27 Manfaat Hutan: Pohon Sebagai Penjaga Dan Penyeimbang Aktivitas Manusia

Manfaat Hutan Pohon Sebagai Penjaga Dan Penyeimbang Aktivitas Manusia

Keberadaan hutan tidak pernah lepas dari kehadiran pohon disana. Memiliki keberagaman flora dan fauna di dalamnya. Semakin dekat hutan tersebut maka semakin tinggi keanekaragaman itu. Akan tetapi semakin jauh letaknya dari khatulistiwa (dekat dengan kutub) maka akan semakin rendah keanekaragaman itu. Banyak yang terjaga & terlindungi karena keberadaannya.

Seperti yang kami katakan pada artikel sebelumnya bahwa energi matahari berputar-putar mengelilingi bumi. Permukaan tanah seperti magnet yang menjaga energi tersebut tetap pada tempatnya. Pada awalnya suhu permukaan bumi sangat tinggi bahkan melebihi panasnya Gurun Danakil di Ethiopia. Perlahan-lahan klorofil (yang dimiliki oleh semua tanaman hijau termasuk pohon dan mikroorganisme) mengubah energi tersebut ke dalam bentuk lain, diantaranya menjadi karbohidrat, lemak, protein dan masih banyak bentuk senyawa kompleks lainnya disekitar kita.

Dapatlah kita katakan bahwa sesungguhnya yang menjadi pelindung bumi ini adalah pohon. Sebab, ia mampu mengubah zat/ unsur menjadi senyawa yang lebih bermanfaat bagi kehidupan kita. Sedangkan manusia dan hewan hanyalah sebagai penghancur yang memanfaatkan senyawa tersebut untuk mendukung aktivitasnya sehari-hari. Pohon di dalam hutan melindungi kita dari angin kencang, erosi, tanah longsor, banjir dan bencana alam yang lainnya. Oleh sebab itu, sadarilah dan lindungi dia kembali dari hawa nafsu dan keserakahan kaum kita.

Jumlah pohon (dan tumbuhan lainnya) yang masih tersisa saat ini berbanding terbalik dengan suhu permukaan bumi. Artinya, semakin banyak tanaman hijau maka permukaan bumi semakin sejuk. Akan tetapi semakin sedikit pohon maka suhu permukaan bumi semakin tinggi (Terjadinya global warming). Saat ini, efek rumah kaca sudah di depan mata dengan kecepatan degradasi yang tinggi seiring dengan semakin tingginya alih fungsi hutan dimana-mana.

Belakangan ini, manusia tertawan oleh hawa nafsunya sendiri. Oleh karena minatnya akan teknologi yang sangat tinggi membuatnya melupakan hutan dan pohon didalamnya. Hawa nafsu telah menawan setiap manusia di dalamnya. Demi alasan uang & kenikmatan duniawi, banyak orang yang merusak hutan. Degradasi yang terus terjadi semakin memperkecil jumlah pohon di dunia ini.

Sepertinya manusia telah terbius oleh indah dan megahnya teknologi. Jaman sekarang, teknologi merupakan bagian penting untuk menikmati hidup. Ini membuat orang berbondong-bondong untuk memilikinya secara pribadi. Padahal saat hal itu dimiliki tidak ada lagi keseruan di dalamnya melainkan semuanya menjadi biasa saja. Mereka tidak sadar bahwa pemanfaatan teknologi dalam jumlah besar (berlebihan) membutuhkan sumber daya yang besar. Energi yang telah dimanfaatkan akan dilepaskan ke udara sehingga meningkatkan beban panas (suhu permukaan bumi).

Satu hal lagi yang menjadi penyebab penyakit kronis, degradasi lingkungan adalah UANG. Sadar atau tidak, uang yang terlalu banyak akan memperpendek umur dunia yang kita tempati. Sebab, semakin banyak uang maka semakin tinggi pemakaian sumber daya. Artinya energi yang dibebaskan ke udara semakin banyak pula sehingga mendorong terjadinya gelombang panas yang memakan korban. Oleh karena itu minimalisir penggunaan uang anda pada hal-hal yang penting saja teman.

