10 Cara Begadang agar Tetap Sehat & Bahayanya Bagi Kehidupan Manusia

bergadang.

Begadang – situasi tidak bisa sepenuhnya dapat kita kendalikan. Terkadang ada hal-hal tertentu yang harus kita “genjot” untuk mengejar beberapa hal yang mungkin tidak penting bagi orang lain. Begadang jelas tidak sehat karena bukan aktivitas biasa tapi jika kita sudah terbiasa maka itu akan terkesan biasa-biasa saja. Pastikan anda melakukannya bukan karena hal-hal yang sepele yang mungkin bisa dilakukan di siang hari. Pastikan anda melakukannya untuk sesuatu yang bernilai dan membuat hidup anda lebih berarti.

Akibatnya secara kesehatan jika sering begadang

Ketika memutuskan untuk tidak tidur sampai larut malam berarti kita sudah memikirkan matang-matang akibatnya. Berikut Efek buruk kebiasaan ini :

  • Proses detoksifikasi dalam tubuh terhambat.
  • Mata meriang dan perih
  • Badan kaku dan keram sakit bila digerakkan
  • Siap-siap terlambat dan ngantuk besok di tempat kerja
  • Bersiaplah untuk memiliki kantung mata
  • Badan jadi kurusan.
  • Beresiko menderita penyakit kronis akibat lemahnya daya tahan tubuh. Misalnya penyakit hati.

Dampak buruk begadang secara mental

Sadar atau tidak, lama-kelamaan kebiasaan yang tidak bermutu ini akan menggerus kepribadian kita. Hati-hati – Kebayakan orang yang tidak tidur sampai larut malam Sifatnya

  • Cepat lelah. Kelelahan akan membuat efektifitas jam kerja lebih singkat.
  • Suka pusing. Tubuh manusia seperti mesin tercanggih yang pernah dibuat. Ia butuh istrahat juga agar tidak cepat turun mesin.
  • Suka malas-malasan. Saat semangat lagi down, melakukan hal-hal kecil menjadi bertat rasanya. Padahal itu adalah kewajiban.
  • Sulit berkosentrasi. Tekanan yang tinggi di bagian otak karena kelelahan di malam sebelumnya membuat pikiran sesak sehingga sulit untuk berkonsentrasi.
  • Cenderung temperamen (mudah marah – emosional). Tidak mampu mengendalikan diri sendiri sehingga emosional meledak-ledak.
  • Cepat menyerah. Tantangan yang datang tidak lagi mampu ditanggapi dengan positif. Malah menganggapnya terlalu besar untuk diselesaikan akhirnya menunda dan tidak pernah selesai.

Oleh karena itu, selalu sempatkan diri untuk berbenah dan memperbaiki diri dengan melihat kebelakang dan menilai sikap-sikap sendiri. Apakah selama ini sudah bertingkah baik atau malah cenderung tidak produktif dan malah anti sosial.

Selanjutnya, Cara meredakan emosional yang berlebihan

Kapan boleh begadang? Kapan tidak boleh dilakukan?

Oleh karena kebiasaan ini beresiko merusak kesehatan bahkan mental juga ada baiknya selalu memperhitungkan kapan harus melakukannya? dan kapan tidak diperlukan?.

  1. Tanamkan pemahaman ini dalam diri kita : “Tetap ada perbedaan yang kentara antara orang yang sering begadang dengan yang tidak“. Begadang adalah pekerjaan ekstra yang membutuhkan kekuatan mental dan fisik yang ekstra pula.
  2. Tanamkan prinsip ini dalam pikiran anda : “Kalau mau tetap segar dan bugar hindari menunda tidur sampai larut malam!”.
  3. Sebisa mungkin hindari aktivitas ini jika besoknya anda melakukan pekerjaan yang butuh konsentrasi penuh. Misalnya ujian, rapat, presentasi, membuat laporan dan lain-lain.
  4. Sebisa mungkin hindari aktivitas ini jika disiang hari sebelumnya jadwal anda padat dan melelahkan. Kelelahan yang bertubi-tubi sama saja dengan merusak diri sendiri.
  5. Sebisa mungkin hindari tidur terlalu larut dimalam senin karena biasanya dihari senin pekerjaan menumpuk dan deadline padat merapat.
  6. Bolehlah semalaman gak tidur pas besoknya hari libur. Kamipun terkadang melakukan hal ini.
  7. Bolehlah tidur sampai larut malam pas ada acara spesial. Terutama dihari-hari perayaan tertentu misalnya saja saat Perayaan Malam Tahun Baru.
  8. Bolehlah tidak tidur semalaman pas kerjaan menumpak walau jadwal sudah diatur sedemikian tapi tetap tidak ada kesempatan di siang hari.

Cara mengurangi dampak buruk begadang agar tetap sehat

Dari penjelasan diatas dapat kita ketahui dengan jelas akibatnya jika kita sering begadang. Yang jelas, kebiasaan ini dapat mengganggu performa kerja dan mengganggu penampilan juga. Oleh karena itu, Kita butuh usaha ekstra ketat dan ekstra hati-hati agar begadang yang kita lakukan tidak sampai merusak kesehatan dan kehidupan kita. Berikut ini usaha yang perlu kita lakukan untuk meminimalisir dampak buruk dari aktivitas ini :

  1. Usahakan tidur siang atau tidur lebih awal di sore hari.

    Aktivitas ini semacam menyimpan energi agar lebih siap melek sampai larut malam.

