Gejolak Sosial · Kepribadian

+9 Penyebab, Dampak & Cara Menghilangkan Rasa Kesal – Kekesalan hati adalah kebencian yang datangnya cepat

Cara menghilangkan rasa kesal, dampak negatif, faktor penyebab kekesalan hati

Sebelumnya, kami berpikir bahwa kebencian adalah awal dari semua tindakan kebinatangan. Belakangan ini kami menyadari perasaan sendiri, tidak membenci seseorang tetapi “ingin ngejahatin dia”. Keadaan ini aneh tapi nyata. Sebuah rasa yang tidak meradang namun tiba-tibu muncul begitu saja oleh karena hal-hal tertentu. Ini bukan perasaan yang baru, melainkan sudah lama namun barulah sekarang disadari. Di dalam semua situasi yang tidak  nyaman ini, kami mengambil beberapa waktu untuk merenung dan mencari tahu apa sebenarnya gejolak yang sedang membara dalam pikiran ini.

Keadaan ini sangat menantang diri sendiri. Itu seperti sebuah kekuatan yang tidak stabil dan memiliki kecenderungan untuk diarahkan ke hal-hal yang negatif. Saat situasi semakin memburuk dimana tekanan semakin intens maka rasa itu semakin melebar kemudian mengalami diferensiasi dalam bentuk-bentuk emosional yang mengalami kemunduran. Salah satu bentuk diferensiasi dari keadaan ini adalah kebencian. Sedangkan untuk bentuk lainnya bisa saja menjadi sikap pendendam, pemarah, angkuh, penentang dan lain sebagainya.

Perasaan ini kami sebut dengan kekesalan hati. Hati yang kesal adalah sebuah tekanan dari dalam oleh karena bereaksi aktif (lebay) terhadap seseorang atau atau terhadap situasi yang rumit. Kan bonus indah kerajaan kita tahun ini adalah ujungnya/ akhirnya dimana semuanya akan bereaksi dengan pencarian kasusnya dalam beberapa dekade. Sekalipun demikian, masih sulit menemukannya untuk dijadikan sebagai sebuah bahan pembicaraan dengan dasar dan bukti yang konkrit untuk menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi.

Hati yang kesal adalah permulaan dari semua sifat kebinatangan yang diekspresikan melalui tindakan yang jauh dari prinsip-prinsip hidup yang baik. Saat seseorang telah dikuasai oleh kekesalah niscaya akan timbul pula kekacauan-kekacauan lainnya yang turut memperkeruh suasana yang sedang berlangsung. Sejahat-jahatnya seseorang yang kesal niscaya itu hanyalah sebuah usaha untuk menyembunyikan sesuatu. Akan tetapi kekesalah yang berujung pada sikap yang agresif cenderung berlangsung sangat cepat sehingga tidak mungkin untuk diamati seluruhnya. Korban yang berjatuhan bukan hanya mereka yang terlibat langsung melainkan juga mereka juga yang kebetulan berada dilokasi.

Pengertian, sinonim & antonim kata “kesal

Menurut KBBI Bahasa Indonesia, defenisi kata “kesal” adalah 1 mendongkol; sebal; 2 kecewa (menyesal) bercampur jengkel; 3 tidak suka lagi; jemu. “Kekesalan” adalah perasaan kesal; kesebalan; kejengkelan; kejemuan

  • Sedangkan menurut pengertian sendiri “kesal” adalah perubahan suasan hati yang jauh berbeda dari biasanya karena pengaruh lingkungan, bila direalisasikan akan menghasilkan perbuatan menyimpang namun bila dipendam akan menjadi kebencian/ dendam.
  • Kekesalan lebih dekat kepada kebencian cepat artinya rasa benci yang munculnya lebih cepat/ tanpa dipikirkan terlebih dahulu/ tanpa direncanakan terlebih dahulu.
  • Sinonim dari kata “kesal” adalah jengkel, muak, palak, sebal.
  • Antonim dari “kata” kesal adalah hati yang damai, tenang dan tentram

Pertanda bahwa hati anda sedang kesal

  • Menarik sekali untuk mengetahui saat dimana hati anda sedang dalam keadaan ini. Sekalipun kami katakan bahwa rasa itu seperti ini atau seperti ini namun anda tetap tidak mengerti.
  • Intinya adalah, kenali suasana hati anda teman. Apabila situasi di dalam sana sudah mulai tidak kondusif, rasa tenang, damai dan tentram di hati hilang. Lalu disusul oleh adanya niatan untuk melakukan tindakan tertentu yang melanggar norma dan aturan yang berlaku di masyarakat.
  • Semakin cepat anda sadar & mengenali rasa ini maka semakin cepat pula proses yang dibutuhkan untuk mengatasi dan meredamnya sehingga tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.