Pada akhirnya, kerusakan lingkungan alamiah menguntungkan pihak pengembang teknologi alias pengusahan. Sebab segala kenyamanan yang diberikan oleh alam kini diperdagangkan. Ujung-ujungnya yang dapat hidup tenang dan nyaman hanyalah kaum borjuis saja (orang kaya). Sedangkan masyarakat ekonomi menengah ke bawah mengalami penderitaan langsung akibat degradasi lingkungan, misalnya bencana alam.

Manfaat hudan dan pohon pada umumnya dalam berbagai bidang kehidupan manusia

Baiklah setiap orang menyadari betapa pentingnya pohon sebagai The Guardian atas bumi ini. Tanpanya mustahil masing-masing dari kita bisa hidup tenang dan nyaman. Jadi, sekarang silahkan pilih: mau kenyamanan yang ditawarkan lingkungan alamiah yang murah dan mudah didapatkan atau kenyamanan yang ditawarkan oleh teknologi yang merusak lingkungan dan sangat mahal harganya? Pilihan anda mempengaruhi tindakan kedepannya dan mampu memperpendek atau memperpanjang umur bumi.

Berikut ini, beberapa hal yang kami ketahui tentang manfaat pohon bagi kehidupan manusia, diantaranya adalah.

Manfaat langsung dari hutan dan pohon di dalamnya.

  1. Mengubah/ mengikat mineral (zat) yang bebas di alam (baik di dalam tanah maupun di udara) menjadi bahan yang kompleks dan dapat dimanfaatkan oleh makahluk hidup lainnya.
  2. Kayunya dimanfaatkan sebagai bahan bangunan.
  3. Batangnya dimanfaatkan sebagai bahan pangan. Misalnya sagu.
  4. Daunnya dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan. Contohnya daun jambu, daun sirsak, daun sukun dan lain sebagainya.
  5. Buahnya dapat dikonsumsi. Selain kaya dengan vitamin dan mineral, buah pohon juga kaya dengan antioksidan.
  6. Setiap bagiannya dapat dimanfaatkan sebagai karya seni. Misalnya seni ukir, beduk, gendang, seni lukis dan lain-lain.
  7. Digunakan sebagai pembungkus makanan. Misalnya daun pisang dan daun kelapa (membuat ketupat).
  8. DIpakai untuk membuat mainan anak. Misalnya tempurung kelapa, bambu dan lain-lain.
  9. Dijadikan alat musik. Misalnya seruling, angklung, sasando dan lain sebagainya.
  10. Sebagai bahan baku pembuatan kertas. DIgunakan di berbagai instansi dan perkantoran.
  11. Menjadi salah satu sumber penghasilan ekonomi rumah tangga. Anda dapat menjualnya perbatang atau tidak akan pernah sama sekali.
  12. Bahan dasar pembuatan gas (bahan bakar). Misalnya pembusukan eceng gondok oleh mikroorganisme yang ditujukan untuk membuat gas untuk pemakaian skala kecil rumahan.
  13. Bahan dasar pembuatan minyak (biodiesel). Penggunaan minyak kelapa sawit sebagai biodiesel yang digunakan untuk mengoperasikan/ menjalankan mesin.

    Manfaat tidak langsung dari hutan dan pohon disekitar anda untuk menghentikan pemanasan global

    Manfaat pohon secara tidak langsung baru dapat terasa apabila jumlahnya banyak atau setidak-tidaknya membentuk suatu ekosistem hutan. Pohon secara personal bukan apa-apa tetapi ketika jumlah mereka banyak maka dampaknya terhadap kehidupan manusia sangat nyata/ kentara.

