+25 Manfaat Internet & Media Sosial Dalam Kehidupan Manusia

Manfaat internet & media sosial

Internet adalah dunia lain yang berisi segala macam informasi. Sedangkan media sosial adalah tempat (situs jejaringan sosial) dimana anda harus mendaftar terlebih dahulu/ login sebelum digunakan secara maksimal. Ada banyak dunia dimana kita bisa tinggal di dalam hidup ini. Beberapa diantaranya adalah dunia maya, dunia imajinasi, dunia astral, dunia ghaib, dunia hantu dan lain sebagainya. Berbagai macam dunia yang kita kenal dimana orang-orang sering bermain-main untuk menjadi apa saja disana. Sadarilah bahwa kebiasaan anda di setiap belahan dunia manapun dapat mempengaruhi perilaku/ moralitas sehari-hari.

Jejaringan sosial menawarkan user sesuatu yang menarik yaitu kesempatan untuk memasuki kehidupan orang-orang tertentu yang anda kenal maupun yang tidak anda kenal. Inilah yang mungkin sangat diminati oleh beberapa orang dimana mereka tidak harus bertemu langsung dengan seseorang yang jauh disana untuk mengenalnya. Melainkan mereka hanya butuh mengenali nama dan wajahnya saja maka kehidupannya akan dijabarkan di media sosial.

Internet bukan tanpa pengawasan, hanya saja mungkin karena penggunanya terlalu banyak jadi beberapa akan dibiarkan melalang buana oleh adminnya. Pada dasarnya, aktivitas ini seolah-olah menggambarkan “seseorang yang sedang jalan-jalan untuk mengunjungi & menginap di rumah orang lain”. Lalu pemilik rumah mempercayakan salah satu kamar terbaiknya untuk anda agar bisa berekspresi dan menjadi diri sendiri. Tapi bukan berarti anda dapat melakukan pelanggaran disana. Hanya ada dua kemungkinan, anda dibiarkan terus melakukaan penyimpangan atau mereka hanya menunggu anda melakukan penyimpangan besar sehingga dapat dipidanakan.

Anda diawasi! Bagaimana caranya agar anda tidak diawasi oleh siapapun?

Kami sendiri tidak begitu bebas dan berlaku semena-mena (tanpa menghiraukan aturan) disana. Sebab biar bagaimanapun juga kehidupanmu terus saja diawasi. Inilah yang membuat kami, tidak begitu terbuka disana. Istilahnya buat jaga-jaga agar kehidupan kami tidak diawasi oleh siapapun (termasuk admin). Lagipula, ada hubungan positif (korelasi positif) antara dunia maya dan dunia nyata. Mereka yang suka marah-marah di media sosial pastilah dikehidupan nyata juga suka marah/ tidak sabaran. Begitu juga dengan sifat-sifat lainnya.

Semua status yang anda postkan (upload) merupakan bagian dari kesenangan. Karena anda terlalu semangat sehingga secara tidak langsung memberikan keterangan tertentu kepada semua orang. Ini adalah bentuk pengawasan kehidupan di media sosial. Artinya, diawasi atau tidak diawasi semuanya tergantung dari detail postingan yang anda upload kesana. Oleh karena itu, saran kami jangan terlalu detail di internet, entah itu posisi/ lokasi anda dimana, entah itu apa yang terjadi dalam keseharian anda dan lain sebagainya. Ingatlah bahwa, satu status/ satu keterangan/ satu kata dapat menunjukkan keadaan anda yang sebenarnya di dunia nyata. Inilah yang dapat dimanfaatkan orang lain untuk mengawasi anda.

Internet & media sosial bagaikan buah simalakama, dewasalah!

Ada banyak hal yang dapat dipelajari disana. Tapi sayang itu bukan hanya hal yang baik saja, yang jahatnya juga telah include. Pilihannya tergantung anda “ambil yang mana?”. Internet & media sosial juga dapat membuat anda berkembang dan lebih dewasa atau malah “stay disitu-situ aja”, tetap kekanak-kanakan. Semuanya tergantun dari respon & kebiasaan di jejaringan sosial.

