+17 Cara Menggunakan Internet Dengan Benar & Bijak – Tetap Positif di Dunia Maya

Cara Menggunakan Internet Dengan Benar & Bijak - Tetap Positif di Dunia Maya

Internet adalah sebuah solusi jitu untuk membuat anda senantiasa terhubung dengan dunia luar. Banyak pengalaman hidup yang dapat dituai dari sesuatu yang tidak pernah kita tabur sebelumnnya. Setiap orang berhak akan ilmu pengetahuan yang benar karena ia adalah Tuhan sendiri untuk mendatangkan kebaikan buat kehidupan umat manusia. Kemampuannya menjangkau tempat-tempat yang jauh hanya dalam beberapa detik. Kekuatannya mempersatukan banyak kalangan dalam kemajemukan sudah terbukti.

Sayang, kebebasan di dunia maya tidak terkendali bahkan di luar jangkauan. Kita seperti dibawa dalam suasana bak “mencari tulang diantara daging“. Tidak semuanya yang anda peroleh dari sana adalah baik dan benar adanya. Oleh karena itu, tetap gunakan otak anda saat mengoperasikannya. Sebab di dalam sana semuanya tumpah ruah, yang baik dan buruk, benar dan jahat, yang patut dan tidak patut, yang pantas dan tidak pantas menjadi satu dalam genggaman anda.

Keberadaannya bagaikan buah simalakama yang sangat tergantung dengan penggunanya (user). Sebab pembatasan di dunia maya masih belum menyentuh semua masalah yang ada. Istilahnya yang tersentuh itu bak fenomena gunung es, belum menyentuh sampai ke akar-akarnya. Tapi kami merasa bahwa ini justru baik adanya. Yaitu menjadi salah satu sarana untuk memurnikan kehendak hati yang pada akhirnya membuatmu lebih bijak dari sebelumnya.

Berhubung karena penggunaan internet bersifat privasi, artinya menjamin kebebasan personal untuk mengeksploitasi sebesar-besarnya. Entah eksploitasi yang dilakukan sudah berjalan baik & benar atau malah mulai menempuh jalur yang menyimpang, semuanya tergantung di tangan anda. Akibat negatifnya juga nanti tanggung sendiri. Oleh karena itu bijaklah dalam memanfaatkan media sosial dan antek-anteknya sebab dampak buruknya tidak ditanggung oleh operator jaringan, pemilik website, pemilik medsos atau pihak lainnya melainkan ditanggung oleh diri sendiri.

Kami sendiri menganggap bahwa internet dan segala yang ada di dalamnya telah membuat diri ini menjadi lebih cerdas dan bijak dalam menjalani hidup (harap ingat : medsos bukan satu-satunya cara membuatmu berpengalaman). Sebab kita diperhadapkan untuk bertanggung jawab dengan diri sendiri tanpa harus diawasi oleh orang lain. Konten di dunia maya ada yang benar-benar bagus tapi ada pula yang jahat mengundang hawa nafsu yang liar. Jika anda bisa memilah-milahnya berarti anda cerdas. Namun, jika anda mampu mengambil yang baik lalu membuang keburukannya berarti anda bijak.

Beberapa kemampuan media sosial yang kami rasakan dahsyat yaitu perannya dalam mempersatukan kita dengan banyak orang termasuk dengan teman lama. Bahkan beberapa teman sekolah kami yang di dunia nyata keberadaannya entah berantah, eh… tau-taunya ketemu di sosial media. Manfaat lainnya yang sangat kami rasakan adalah terdapat kesempatan berkarya untuk menjadi berarti bagi sesama manusia di seluruh dunia. Jadi nge-share konten positif di internet dampaknya luas, tidak hanya terbatas pada orang-orang yang dikenal disekitar anda melainkan orang asing juga. Coba banyangkan “betapa besarnya berkat yang bisa dituai (kelak di Sorga) hanya dengan menabur sepatah kata di sosial media.

Saran dari kami adalah, alangkah baiknya bila pengguna internet adalah orang-orang yang sudah matang dalam berpikir alias sudah dewasa. Jika anak-anak remaja yang masih dibawa umur menggunakannya maka besar kemungkinan terjadi penyimpangan karena pemikiran yang masih labil. Kami sendiri mengakui bahwa dulu pertama kali diberikan hanphone oleh orang tua pada usia sekitar 19 tahun (masuk kuliah) dan setahun kemudian dibelikan smartphone yang bisa mengakses internet. Pola pikir yang matang menjauhkan tindakan dari sikap yang menyimpang.

Cara yang baik dan benar lagi bijak mengakses internet

Hidupmu di masa depan tergantung dari pilihanmu hari ini. Jangan biarkan deretan kata, gambar, video dan lagu di laptop/ PC/ smartphone anda merusak masa depanmu. Pintar-pintarlah dalam memilih dan menyimak segala sesuatu sebab kualitas hidupmu tergantung dari kualitas informasi yang anda terima hari lepas hari.

Tidak ada etika yang benar-benar pas di media sosial. Anda harus menyesuaikan semuanya menurut pemahaman sendiri. Lagipula sekalipun kami menguraikannya secara panjang lebar dalam blog ini namun semuanya tergantung dari kebiasaan, kejujuran dan integritas anda selama ini. Oleh karena itu, terbiasalah bersikap benar dalam segala situasi. Sebab hanya kebenaran di dalam hatilah yang dapat menjauhkanmu dari kejahatan itu sendiri.

Penggunaan yang benar memberikan kepastian tetapi penggunaan yang bijak menuntun anda untuk menjadi bermanfaat bagi orang terdekat (keluarga), sahabat bahkan orang asing yang tidak dikenal sekalipun. Berikut ini beberapa saran dari kami agar anda dapat memanfaatkan akses internet untuk kehidupan yang lebih baik.

  1. Tetap fokus kepada Tuhan.

    Dalam segala situasi (yang kosong-luang-dimanapun-kapanpun) selalu fokus kepada Tuhan. Sehingga Ia selalu mempersiapkan hati anda untuk segala kemungkinan yang akan datang. Dengan cara ini juga Tuhan akan membersihkan hatimu dari segala penyimpangan sehingga maksud hatimu murni dihadapan-Nya.

  2. Satu pertanyaan: “Untuk apa saya menggunakan internet dan media sosial kali ini?

    Ini adalah pertanyaan fundamentalis yang harus anda ajukan setiap kali menggunakannya. Jika tujuan anda jelas niscaya tindakan andapun kedepannya lebih terarah.

    Satu hal yang sangat fatal ketika menggunakan media sosial adalah “Saat anda memanfaatkannya sebagai pelarian“. Ketika mengawalinya tanpa tujuan yang jelas niscaya etika andapun disana tidak karuan. Awal yang buruk selalu memberikan hasil yang buruk pula.

    Oleh karena itu, kami menyarankan agar penggunaan teknologi dilakukan dengan alasan yang jelas. Jika tujuan anda jelas alhasil setiap kata kunci yang anda cari lebih positif dan bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

  3. Miliki komitmen untuk tetap fokus pada tujuan anda.

    Memasuki dunia maya berarati pikiranlah yang mengawasi pergerakan mata, telinga, mulut dan jari-jari anda. Oleh karena itu pastikan bahwa hati anda telah berkomitmen untuk menggunakannya pada hal-hal yang baik dan benar.

    Komitmen yang tinggi dibentuk dari integritas dan konsistensi anda selama ini. Jika sudah terbiasa untuk memegang erat hal tersebut niscaya komitmen anda di jearingan sosial & internet sangat terjaga. Pilihan untuk lebih komit terhadap tujuan sendiri akan membantu anda agar tetap beretika positif disana sekalipun tidak ada yang mengawasi.

  4. Miliki sikap selektif.

    Sikap ini adalah sebuah tindakan untuk menilai segala sesuatu sebelum diambil untuk dinikmati. Tetap siagakan pikiran anda saat menyimak berbagai informasi yang tersedia. “Jangah hidup seperti sedotan yang melewatkan segala sesuatu yang dihisap kedalamnya. Tetapi hiduplah seperti saringan teh, yang menahan ampas tetap di luar sedang sari-sarinya dapat dinikmati bersama“.

