Keluarga · Lingkungan

9 Manfaat Laba-Laba Di Rumah, Hidup berdampingan dg predator untuk mengamankan rumah dari serangga pengganggu

Manfaat laba-laba yang hidup di lingkungan sekitar rumah anda

Laba-laba adalah spesies makhluk hidup yang mampu mengubah kotorannya menjadi seuntai benang yang sangat kuat untuk menjebak mangsa dalam sebuah kamuflase yang nyata. Kehidupan serangga yang satu ini sangat dekat dengan rumah dan keluarga tercinta. Hampir semua rumah yang terbuka digandrungi olehnya. Keberadaannya yang tersebar luas diseluruh negeri membuat serangga ini begitu mudah dikenal oleh siapa saja.

Terlebih ketika serial film spider-man populer dikalanan remaja dan anak muda. Ini menambah kecintaan masyarakat kepada laba-laba atau malah memberi kesan seolah-olah laba-laba adalah serangga yang berbahaya dan harus segera dieliminasi. Semua pilihan ada ditangan anda teman. Namun sebelum terlanjur memberi keputusan maka kami akan mencoba mengajukan beberapa opini tentang betapa hebatnya serangga ini menyerang dan mengeliminasi serangga pengganggu lainnya yang lebih kecil darinya.

Tempat yang dibersihkan dan tidak penting untuk dibebaskan dari sarang laba-laba

Satu masalah yang ditimbulkan oleh serangga ini adalah gangguan kebersihan rumah. Ibu di rumah harus repot untuk membersihkan sarang laba-laba yang menmpel dibeberapa pojok di atas plafon atu di beberapa ruangan tersembunyi lainnya. Tindakan ini pada awalnya tidak menjadi masalah akan tetapi beresiko menurunkan populasi serangga predator ini. Oleh karena itu alangkah lebih baik jika ibu rumah tangga tidak membersihkan sarang laba-laba ini seluruhnya sebab perannya sangat membantu kehidupan manusia.

Beberapa ruangan yang harus dibersihkan dari gangguan sarang laba-laba karena dapat mengganggu nilai estetika adalah teras, ruang tamu, ruang makan dan kamar  tidur. Sedangkan ruangan lainnya yang tidak harus dibersihkan dari gangguan sarang ini atau sekalipun dibersihkan namun tidak selalu atau jarang dilakukan yaitu di belakang rumah, samping rumah, gudang, kamar mandi dan ruangan lainnya yang tidak dikunjungi oleh tamu anda. Sadar atau tidak bila terlalu bersih itu tidak baik dan lagipula butuh tenaga yang tidak sedikit untuk membersihkan seluruh area di dalam dan di luar rumah anda. Oleh karena itu, bebaskanlah sarang laba-laba di tempat-tempat yang dianggap penting saja.

Dampak negatif dari keberadaan laba-laba di rumah

Sebenarnya serangga ini tidak begitu memiliki efek samping terhadap kehidupan manusia sebab kita adalah predator tertinggi di bumi ini. Coba bayangkan, apa yang anda lakukan ketika menemukan monster yang tingginya puluhan bahkan ratusan kali lipat dari urukan sebenarnya? Sudah pasti anda akan berlari atau setidak-tidaknya berdiam diri saja menyaksikannya. Maka demikianlah juga dengan laba-laba, mereka ketakutan melihat manusia, bahkan mungkin itu juga mendorong mereka untuk menjadi pemangsa yang nokturnal (aktif di malam hari).

Jika memang anda takut dengan bisa yang mungkin saja ia keluarkan maka sadarilah bahwa itu hanyalah perbedaan struktur sel & jaringan saja berhubung karena kita makhluk tingkat tinggi sedangkan mereka hanyalah serangga. Tapi seumur hidup kami tidak pernah menyaksikan serangan laba-laba secara langsung kecuali hal tersebut diumbar oleh media yang menyesatkan pemahaman anda. Net-netnya saat terjadi serangan (ini adalah mustahil), jangan panik sebab tubuh yang sehat mengandung garam untuk melanjutkan proses detoksifikasi terhadap berbagai jenis bisa dan bahan kimia berbahaya.

