17 Cara Menahan Kantuk Saat Dinas Malam 17 Akibat Begadang 7 Bahaya Tidur Saat Shift Malam, Tetap Melek Sampai Pagi

Cara menahan kantuk saat dinas malam begadang bahaya tidur saat shift malam

Jaman sekarang aktivitas manusia tidak dibatasi oleh sinar matahari. Mungkin sebelum ditemukan dan dikembangkannya lampu oleh Thomas Alfa Edison aktivitas dimalam hari sangat terbatas. Jaman sekarang sudah banyak berubah, dikota-kota besar justru di malam harilah orang rame-rame berkumpul di tempat-tempat tertentu. Sebab waktu di pagi dan siang hari dihabiskan untuk bekerja seharian. Hanya di malam harilah mereka menemukan lebih banyak waktu untuk bersantai dan bercengkrama dengan keluarga dan sahabatnya.

Beberapa orang mungkin salah kaprah lalu menganggap bahwa aktivitas di malam hari tidak baik untuk kesehatan bahkan yang lainnya mengatakan tidak etis. Hal ini memang dimungkinkan teman. Sebab beberapa “kupu-kupu malam menjajakan dirinya saat malah telah larut“. Tapi harap juga diingat bahwa beberapa pusat layanan masyarakat yang dijalankan oleh pihak swasta maupun pemerintah “Buka 24 Jam”. Misalnya saja, Kepolisian (petugas keamanan/ Satpam), Kesehatan (Rumah sakit umum/ daerah, rumah sakit swasta), pemadam kebakaran dan layanan darurat lainnya.

Mereka yang bekerja di bidang pelayanan masyarakat biasanya memiliki 3 shift, yaitu pagi, siang dan sore. Kesemuanya ini berjalan secara bergiliran. Beberapa teman kami mengatakan bahwa shift yang paling berat adalah di pagi hari sedangkan shift malam beban kerja paling ringan. Ini kejadiannya di Rumah Sakit tempat kami mengabdikan diri. Pasien memang banyak dipagi hari diiringi dengan kunjungan dokter yang lebih banyak. Di malam hari bukan tidak ada kerjaan hanya saja tenggang waktu/ rentan waktu keberadaan pasien yang satu dengan lainnya memiliki jarak yang cukup jauh.

Bagi remaja dan anak muda yang masih dalam masa pertumbuhan sebaiknya tidak tidur sampai larut malam. Perkembangan organ tubuh yang masih belum maksimal akan terganggu bahkan terhambat sama sekali. Keadaan ini akan membuat tubuh yang seharusnya rileks di malam hari tertekan karena menahan kantuk sampai larut malam.

Rata-rata anak muda dan remaja menghabiskan waktu dengan beraktivitas di siang hari misalnya belajar disekolah, kampus, les private dan lain-lain. Apabila di siang hari aktivitas padat dan dimalam haripun demikian niscaya hal ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan fisik bahkan mengganggu mental dan hubungan sosial dengan sesama.

Akibat tidur sampai larut malam

Aktivitas malam maupun siang hari hampir tidak ada bedanya teman. Asalkan anda bergerak dalam kaidah, aturan dan norma yang berlaku maka ini adalah sah-sah saja. Mungkin harus anda perhatikan adalah kemampuan dan daya tahan tubuh sendiri. Jika anda bisa menyesuaikan diri niscaya dampak buruknya akan dijauhkan dalam hidup anda. Berikut ini beberapa bahaya akibat begadang yang dipaksakan.

Kesehatan fisik

  1. Proses detoksifikasi dalam tubuh terhambat.
  2. Mata meriang dan perih
  3. Badan kaku dan keram sakit bila digerakkan
  4. Siap-siap terlambat dan ngantuk besok di tempat kerja
  5. Bersiaplah untuk memiliki kantung mata
  6. Badan jadi kurusan.
  7. Beresiko menderita penyakit kronis akibat lemahnya daya tahan tubuh. Misalnya penyakit hati.

    Kesehatan mental (psikhis).

  8. Pikiran tidak bisa konsentrasi/ gagal fokus.
  9. Menjadi orang yang tidak sabaran.
  10. Mudah emosi/ tidak bisa mengendalikan emosionalnya.
  11. Daya analisis berkurang/ logika hilang.
  12. Moralitaspun jadi menyimpang.

    Kesehatan sosial

  13. Keluarga, saudara, sahabat, tetangga bahkan rekan kerjapun merasa tidak nyaman saat menjalin hubungan yang lebih dekat dengan anda.
  14. Bahaya begadang dapat mengganggu bahkan merusak hubungan anda dengan orang lain.
  15. Pekerjaan jadi menumpuk dan terbengkalai.
  16. Akibatnya anda akan dihukum karena telah melanggar beberapa aturan.
  17. Akhirnya dikeluarkan juga dari tempak kerja.

