pohon dapat terpenuhi setiap saat yaitu dengan cara mempertahankan curah hujan. Sebab secara tidak langsung air hujan membawa unsur hara yang sangat dibutuhkan oleh tumbuh kembang anak-anak anda.
  • Untuk melengkapi kebutuhan mineral bagi tanaman anda maka taburkan/ siramilah dengan pupuk garam setidaknya sekali dalam dua minggu atau bisa juga sekali sebulan saja. Dengan demikian kandungan cadangan makanan dalam batangnya tidak menipis untuk memenuhi kebutuhan pohon itu sendiri. Beberapa manfaat garam dalam hal itu yakni memenuhi kebutuhan makro dan mikro, mencegah pengeroposan batang-kayu tanaman dan menyembuhkan penyakit busuk akar/ batang.
  • Alangkah baiknya jika pupuk dari NaCl ini pemberiannya dicampurkan dengan bahan-bahan sisa kehidupan lainnya. Misalnya urin, feses, rumput-rumputan, serbuk kayu dan lain sebagainya.
  • Jaga lingkungan anda dari pencemaran lingkungan yang berpotensi menyebabkan bencana alam seperti angin kencang/ topan/ putting beliung/ tornado. Sebaiknya lakukanlah pekerjaanmu dengan tekun dan benar untuk melindungi dan melestarikan segala aset yang ada didalamnya.
  • Alangkah lebih baik jika anda tidak hanya menanam sebatang atau dua batang saja melainkan saat pepohonan bergerombol bersama mereka lebih kuat bahkan dari terjangan angin topan sekalipun.

Asupan garam yang mencukupi dapat memperkuat dan memperkokoh batang dan akar tanaman anda. Bahkan bila perlu sekalian membuatnya menjadi panjang umur juga!

Salam lingkungan alamiah!

Iklan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s