Persiapan Untuk Membangun Rumah Di Masa Mendatang

Rencana untuk membangun rumah di masa depan

Rumah adalah tempat berlindung, istirahat, bekerja dan bersukaria bersama dengan anggota keluarga lainnya. Merupakan salah satu kebutuhan primer yang tidak mungkin tidak dibangun oleh sebuah keluarga cepat ataupun lambat. Apapun bentuknya tidak menjadi masalah besar yang paling penting setiap orang nyaman menempatinya. Karena perannya yang penting bagi kehidupan maka pembangunan rumah sebaiknya direncanakan matang-matang agar persiapannya penuh dan dapat selesai pada waktunya kelak.

Kita tidak butuh rumah mewah

Hati-hati dengan sikap yang serakah saat menginginkannya. Beberapa orang lebih senang membangun rumah seluas lapangan bola yang lengkap, mewah dan jauh dari kehidupan orang lain. Dimana yang menempatinya hanya diri sendiri saja sebagai salah satu cara untuk menyendiri sambil menikmati hidup. Sadarilah sikap yang seperti ini cenderung egois dan serakah sehingga menjerumuskan beberapa orang dalam jurang kelainan sosial. Keadaan ini mungkin mencakup ketidakmampuan untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan orang lain dan lingkungan sosial.

Kami bukannya tidak senang dengan cita-cita seseorang yang kelak ingin memiliki sesuatu yang mewah-mewah. Naman dibalik semuanya itu coba perhitungkan berapa buah gunung yang harus diruntuhkan untuk pembangunannya. Berapa pula pohon yang ditebang untuk melapisi berbagai ruangan yang ada didalamnya. Jangan biarkan hawa nafsu akan kemewahan merusak lingkungan dan kehidupan orang lain.

Apa syarat rumah yang bagus

Sebenarnya tidak penting ukuran, kemegahan dan keindahan dari sebuah tempat tinggal yang layak huni. Melainkan alangkah lebih pentingnya rumah itu saat ia mampu memenuhi fungsi-fungsinya dan tidak membahayakan bagi kehidupan pemiliknya suatu saat kelak. Keindahan bentuk sifatnya sementara saja teman. Dahulu kami juga menganggap bahwa rumah yang ditempati indah dipandang mata akan tetapi lama kelamaan hal itu tidak ada lagi dan cenderung membosankan sekarang.

Satu-satunya yang dapat dinikmati terus menerus dari sebuah rumah adalah ketika ia mampu melindungi seluruh anggota keluarga dari terik matahari dan dinginnya malam. Saat ia menjadi tempat beristirahat yang baik. Ketika ia menjadi tempat yang aman untuk menyimpan beberapa barang penting yang dimiliki. Rumah juga menjadi salah satu tempat berkumpul dan bercengkrama antar sesama anggota keluarga. Kami rasa itulah poin-poin penting yang membuat anda tetap merasa betah berlama-lama didalamnya.

Ingatlah bahwa nyaman tidaknya rumah anda sangat tergantung dari penerimaan hati terhadap keberadaannya. Apabila hati ini tidak dapat menerima semua apa adanya niscaya akan timbul keluh kesah dan sungut-sungut karena ketidaksempurnaan disana-sini. Akan tetapi saat kita bersyukur dalam besar-kecilnya nikmat yang Ia berikan niscaya semuanya itu akan mendatangkan kebaikan dalam kehidupan kita pribadi lepas pribadi.

Pilih rumah yang bagaimana

Sekarang, bagaimanakah bahan dasar dari rumah yang baik itu? Apakah yang terbuat dari beton atau dari kayu saja atau perpaduan antara keduanya (setengah beton)? Dalam hal ini kami harus mengingatkan anda bahwa negara kita berada dalam kawasan “ring of fire”. Karena banyak gunung berapi aktif di negeri ini sehingga membuatnya rawan terjadi gempa bumi. Artinya semakin berat bangunan rumah anda maka semakin tinggi resikonya hal itu menimpa, menghimpit dan menekan anda suatu saat nanti ketika bencana itu datang.