Faktor penyebab pikiran menjadi kesal

Baik mari kita bahas bersama mengapa seseorang bisa menjadi kesal? Apa alasan dari kekesalan itu sendiri?

  1. Orang yang belum mengenal dirinya sendiri dan untuk apa dia hidup di dunia ini.
  2. Tidak terbiasa dengan perubahan situasi.
  3. Belum terbiasa dengan perbedaan antara perorangan maupun antar kelompok.
  4. Pikiran negatif (negative mindset) dan prasangka buruk.
  5. Merasa tidak puas/ merasa tidak bahagia setelah menikmati/ menjalani sesuatu.
  6. Gangguan sosial berupa tekanan terhadap indra baik oleh manusia maupun gangguan berdasarkan situasi yang tidak bersahabat.
  7. Keinginan, cita-cita dan rencana yang tidak terwujud.
  8. Kekecewaan yang sangat mendalam karena buruknya komunikasi.
  9. Kejahatan sendiri/ kesalahan sendiri/ kegagalan pribadi.
  10. Pekerjaan tidak selesai tepat waktu.
  11. Tidak ada pekerjaan atau kehilangan pekerjaan.
  12. Dan lain sebagainya.

Bahaya yang timbul akibat kekesalan hati

Sikap yang negatif akan selalu memberikan dampak yang negatif pula. Tidak ada orang yang menabur kejahatan akan tetapi menuai kebaikan. Berikut dampak buruk yang dirasakan setelah membiarkan hati tetap meradang dalam rasa kesal.

  1. Bersusah hati/ galau.
  2. Sedih atau bisa juga menangis.
  3. Kebencian yang mendalam.
  4. Dendam kesumat yang tak terlupakan.
  5. Amarah yang berkobar-kobar.
  6. Rasa sombong yang diekspresikan dengan sikap yang lebay.

    Simak juga, Cara menghilangkan kesombongan

  7. Iri hati yang membandel.

    Tidak ada salahnya, Cara menghilangkan iri hati & dengki

  8. Perilaku yang syarat dengan kekerasan.
  9. Perkataan yang penuh dengan kepalsuan, kemunafikan, serapah, fitnah, hinaan, bully (ejekan).

Cara menghilangkan rasa kesal dari dalam hati

Seperti yang telah kami ungkapkan sebelumnya bahwa kekesalan adalah rasa benci yang munculnya cepat/ tanpa dipikir terlebih dahulu/ tanpa direncanakan/ istilah kerennya “otomatis cepat”. Berikut langkah kaki yang anda butuhkan untuk mengatasi bahkan menghilangkan rasa ini.

  1. Yang pertama-tama anda lakukan adalah menyadarinya.

    Semakin cepat anda menyadari perubahan yang muncul dari dalam sama maka semakin baik untuk segera diatasi. Kecepatan kesadaran anda akan meminimalisir perilaku menyimpang yang mungkin dapat ditimbulkannya.

  2. Silahkan refresh pikiran anda.

    Usaha untuk merefresh otak adalah sebuah langkah dimana anda butuh untuk diam beberapa saat lalu mengunci indra untuk kembali ke dalam diri sendiri sambil berkata-kata (berdoa) dengan Sang Pencipta Segala Masa.

  3. Terima apa adanya.

    Komponen penting yang harus ada dalam doa anda adalah rasa syukur buat semua yang telah terjadi. Katakanlah kepada diri anda bahwa “Saya pantas menerima semuanya ini/ saya pantas menanggung semuanya ini. Oleh karena itu kuatkan hatiku (tabahkan aku), ya Tuhan”.