Begitulah hidup teman, penuh dengan serba salah, seperti pedang bermata dua. Dampaknya baik atau buruk, positif atau negatif, semuanya tergantung dari, bagaimana cara anda menggunakannya? Oleh karena itu, saran kami adalah hendaknya siapapun yang ingin dibebaskan untuk menggunakan internet sudah dewasa muda (berumur cukup) sehingga mampu mengambil keputusan dan menjaga diri sendiri. Kamipun menyambut baik komitmen beberapa media sosial menetapkan umur tertentu sebelum dibebaskan untuk mendaftar (register) di situsnya.

Artikel fakta atau fiksi

 Anda harus mengenali dua belahan besar informasi di media sosial, yaitu antara fakta dan fiksi. Harus disadari bahwa namanya saja media, yang suka cari sensasi agar jumlah klik (pengunjung) semakin tinggi. Ingatlah bawa media sosial adalah bagian dari karya seni orang lain dimana karya tersebut dapat berupa fakta ataupun fiksi. Fakta adalah sesuatu yang benar terjadi sedangkan fiksi adalah sebuah hasil imajinasi yang diproyeksikan dalam bentuk kata-kata dan gambar. Oleh karena itu anda harus jeli membedakan kedua hal ini sebelum menindaklanjuti (like, share, reblog) konten (artikel) yang ditemukan.

Manfaat internet & media sosial

Internet dan media sosial adalah penghubung kita

Apalah artinya sesuatu yang ditekuni tanpa memberikan faedah tersendiri bagi setiap penikmatnya? Layaknya hidup yang baru terasa nikmat apabila kita dapat memberi manfaat bagi orang lain (terlebih dahulu keluarga). Maka demikian pulalah sosial media internet, pasti memberi manfaat yang positif bagi setiap penikmatnya. Berikut ini beberapa manfaat penggunaan internet yang dapat anda temukan jika dioperasikan dengan semestinya.

  1. Mengetahui berita terbaru.

    Up to date itulah moto setiap media nasional dan lokal yang bergerak di jejaringan sosial. Keadaan/ peristiwa di suatu tempat pada daerah yang satu dapat diketahui dalam hitungan detik oleh daerah lainnya. Baik kejadian/ peristiwa terbaru dari dunia internasional, nasional dan lokal.

  2. Mengenal ilmu pengetahuan yang baru.

    Ada beragam jenis ilmu pengetahuan di internet. Ini adalah sebuah daya tarik pengunjung yang diberikan oleh admin agar visitor betah berlama-lama di situsnya. Semua itu dapat menambah wawasan anda di bidang tertentu.
    Terdapat banyak informasi yang ada di sana, diantaranya adalah.
    – Keluarga – anak
    – Pendidikan
    – Pariwisata – rekreasi
    – Teknologi
    – Sains
    – Lingkungan hidup
    – Pencemaran lingkungan
    – dan lain sebagainya

  3. Tempat untuk mencari pengalaman dan motivasi kehidupan.

    Terdapat sangat banyak hal di dunia maya yang dapat membuat kita lebih berpengalaman dalam menjalani hidup ini. Beberapa diantaranya juga berupa motivasi yang dapat membuat anda lebih positif dalam menjalani hidup ini.

  4. Mengetahui keberagaman & keunikan tempat dari berbagai belahan dunia.

    Setiap tempat berbeda-beda suhu, cuaca dan iklimnya. Selain itu lekak-lekuk bentuknya juga berbeda-beda satu sama lain. Hanya dengan melakukan browsing dan klik di internet niscaya anda seolah-olah di bawa berwisata kesana. Anda dapat mengenali keunikan yang khas di daerah tertentu, bila berkenan silahkan dikunjungi namun bila tidak, dibaca dan dilihat saja sambil memvisualisasikannya dalam imajinasipun sudah cukup.