Dalam hidup ini, hampir semua aktivitas memiliki resiko. Faktor resiko inilah yang harus diminimalisir dampaknya agar tidak sampai merumahkan anda. Apabila tubuh ini belum siap terhadap tekanan tinggi tersebut maka anda akan rentan stres dan juga sakit. Semuanya ini dapat diantisipasi sehingga memberikan efek yang minimal.

Akibat tidur (terlelap) saat dinas malam

Tidak mudah untuk menahan kantuk teman. Butuh terbiasa dan juga butuh keseriusan agar pikiran tetap fokus pada pekerjaan yang dilakukan. Biasanya orang yang tidak bisa menahan kantuk cenderung lebih temperamen saat diganggu pas kantuknya kambuh. Pada akhirnya keadaan ini dapat berimbas langsung dengan kinerja dan image lembaga anda dimata masyarakat sekitar. Berikut akibatnya terhadap pekerjaan apabila anda tidak bisa menahan kantuk saat shift malam.

  1. Keadaan darurat tidak mampu di hendle dengan cepat dan tepat.
  2. Gagal berkonsentrasi saat bekerja dan fokuspun blur.
  3. Kurang bisa diajak untuk bekerja sama oleh teman.
  4. Pekerjaan jadi terbengkalai.
  5. Meningkatkan resiko kesalahan kerja sehingga berakibat langsung kepada konsumen.
  6. Dapat menimbulkan kecelakaan kerja sehingga karyawan yang bertugas terancam keselamatannya.
  7. Ujung-ujunnya akan akan dikeluarkan dari perusahaan.

Akibatnya memang dapat berdampak langsung terhadap iklim ditempat kerja anda bahkan terancam dikeluarkan. Oleh sebab itu anda harus memanajemen aktivitas harian agar tidak sampai merugikan diri sendiri dan orang lainpun (termasuk customer) tidak turut terganggu/ komplain. Kalau pasien protes maka masalahnya akan semakin ribet terlebih ketika sampai ke manajemen (atasan).

Cara menahan kantuk lebih lama bahkan sampai pagi

Jangan biarkan tubuh bermanja-manja lebih lama. Biasakan untuk menekan diri sendiri pada aktivitas yang sudah seharusnya ditekuni. Berikut ini saran dari kami agar anda tetap melek menahan kantuk sampai pagi.

  1. Usahakan tidur siang atau tidur lebih awal di sore hari.

    Aktivitas ini semacam menyimpan energi agar lebih siap melek sampai larut malam.

  2. Di siang hari sebelum bergadang jangan lupa konsumsi herbal ajaib. (Konsumsi mentah atau tambahkan dalam masakan anda)

    Herbal ajaib memaksimalkan penyerapan kalori menjadi energi
    Bahan herbal alami memperlancar peredaran darah di sekitar mata (mencegah celak)
    Herbal ajaib meningkatkan regenerasi sel sehingga tidak terjadi penumpukan dan mencegah pembentukan kantong mata.

  3. Konsumsi sayuran & buah,

    Terutama buah yang ada asam-asamnya. Asam (vitamin C) sebagai antioksidan juga untuk keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan juga mencegah/mengurangi mata perih/sakit saat didepan layar LCD/ Televisi. Misalnya jeruk, jambu, dan lain-lain.
    Salah satu pilihan terbaik, mudah didapat dengan harga terjangkau adalah JERUK NIPIS (Manfaat jeruk nipis selengkapnya Klik)

  4. Perhatikan asupan garam harian anda.

    Salah satu manfaatnya adalah untuk membuat tubuh tidak cepat lelah dan terhindar dari nyeri otot. Bahan ini juga turut meningkatkan daya tahan tubuh dan meremajakan kulit anda.

  5. Sediakan air putih

    Sering-seringlah minum air putih setidaknya 1 (satu) gelas (200 cc) per 2 jam atau paling tidak 200 cc per 3 Jam
    Air putih mencegah tubuh kekurangan cairan
    Minum Air putih mencegah mata sakit dan meriang (mata perih saat di buka)
    Air putih mencegah bibir dan mulut kering
    Minum air putih sering bisa buat kita sering kebelakang (sekali dalam 4 jam) : Don’t worry, sekalian olahraga biar gak ngantuk

  6. Gerakkan badan sesekali.

    Agar badan tidak kaku dan ngantuk hilang cobalah sesekali gerakkan badan kearah depan dan belakang, kesamping kiri dan kanan. Juga regangkan tangan dan keki sesekali dengan cara yang sama.

