17 Cara Agar Tidak Mudah Terangsang – Mengurangi sensitifitas indra

Cara membuat tubuh tidak mudah terangsang mengurangi sensitifitas

Rangsangan adalah perbedaan suasana yang datang dari dalam maupun dari luar. Ia bisa didatangkan begitu saja oleh pikiran sendiri (imajinasi), bisa didatangkan lewat gerakan sendiri atau bisa juga di datangkan bersamaan dengan hadirnya orang lain disekitar anda. Ada banyak rangsangan yang menghampiri dalam hidup sehari-hari. Itu terjadi baik secara sengaja maupun tidak disengaja. Semakin banyak anda berinteraksi dengan orang lain maka semakin baik itu karena rangsangan yang diterima banyak sehingga melatih diri untuk terbiasa dan selalu bersikap selektif menanggapi segala sesuatu.

Bagaimana perasaan anda saat menerima rangsangan dari orang lain? Jawabannya pasti sangat situasional bahkan mungkin beberapa berkata, “Tergantung siapa yang merangsangnya?” Memang demikianlah jawaban orang-orang yang pikirannya kosong. Sehingga siapapun yang hendak memasukinya dapat melakukannya dengan mudah menggunakan teknik pendekatan tertentu (seperti yang tersebar luas di dunia maya) sehingga membuatmu terangsang selama beberapa waktu untuk dimanfaatkannya.

Jangan biarkan indramu berada di atas otakmu. Melainkan selalu tempatkan pikiran yang fokus kepada Tuhan di atas. Saat pikiran kosong maka kekuatan otak untuk memberi pengaruh dan mengendalikan seluruh tubuh berada pada tingkat yang paling rendah (hampir 0%). Ini membuat pengaruh yang kuat pada indra yang di dorong oleh rangsangan dari luar akan mengendalikan anda dengan sangat mudah. Jika indra yang mengendalikanmu niscaya anda akan dituntun kepada hal-hal yang nikmat, terserah itu baik atau buruk, benar atau jahat.

Kami mengakui bahwa pengaruh indra sangat kuat dimasa kecil. Ini didukung oleh tingkat sensitivitas syaraf yang tinggi di sana. Selain itu segala bentuk rangsangan tidak dapat dicerna apalagi difokuskan pada satu jalur syaraf tertentu melainkan otak mengarahkannya ke segala arah. Keadaan inilah yang turut membuat anak kecil sangat rentan terhadap rangsangan dari siapapun dan apapun. Misalnya saat ia dikejutkan oleh sesuatu reaksinya langsung menangis, pada udara yang terlalu panas reaksinya lasak lalu menangis lagi, saat udara menjadi dingin maka tanggapannya juga menangis.

Kami sendiripun sebagai manusia normal sudah beberapa tahun belakangan ini tidak pernah lagi dekat dengan seorang perempuan. Gak kebayanglah bagaimana gelinya jika suatu saat nanti bertemu lalu dekat sampai bicara empat mata dengan seorang gadis.Tapi semuanya bisa diatasi sebab umur juga sudah mau dekat kepala tiga dimana ujung-ujung syaraf ini tidak sesensitif dulu lagi karena telah terbiasa dengan gangguan dan mengalami penuaan. Saat kami terangsang maka otak kami tidak mengalirkan impuls tersebut ke seluruh area melainkan memfokuskannya untuk dibawa dalam jalurnya Tuhan (sudut pandang Tuhan).

Cara membuat kulit dan indra lainnya tidak mudah terangsang/ tidak terlalu sensitif

Inti dari teknik ini adalah “pikiran, terbiasa sehingga bisa dibawa santai – kadang juga lucu-lucuan”. Tips yang kami berikan sebenarnya sangat sederhana sebab dapat langsung diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari asalkan dilakukan dengan bersabar, tekun dan kerja keras. Berikut caranya.

  1. Kembali fokus kepada Tuhan.

    Seperti yang kami sampaikan sebelumnya bahwa pusat kendali kehidupan anda adalah pikiran. Menjaga pikiran tetap bersih dapat dilakukan dengan senantiasa fokus kepada Tuhan, Firman-Nya dan memuji-memuliakan nama-Nya yang tinggi, besar dan hebat itu.