  2. Di siang hari sebelum bergadang jangan lupa konsumsi herbal ajaib. (Konsumsi mentah atau tambahkan dalam masakan anda)

    Herbal ajaib memaksimalkan penyerapan kalori menjadi energi
    Bahan herbal alami memperlancar peredaran darah di sekitar mata (mencegah celak)
    Herbal ajaib meningkatkan regenerasi sel sehingga tidak terjadi penumpukan dan mencegah pembentukan kantong mata.

  3. Konsumsi sayuran & buah,

    Terutama buah yang ada asam-asamnya. Asam (vitamin C) sebagai antioksidan juga untuk keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan juga mencegah/mengurangi mata perih/sakit saat didepan layar LCD/ Televisi. Misalnya jeruk, jambu, dan lain-lain.
    Salah satu pilihan terbaik, mudah didapat dengan harga terjangkau adalah JERUK NIPIS.

  4. Perhatikan asupan garam harian anda.

    Salah satu manfaatnya adalah untuk membuat tubuh tidak cepat lelah dan terhindar dari nyeri otot. Bahan ini juga turut meningkatkan daya tahan tubuh dan meremajakan kulit anda.

    Anda dapat meminum larutan garam isotonis untuk menggantikan minuman yang biasanya dikonsumsi saat begadang, misalnya kopi atau teh. Dengan mengkonsumsi larutan garam anda akan lebih fresh dan rasa lelah, pegal & kerampun hilang.

  5. Sediakan air putih

    Sering-seringlah minum air putih setidaknya 1 (satu) gelas (200 cc) per 2 jam atau paling tidak 200 cc per 3 Jam
    Air putih mencegah tubuh kekurangan cairan
    Minum Air putih mencegah mata sakit dan meriang (mata perih saat di buka)
    Air putih mencegah bibir dan mulut kering
    Minum air putih sering bisa buat kita sering kebelakang (sekali dalam 4 jam) : Don’t worry, sekalian olahraga biar gak ngantuk

  6. Gerakkan badan sesekali.

    Agar badan tidak kaku dan ngantuk hilang cobalah sesekali gerakkan badan kearah depan dan belakang, kesamping kiri dan kanan. Juga regangkan tangan dan keki sesekali dengan cara yang sama.

  7. Nikmati aktivitas anda.

    Biar ngantuk benar-benar pergi harus ada yang di nikmati artinya nikmatilah pekerjaan yang anda lakukan dimalam itu.

  8. Hindari minum kopi

    Meminum kopi secara berlebihan tidak baik bagi kesehatan. Kebiasaan minum kopi telah banyak membuat orang susah tidur (Insomnia).

  9. Jangan lupa mengedipkan mata.

    Bagi yang “mondok” di depan komputer : Jangan dipelototi terus komputernya, rileks saja dan kedipkan mata anda untuk mencegah mata kering.

  10. Tidur sesaat diakhir.

    Tidak tidur dari larut malam sampai pagi adalah bunuh diri. Oleh karena itu kebiasaan seperti ini jangan terlalu sering anda lakukan. Akan tetapi sebaiknya cobalah untuk tidur sejenak dengan ditemani selimut tebal walau hanya sesaat (2 jam) saja sebelum memulai aktivitas di pagi hari.
    Misalnya pada pukul 3 atau 4 pagi tidur sejenak dan Jangan lupa pasang alarm pada pukul 6 pagi.

Pada akhirnya….

Pada umumnya tubuh kita akan menyesuaikan diri terhadap kebiasaan ini. Rutin saja melakukannya selama 2 minggu akan membuat kita terbiasa dan tubuh cenderung menginginkan kebiasaan yang sama lagi dan lagi sekalipun secara prinsip kita ingin berhenti dari kebiasaan ini. Kenyataannya, secantik apapun usaha ini untuk meminimalisir dampak buruk karena terbiasa tidak tidur sampai larut malam, pada akhirnya, kita harus mengalami dan menelan bulat-bulat dua kenyataan pahit berikut ini :

  1. Dari pengalaman sendiri “mudah untuk memulai kebiasaan ini akan tetapi sulit sekali untuk berhenti dari aktivitas ini“.
  2. Kebiasaan ini membuat kita sering terbangun ditengah malam padahal kita sudah putuskan untuk tidak melakukannya malam itu.
  3. Cara mengendalikan insomnia. Jika hal ini terjadi

    * Janganlah beranjak dari tempat tidur.
    * Ambil posisi wenak
    * Jangan tegang, rileks dan lemaskan badan.
    * Bernafaslah dengan perlahan-lahan.
    * Bayangkan anda melayang-layang dilangit yang gelap pekat.

    Simak juga, Cara mengatasi ngantuk saat shift malam

Demikian saja tips dari anak rantau. Jangan begadang kecuali untuk hal-hal yang penting saja. Terimakasih.

Iklan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: