Cara Pembentukan Bisa Pada Makhluk Hidup, Tingkat Toksisitas & Proses/ Reaksi Keracunan Karena Bisa Binatang, Tumbuhan & Mikroorganisme

Proses dan cara pembentukan bisa hewan - tumbuhan - kuman

Bisa adalah toksin yang dihasilkan oleh makhluk hidup, baik tumbuhan, hewan dan mikroorganisme. Pada dasarnya makhluk hidup tidak pernah menghasilkan sesuatu yang tidak dapat diantisipasinya kelak.  Terkecuali dalam keadaan tertentu beberapa makhluk hidup yang bersimbiosis dengan bakteri akan menghasilkan zat-zat tertentu yang dapat membunuh hewan lainnya. Manfaat racun sebagai alat pertahanan tubuh untuk melawan pengganggu dan sekaligus untuk melumpuhkan mangsanya.

Harus dipahami bahwa konsep bisa sama artinya dengan racun dan sangat identik dengan reaksi alergi. Tiga hal ini selalu berjalan bergandengan tangan, artinya dimana ada bisa maka seseorang telah keracunan yang menimbulkan reaksi alergi hingga menyebabkan kematian. Alergi adalah reaksi tubuh terhadap benda asing. Konsep benda asing inilah yang sangat luas dan butuh pemahaman mendalam untuk mengetahuinya. Tapi pada intinya segala sesuatu yang tidak berasal dari makluk hidup itu sendiri maka hal itu akan menjadi benda asing. Bahkan sesuatu yang dihasilkan tubuh sendiri bila berada di tempat yang salah akan menjadi benda asing yang menyebabkan reaksi alergi- keracunan.

Segala sesuatu yang asalnya dari luar adalah benda asing tetapi belum tentu menyebabkan reaksi keracuanan. Makanan & minuman termasuk asing tetapi tidak menyebabkan keracunan. Tetapi ketika anda meletakkannya di tempat yang salah niscaya itu akan menyebabkan reaksi keracunan. Misalnya saat memasukkan makanan dalam lubang hidung, telinga, mata dan lubang-lubang lainnya di dalam tubuh anda niscaya hal ini kan menimbulkan reaksi seperti bersin, panas, kemerahan, bengkak dan gatal-gatal (reaksi peradangan). Oleh karena itu bijaklah menempatkan sesuatu dalam tubuh anda sebab salah-salah sedikit bisa fatal akibatnya.

Tuhan telah menciptakan dunia ini dengan sangat rapi dan teratur dimana semuanya berjalan pada jalur yang tepat. Misalnya hewan tidak bisa kawin dengan manusia, binatang mustahil dapat menyambungkan keturunan dari tumbuhan. Demikian pula, tidak mungkin terdapat keturunan dari perkawinan antara dua spesias yang berbeda sekalipun dalam kingdom yang sama. Misalnya tidak mungkin terjadi perkawinan atara harimau dan chita, antara gajah dengan kuda, antara ular dan kadal, antara buaya dan kuda nil dan lain sebagainya. Bahkan pasangan simpanse dan manusiapun tidak mungkin memiliki keturunan. Ini disebabkan karena jumlah kromosom dari masing-masing individu tidak sama (Hukum kekekalan jumlah kromosom). Perbedaan inilah yang menggagalkan proses pembuahan. Lagipula secara struktur selpun berbeda antar individu sehingga sperma dari spesies yang berbeda akan dianggap sebagai benda asing oleh penjaga rahim (sistem imun) lalu dilisiskan.

Misalnya saja nasi yang sudah jadi bubur dan dihaluskan apabila diinjeksikan ke dalam sistem vaskuler (pembuluh darah) pastilah akan menyebabkan reaksi alergi, terjadi peradangan bahkan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah hingga kematian. Demikian pula saat rambut sendiri masuk ke dalam hidung atau tenggorokan pasti akan terjadi gangguan, setidaknya bersin. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa segala sesuatu yang berada di tempat yang salah adalah racun.

Sedikit tips, Cara menjauhkan rumah dari serangan hewan liar

Proses terbentuknya bisa pada makhluk hidup

Saat bagian tubuh orang lain di transplantasikan sembarangan (tanpa memperhatikan kaidah tertentu) ke dalam tubuh anda niscaya akan menimbulkan reaksi peradangan bahkan berujung pada kematian resipien. Apabila bagian tubuh sesama spesies saja dapat membunuh kita terlebih lagi bagian tubuh spesies lain salah satunya adalah bisa. Saat bagian tubuh makhluk hidup berdarah dingin masuk ke dalam sistem vaskuler hewan berdarah panas (temasuk manusia) niscaya efeknya akan semakin besar. Demikian pula saat bagian tubuh makhluk hidup tingkat rendah (kuman, ubur-ubur, ulat bulu dan hewan mungil lainnya) masuk kedalam pembuluh darah hewan tingkat tinggi (termasuk kita) alhasil efek yang dirasakan juga sangat kentra/ terasa/ toksisitasnya semakin tinggi. Berikut beberapa proses pembentukan bisa baik oleh tanaman, hewan dan mikroorganisme.

