11 Bahaya Garam dan Cara Mengatasi/ Mengurangi Resiko Akibat Garam Bagi Kesehatan

Bahaya Garam dan Cara Mengatasi dan Menghilangkan Resiko Akibat Garam Bagi Kesehatan

Manfaat garam masih tersembunyi bagi beberapa orang. Mereka masih sangat yakin bahwa senyawa ini tidak baik bila dikonsumsi lebih dari satu sendok teh per hari (6 gram). Anggapan ini terjadi mungkin karena dipengaruhi oleh media dimana salah satunya adalah media internet. Di dunia maya ada banyak sekali literatur yang menampilkan betapa bahayanya sodium klorida bagi kehidupan manusia.

Begitulah situasi dunia yang kita tempati saat ini teman. Di dunia ini semuanya campur aduk. Mereka yang kurang cerdas akan menyerap semua yang ada didepannya sedangkan orang bijak bersikap selektif terhadap setiap informasi yang diperolehnya. Jangan biarkan semuanya lalu begitu saja melainkan alangkah lebih baik jika anda memilah-milahnya lalu mengujinya satu persatu.

Kami menganjurkan agar anda menguji setiap informasi yang diperoleh dengan melakukan percobaan kecil-kecilan. Perhatikan dan rasakan baik-baik perubahan yang terjadi dalam hidup anda lewat semuanya itu. Jika keadaan anda semakin buruk maka berhenti menerapkannya akan tetapi bila hidup anda menjadi lebih baik maka LANJUTKAN…..

Pada dasarnya, segala hal di dunia ini dapat memberikan dampak yang positif asalkan digunakan dalam konteks yang seimbang dan tidak berlebihan. Bahkan diseluruh bumi tempat kita berpijak hanya ada dua makhluk hidup yang panjang umurnya di dunia ini (lebih dari 100 tahun) yaitu: pohon dan ikan di laut. Dari sana kita belajar betapa pentingnya mengkonsumsi tumbuhan hijau (sebagai sayur & buah) dan ikan di laut (sebagai lauk-pauk). Jika ditelaah lebih dalam lagi mengapa mereka bisa demikian maka akan kita temukan bahwa semuanya karena antioksidan dan salinitas lautan.

Ternyata salinitas sangat menentukan panjang-pendeknya umur makhluk hidup sekelas hewan vertebrata seperti manusia dan ikan paus. Oleh karena itu, kita dapat belajar dari sini bahwa NaCl sangat penting dalam kehidupan manusia. Lagipula Tuhan Yesus pernah menganjurkan agar setiap orang menjadi garam dan terang dalam kesehariannya (baca Kitab Suci). Artinya, terang dan garam tidak dapat dipisahkan dari dalam kehidupan kita. Terbukti juga bahwa sampai saat ini kedua komponen ini sangat besar pengaruhnya dalam kehidupan dan lingkungan sekitar.

Bahaya garam menurut beberapa user

Dari beberapa penelaahan di dunia maya, kami menemukan beberapa keterangan yang menyebutkan betapa beresikonya mengkonsumsi garam bagi kesehatan manusia. Dampak buruk akibat perilaku ini sebagai berikut.

  1. Mampu menahan air sehingga larutan darah mengental.
  2. Kandungannya dalam makanan sea food, fast food dan junk food sangat banyak sehingga mempengaruhi/ mengganggu kesehatan.
  3. Larutan NaCl mampu meningkatkan tekanan darah terlalu dilebih-lebihkan.
  4. Sodium klorida menyebabkan hipertensi, serangan jantung dan stroke.
  5. Asupannya mampu menahan air dalam tubuh sehingga membuat tubuh jadi membal. Ini hanyalah mitos yang tidak berdasar.
  6. Lagi katanya, kandungan yang berlebihan dapat menghambat penyerapan kalsium.
  7. Menyebabkan pembuluh darah pecah dan otot jantung berkontraksi dengan cepat.
  8. Menyebabkan kerontokan rambut.
  9. Menimbulkan pembengkakan hati.
  10. Merusak ginjal manusia.
  11. Mengganggu kerja jantung.

