10 Dampak Negatif Menggunakan Pupuk Kimia Jangka Panjang

Bahaya menggunakan pupuk kimia komersial secara terus menerus dalam jangka panjang

Pupuk adalah zat kimia yang sudah diketahui kandungannya, digunakan untuk memperkaya unsur hara dalam tanah. Penambahan pupuk untuk menyuburkan tanah sudah dilakukan semenjak zaman Yesus Kristus dalam Alkitab Perjanjian Baru. Tidak perlu  bercerita dengan orang lain tentang betapa baiknya kehidupan ini. Oleh sebab itu, jangan biarkan hal-hal kecil dapat mengganggu kehidupan anda.

Penggunaan pupuk yang kurang cerdas, tidak terkendali dan berlebihan akan menyebabkan gangguan kesehatan bagi tanaman itu sendiri. Selain itu pemanfaatan sumber daya tanah yang belum maksimal karena lorong-lorong disana cukup banyak yang kosong. Pada akhirnya penggunaan produk hasil jebolan industri semakin turun secara drastis akibat oknum yang tidak bertanggung jawab.

Akibat pemakaian pupuk kimia, seseorang diperintahkan untuk melakukan penilaian langsung terhadap hasil tanam yang mengalami kematian. Kita berharap ketersediaan air ditempat ini selalu berkesinambungan/ terus menerus sehingga rakyatpun turut sejahtera. Tanah yang memiliki sumber daya yang baik dan alami cenderung dapat dimanfaatkan untuk bercocok tanam secara organik. Sedangkan tanah yang kesuburannya sudah tergerus mau tidak mau harus menerapkan penggunaan pupuk untuk meningkatkan kesuburannya.

Lahan yang baru dibuka/ lahan yang barusan digarap memiliki kandungan unsur hara yang masih berada dalam keadaan yang lumayan bagus (melimpah ruah) sehingga sekalipun langsung ditanami maka hasilnya dapat memberikan nilai yang baik sampai musim tanam ke-2 ataupun ke-3. Untuk musim tanam yang selanjutnya kadar unsur hara di dalam tanah cenderung telah berkurang sehingga pemberian pupuk kimia yang aman dan cerdas adalah kunci untuk mencapai hasil yang lebih baik. Semakin lama anda menggarap tanah, semakin sering anda panen maka semakin tinggi kebutuhan pupuk yang harus dipenuhi akibat penggerusan sumber daya tanah dalam waktu yang lama (bertahun-tahun).

Tanah yang sudah digarap selama bertahun-tahun perlu diolah secara bertanggung jawab, terpimpin dan cerdas. Kekayaan zat hara yang telah banyak hilang harus digantikan lewat proses pemupukan yang baik. Cara penggunaan pupuk kimia yang memperhatikan kaidah yang benar sesuai dengan anjuran pabrik pupuk yang bersangkutan atau sesuai dengan rekomendasi seseorang yang ahli di bidang tersebut. Sehingga penerapan yang dilakukan tidak kurang dan juga tidak berlebihan.

Pemberdayaan pupuk kimia yang dijual bebas dipasaran merupakan solusi 50:50 sebab bila prosedur yang digunakan salah dapat berdampak buruk. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika anda menggunakan bahan ini dengan senantiasa berhati-hati sambil memperhatikan petunjuk pemakaian yang terdapat di label produk dan bila perlu mengkonfirmasikan hal tersebut kepada seseorang yang ahli dibidangnya (sarjana pertanian atau dinas pertanian setempat).

Simak juga, Pupuk alami terbaik

Bahaya penggunaan pupuk kimia secara jangka panjang

Semakin lama anda menggunakan pupuk kimia maka semakin besar pula efek samping akibat yang dirasakan oleh tanah dan tanaman itu sendiri. Berikut ini dampak buruk penggunaannya dalam jangka waktu yang lama.

  1. Mudah tergerus oleh aliran air/ hujan sehingga mencemari perairan (misalnya sungai).

    Ini adalah ciri khas dari pupuk buatan yang dijual secara komersial dipasaran. Aliran air yang kencang yang disebabkan oleh hujan deras akan membawa lari unsur hara yang telah anda sebarkan sebelumnya di atas permukaan tanah.

  2. Membunuh mikroorganisme baik yang hidup di tanah.

    Mengganggu keseimbangan flora normal dalam tanah merupakan salah satu dampak buruk penggunaannya secara terus menerus. Terutama ketika itu diterapkan/ diaplikasikan secara berlebihan.

  3. Mengubah pH tanah.

    Membuat tanah menjadi panas. Saat pengguna tidak memperhatikan saran dan anjuran yang tertera pada labal sesuai dengan rekomendasi perusahaan pembuatan pupuk yang bersangkutan alhasil penggunaannya dapat menghasilkan manfaat yang sebaliknya.

  4. Membunuh berbagai jenis serangga dan cacing di dalam tanah.

    Namanya juga bahan kimia, sudah barang tantu penggunaan pupuk jenis ini beresiko mengusir bahkan membunuh serangga dan cacing yang hidup di tanah pertanian.

  5. Menghambat pembusukan bahan organik.

    Ketika mikroorganisme pembusuk dihambat oleh pupuk kimia komersial niscaya senyawa organik kompleks yang terdapat di atas dan di dalam tanah tidak dapat diurai sempurna/ tidak dapat dibusukkan semuanya.

  6. Mengganggu keseimbangan unsur hara dalam tanah.

    Tanah yang baik bukan saja harus mengandung unsur hara yang banyak melainkan harus juga diperhatikan keseimbangan unsur hara yang terkandung didalamnya. Sebab biar bagaimanapun juga ketidakseimbangan unsur hara dapat mempengaruhi pH tanah.

  7. Menghambat penyerapan zat hara oleh akar.

    Penggunaan pupuk buatan yang tidak tepat & berlebihan justru dapat melunakkan bahkan merusak akar tanaman. Akibatnya penyerapan unsur harapun terhambat/ terganggu.

  8. Menimbulkan penyakit bagi tanaman itu sendiri.

    Ketika penerapannya tidak tepat guna maka akibatnya akan berimbas pada kesehatan tanaman yang terhambat sampai menimbulkan penyakit.

  9. Mempengaruhi hasil panen.

    Saat tanaman tidak memperoleh unsur hara yang adekuat, efektif dan efisien maka imbasnya dapat mengganggu pertumbuhan bahkan mengurangi kualitas & kuantitas hasil panen juga.

  10. Pada akhirnya, menghambat pertumbuhan tanaman bahkan mematikannya.

    Bila penanganan pupuk buatan komersial tidak dilakukan secara tepat dan benar maka dapat berimbas pada keberlangsungan hidup tanaman kesayangan anda.

    Simaklah, Khasiat NaCl dalam kehidupan manusia

Demikian saja teman. Mari gunakan pupuk alami sehingga lingkungan tetap hidup dan kitapun panjang umur!

Salam…..

Iklan

One comment

  1. […] Mutu hasil panen akan menurun jika produk yang dihasilkan kurang berisi, bewarna kusam, kurang manis dan ada juga yang membusuk. Semua keadaan ini dipengaruhi oleh nutrisi yang diberikan pada masa tanam. Beberapa pabrik industri memang memproduksi pupuk kimia yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan tambahan nutrisi tanaman pertanian. Namun ada sisi negatif dibalik penggunaannya yang bersifat terus-menerus (menahun). Diantaranya adalah terganggunya struktur biota tanah dan pupuk yang bisa saja berubah menjadi racun akibat pemanfaatan yang berlebihan. Selanjutnya, Efek samping penggunaan pupuk kimia. […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s