  4. Jangan fokus pada situasi melainkan fokuslah pada Tuhan.

    Hindarilah untuk memfokuskan pikiran anda kepada seseorang/ situasi yang membuat anda kesal melainkan berusahalah untuk tetap fokus kepada Tuhan. Sebab semakin anda fokus pada situasi/ manusia yang membuatmu kesal niscaya rasa benci/ muak akan semakin menguasai dan berpotensi mengacaukan pikiran anda. Fokus kepada Tuhan dilakukan dengan memperkatakan Firman-Nya dan memuji-memuliakan nama-Nya.

  5. Saat rasa kesal itu meradang dalam hati ambil posisi tunduk dan diam sejenak.

    Apabila hati anda sedang kesal lebih baik bagi anda untuk berdiam diri terlebih dahulu lalu merefresh otak agar kembali ke posisi awal. Anda butuh waktu untuk membersihkan hati dari rasa ini.

  6. Anda tidak harus menang dalam kekacauan itu.

    Beberapa situasi yang menimbulkan kekesalan mengundang tanya-jawab (debat). Kami sarankan kepada anda agar menjauhkan diri dari perdebatan itu sebab hal tersebut berpotensi membuat pikiran anda tambah semeraut. Oleh karena itu ambil posisi untuk merefresh otak atau dengan berfokus kepada Tuhan.

  7. Ketika hati sedang kesal hindari marah.

    Sadarilah bahwa kekesalan berpotensi membakar amarah anda. Amarah yang anda ekspresikan berpotensi menjadi ajang marah-marah yang terciprat kepada semua orang. Situasi seperti ini akan membuat sikap anda semakin tidak terkendali sehingga berpotensi merugikan diri sendiri dan orang lain.

  8. Saat kekesalan itu masih meradang, carilah angin di luar.

    Saat anda sudah berusaha semaksimal mungkin untuk merefresh otak dari rasa ini namun sayang rasa itu justru tidak kunjung hilang dari dalam hati. Malah hati menjadi tambah tidak tenang dan ketentramanpun menjauh. Oleh karena itu alangkah lebih baik bagi anda untuk segera keluar dan mencari suasana dan udara yang baru untuk menengkan pikiran.

  9. Ketika rasa itu telah pergi, kembalilah positif.

    Saat pikiran sedang berada dalam masalah niscaya ini akan mempengaruhi ekspresi sehari-hari : yang biasanya tersenyum menjadi jarang tersenyum, yang biasanya ramah menjadi tidak lagi. Perubahan seperti itu memang biasa teman. Akan tetapi yang hendak kami ingatkan adalah, kembalilah tunjukkan sikap yang positif kepada semua orang saat rasa kesal itu telah meninggalkan pikiran anda. Tebarkan kebaikan dengan senyuman, ramah-taman dan kebaikan lainnya kepada siapapun yang diinginkan hatimu.

  10. Bersikap santai dalam segala sesuatu.

    Tetap santai dalam segala situasi adalah sebuah langkah awal untuk menenangkan hati. Saat anda santai maka sirkulasi udara (darah) di dalam otak tetap lancar. Apabila sirkulasi darah terhambat karena sikap yang terburu-buru atau terlalu lebay niscaya kepala menjadi pusing dan pikiranpun penat. Oleh karena itu, usahakan untuk tetap memiliki tingkat kesenangan/ kesedihan netral yang dilakukan dengan konsisten. Sikap seperti ini mampu meminimalisir timbulnya rasa kesal dari dalam hati.

    Salah satu cara untuk tetap santai juga dapat terjadi karena “sudah biasa“. Saat kita sudah terbiasa melakukan sesuatu pastinya suasana hati tetap tenang melalui semuanya itu. Akan tetapi saat yang terjadi adalah sesuatu yang baru niscaya akan menyebabkan “terkejut” sehingga lebaypun membengkak 😀 Oleh karena itu sikap yang berlebihan pada moment pertama juga termasuk sebagai sesuatu yang biasa dan dialami oleh semua orang.

Rasa kesal adalah tantangan yang melatih kemampuanmu untuk memanajemen pikiran sendiri. Saat anda mampu melalui ujian ini niscaya banyak manfaat yang dapat anda peroleh.

Salam mental tangguh!

Iklan

4 tanggapan untuk “+9 Penyebab, Dampak & Cara Menghilangkan Rasa Kesal – Kekesalan hati adalah kebencian yang datangnya cepat

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s