    Sadarilah bahwa internet bukan Tuhan yang selalu benar. Bahkan semua tulisan kami diblog inipun tidak ada jaminan tentang keabsahannya. Oleh karena itu gunakan azas keragu-raguan dalam setiap konten yang anda temukan di Internet.

  5. Buat daftar & prioritas.

    Saat anda berselancar di dunia maya, alangkah lebih baik jika terlebih dahulu merencanakan akan berkunjung kemana saja.. Dengan demikian anda lebih fokus sehingga waktu yang dibutuhkanpun lebih efektif dan efisien. Membuat daftar prioritas ini juga dapat menghemat penggunaan kuota dan andapun tidak terlalu liar di dunia maya.

  6. Baca cepat dan tinggalkan.

    Kami menganjurkan anda untuk membaca segala sesuatu dengan cekatan dan penuh pertimbangan. Saat anda menemukan tulisan yang isinya sudah agak melenceng/ rancu sebaiknya segera tinggalkan konten tersebut agar tidak sampai mempengaruhi pikiran sendiri.

  7. Tidak ada kata terlambat : Tinggalkan sebelum dampaknya meluas.

    Jika anda secara tidak sengaja menemukan bahkan mengklik konten yang negatif (misalnya pornografi dan berita hoax) maka kami juga pernah terlanjur mengkliknya bahkan lebih lagi yakni mendownloadnya. Oleh karena itu, selagi hati anda mengingatkan bahwa hal itu salah maka segeralah “Close” atau “Batalkan” proses yang sedang berjalan.

  8. Jangan menggunakan internet secara berlebihan.

    Jangan biarkan internet yang mengatur anda akan tetapi aturlah itu untuk kebaikan anda. Ikatlah teknologi lalu tundukkanlah ia dibawah kakimu. Jangan biarkan keinginan akan dunia ini menguasai kehidupan anda sehingga menjadi lebih boros dan jauh dari keadaan selamat. Pakailah internet sebagaimana mestinya sehingga keberadaannya mendatangkan kebaikan buat kehidupan anda. Gunakan internet maksimal 2 jam lalu ambil beberapa saat waktu untuk jeda. Hindari berselancar secara maraton.

  9. Hindari menggunakan VPN/ tools hide IP untuk memasuki situs yang diblokir.

    Saat ini untuk membobol situs yang telah dibobol hanya membutuhkan waktu beberapa detik. Tools yang digunakan untuk melakukannya tersebar luas di dunia maya. Oleh karena itu jauhi tangan anda untuk mendowload berbagai macam tools untuk membobol pemblokiran dari oporator jaringan (internet aman).

  10. Jadilah diri sendiri – Prime ID.

    Jangan berpikir bahwa ketidakjujuran di media sosial tidak mempengaruhi kehidupan anda di dunia nyata. Sadarilah bahwa sikap yang tidak konsisten akan menuntun anda dalam keraguan suatu saat nanti. Sikap yang plin-plan juga membuat anda sulit mendapat kepercayaan dari orang lain. Oleh karena itu konsistensi dan kejujuran akan membawa anda pada masa depan yang lebih baik.

  11. Jangan kasihan – Apabila terdapat kuota internet yang berlebihan di kartu anda.

    Biarkan saja itu teman. Lebih kasihan mana hayoo : Kehidupan anda atau kartu SIM murahan. Oleh karena itu, biarlah hilang apa yang harus hilang namun tetap pertahankan konsistensi kebaikan hati & kemampuan untuk berfokus kepada Tuhan. Sebab dunia ini akan berlalu akan tetapi Firman Allah adalah kekal.

  12. Batasi pembelian kuota yang melimpah.

    Belilah kuato intenet yang pas untuk kebutuhan anda.