  1. Bisa haruslah berbentuk cairan agar mudah menyatu dengan darah makhluk hidup lainnya.
  2. Senyawa tersebut berupa protein spesifik yang khas dan hanya dihasilkan oleh hewan/ tumbuhan/ mikroorganisme tertentu.
  3. Makhluk hidup itu mampu bersimbiosis dengan kuman tertentu sehingga menambah toksisitas cairan yang terakumulasi tersebut.

    Baca juga cara mengatasi bisa binatang buas

  4. Terkumulasi pada suatu tempat sehingga memudahkan untuk dipindahkan ke tempat lain.
  5. Ia memiliki suatu alat (organ) yang dapat menembus jaringan kulit lawannya sehingga menimbulkan jejas/ bekas luka/ gigitan/ bekas tusukan pada makhluk hidup lain. Misalnya saja taring, cakar, bulu halus, bulu cambuk dan lain sebagainya.

Tingkat toksisitas bisa

Tidak semua bisa memiliki kemampuan yang mematikan bagi makhluk hidup lainnya. Selain dipengaruhi oleh faktor yang berasal dari makhluk hidup yang berbeda, bisa yang sangat beracun dikarenakan oleh beberapa faktor, yaitu :

  1. Kemampuannya menembus jaringan vaskuler (lewat taring).
  2. Memiliki ukuran yang pas (tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil) sehingga digolongkan sebagai antigen dengan jumlah yang memadai.
  3. Berasal dari makhluk hidup dengan hubungan kekerabatan yang jauh. Misalnya antara makhluk tingkat tinggi dan tingkat rendah, antara makhluk berdarah panas dan makhluk berdarah dingin, antara makhluk vertebrata dan invertebrata dan lain sebagainya.
  4. Memiliki afinitas yang sesuai dengan sel darah. Tidak menyebabkan pembekuaan darah.
  5. Mampu berikatan dengan komponen tertentu dalam jaringan. Memudahkan penyebaran racun ke organ tertentu.
  6. Dapat berjalan dalam pembuluh darah. Memudahkan pengankutan ke seluruh tubuh.
  7. Memiliki perbedaan yang jauh dengan struktur kimiawi dalam tubuh manusia.
  8. Seseorang yang belum pernah terpapar sebelumnya dengan antigen dari jenis yang sama. Ini membuat antibodi tidak siap menanggapi serangan.
  9. Pasien dengan jumlah elektrolit yang terbatas/ kurang. Kekurangan larutan pencuci akan membuat pengaruh bisa semakin luas.

Proses terjadinya reaksi keracunan karena hewan berbisa

Proses masuknya bisa binatang/ tumbuhan ke dalam tubuh manusia dapat melibatkan banyak tindakan. Ada yang menimbulkan efek cepat namun ada pula yang menyebabkan efek yang lamban. Semuanya ini tergantung dari sistem haemostasis seseorang yang melibatkan sistem imun dan komponen elektrolit dalam butuh. Berikut proses keracunan oleh bisa makhluk hidup lain.

  1. Permukaan kulit yang terbuka sebelumnya . Baik oleh goresan, cakar, taring, bulu jarum dan lain sebagainya.
  2. Daya tahan tubuh dan sel darah putih tidak mengenali cairan tersebut sebagai sesuatu yang berbahaya.
  3. Cairan elektrolit dalam tubuh berada pada kadar rendah sehingga bisa tersebut berada dalam bentuk yang bebas (tanpa ikatan) yang membuat daya toksisitas tetap tinggi.
  4. Bisa menyatu dengan darah dan tidak menyebabkan pembekuan (kuagulasi).
  5. Mampu mereplikasi (berkembang) dengan memanfaatkan sumber daya yang terdapat dalam tubuh manusia.
  6. Mampu mencapai organ-organ tertentu yang lemah terhadap senyawa kimia yang terdapat dalam bisa tersebut.
  7. Organ vital akan kehilangan fungsi atau mengalami kekacauan perintah (rusaknya sistem syaraf pusat) akan mengalami kegagalan fungsi hingga menyebabkan kematian.

Oleh karena itu, peran larutan elektrolit dalam tubuh sangat vital untuk menetralkan berbagai jenis benda asing termasuk bisa yang secara tidak sengaja maupun sengaja masuk ke dalam tubuh manusia. Kepentingan garam sebagai mineral ajaib dalam tubuh memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan.

Tidak ada ruginya, Cara mengobati gigitan hewan yang berbisa

Salam bisa aja teman !

Iklan

One comment

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s