    Andapun dapat melakukan riset awal di dunia maya sebelum berkunjung/ travelling ke tempat-tempat yang katanya menarik, unik dan eksotik.

  5. Tempat mencari petunjuk-tutorial.

    Saat anda menggunakan search engine sekelas Google dan Yahoo, maka petujuk tentang apapun juga dapat anda ketahui dengan cepat. Misalnya cara menggunakan ini, cara mengoperasikan itu, cara melakukan ini, tips & trik memasak itu, dan lain sebagainya.

  6. Sarana untuk menemukan solusi.

    Sewaktu anda tersesat atau kehilangan sesuatu atau mengalami masalah: setelah mengadu pada Tuhan lewat doa-doa yang menyegarkan hati maka tidak ada salahnya untuk mencari tahu bagaimana orang di dunia lain memecahkan masalah yang sama. Senantiasa bersikap selektif untuk mengenali apakah informasi yang diperoleh sudah benar, sama sekali salah ataupun masih harus dicari tahu kebenarannya.

  7. Menemukan arah tertentu.

    Saat berkunjung ke tempat-tempat yang baru tapi belum tahu arah mana yang harus dituju maka anda butuh petunjuk arah dari aplikasi sekelas Google Maps.

  8. Menyimpan & memperoleh (upload & download) konten tertentu.

    Ada yang namanya “Cloud” di internet dimana semua data anda dapat dimasukkan disana. Data-data itu dapat berupa tulisan, gambar, musik/lagu, video dan audio visual juga termasuk program/ software/ skrip tertentu. Tergantung dari kebutuhan anda.

  9. Memperkenalkan diri kepada dunia.

    Ketika anda membuka akun dan mendaftar di salah satu media sosial, sadar ataupun tidak, itu sama saja anda memperkenalkan diri lewat profil & konten yang dicatatkan. Berlakulah sebagai diri sendiri disana agar anda dikenal orang. Akan tetapi beberapa orang juga tidak detail dimedia sosial agar kehidupannya di dunia nyata tidak bisa diawasi oleh siapapun.

  10. Menyimpan moment unik dan spesial yang dialami.

    Ada saat-saat penting yang dialami dalam perjalanan kehidupan ini. Disaat itu tiba beberapa orang mengabadikannya lewat catatan kecil atau sekedar selfie bersama. Ini sama sekali tidak salah, silahkan lakukan jika anda berminat/ hati anda menginginkannya. Namun perlu kami ingatkan dengan sikap anda agar jauh dari hati yang sombong saat melakukannya secara berlebihan.

  11. Menjadi buku saku sejarah kehidupan anda.

    Jika anda seorang yang sangat detail dalam meng-update status maka akun yang anda miliki dapat menjadi catatan sejarah pribadi untuk dikenang. Ini juga ditampilkan oleh provider sekelas Facebook dimana setiap akhir tahun kita akan digiring untuk membuat video perjalanan hidup kita selama setahun belakangan. Tapi beberapa orang, termasuk kami sendiri tidak suka mengenang masa lalu sendiri, biarlah semu yang telah berlalu itu dilupakan dan lebih baik kita senantiasa fokus kepada Tuhan saja.

  12. Mengenal kulit luar dari orang asing.

    Berhubungan dengan orang asing di media sosial adalah sesuatu hal yang biasa kita lakukan. Melirik profil yang ditampilkan oleh dinding dan statusnya cukup memberikan gambaran tentang bagaimanakah orang tersebut. Tahukah anda bahwa, semua yang anda ketahui tentang orang yang baru itu hanyalah kulit luarnya saja? Bisa saja kehidupannya tidak seperti itu di dunia nyata.