Kami rasa ini hanyalah beberapa yang mewakili saja. Sebenarnya masih banyak lagi literatur yang menampilkan bahaya garam dalam kehidupan ini. Namun kami tidak dapat menampilkannya, silahkan cari sendiri jika berkenan.

Jika garam berbahaya maka gula juga demikian

Ada persamaan antara butiran gula dan garam dapur, yakni sama-sama dapat menarik air. Saat anda banyak mengkonsumsi gula niscaya akan muncul rasa haus untuk mengencerkan kadar gula darah. Rasa haus ini selalu diiringi dengan keinginan untuk buang air kecil yang lebih sering. Dari keadaan ini kita dapat membaca peran ginjal untuk memepertahankan keseimbangan asam-basa dalam tubuh ini. Segala sesuatu yang berlebihan akan digerus oleh ginjal untuk dibuang bersamaan dengan urine. Demikian jugalah halnya dengan NaCl, saat anda mengkonsumsinya secara berlebihan alhasil ginjal akan bereaksi cepat untuk membuang kelebihannya lewat urin.

Bukan hanya gula dan garam saja yang demikian. Nutrisi yang berlebihan lainnyapun akan diperlakukan sama. Misalnya saja, saat anda baru mengkonsumsi jeruk nipis sebanyak 1-2 buah sekaligus. Pastilah muncul langsung niat untuk segera berkemih. Konsentrat asam yang tinggi (vitamin C) langsung diencerkan dan dibuang oleh ginjal anda. Demikian jugalah dengan sodium klorida dimana kadarnya dalam tubuh selalu bisa dinetralkan kelebihannya.

Tolong perhatikan saran-saran dari kami berikutnya. Agar kandungan senyawa ini tidak sampai dikonsumsi secara berelebihan.

Cara mengatasi bahaya garam

Tidak ada yang berbahaya dari garam sebab senyawa ini tidak dihasilkan dari pabrik-pabrik terkemuka atau industri besar melainkan alam sendirilah yang menjadi manufaktur utama untuk menghasilkannya. Sebab setiap makhluk hidup yang telah mati akan mengalami pembusukan dimana semua bagian-bagiannya dilisiskan oleh mikroorganisme menjadi mineral. Dimana salah satu yang terbanyak dari antara semua mineral itu adalah Na+ dan Cl-.

Senyawa ini tidak dihasilkan oleh alien atau makhluk asing yang berasal dari planet lain melainkan setiap organisme yang hidup (manusia, hewan dan tumbuhan) pastilah memilikinya dalam jumlah tertentu. NaCl adalah sari-sari kehidupan yang dihasilkan setelah tubuh organisme dihancurkan oleh kuman. Oleh karena itu saat anda mengkonsumsi garam maka itu sudah sama seperti mengkonsumis tubuh sendiri.

Ada satu organ yang mengendalikan keberadaan garam dalam tubuh manusia, yaitu ginjal. Kemampuannya mengatur keseimbangan asam basa membuat manusia tetap hidup sekalipun ada banyak jenis makanan & minuman yang dikonsumsi. Ginjal yang sehat selalu bisa mengatur kandungan garam tetap normal dalam tubuh sekalipun pada waktu-waktu tertentu terjadi kelebihan konsumsi.

Tidak hanya sampai disitu saja. Manfaat garam yang sangat luas mampu memperpanjang umur anda. Sebab ia mampu meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh bakteri, jamur dan virus. Bahkan menetralisir racun, bisa binatang buas juga menjauhkan tubuh anda dari tumor dan kanker yang ganas. Selain itu, senyawa ionik ini juga diperlukan untuk mempercepat pembusukan makanan didalam sistem pencernaan anda. Berikut selengkapnya, Garam adalah mineral ajaib yang sangatt penting

Berikut beberapa hal yang harus anda lakukan agar dapat mengurangi/ mengantisipasi dampak dari penggunaan produk alamiah ini.

  1. Mengapa harus takut dengan sesuatu yang alamiah?

    Inilah yang selalu saya ingatkan kepada semua orang bahwa produk yang dinamakan garam ini tidak dihasilkan lewat reaksi ini dan itu dilaboratorium kimia atau pabrik bahan kimia lainnya melainkannya senyawa ini diciptakan dan dihasilkan oleh alam sendiri.