  2. Siagakan otak untuk selalu segar.

    Jika sewaktu-waktu anda merasakan penyimpangan dalam pikiran sendiri maka sudah sebaiknya segera melakukan proses auto-refresh sehingga segala bentuk kejahatan itu segera ditendang jauh-jauh dari pikiran anda. Jika lokomotif kehidupan (otak) anda berada pada jalur yang benar maka seluruh armada juga berjalan mengikuti dari belakang sekalipun ada banyak godaan yang merangsang diluar sana.

  3. Pukul atau cubit indra anda yang sesat.

    Seperti kata Tuhan Yesus pada Injil Markus 9:43-44 – “Dan jika tanganmu menyesatkan engkau, penggallah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam hidup dengan tangan kudung dari pada dengan utuh kedua tanganmu dibuang ke dalam neraka, ke dalam api yang tak terpadamkan; [di tempat itu ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam.]”. Jadi, jikalau salah satu indra yang dimiliki membuat anda sesat maka sakitilah ia sehingga kedepannya tidak berlaku demikian lagi. Lagipula sebelum orang lain/ situasi menyakiti tubuhmu lebih baik tekanlah ia terlebih dahulu dengan cara memukul atau mencubitnya. Sehingga ia tidak lagi berani macam-macam di waktu-waktu mendatang.

    Mengurangi rangsangan pada kulit

  4. Pegang dan sentuh sendiri.

    Kenali tubuhmu sendiri teman dan kenali pula bagian-bagian mana yang sensitif disana. Ada baiknya lekak-lekuk yang sensitif itu disentuh sendiri dengan cara (a) mengusap & (b) meremasnya selama berulang-ulang (minimal sebanyak 7 kali) sembari berfokus kepada Tuhan. Sentuhan yang dilakukan sendiri akan membuat bagian tersebut terbiasa sehingga diwaktu mendatang tidak mudah lagi terangsang oleh hal-hal yang sepele.

  5. Biasakan untuk melakukan sentuhan di dalam keluarga.

    Keluarga adalah lembaga yang paling sederhan untuk menciptakan mental anak yang kuat. Masa pembentukan di dalam keluarga dimulai dengan cara menyentuh anak sendiri dalam beberapa moment tertentu. Misalnya bersalaman, rangkulan dan pelukan. Sentuhan yang diberikan orang tua kepada anaknya akan membuat anak terbiasa sehingga bagian-bagian tersebut diharapkan tidak terlalu sensitif lagi. Sebab lebih baik seorang anak terangsang dalam keluarga lalu orang tua mengarahkannya kepada hal yang positif atau setidak-tidaknya dibawa santai saja. Daripada seorang anak terangsang diluar sana yang dimanfaatkan orang lain untuk menuntunnya kepada perbuatan yang menyimpang.

  6. Biarkan kulit anda terpapar dengan sinar matahari.

    Tidak perlu terlalu over protektif untuk melindungi diri dari sinar matahari langsung. Ada baiknya juga bila sesekali anda berngiang dibawah terik matahari pagi selama 15 – 30 menit dalam dua kali seminggu. Sinar UV membantu kulit untuk lebih tebal melindungi syaraf dibawahnya sehingga daya sensitifitasnya menurun.

  7. Biarkan kulit anda terpapar dengan udara dingin.

    Membiasakan kulit terpapar dengan udara dingin adalah baik. Sesekali saat cuaca sedang mendingin dimana suhu udara lebih rendah dari biasanya tidak perlu menggunakan jeket. Paparan udara yang berbeda-beda akan membuat kulit anda mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sehingga ujung-ujung syaraf disana tidak terlalu sensitif untuk dirangsang kelak.

  8. Rasakan angin kencang yang menyentuh badan anda dengan lembut.

    Tidak ada salahnya bila anda harus membiarkan diri untuk terpapar dengan angin yang sedang berhembus kencang. Nikmati sentuhannya dan jadilah terbiasa. Ini bisa juga dilakukan saat anda sedang naik kendaraan (bagusnya menggunakan sepeda atau kendaraan roda dua lainnya). Saat berkendara pada jarak pendek tidak perlu menggunakan jeket/ shall agar hempasan angin mengenai tubuh anda langsung sehingga menjadi terbiasa.