  13. Mengenal profil sekolah, universitas dan lembaga pendidikan lainnya.

    Sebelum memilih untuk bersekolah disalah satu lembaga pendidikan, beberapa orang memutuskan untuk melakukan penelaahan tentang sekolah tersebut dari internet. Demikian pula saat anda hendak melanjut ke jurusan tertentu di universitas. Lebih baik melakukan penelaahan awal untuk menyesuaikannya dengan budget dan kemampuan/ bakat anda. Beberapa sekolah dan universitas menampilkan prestasi yang diperoleh anak didik, guru/dosen dan pihak manajemennya, mungkin ini bisa mempengaruhi pilihan anda.

  14. Mengenal profil organisasi dan lembaga tertentu dimasyarakat.

    Jika anda ingin mencari tahu tentang backgraund sebuah organisasi maka lebih baik anda mencarinya terlebih dahulu di Internet. Disana juga dapat anda ketahui organisasi/ lembaga itu bergerak dalam bidang apa. Semua informasi awal yang dibutuhkan tentang perkumpulan masyarakat ini dapat anda temukan hanya dengan mengetik beberapa kata di search engine.

  15. Mengenal produk tertentu beserta keterangannya.

    Seorang konsumen yang teliti terlebih dahulu sebelum membeli akan mencari tahu tentang produk yang dibutuhkannya di jejaringan sosial internet. Entah itu tentang kegunaannya, kelebihannya, kelemahannya, perawatannya, harganya bahkan biaya dan cara pengirimannyapun tercantum disana. Tidak jarang konsumen yang sangat jeli menanyakannya langsung kepada para sahabatnya tentang pengalaman mereka menggunakan produk tersebut.

  16. Mengenal pengembang properti beserta produk yang ditawarkannya.

    Perkembangan properti tetap subur di negeri ini. Sebelum membeli sebuah hunian (rumah), lebih baik anda melakukan riset kecil di internet untuk mencari tahu pengembang yang berpengalaman yang menyuguhkan hunian yang ekonomis dan ramah lingkungan di daerah tersebut.

  17. Mendekatkan anda dengan teman lama yang terlupakan.

    Saking banyaknya bertemu dengan orang lain di dunia nyata, ada banyak teman yang sudah terlupakan dalam beberapa tahun belakangan. Ini mungkin dikarenakan aktivitas yang padat di dunia kerja ditambah lagi semakin banyak saja teman yang kita ketahui. Anda bisa saja memasuki internet lalu mencari detail dan status teman lama lewat search engine. Mungkin dengan begitu ingatan kembali disegarkan tentang dia.

  18. Mendekatkan anda dengan keluarga, sahabat, rekan kerja dan lain sebagainya.

    Jarak mungkin dapat memisahkan anda dengan orang-orang terdekat tapi semuanya itu bisa diatasi dengan menemui mereka di dinding jejaringan sosial miliknya. Andapun dapat mengetahui update dari kehidupan mereka yang jauh disana.

  19. Mencari, menemukan dan mendaftar ke tempat kerja yang baru.

    Ada banyak situs yang menampilkan iklan bagi para pencari kerja. Baik yang masih fresh graduate maupun yang sudah berpengalaman. Semuanya kesempatan kerja diberbagai perusahaan bisa ditemukan pada situs tersebut. Bahkan dalam beberapa situs, kita diwajibkan untuk langsung membuat surat lamaran kerja yang langsung dikirimkan kepada HRD perusahaan yang bersangkutan.

  20. Kesempatan untuk berkarya dengan bakat anda.

    Bakat dibidang IT dapat dikembangkan dengan bergabung pada situs/ komunitas tertentu yang bergerak dibidang anda. Misalnya jika anda seorang desainer maka ada dapat mencari forum para desainer muda berbakat. Jika anda seorang penulis maka anda dapat bergabung di situs-situs penulis, misalnya kompasiana, kaskus ddan lain sebagainya.