  14. Sebagai paru-paru dunia.

    Apabila manusia dan hewan memerlukan oksigen dari lingkungan seumur hidupnya. Tetapi tumbuhan hijau malah sebaliknya, memerlukan karbon dioksida dari lingkungan seumur hidupnya. Jadi, ada korelasi yang saling ketergantungan antara klorofil dan makhluk hidup  lainnya. Tanaman menghasilkan oksigen yang diperlukan oleh paru-paru manusia dan hewan.

  15. Memberi rasa sejuk – menurunkan suhu permukaan bumi.

    Seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa pohon dan hutan berperan untuk menurunkan suhu permukaan bumi. Ia menyerap banyak energi matahari untuk mengubahnya ke dalam bentuk lainnya. Tumbuhan hijau juga berperan aktif dalam membersihkan udara dari berbagai-bagai macam bentuk polutan, baik yang disebabkan oleh kendaraan bermotor, pabrik/ industri, pembangkit listrik tenaga diesel dan aktivitas rumah tangga lainnya. Ia dikenal juga sebagai AC alami.

  16. Salah satu tiket untuk mengundang datangnya hujan.

    Banyak faktor yang membuat hujan selalu turun sepanjang tahun di daerah tropis, salah satunya adalah pengaruh kondensasi awan yang dipicu oleh udara sejuk yang dihasilkan oleh hutan tropis.

  17. Menjaga air tanah tidak kering karena proses pemanasan oleh matahari.

    Jika cahaya matahari langsung mengenai permukaan tanah maka perlahan tapi pasti, air tanah terus menguap bahkan sampai membuatnya tandus dan retak-retak. Tanah seperti ini tidak bisa lagi ditumbuhi oleh tanaman secara langsung melainkan harus melalui proses rehabilitasi yang membutuhkan waktu lama.

    Sistem tanam tumpang sari sangat cocok untuk dikembangkan guna melindungi permukaan tanah dari sinar matahari langsung. Misalnya antara pohon karet dan ubi jalar, pohon jeruk dan jagung, pohon mangga dan cabe, dan masih banyak lagi. Tumpang sari dilakukan berdasarkan perbedaan struktur akar antara akar tunggang dan akar serabut.

  18. Mengundang pergerakan angin dan menahan angin kencang.

    Angin selalu mengalir dari lingkungan dengan suhu udara panas menuju ke lingkungan dengan suhu udara sejuk seperti di daerah hutan dan sekitarnya.

    Keberadaan pepohonan yang rimbun seperti di daerah sekitar hutan dapat menjadi tameng/ penghalan yang dapat memecahkan dan melemahkan tiupan angin kencang.

  19. Merekatkan tanah dan memperkuat strukturnya.

    Struktur akar pepohonan di dalam hutan lebih kuat dari segala bentuk pondasi yang diciptakan oleh manusia, baik itu kaki gajah maupun cakar ayam. Selain itu, akarnya saling mengikat/ berikatan satu sama lain. Kemampuan akar-akarnya untuk mencengkram dan mengikat tanah satu sama lain sangat baik sehingga tanah tersebut tidak mudah pecah apalagi bergeser bergeser.

  20. Mencegah terjadinya erosi tanah.

    Erosi tanah masif terjadi pada tanah yang gundul. Akar pohon dapat membatasi pergerakan air di atas permukaan tanah. Lagipula dedaunan yang berguguran dapat menutupi permukaan tanah sehingga aliran air tidak menyentuh dan membawa lari tanah permukaan.

  21. Menjauhkan anda dari banjir.

    Salah satu penyebab banjir adalah berkurangnya debit air yang mampu diserap oleh tanah sehingga aliran air permukaan bertambah deras (volume dan kecepatannya) sehingga terjadilah banjir. Kemampuan pepohonan untuk menahan laju air permukaan didukung oleh kemampuannya memecahkan (mengurangi kecepatan dan intensitas yang jatuh ke tanah) dirus hujan yang jatuh dari langit, struktur akar pohon yang timbul di atas tanah dan dedaunan yang berguguran.