Faedah laba-laba yang berdiam (menunggui) kediaman anda

Maksud dan tujuan kami menulis artikel ini adalah agar anda sekeluarga tidak jijik, kesal/ ilfil, takut saat menemukan serangga ini dalam keseharian anda. melainkan bersikaplah biasa saja lalu biarkan mereka hidup berdampingan dengan kita. Berikut beberapa manfaat laba-laba yang mungkin belum anda ketahui.

  1. Menjebak nyamuk.

    Biasanya sarang laba-laba yang berada diantara ventilasi udara dalam rumah bermanfaat untuk melumpuhkan nyamuk sebelum memasuki rumah anda.

  2. Menjebak lalat.

    Demikian halnya juga dengan lalat akan terjebak oleh berbagai-bagai kamuflase sarang laba-laba di ventilasi atau di sudut ruangan dalam rumah anda.

  3. Menjebak laron.

    Ada musimnya laron berkembang dan merayapi lingkungan rumah anda. Keberadaan sarang yang cukup banyak menjadi salah satu cara untuk mengurangi jumlah yang memasuki rumah.

  4. Memburu semut.

    Dimalam hari serangga ini bisa mengendap-endap ke sarang semut dengan penciumannya yang tajam.

  5. Memakan siput kecil.

    Beberapa jenis siput tertentu berada di sekitar lingkungan rumah anda atau di dalam kamar mandi. Kami pernah menyaksikan siput ini tinggal cangkangnya saja dan tidak jauh darinya terdapat laba-laba jenis tertentu.

  6. Membunuh cacing.

    Di kamar mandi atau disekitar halaman anda pasti terdapat cacing. Ini bisa menjadi salah satu menu makanan serangga predator.

  7. Memburu kecoak.

    Repot juga kalau di rumah terdapat banyak kecoak. Mungkin anda harus memelihara beberapa pemangsa untuk mengeliminasinya. Misalnya saja kucing dan lain-lain.

  8. Membunuh lipan.

    Siapa yang lebih hebat, lipan ataukah laba-laba? Dua predator ini akan saling bertarung jika berpapasan. Kemungkinannya adalah yang dewasa memakan yang masih anakan.

  9. Memusnahkan spesiesnya sendiri saat terjadi kelebihan populasi.

    Hewan buas memakan temannya sendiri adalah sudah biasa (kanibal). Oleh karena itu jangan takut bahwa serangga ini akan membludak/ bertambah banyak di wilayah anda sebab ketika mereka saling bertemu niscaya akan saling membunuh satu sama lain untuk menciptakan keseimbangan (jumlah) alamiah.

  10. Dan mengeliminasi serangga lainnya yang ukurannya lebih kecil darinya.

Jangan takut pula saat melihat ada begitu banyak anak laba-laba dalam kantong induknya. Kami harap anda tidak lupa dengan tulisan sebelumnya yang mengungkapkan fakta unik tentang predator di alam liar, yakni egonya yang tinggi sehingga terbiasa untuk hidup sendiri. Semua yang mendekatinya akan dianggap sebagai pengganggu, bahkan teman spesies sendiripun dimangsa olehnya. Kanibalisme diantara pemangsa menciptakan keseimbangan ekosistem alamiah.

Satu hal yang perlu kami ingatkan lagi adalah, predator ada untuk menciptakan keseimbangan lingkungan dimana jumlah serangga tertentu tidak membludak dan membanjiri lingkungan rumah anda. Sekalipun serangga pengganggu tertentu masih terdapat disekitar rumah anda niscaya jumlahnya telah ditekan terlebih dahulu oleh predator sehingga tidak menimbulkan gangguan yang berarti.

Selengkapnya, Cara menghilangkan serangga penggangu dari rumah dan lingkungan sekitar

Demikian saja teman, mari peduli dengan makhluk hidup lainnya dan hindari egois….

Salam bijak.

Iklan

Satu tanggapan untuk “9 Manfaat Laba-Laba Di Rumah, Hidup berdampingan dg predator untuk mengamankan rumah dari serangga pengganggu

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s