  21. Sarana untuk mengembangkan bisnis anda.

    Media sosial dapat menjadi salah satu sarana & prasarana untuk memperkenalkan produk anda ke pada dunia. Semakin baik kualitas produk yang anda hasilkan maka semakin diterima oleh masyarakat luas. Dengan fasilitas iklan yang dimiliki oleh masing-masing situs jejaringan sosial, promosi usaha anda lebih mudah, efektif dan efisien.

     

    Faedah Internet & Media Sosial yang Tidak kalah pentingnya

    Kemungkinan anda dapat menikmati manfaat seperti yang kami tuliskan di bawah ini akan tetapi semuanya tergantung di tangan anda. Apakah yang anda yakini sudah benar atau masih samar-samar/ rancu.

  22. Sebagai media hiburan.

    Terdapat banyak konten yang mengundang tawa di jejeringan sosial yang anda miliki. Seorang teman membagikan meme lucu yang dapat menggelitik ulu hati anda untuk sesaat saja. Video lucu juga dapat ditemukan di situs berbagai video sekelas Youtube.

    Ada banyak konten lucu  dan nyeleneh di internet dan media sosial. Orang-orang sering menyebutnya sebagai konten hoax. Saat menikmati konten hoax lihatlah dari sudut pandang seni yang ditampilkannya. Akan tetapi jangan dianggap serius lalu dipraktekkan di dunia nyata sebab itu hanya terjadi di dunia maya.

    Ada banyak sarana refreshing yang disediakan oleh para pengembang internet dan media sosial. Silahkan temukan sendiri maka anda akan menikmati sisi eksentrik nan humoris dari sana.

  23. Membuat anda lebih sabar.

    Sadarkah anda bahwa saat menunggu tampilan sebuah situs membutuhkan waktu? Atau saat menonton video online butuh burning time? Terlebih lagi saat jaringan/ keneksi internet di tempat anda sedang lelet. Sesungguhnya disaat-saat jaringan lemot, kesabaran anda diuji.

    Mereka yang tidak sabar biasanya akan terus memencet ini dan itu, mengeluh, bersungut-sungut, kesal bahkan beberapa marah sendiri ke benda mati.

    Akan tetapi mereka yang sabar akan menunggu sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Mereka yang lebih sabar lagi, “meng-Close” situs tersebut lalu melakukan aktivitas positif lainnya.

  24. Membuat anda tetap santai dan tenang di waktu tertentu.

    Disaat sedang menunggu sesuatu anda dapat fokus ke pada Tuhan dalam otak yang bernyanyi agar sabar menunggunya. Atau bisa juga, anda ber-internetria sesaat sembari menunggu hal yang penting itu.

  25. Melatih sikap yang selektif – kritis.

    Ini merupakan sikap yang sangat dibutuhkan di media sosial. tanpa selektivitas yang mumpuni kehidupan anda akan terombang-ambingkan oleh berbagai kesimpang siuran informasi yang ada. Internet dan semua antek-anteknya dapat mendorong anda untuk bersikap kritis saat menemukan sesuatu di sana.

    Simak juga, Cara mengetahui benar tidaknya sebuah tulisan di Internet

  26. Belajar bertanggung jawab dan menjaga diri sendiri.

    Tidak ada orang lain yang mengawasi anda saat menggunakan internet. Seolah-olah anda berada diruangan tertutup/ kamar pribadi tanpa ada seorangpun yang mengetahui. Disinilah kemampuan anda untuk menjaga diri dilatih. Sehingga lama kelamaan anda akan mulai mengerti untuk selalu bertanggung jawab terhadap diri sendiri sekalipun tidak ada yang mengawasi/ tidak ada yang mengetahui apa yang sedang dilakukan.

  27. Mengajari anda untuk berkata tidak pada kejahatan (mengendalikan diri).

    Tidak sedikit praktek kejahatan yang diajarkan seorang tutor di berbagai situs berbagi konten di Internet. Oleh karena itu anda harus mulai belajar berkata tidak untuk mengklik hal-hal tersebut. Kemampuan ini turut membina pengendalian diri dalam keseharian anda.