    Oleh karena kealamian inilah yang membuat senyawa ini dapat digunakan secara terus-menerus tanpa menyebabkan efek yang nyata bagi organisme hidup seperti manusia. Sifat garam yang alami dan selalu terbarukan adalah sebuah keadaan yang menjamin kelayakan dan keamanannya untuk dikonsumsi sekalipun dalam jumlah banyak (lebih dari 9 gram per hari).

  2. Selalu konsumsi NaCl dalam kadar isotonik.

    Saat anda mengkonsumsi senyawa ini, usahakanlah agar penyajiannya berada pada kadar tidak lebih dari 0,9% – 1% (kadar isotonis). Misalnya dengan menambahkan senyawa ini maksimal 9 gram untuk setiap satu liter air putih matang. Atau bisa juga dengan menggunakannya sebanyak 3 gram (1/2 sendok teh) per 200 cc air putih. Konsentrasi semacam ini adalah masih bisa ditoleransi oleh ginjal sehingga memudahkan proses penyaringan.

    Anda dapat mengkonsumsinya beberapa gelas dalam sehari (lebih dari 9 gram) sesuai kebutuhan asalkan kadar yang masuk ke dalam tubuh berada pada kisaran 0,9% – 0,1%. Sekali konsumsi dapat dimunum sebanyak 200 cc (satu gelas) lalu tunggu beberapa menit kemudian (misalnya 15 – 30 menit) minumlah untuk ke dua kalinya dan seterusnya, tergantung kebutuhan anda.

  3. Jangan menunda untuk minum saat rasa haus datang.

    Kelebihan natrium klorida akan memancing rasa haus anda. Jangan pernah mengabaikan rasa ini. Pastikan anda segera menindaklanjutinya dengan mengkonsumsi segelas sampai dua gelas air putih atau bisa juga dengan membeli sebotol air mineral yang dijual dalam kemasam.

  4. Buang air kecil, jangan ditahan-tahan.

    Saat anda BAK maka segeralah ke toilet agar kandung kemih anda segera kosong sehingga tidak terjadi penumpukan. Penumpukan dalam waktu lama akan meningkatkan proses pembentukan batu ginjal. Buang air kecil yang lancar berarti ginjal yang sehat.

  5. Olahraga yang cukup.

    Melatih diri dalam olahraga yang rutin adalah salah satu cara untuk membuat badan tetap bugar. Juga merupakan sebagai suatu sarana edukasi yang layak ditonton oleh semua orang. Saat anda berolahraga maka racun yang dihasilkan oleh tubuh anda sendiri (termasuk garam) akan diekskresikan melalui kelenjar keringat. Pekerjaan ini selain menjaga kebugaran juga berperan untuk menetralisir/ meminimalisir pengaruh garam dalam kehidupan anda

  6. Herbal alami.

    Herbal ajaib, bawang putih, bawang merah dan jahe adalah sempat menjadi tempatmu untui menjadi salah satu dari orang ayang kampungan yang rendahan. Bahkan mereka membantumu sebagai upaya untuk mengurangi pengamanan yang dilakukan. Ketiga bahan makanan ini bermanfaat sebagai antioksidan tinggi dan yang dapat mengencerkan darah (terutama bawang putih). Manfaatnya tidak hanya mencakup bagian  pencernaan melainkan organ-organ vital lainnyapun disembuhkan dari berbagai penyakit bakteri, jamur dan virus.

    Jadi, apabila anda berada di dalam sana maukah engkau mengimbangi konsumsi garam dengan bawang putih? Sebab garam mampu mengentalkan darah sedangakan bawang putih mampu mengencerkannya. Apabila anda memanfaatnyakannya dengan bijak niscaya akan ada pengaruh yang besar dibalik semuanya itu.

  7. Buah ajaib yang asam-asam.

    Saat hidup kami berada di jalan-jalan yang tidak seharusnya maka sel-sel ini seperti berteriak dan mengeluh secara otomatis. Itulah yang kami lakukan disini yakni berusaha untuk menenangkan seluruh kota walau hanya sejenak saja. Kemampuan antioksidan yang tinggi pada makanan tidak selalu baik. Salah satu buah yang menjadi idolah kami adalah jeruk nipis yang bermanfaat bagi kesehatan seluruh organ tubuh dan juga turut meningkatkan daya tahan tubuh.