    Mengantisipasi terangsang lewat mata

  9. Memalingkan kepala dan mengubah arah (fokus) pandangan.

    Mata sebagai organ indra dengan jangkauan yang paling luas dapat mencerna berbagai bentuk rupa dari jauh dan dekat. Ketika mata anda melihat sesuatu yang seksi dan vulgar tepat dihadapanmu: langkah pertama yang harus anda tempuh adalah mengubah arah pandangan/ arah fokus ke tempat yang lain. Misalnya dengan menunduk, berpaling ke kanan dan ke kiri atau bisa juga dengan fokuskan penglihatan pada hal-hal yang tidak mengundang hasrat seksual.

  10. Meng-skipp atau meng-close konten/ bacaan yang vulgar.

    Kami sarankan kepada anda untuk tetap positif di dunia maya. Lebih baik bagi anda untuk “tidak bermain-main dengan api“. Sebab ini merupakan awal yang buruk yang dapat merusak masa remaja. Oleh karena itu, tahanlah nafsu anda ketika ada sesuatu iklan maupun tulisan, gambar dan video yang mengundang birahi. Konten yang seperti ini lebih baik dicuekin/ diabaikan saja, bisa juga di skipp atau sekalian aja di tutup “close“.

    Mengatasi rangsangan lewat telinga.

  11. Keluar dari ruangan dan jauhi tempat tersebut.

    Saat anda secara tidak sengaja berpapasan/ bergabung dengan orang-orang yang membicarakan hal-hal yang sangat parno maka langkah yang anda lakukan yakni dengan menjauhi mereka atau sekaligus saja keluar dari ruangan tersebut. Ini adalah langkah preventif untuk mengatasi godaan lewat teling.

  12. Silahkan dengarkan musik, radio, menonton tv, film dan hal positif lainnya.

    Jikalau anda tidak bisa keluar atau enggan untuk keluar makaa silahkan dengarkan radio atau musik melalui headset yang anda miliki. Jika ditempat tersembut masih ada media-media hiburan lain maka ubahlah fokus anda kesana, misalnya dengan menonton televisi, film dan lain sebagainya. Intinya adalah temukan hal positif lainnya yang dapat anda dengarkan.

    Teknik lainnya yang tidak kalah penting

  13. Bercengkrama dengan teman disamping anda.

    Ini salah satu cara mengalihkan konsentrasi dan fokus saat sedang digoda oleh hal-hal yang menaikkan hasrat seksual anda. Intinya adalah temukan orang-orang yang sama dengan dengan anda, yang sama-sama tidak menyukai apa yang sedang berlangsung. Perhatikan sekeliling anda lalu temukan orang-0rang positif yang bisa diajak bicara untuk mengalihkan konsentrasi dan fokus.

  14. Cara lain yang tidak kalah menarik, seru dan ampuh untuk mengalihakan konsentrasi dan fokus.

    Tolong baca poin no satu & dua teman. Jika fokus pikiran kita tujukan kepada Tuhan niscaya hawa nafsu sesat ini akan meninggalkan anda.

    Cara alternatif lainnya yang membuat anda mampu mengalihkan konsentrasi dan fokus adalah, sebagai berikut:
    – memikirkan apa yang baik yang bisa anda lakukan hari ini.
    – berpikir tentang apa saja kesalahan yang telah dilakukan hari ini.
    – kembali mengikrarkan komitmen untuk selalu hidup positif.
    – membaca buku (pelajaran, motivasi, cerita, komik dll).
    – menulis dan menyelesaikan sesuatu.
    – main gadget/ smartphone/ laptop : mencari informasi lewat blog, sosial media dan game.

  15. Bersikap santai saat mendapatkan rangsangan secara tiba-tiba.

    Untuk diketahui bahwa hidup ini bukanlah drama seperti yang ada di film-film. Bila sikap para pemeran di layar kaca tersebut anda rumahkan niscaya hidup anda mulai tidak normal. Jika suatu saat anda terangsang secara tiba-tiba oleh sesuatu, tidak perlu marah-marah atau membenci orang tersebut. Melainkan cobalah untuk berkepala dingin dengan menebar senyuman atau tertawa kecil.