  28. Membuat anda lebih cerdas bahkan bijak.

    Saat anda membaca sebuah tulisan yang dipersiapkan oleh seseorang yang cerdas maka secara tidak langsung kecerdasannya telah menular kepada anda. Oleh karena itu, pandai-pandailah untuk menemukan artikel yang berkualitas. Bukan mustahil, jika dimengerti maka hal-hal itu akan membuat hidup anda lebih baik bahkan lebih bijak dalam mengambil keputusan.

  29. Menuntut anda untuk lebih dewasa.

    Pada akhirnya semua informasi, masalah (termasuk tantangan, fitnah, bully) dan teman-teman yang dimiliki di media sosial akan merangsang kedewasaan anda. Keadaan ini tergantung dari respon anda yang positif (sudut pandang) dan apa adanya (jujur).

    Mereka yang belum dewasa secara pemikiran saat terjun menikmati indahnya dunia maya justru akan lebih ditawan oleh hawa nafsunya. Lama kelamaan hal-hal inilah juga yang menjatuhkan kehidupannya di dunia nyata.

  30. Sesungguhnya masih banyak lagi hal yang baik dapat anda tuai di media sosial & internet. Akan tetapi saran kami, MULAILAH BERKARYA DAN JANGAN HANYA JADI PENIKMAT SAJA jika anda ingin menuai manfaat yang lebih.

    Berkarya yang kami maksudkan disini adalah sesuatu yang ringan-ringan saja sesuai dengan bidang yang anda geluti. Seperti memberikan komentar positif, kata-kata motivasi dan solusi singkat bagi teman yang memiliki masalah. Lakukan (a) sesuai pengertian sendiri, (b) seolah-olah anda melakukan tatap mata (langsung) dengan orang-orang disana dan (c) ikuti arusnya namun jangan kehilangan pikiran (logikanya juga harus main).

  31. Biar bagaimanapun juga, “sesibuk apapun anda berselancar di dunia maya, jangan pernah tinggalkan kehidupan sosial anda di dunia nyata.

    Biar bagaimanapun juga sosialisasi di dunia internet hanyalah miniatur/ replika saja alias simulasi sedangkan kehidupan sosial anda sehari-hari adalah realitas yang sesungguhnya. Jadi, saat anda memegang yang satu bukan berarti yang lainnya dilepaskan melainkan PEGANG KEDUA-DUANYA.

    Lirik teman, Cara cerdas memanfaatkan internet

Kesimpulannya : Media sosial adalah teknologi yang sangat bermanfaat bagi semua kalangan (anak, remaja, dewasa, Ayah & Bunda, pelajar, mahasiswa, pekerja, pengusaha, wirausaha dan lain sebagainya). Alangkah lebih baik jika anak di bawah umur tidak dibebaskan/ dibiarkan menjelajahi internet. Sebab hanya orang dewasa yang cerdaslah yang dapat menikmati manfaat baiknya. Sedangkan anak & remaja kebanyakan mengikuti hawa nafsunya sehingga dapat merusak masa depannya.

Demikian saja teman. Gunakan internet & media sosial secara positif.

Baca pula, Dampak buruk menggunakan internet & media sosial

Salam santun!

Iklan

3 comments

  1. […] Pengaruh internet bagi setiap penggunanya sangat besar. Mereka yang dapat memanfaatkan media ini secara maksimal dapat meraup keuntungan setidaknya keuntungan informasi yang mungkin tidak diketahui oleh banyak orang. Kemajuan di bidang ini sangat mendukung berbagai aspek kehidupan terutama aspek ekonomi, sosial dan budaya di tiap-tiap daerah. Bahkan dapat dikatan bahwa trend sosial yang berkembang di masyarakat dipengaruhi oleh konten-konten populer di dunia maya. Baca juga, Peran penting internet dan media sosial bagi kehidupan […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s