10 Manfaat & Kerugian Bermain Dengan Anak-Anak, Itu mengasikkan

Bermain dengan anak-anak
KITA BERBEDA
Bermain dengan anak. Beberapa orang curiga, kok kita suka main dengan anak: jangan-jangan kita tidak jauh beda dengan pedofil. Seperti dilaporkan di beberapa media: orang-orang seperti ini cenderung memiliki rasa sosialis yang rendah dan malah mendekati anak-anak dengan menawarkan mereka sesuatu yang enak-enak. Memang tidak salah menawarkan anak yang enak-enak tapi melakukan ini pertama kali (saat pertemuan pertama) adalah tidak bijak dan malah patut dicurigai.
Kita dekat dengan anak karena keramahan, kesabaran dan ketulusan. Soal memberikan ini-itu masalah belakangan.

Mereka (anak-anak, red) adalah pribadi-pribadi kecil yang lucu. Jangan pernah memarahinya karena mereka belum tau apa artinya marah. Mereka belum memahami betul tentang hidup ini, apa yang baik dan yang tidak patut dilakukan. Jangan harap mereka mengerti kamu melainkan kamulah yang harus mengerti mereka.

Pribadi kecil nan lucu itu adalah harapan bangsa. Mereka mampu mengubah negeri ini bahkan dunia ini kelak. Oleh karena itu, dekati mereka dengan cara yang wajar. Jangan suguhkan mereka informasi yang bukan-bukan (seperti pornografi dan kekerasan). Sebab informasi sampah merusak pikirannya sama dengan mengacaukan visinya sama dengan merusak kehidupan berbangsa dan bernegara dimasa depan.

Bermain dengan anak-anak2.

Mereka hanya tau, mereka senang, menikmatinya dan tertawa. Kamu tidak perlu mempersiapkan diri jika mau bermain dengan mereka, tidak perlu menggunakan pakaian bagus. Hanya membutuhkan kata-kata yang ramah-lembut dan mereka menyambutmu dengan senyuman dan tawa.

Manfaat bermain dengan anak kecil

Sesungguhnya ada banyak hal positif yang dapat kita pelajari dari kehidupan si kecil dan teman-temannya. Jika anda cerdas maka bergurulah pada anak kecil dalam beberapa hal maka kebijaksanaan akan menjadi milikmu. Setiap hari adalah belajar termasuk juga saat bermain dengan mereka.

Berikut manfaat bagi kamu jika dapat berinteraksi dan bermain dengan mereka.

  1. Mengisi waktu luang – otomatis suntuk “lari”.
  2. Anda adalah orang yang sangat tabah. Kesabaran adalah kekuatan hati yang sebenarnya.
  3. Kamu adalah orang yang mudah menyesuaikan diri bahkan dengan merekapun kamu bisa menyesuaikan diri.
  4. Anda adalah orang yang pemaaf. Mereka sering salah bahkan selalu salah, Dibutuhkan jiwa besar untuk menerima kenyataan ini.
  5. Kamu adalah orang yang lembut. Mereka menolak berinteraksi dengan orang bertemperamen buruk.
  6. Anda adalah orang yang sederhana. Mereka cenderung menjauh dari orang-orang dengan stelan tinggi dan mencolok, kecuali itu orang tua sendiri.
  7. Kamu adalah orang dengan selera humor. Mereka tidak betah lama-lama disamping seseorang yang kaku.
  8. Kamu adalah orang yang selalu “enjoy”. Seseorang yang perfectionist mustahil dapat berbaur dengan mereka.
  9. Bermain dengan mereka membuat kamu dekat dihati. Mereka lebih patuh pada kata-katamu daripada orang lain bahkan orang tua mereka.
  10. Kamu lebih mudah dekat dengan orang tua mereka bahkan jika kamu sedang mengincar kakaknya jadi gebetanmu, akan lebih mudah prosesnya (pengalaman saya).

    Simak juga, Cara menegur si buah hati dengan baik dan benar

Bermain dengan anak-anak3

Efek samping bermain dengan anak-anak

Bermain dengan mereka, ingatlah waktu. Yang ada dalam pikiran mereka hanyalah bermain dan bermain terus. Kamulah yang harus mengajari mereka “Apa Itu Displin”. Berikut ini “side effect” jika kamu bermain dengan mereka:

  1. Kamu akan diganggu terus. Mereka memang tidak tau aturan, kamulah yang mengarahkan mereka dengan lembut.
  2. Orang lain sinis kepadamu, menganggapmu “rendahan” karena kamu bergaul dengan mereka.
  3. Sering-sering bermain dengan mereka, kamu akan jadi kekanak-kanakan dan cengeng.
  4. Kerugian yang terakhir : mereka tidak tahu apa itu marah, suara keras, atau hal-hal kasar lain yang mereka tiru dari orang-orang disekitar mereka. Mereka akan melampiaskannya kepadamu. Ketulusan dan kesabaranmu akan sangat diuji disini.

Orang-orang yang mampu berinteraksi dengan anak-anak adalah orang-orang yang fleksibel

Berdasarkan pengalam pribadi.
Iklan

2 comments

  1. […] Tidak perlu mengendalikan mereka karena bukan robot. Orang tua hanya mengarahkan lalu biarkan mereka berkembang menurut dunianya masing-masing. Kekuatan didikan yang paling berpengaruh adalah “memberi contoh yang baik“. Didikan ini semakin besar pengaruhnya tatkala orang tua memiliki cukup waktu untuk bersama dan bermain dengan anaknya. Berikut Manfaat bermain dengan anak. […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s