Fenomena ID Kloningan – Jenis, manfaat dan kerugian memiliki akun palsu

sosmed

Jaman sudah terlalu modern, tempat dimana kita tinggal saat ini telah diproyeksikan dalam suatu khasanah yang nyata tetapi tidak bisa diraba, yang terlihat tetapi tidak bisa digenggam, yang dapat dikunjungi tetapi tidak bisa dijejaki, yang disebut sebagai dunia maya. Dunia tanpa Polisi yang menjadi tempat terbebas di zaman ini.

Tidak ada pembatasan spesifik bagi setiap user yang menggunakan fasilitas ini, baik sebagai sarana hiburan, mendukung pekerjaan atau hanya sekedar mencari informasi. Hanya dengan memiliki PC/ laptop saja atau setidak-tidaknya anda memiliki smartphone canggih ditambah dengan kartu SIM sebagai izin terbang agar dapat mengakses jejaringan sosial.

Saat dunia maya berada dalam genggaman tanganmu maka baik-buruknya itu akan sangat tergantung oleh diri sendiri. Sebab tidak ada yang membatasi/ mengawasimu secara khusus melainkan diri sendirilah yang bertanggung jawab untuk semuanya itu. Oleh karena itu sikap selektifitas sangat dibutuhkan saat anda menggunakannya dengan baik.

Sebagian lagi, Tips aman dan bijak mengakses jaringan internet

Manfaat media sosial

Siapa yang tidak mengenal teknologi internet akan dianggap kuper jaman sekarang. Kehidupan kita sudah tidak bisa dipisahkan dari media sosial. Bagaimana tidak, media sosial memberi manfaat lebih bagi kita, sebut saja :

  1. Sarana penghubung lintas wilayah, lintas gender, lintas profesi, lintas agama, lintas budaya, bahkan lintas negara
  2. Menghilangkan kebosanan diwaktu senggang
  3. Sarana untuk memperoleh informasi terupdate
  4. Menjadi tempat untuk menyalurkan bakat
  5. Menjadi sarana untuk mengakrabkan/mendekatkan kita dengan teman dan sahabat
  6. Tempat mencari perhatian, jawaban dan popularitas
  7. Media sosial sebagai sebuah sistem yang dapat menghasilkan rupiah (usaha online, forum online, sebut saja judi online)
  8. Dan yang lagi ngetrend belakangan ini adalah media online sebagai fasilitas untuk melipatgandakan costomer/pelanggan.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa media sosial adalah miniatur kehidupan kita yang sebenarnya. Artinya, sikap kita di media sosial menjadi cerminan bagaimana sikap kita yang sesunggunya didunia nyata.

Jenis akun ghost yang tersebar luas di media sosial

Ada dua hal penting saat kita memasuki sebuah situs yang menginginkan hubungan keterikatan dengan para penggunanya. Hubungan ini membutuhkan Id atau disebut juga user ID atau alamat email dan password. Dua atau tiga hal inilah yang menjadi kartu SIM/ KTP/ tanda pengenal kita saat memasuki situs-situs tertentu.

Satu sikap yang menjadi dilematis di media sosial adalah “kejujuran“. Ada banyak aktivitas di media online yang mendorong kita untuk menggandakan ID Sesuai fungsinya. ID adalah inisial atau KTP kita dalam sebuah situs. Pada bagian ini kita akan membahas masalah kejujuran yang dihubungkan dengan fenomena ID Kloningan. Berikut ini kita akan mengupas beberapa tipe ID Cloningan:

  1. Kloningan si ahli manajemen, yang mengelola sebuah situs, blog atau halaman kita di cloud.
  2. Akun kloningan si tukang jualan – seles, yang melakukan promosi dan mencari pelanggan sebanyak-banyaknya.
  3. User kloningan si tukang popularitas, entah ini suatu kebetulan atau memang disengaja, id ini dikhususkan untuk likers, followers atau apapun yang membuat indikator popularitas melejit.
  4. Akun palsu yang gila – gilaan, yang suka meresahkan, memfitnah, mengadu domba dan memanas-manasi pihak lain.
  5. ID Kloningan killers – junkers – hackers, yang suka menyampah, meneror, merusak dan menembus sistem keamanan akun lain.

Aktivitas di media sosial memang sangat tersembunyi karena privasinya dijamin oleh pihak pengembang artinya devolopers tidak peduli dengan kelakuan kita dalam monorel (media sosial) yang mereka sediakan yang penting bagi mereka, kita menggunakan dan meramaikan situsnya. Dibalik semuanya itu kita perlu mengenal bahwa dalam setiap situs ada koordinatornya alias admin yang mengenal semua kloningan kita. Admin ini jelas serba tau tapi lagi-lagi dia tidak peduli karena alasan privasi. Hanya saja sepak terjang kita pasti jadi pertimbangan buat mereka.

Manfaat & Dampak buruk akun tak bertuan

Pernahkah anda menyadari bahwa sepak terjang di media sosial mempengaruhi kepribadian kita sehari-hari? Mari kita bahas pengaruh baik & buruk dari Fenomena ID Kloningan dalam kehidupan nyata:

  1. Id kloningan membuat kepribadian kita lebih fleksibel
  2. Akun palsu membuat kita lihai me-manage diri sendiri
  3. Id kloningan membuat kita tidak jujur
  4. User kloningan membuat kita cenderung lebih pengecut
  5. Akun palsu mendorong kita menjadi egois
  6. Id kloningan membuat kita cenderung berkepribadian ganda dan tidak konsisten
  7. User kloningan membuat waktu luang kita habis sia-sia
  8. Akun kloningan memdorong kita menjadi anti sosial
  9. Dan pada akhirnya Id kloningan mendorong kita untuk menjauhi kehidupan nyata.

    Simak juga, Faedah Internet & Bahaya menggunakan media sosial

Jadi, buat kita semua yang membaca tulisan ini, hati-hati bersikap di media sosial sekalipun itu menggunakan Id kloningan yang jelas-jelas privasinya tidak diketahui oleh siapapun. Ingatlah, jangan sampai aktivitas online ini membuat kita meninggalkan interaksi dan keakraban di kehidupan nyata. Awas ! Fenomena Id Cloningan bisa mempengaruhi kehidupan kita.

Demikian saja, salam online positif!

Iklan

One comment

  1. […] Tidak masalah ketika kita melike status sendiri. Namun akan timbul masalah yang sifatnya kronis (menahun) dan membahayakan diri sendiri ketika kita memiliki ID Kloningan yang banyak untuk melakukan bom like. Kepemilikan ghost account untuk mendukung Prime ID tidak bertahan lama. Popularitas itu hanya sebatas angka di media sosial tanpa ada manfaat positif yang nyata. Artinya anda hanya popular bagi diri sendiri sedang tidak bagi orang lain di dunia nyata. Baca juga, Bahaya ID Kloningan […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s