  7. Nikmati aktivitas anda.

    Biar ngantuk benar-benar pergi harus ada yang di nikmati artinya nikmatilah pekerjaan yang anda lakukan dimalam itu.

  8. Hindari minum kopi

    Meminum kopi secara berlebihan tidak baik bagi kesehatan. Kebiasaan minum kopi telah banyak membuat orang susah tidur (Insomnia). Saran kami : aktivitas minum kopi tidak lebih dari 3 gelas per 24 jam.

  9. Jangan lupa mengedipkan mata.

    Bagi yang “mondok” di depan komputer : Jangan dipelototi terus komputernya, rileks saja dan kedipkan mata anda untuk mencegah mata kering.

    Lakukan hal-hal yang menyenangkan

  10. Bernyanyi sambil fokus kepada Tuhan.

    Anda dapat melakukan hal ini baik dengan cara mengeluarkan suara sambil memainkan alat musik atau hanya di dalam hati saja.

  11. Periksa kembali pekerjaan yang telah anda lakukan.

    Ini aktivitas yang baik untuk anda sehingga dapat menghabiskan waktu luang yang panjang pada hal-hal yang lebih positif.

  12. Bercengkrama dengan rekan kerja.

    Ini adalah aktivitas yang cukup mengasyikkan dalam melewati malam yang panjang. Anda dapat bercerita tentang pengalaman dan aktivitas anda di siang hari atau membicarakan hal-hal positif lainnya. Ingat lho teman “BUKAN BERGOSIP”.

  13. Mendengar MP3/MP4 dari player khusus atau smartphone.

    Anda dapat memanfaatkan barang elektronik yang dimiliki sambil menyelesaikan tugas-tugas di tempat kerja.

  14. Mendengarkan radio setempat.

    Apabila anda tidak memiliki smartphone yang canggih maka anda dapat memanfaatkan radio player yang tersedia bahkan beberapa handphone bertipe monophonik-pun sudah menyediakan fitur ini.

  15. Menonton televisi/ film.

    Manfaatkan televisi chanel yang disediakan oleh pihak manajemen. Beberapa acara televisi tengah malam cukup menarik untuk disaksikan.

  16. Sosial media dan game

    Memanfaatkan PC/ Gadget/ Smarthphone yang dimiliki secara maksimal. Menggunakannya untuk browsing sesaat dapat menghilangkan kantuk anda. Demikian juga dengan bermain game disana. Semua alat elektronik ini dapat membantu membuat anda tetap terjaga di malam hari.

    Harap diingat

    Semua aktivitas ini dilakukan jika memang pekerjaan sedang tidak ada (kosong). Apabila anda sedang menyelesaikan pekerjaan harap untuk menjauhkan aktivitas kecil ini lalu fokuslah untuk menyelesaikan pekerjaan itu terlebih dahulu. Segala sosmed dan game bisa di dihentikan/ dipause terlebih dahulu. Artinya “segala aktivitas kecil itu dapat disambung nanti sedangkan pekerjaan kalau tidak selesai selalu ada sanksinya“. Prioritaskan tupoksi anda terlebih dahulu!

  17. Minumlah larutan garam.

    Untuk mencegah badan pegal, keram dan lelah minumlah larutan garam isotonik. Kemampuan garam sudah terbukti ampuh dalam merilekskan otot-otot anda bahkan membuat anda semakin fresh ditengah malam yang suntuk.

    Cuci mata dengan air garam.

    Kemampuan larutan garam untuk merilekskan otot mata sangat ampuh. Debu polusi dan kuman yang membuat mata anda iritasi dapat mereda dengan segera. Sehingga mata kembali terang benderang sehingga penglihatan tidak lelah dalam larutnya malam yang dingin.

Dalam semua aktivitas sambilan yang menyenangkan itu jangan pernah lupakan tugas pokok dan tanggung jawab anda teman. Jika anda sudah terbiasa maka semuanya akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Salam santun sejati!

Iklan

One comment

  1. […] Begadang adalah aktivitas ekstra yang bisa dilakukan untuk hal-hal yang sangat penting saja. Butuh energi dan konsentrasi lebih saat memutuskan untuk menghabiskan malam panjang sampai subuh. Oleh karena itu, jaga kondisi tubuh tetap fit agar tetap sehat dan segar. Harap untuk tidak melakukannya terlalu sering, kecuali anda ingin menjadi melek sampai pagi. Tips, Simak juga, Cara mengatasi ngantuk saat shift malam […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s