Sebatang Pohon Sama Dengan Satu Unit AC (Air Conditioner) – Tanamlah Pohon Disekitar Tempat Tinggal Anda

Sebatang Pohon Sama Dengan Satu Unit AC (Air Conditioner) – Tanamlah Pohon Disekitar Tempat Tinggal Anda

Pohon adalah komponen terbesar dalam hutan. Ia berperan melindungi banyak tanaman kecil dan hewan di bawah daun dan ranting-rantingnya. Peran utamanya adalah (1) untuk menyerap panas matahari, (2) menyerap CO2, (3) membentuk senyawa kompleks dan (4) membuat udara sejuk di sekitarnya. Semua manfaat ini dapat dirasakan senyatanya saat pepohonan yang ada membentuk sebuah ekosistem hutan. Kemudian lirik juga, Manfaat hutan dan pepohonan didalamnya

Rasa sejuk yang ditunjukkan oleh keberadaan pepohonan disekitar pemukiman anda membuat rumah, nyaman ditempati. Ini terjadi karena semua tanaman hijau dapat menyerap panas matahari secara permanen. Lagipula sirkulasi udara selalu lancar dari temperatur rendah ke tempat dengan temperatur tinggi sehingga timbullah yang namanya angin sepoi-sepoi yang menambah sejuknya hidup diantara pepohonan yang rindang.

Sebaliknya, kami sendiripun kagum dengan kecerdasan kaum kita yang mampu membuat penyejuk udara otomatis dari mesin. Keampuhannya dalam memberikan rasa sejuk mudah dikendalikan dalam satu remote control. Rasa dingin yang diberikannya justru lebih baik dan lebih dingin dari apa yang ditawarkan oleh bahan alami lainnya, misalnya saja pohon.

Sayang, hasil rancangan tangan manusia tidak selalu murni positif. Artinya, selalu ada harga mahal yang harus dibayar dibalik kesejukan yang ditimbulkannya. Bahkan bisa dikatakan dampaknya 50 : 50. Jadi setiap rasa sejuk yang dihasilkan oleh teknologi AC (air conditioner) sebanding dengan kerugian yang ditimbulkan oleh pembeku kimiawi (CFC) didalamnya lalu ditambah lagi dengan konsumsi listrik yang sangat tinggi (boros) per 24 jam.

Dari sinilah kami mengerti bahwa peran lingkungan alami sangat berbeda dengan manfaat yang diberikan oleh teknologi. Saat apa yang diciptakan oleh Yang Maha Kuasa memberikan manfaat 100% sedangkan rancangan teknologi manusia selalu menimbulkan efek samping yang kentara bagi manusia itu sendiri dan lingkungan hidup (alam) di sekitarnya.

Ciptaan manusia : Teknologi bermanfaat sekaligus memiliki efek samping

Manusia mencipta sekaligus merusak tatanan alamiah yang sudah ada selama ribuan tahun silam. Kaum cendekiawan berpikir untuk menyaingi perbuatan tangan Tuhan yang sempurna dan ajaib. Mereka berpikir untuk menggantikan tatanan yang sempurna itu (tumbuhan hijau termasuk pohon) dengan teknologi dan mesin yang diciptakan berdasarkan akal pikirannya yang terbatas. Inilah dosa manusia yang terbesar, selalu berpikir untuk menyaingi Tuhan yang di atas bahkan bila perlu melebihinya.

Bodohnya kitapun, kok bisa ya menyambut teknologi AC dengan tangan terbuka? Bahkan dengan bangganya mempopulerkan kemampuan air conditioner tersebut melalui media lokal dan nasional, elektronik dan cetak, audio dan audio visual. Sebenarnya, kita terlalu meng-agung-agungkan keajaiban teknologi yang ditawarkan oleh orang-orang cerdas. Oleh karena itu, jangan asal menggunakan teknologi apapun sebelum mengetahui manfaat dan dampak negatif yang ditimbulkannya bagi lingkungan hidup.

Lindungilah ciptaan Tuhan

Pada kenyataannya, kamipun sedih saat anda menebang satu pohon hanya untuk sekedar dibakar habis atau untuk tujuan sia-sia lainnya. Pastikan anda melakukannya untuk sesuatu yang bermanfaat demi kehidupan yang lebih baik. Sebab membabat habis tumbuhan hijau sama dengan mengurangi kemampuan bumi untuk menetralkan panasnya sinar matahari langsung. Seperti kata pepatah, “sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit, pemanasan global yang masif baru kentara saat bencana alam terjadi”.

Sebatang pohon adalah satu unit AC bertegangan tinggi

Jadi, kesimpulannya adalah sebatang pohon sama dengan satu unit AC dengan tegangan tinggi (kapasitas besar). Sayang teknologi air conditioner memiliki efek samping yang merusak lingkungan. Sedangkan pepohonan yang ada disekitar anda murni 100& alami dan ramah lingkungan. Bahkan masih banyak lagi manfaat yang dapat anda tuai ketika menanam pohon disekitar pekarangan rumah anda, yaitu lingkungan rumah anda lebih kaya oksigen (teroksigenasi), buah yang dihasilkannya dapat dikonsumsi (misalnya mangga, sirsak, seri dan lain-lain) dan nilai keindahannya juga bertambah-tambah eksotik nan unik.

Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana bila kesejukan disekitar rumah anda menarik minat binatang buas? Menurut kami sendiri, jika lingkungan hutan disekitar tempat tinggal anda masih terjaga baik maka hewan liar tidak akan mengunjungi rumah anda. Lagipula siapakah yang mau mengunjungi rumah monster (bagi binatang yang ukurannya kecil manusia dilihatnya sebagai monster)? Selain itu masih banyak faktor-faktor yang dapat anda kendalikan untuk menghalau binatang buas dari lingkungan rumah anda.

Rasa sejuk adalah anugrah bagi setiap manusia yang tahu bagaimana cara melakukannya. Tidak ada sesuatu yang lebih menenangkan permukaan kulit dan pikiran selain dari kesejukan udara sekitar. Tunggu apa lagi, daripada membeli AC, tanamlah pohon atau setidak-tidaknya bunga disekitar tempat tinggal anda!

Salam hijaukan Indonesia!

Iklan

2 comments

  1. […] Dalam banyak kesempatan, manusia selalu merasa bahwa dirinya hebat adanya bahkan lebih lagi, yakni luar biasa. Tetapi sesungguhnya lingkungan alamiahlah yang lebih luar biasa dari kita. Yang kita lakukan hanyalah meniru apa yang sudah ada atau beberapa juga menghubung-hubungkan apa yang sudah ada untuk diadaptasikan dan diimprovisasi sehingga jadilah sebuah teknologi. Pada dasarnya hampir semua teknologi yang ada saat ini adalah hasil jibalkan ilmu pengetahuan dari lingkungan sekitar. Salah satunya adalah alat elektronik penyejuk udara (air conditioner – AC). Simak juga, Pohon adalah AC alami. […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s