Pilihan terhadap rumah beton adalah sebuah langkah yang banyak memakan biaya dan resiko bencana yang ditimbulkannya juga tinggi. Ditambah lagi proses pembangunannya yang membutuhkan tenaga (kekuatan yang besar) dan waktu yang lama. Oleh karena itu alangkah pentingnya perencanaan dan persiapan yang matang agar anda tidak salah pilih.

Pilihan terbaik terletak pada rumah dari kayu sebab pengadaannya mudah sebab tersedia di alam dimana biaya & waktu yang dibutuhkan sedikit. Lagipula strukturnya yang kokoh dan saling kait mengait memperkecil resiko mengalami ambruk/ runtuh ketika gempa mulai menggetarkan tanah. Ditambah lagi sumber daya pohon tersedia banyak di lingkungan sekitar kita.

Persiapan untuk membangun rumah di masa depan

Baik bagi anda untuk menanam pohon yang berkayu keras sekarang ini sebagai persiapan pembangunan rumah 10 tahun mendatang. Caritahulah jenis pohon dengan kayu keras yang dapat dijadikan sebagai bahan bangunan. Tanam itu sesegera mungkin, letakkan sisa-sisa makhluk hidup disekitar batangnya lalu siramlah sekali seminggu dengan air garam. Alhasil cepat ataupun lambat pohon tersebut akan menjadi besar pula sehingga siap untuk dimanfaatkan menjadi bahan bangunan.

Simak juga, Pupuk terbaik

Tanamlah pohon di daerah-daerah dekat air atau di sekitar aliran air hujan. Biasanya daerah yang terus dituruni hujan sempai basah dan berair adalah tempat yang sangat subur. Apapun jenis pohon yang anda tanam maka tanamlah itu lebih banyak daripada kebutuhan yang diperkirakan. Apabila anda merencanakan untuk membangun rumah dimana pohon yang dibutuhkan dengan ukuran tertentu (misalnya) sebanyak 10 batang maka tanamlah pohon berkayu tersebut sebanyak 15 batang. Sehingga jika ditebang masih ada The Guardian lainnya yang menjaga keasrian lingkungan.

Memanfaatkan kayu sebagai bahan pembuatan rumah sangat menjanjikan dari porsi ekonomi sebab biar bagaimanapun juga kayu memiliki masa pakai untuk diganti lagi kedepannya sehingga uang terus berputar. Sedangkan perumahan dari beton memiliki jangka waktu yang lebih panjang karena rusaknya (lapuk) lama terkecuali karena faktor bencana alam, tanah longsor, gempa bumi dan lain sebagainya. Sebagai salah satu sumber daya yang terbarukan, menanam pohon berkayu adalah investasi masa depan yang baik untuk ditekuni.

Jangan lupa, Cara mengolah lahan yang tepat guna

Sembari menunggu besar dan tingginya pohon-pohon yang anda tanam maka tabunglah sebagian dari rezeki yang diperoleh untuk mendukung biaya pembangunan kelak. Seperti biaya pengolahan kayu, pembuatan genteng, paku dan lain sebagainya. Kami mereasa kebutuhan uang dalam pembangunan rumah dari kayu sifatnya relatif lebih kecil daripada yang dibangun dari beton.

Bahan organik baik bagi kehidupan manusia

Memaksimalkan penggunaan bahan organik dalam kehidupan sehari-hari adalah salah satu cara hidup manusia yang lebih sederhana dan peduli dengan lingkungan. Sebab segala sesuatu yang asalnya dari bahan hidup – organik dapat di daur ulang (dicerna – diuraikan) oleh lingkungan sehingga membuatnya tetap ada selama kita bekerja keras, tekun, sabar dan umur masih panjang.

Salam pohon bersama

Iklan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s