  16. Tetap sabar menjalani semuanya itu.

    Ingatlah untuk tidak melampiaskan kekesalan kepada orang-orang seperti itu. Abaikan saja mereka sebab bisa jadi mereka semakin gencar menggoda setelah menyaksikan sikap anda yang terlalu risih dan sewot menghadapi semuanya itu. Oleh karena itu tetap tunjukkan sikap sabar dan tetap tenang dalam menjalani situasi yang berpotensi menjatuhkan anda.

  17. Lama-lama juga jadi terbiasa.

    Jika anda masih anak kecil dan remaja (dewasa muda) maka disaat seperti inilah indra anda masih sangat sensitif. Oleh karena itu, langkah yang harus anda tempuh adalah menjauhi objek yang berpotensi negatif tersebut dan mengalirkah konsetrasi kepada hal-hal lain yang lebih positif.

    Bila sudah dewasa dan banyak makan garam di dunia ini niscaya anda akan terbiasa juga. Istilahnya sekalipun hal-hal yang seksi dan vulgar ada didekat anda namun bisa menempatkan diri pada posisi yang aman.
    Akan tetapi jika anda merasa sudah mulai goyah : jangan stay terus disitu, keluar, menjauh dan laihkan konsentrasi pada sesuatu yang lain.

Di dalam semuanya itu, saat tubuh anda diterpa oleh panas-dinginnya suhu udara yang berbeda-beda, alangkah lebih baik jikalau anda memperhatikan kesehatan sendiri. Jangan sampai apa yang kami ajarkan disini membuat anda sakit sampai-sampai terbaring lemah di rumah sakit. Saran dari kami adalah untuk tetap mengkonsumsi buah dan sayur (terutama buah ajaib – jeruk nipis), herbal ajaib (bawang merah dan putih juga jahe) dan garam sehari-hari. Sebab komponen makanan ini akan membuat badan anda tetap fit dalam segala situasi yang dihadapi.

Sekali lagi kami sampaikan bahwa pikiran adalah pengawal indra anda sehingga rangsangan negatif yang berasal dari luar tidak mudah mengotori hidupmu. Salam bijak!

Iklan

3 comments

  1. […] Saat kami masih kanak-kanak, makan dan minum yang pahit-pahit itu sulit. Seperti minum obat farmasi (kimia) dan obat tradisional (herbal) yang berasal dari tanaman di sekitar kebun seperti daun dan bunga pepaya. Kami baru saja menyadari bahwa semasih kecil indra ini sangat sensitif. Bukan hanya satu indra melainkan semuanya begitu sensitif. Ini mungkin terjadi karena hubungan antara sel otak yang masih kuat satu sama lain. Respon sangat beragam ketika indra diberi rangsangan kecil-besar, tinggi-rendah, halus-lembut. Semuanya tergantung dari hasil pengamatan mereka yang dikagumi (orang tua) dan kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Saksikan juga, Cara mengatasi organ yang terlalu sensitif. […]

    Suka

  2. […] Tidak dapat dipungkiri bahwa sebuah sentuhan sangatlah penting untuk menjalin komunikasi yang lebih dekat dengan anak. Alangkah lebih baik jika hal ini dilakukan oleh orang tua dirumah agar mereka merasa nyaman saat bercanda gurau dengan mereka. Pada umumnya hal yang sudah sering dilakukan dalam keluarga akan menjadi terbiasa. Saat ini sudah menjadi kebiasaan maka rasa pada bagian itu tidak terkejut berlebihan ketika dilakukan oleh orang luar dalam lingkungan pergaulan anak. Sebab terkejut berlebihan bisa jadi menandakan ia mengalami rasa senang yang berlebihan pula sehingga membuatnya semakin lengket dengan orang tersebut. Mungkin itu bagus ketika lawan jenisnya yang melakukan (pacar) tapi siapa yang menduga bahwa kaum LGBT bisa saja lebih duluan mempraktekkan itu kepadanya. Simak juga, Tips membiasakan kulit yang terlalu sensitif terhadap rangsangan […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s