    Mengakses konten positif di Internet

  13. Kunjungilah situs-situs berita terpercaya untuk menjamin kualitas hasil informasi yang didapatkan. Atau situs lain yang dianggap penting.
  14. Bergabunglah dalam forum-forum tertentu. Beberapa user tidak terbuka di media sosial mereka lebih memilih untuk berkarya dalam forum/ komunitas tertentu. Di sana ada berbagai macam forum untuk saling berbagi dan bertukar informasi satu sama lain. Ambillah salah satu yang sesuai dengan bidang anda untuk mendaftar dan berinteraksi disana.
  15. Silahkan sedot berbagai hasil karya seni di luar sana untuk dimafaatkan sebagai referensi. Misalnya hasil karya orang lain, tulisan, gambar, lagu, video dan lain sebagainya yang berhubungan dengan bakat anda. Downloads film terbaik tahun ini atau tahun lalu, atau dua tahun sebelumnya atau 3, 4, 5 dan lain sebagainya untuk menghabiskan kuota anda.

    Hindari menggunakan media sosial dalam bagian-bagian berikut.

  16. Membuatnya menjadi pelarian.

    Jika anda stres karena tekanan kehidupan, masalah pergaulan, masalah keluarga, masalah ekonomi atau apapun itu. Alangkah lebih baik jika menyelesaikan terlebih dahulu secara pribadi. Jika masih belum mampu menemukan solusinya maka mintalah bantuan kepada sesama dimulai dari keluarga, saudara, sahabat atau siapapun itu. Bahkan andapun dapat berkonsultasi kepada dokter (psikiater) dan aparat keamanan. Tulisan di blog hanyalah sebagai referensi untuk mengatasi masalah tersebut.

  17. Digunakan untuk mencari uang tok padahal di dunia nyata sukanya duduk dan bermalas-malasan.

    Maaf saja teman, harus anda ketahui bahwa media sosial bukan mesin ATM melainkan sebaliknya mesin penyedot uang. Terkecuali anda memiliki usaha tertentu di dunia nyata sehingga perlu dikembangkan untuk lebih dikenal oleh khalayak ramai.

    Jangan berpikir anda bisa duduk-duduk di dunia nyata lalu tiba-tiba saja ada dolar berjatuhan di hadapan anda. Ini jelas gak logis.

  18. Menjadikannya alat untuk melampiaskan kebencian, dendam & amarah.

    Siapasih yang tidak memiliki musuh/ saingan/ lawan, kami juga memilikinya teman. Tapi tidaklah bijak membalas keburukan dengan keburukan yang sama. Saling balas membalas adalah pekerjaan yang tidak ada habisnya (tidak pernah berakhir) dan tidak ada untungnya.

    Mengumbar kata-kata kasar atau perlakuan yang tidak senonoh di sosmed menandakan betapa kurangnya pengendalian emosional seseorang. Gunakan internet untuk hal-hal yang baik maka iapun akan mendatangkan kebaikan dalam hidup anda.

  19. Membuatnya menjadi sarana perbuatan jahil – jahat – bully kepada sesama.

    Dengan keberadaan akun ghost yang tidak dibatasi maka kebebasan di dunia maya semakin menjadi-jadi. Akun hasil kloningan akan menjadi senjata untuk melakukan spam dan menyebarkan konten yang tidak berbobot di dunia maya. Ingatlah bahwa keadaan ini dapat berakibat buruk bagi mental dan masa depan anda.

    Ingatlah bahwa hukum tabur-tuai terjadi dimana-mana, dibelahan bumi manapun termasuk di dunia maya. Sikap yang tidak mengindahkan hak orang lain saat menggunakan sesuatu akan dipetik juga dengan buah yang sama kelak (cepat atau lambat).

Sikap saat menemukan konten hoax di internet

Berita hoax adalah konten biasa di internet. Sebab dunia maya bukan Surga dan juga bukan neraka. Anda harus senantiasa bersikap selektif saat menggunakannya. Ambillah komitmen untuk senantiasa menge-check & recheck setiap kabar aneh yang ada didalamnya. Berikut ciri-ciri berita hoax.

  1. Tidak ada tanggal kejadiannya.
  2. Tempat kejadiannya tidak jelas.
  3. Menekankan pada isu SARA/ syarat dengan isu SARA.
  4. Kebanyakan kontennya aneh dan dengan lugas juga tegas menyudutkan pihak tertentu.
  5. Beritanya tidak berimbang.
  6. Alur ceritanya tidak logis.
  7. Bahasa dan tata kalimat yang digunakan agak rancu dan tidak berhubungan satu sama lain.