  8. Kesaksian pribadi dalam penggunaan garam.

    Di awal-awal mengetahui manfaat garam kami merasa bahwa senyawa ini memang baik tetapi cukup berbahaya. Setelah itu kami mengkonsumsinya dengan lebih hati-hati lagi bahkan bila perlu jangan sampai kelebihan.

    Jantung seolah berdetak kencang saat pertama sekali mengkonsumsinya. Ini terjadi bukan karena pengaruh kesehatan fisiknya. Padahal ini terjadi karena rasa takut akibat rumor tentang bahaya garam yang tersebar luas di Internet. Setelah beberapa waktu hal ini tidak terjadi lagi karena sudah terbiasa dimana tidak ada lagi rasa takut yang mengancam kita.

    Kami bahkan terkadang mengkonsumsinya lebih dari 9 gram perhari. Tergantung dari banyak tidaknya jumlah makanan yang dikonsumsi. Sebab salah satu ciri khas garam adalah sebagai bioaktivator yang membantu membusukkan berbagai jenis bahan organik termasuk makanan. Makanan yang dibusukkan di dalam perut akan turun kadar gulanya, kolesterol juga dan asam urat disana. Dengan catatan perhatikan poin 2 yang konsisten menyajikannya secara isotonik.

Garam di lautan adalah senyawa yang sudah ada secara alami dan default dari zaman purbakala dan akan terus ada untuk membantu manusia memutar siklus kehidupan di dunia ini. Oleh karena itu, jangan terlalu khawatir berlebihan terhadap senyawa ini karena justru perannya sangat banyak bagi kehidupan. Manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya dan jangan lupa untuk berbagi informasi kepada sesama seputar kedahsyatan dibalik bentuknya yang sangat sederhana itu.

Demikian saja teman. Semoga tulisan ini semakin meyakinkan anda bahwa garam adalah senyawa yang meyakinkan. Salam santun!

Iklan

7 comments

  1. […] Kami masih ingat saat masa kecil dulu, begitu lemah (jarang beraktivitas/ bergerak di sekolah/ sukanya diam saja), sakit-sakitan dan kemampuan menghafal kurang (terbukti dari prestasi di sekolah tidak ada). Orang tua bekerja di bidang kesehatan, karena terpengaruh dengan bahaya garam maka penggunaan bahan ini di batasi pada makanan di rumah. Keadaan ini diperparah oleh kebiasaan kami yang enggan mengkonsumsi ikan teri. Dahulu malah lebih memilih makanan yang ditambahkan gula/ susu (jika ada) daripada mengkonsumsi ikan asin. Sekarang, kami baru sadar bahwa salah satu penyebab diri ini begitu lemah, suka sakit dan sulit menghafal karena tidak pernah mengkonsumsi ikan asin. Prestasi kami agak baikan setelah sampai di tanah rantau, Medan dimana penggunaan bahan ini sangat luas pada makanan ditambah lagi dengan berbagai jajanan yang ada. Berikut usaha-usaha konspirasi pengetahuan dibalik mitos garam berbahaya bagi kehidupan. […]

    Suka

  2. […] Larutan garam isotonik sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh setiap makhluk hidup. Kehadirannya dapat menahan, menghambat bahkan mematikan berbagai jenis virus, bakteri dan jamur. Bahkan penyakit yang sangat terkenal tanpa obat yang jelas sekelas kanker dan tumor saja dapat dibersihkan dan dibuang melalui saluran pembuangan (rektum dan kandung kemih). Selengkapnya, Efek samping penggunaan garam dalam kehidupan manusia […]

    Suka

  3. […] Pernahkan anda berpikir mengapa batang pohon kelapa yang ditanam di tepi pantai begitu kuat bahkan sering dijadikan sebagai jembatan darurat? Ini karena kandungan garam yang tinggi didalamnya. Jadi kunci utama untuk memperkuat pohon adalah GARAM. Demikian halnya juga dengan tulang manusia, kunci utama untuk memperkuat tulang adalah GARAM. Simak teman, Bahaya garam dan cara mengimbanginya […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s