  22. Menghindarkan anda dari tanah longsor.

    Struktur pepohonan yang saling terikat satau sama lain semakin memperkuat ikatan tanah sehingga bencana longsor di musim hujan dapat menjauh dari daerah anda.

  23. Meminimalisir kerusakan akibat gempa bumi.

    Akar pepohonan di hutan sangat kuat dan saling terhubung satu sama lain.. Artinya, saat anda mencoba mencabut satu maka yang lainnyapun akan tercabut. Keadaan ini sangat membantu mengokohkan tanah sehingga tidak ada keretakan yang berarti saat terjadi gempa bumi.

  24. Menambah nilai estetika lingkungan alamiah.

    Entah anda dapat merasakan hal ini atau tidak. Kami juga dapat melihat di jaman sekarang ini manusia modern lebih suka dengan kehidupan yang alami. Termasuk hutan yang alami. Ini dibuktikan dengan terus meningkatnya jumlah turis yang datang untuk mengunjungi objek wisata alam dari tahun ke tahun.

    Faedah keberadaan hutan dan pohon bagi kehidupan makhluk lainnya di bumi.

  25. Sebagai sumber makanan bagi hewan liar.
  26. Sebagai tempat tinggal. Tempat untuk berteduh dan berlindung bagi tanaman dan hewan lainnya (termasuk dari manusia yang jahil).
  27. Lokasi yang bagus untuk membuat sarang bagi telur dan anak-anaknya.

Sesungguhnya masih begitu banyak manfaat hutan dan pohon pada kususnya bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu sudah saatnya anda untuk memperhatikan, menjaga dan melindungi ekosistem hutan disekitar tempat tinggal anda.

Kita jangan terbakar hawa nafsu lalu menjadi orang yang serakah: mengeksploitasi segala sesuatu secara besar-besaran demi uang dan ketenaran. Bumi dan lingkungan yang ada didalamnya sudah ada untuk dimanfaatkan demi kepentingang umat manusia, kepentingan bersama dan bukan demi kemewahan pribadi. Alangkah baik jikalau tindakan kita untuk memanen hasil bumi dan menebang pepohonan bukan untuk diri sendiri melainkan untuk kebaikan dan kesejahteraan bersama.

Salam hijau!

Iklan

8 comments

  1. […] Akarnya lebih kuat dari struktur pondasi bangunan manapun. Selain menancap kebawah (akar tunggang) ia juga mampu merambat beberapa (akar serabaut). Salah satunya tanaman kelapa yang tetap kokoh berdiri di tepi pantai sekalipun terkadang hembusan angin mengolengkannya. Masih banyak jenis pohon yang memiliki struktur yang besar, tinggi dan tak tergoyahkan di dalam hutan. Oleh karena itu, baik bagi anda untuk sesekali melakukan wisata alam, travelling ke dalam hutan yang masih terjaga kelestariannya. […]

    Suka

  2. […] Kepercayaan kita yang sesungguhnya memang ada pada Tuhan. Dialah pelindung yang ajaib dan sumber segala sesuatu yang baik sampai selama-lamanya. Itulah sebabnya Ia menganugrahkan kita pengetahuan akan berbagai hal sehingga mampu mencari, menemukan dan mengubah diri sendiri dari perilaku yang merusak lingkungan. Tuhan telah menitipkan tumbuhan hijau dan pepohonan disekitar anda. Jika masih kekurangan atau terus mengalami hari sial dan bencana alam, itu artinya kita kurang memperhatikan keberlangsungan hidup tumbuhan hijau yang telah dititipkan-Nya untuk melindungi umat manusia dari dekat. Pohon telah melindungi kita maka saatnya kita peduli dan mau melindungi pohon dari keserakahan umat manusia. Ada yang menarik, Fungsi hutan bagi kehidupan umat manusia. […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s