Lalu apa yang harus anda lakukan untuk menyikapi konten seperti ini?

  • Silahkan cari berita yang sama di media nasional terkemuka. Misalnya kompas.com, detik.com dan liputan6.com dengan cara ketikkan di search engine, “kata kunci (spasi) site:(situs terpercaya)” tanpa tanda kutip.
    Misalnya, “UFO muncul di Jakarta site:kompas.com” tanpa tanda kutip.
  • Hindari mengkomentari berita seperti itu sebab akan membuatnya semakin populer.
  • Jangan di-like atau plus one atau favorite konten tersebut.
  • Cegah aksi share terhadap berita tersebut.
  • Hafalkan situs tersebut dan jangan pernah lagi mengklik konten yang dia terbitkan.

Saran, tetap sehat walau maraton (berlama-lama) di depan LCD

Saat anda hendak mengkonsumsi konten di internet maka aktivitas ini tidak pernah lepas dari duduk dan LCD. Untuk mengatasi kekakuan otot dan organ mata maka sebaiknya maksimal waktu ngetam 2 jam di depan PC/ laptop/ tablet/ gedget. Kemudian ambil jeda selam 5-15 menit saja untuk merilekskan tubuh sebelum melanjutkan rutinitas ini lagi. Waktu jeda ini dapat diisi dengan:

  1. Melihat objek dalam jarak jauh. Ini untuk meregangkan otot mata.
  2. Sejenak ke toilet sambil membasuh sedikit muka dengan air.
  3. Pergi ke belakang/ ke dapur dan meminum seteguk/ segelas air putih.
  4. Melakukan senam jongkok. Silahkan cari di tombol search sudut kanan atas, cara mempraktekkannya.
  5. Meregangkan otot jari, lengan, paha, betis, pinggul, punggung dan leher di tempat. Bisa juga dilakukan sambil berdiri.
  6. Melakukan senam lantai sejanak.
  7. Tidur sesaat (NAPS). Merupakan kebiasaan tidur di kursi atau di atas meja (telungkup) yang tidak lama untuk mengembalikan kesegaran dan tenaga anda.

Pedang bermata dua itu ada di tangan anda, kedepannya menjadi baik atau buruk tergantung pada pilihan anda, mau lebih cerdas atau malah semakin menyimpang dari norma yang berlaku semuanya terserah anda. Internet adalah cara tersimple untuk melatihmu bertanggung jawab terhadap diri sendiri, tanpa kendali dan pengawasan dari orang lain.

Silahkan buat pilihanmu teman!

Iklan

11 comments

  1. […] Pada akhirnya semua ini akan mengerdilkan kualitas anda. Jika pada awalnya anda menelurkan karya-karya yang unik dan bermanfaat. Akan tetapi maksud hati yang tidak tulus menuntun anda pada keinginan untuk mendapatkan pujian dan pengakuan dari orang lain. Apabila keinginan ini sudah terwujud niscaya secara tidak langsung prestasi anda mulai menurun karena cepat berpuas diri. Atau anda bisa juga semakin meredup dan hilang dari peredaran karena harapan yang diimpikan tidak kunjung menjadi nyata (terwujud). Selanjutnya, Cara yang baik dan benar memakai internet […]

    Suka

  2. […] Hati-hati saat anda menemukan sebuah pernyataan di internet. Jangan langsung di tanggapi melainkan pikirkanlah baik-baik apakah informasi tersebut sudah benar atau belum sama sekali. Anda tidak harus mengkopi-paste seluruh informasi yang diterima. Seleksilah terlebih dahulu agar semuanya itu dapat membawa kebaikan dalam kehidupan pribadi, keluarga dan sosial kemasyarakatan. Cermati dengan sungguh, Cara cerdas dan bijak memakai internet […]

    Suka

  3. […] Biar bagaimanapun juga sosialisasi di dunia internet hanyalah miniatur/ replika saja alias simulasi sedangkan kehidupan sosial anda sehari-hari adalah realitas yang sesungguhnya. Jadi, saat anda memegang yang satu bukan berarti yang lainnya dilepaskan melainkan PEGANG KEDUA-DUANYA. Lirik teman, Cara cerdas memanfaatkan internet […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s