9 Cara Merefresh Otak Kembali Ke Sistem Default Berpikir – Mereset ingatan yang buruk – Segarkan pikiran dalam Doa kembali kepada-Nya

Cara menyegarkan pikiran - hati yang segar dan bersih membuat sikap lebih positif - Mereset ingatan yang buruk – Segarkan pikiran dalam Doa kembali kepada-Nya

Kriten SejatiPikiran adalah pusat kendali kehidupan manusia. Semua tindakan dan perkataan sumbernya dari sana. Apapun sikap yang diekspresikan seseorang, baik ataupun buruk, jahat ataupun benar, santun ataupun kasar, lemah ataupun kuat dan yang lainnya itu diperintahkan secara langsung ataupun tidak langsung oleh otak. Pengaruh kekuatan berpikir dalam kehidupan anda sangat menentukan tingkat kepuasan hidup dan kebahagiaan seseorang. Semakin terkendali maka tindak tanduk anda semakin stabil. Oleh karena itu, kemampuan berpikir (kecerdasan) adalah kunci utama perubahan.

Pertanyaannya sekarang adalah apakah anda sudah benar dihadapan Allah dan baik jugakah dihadapan manusia? Jalan yang anda tempuh sangat menentukan masa depan yang akan diraih. Jadi, apakah jalan itu? Tidak ada yang lebih baik bagi seorang hasil karya “ciptaan” untuk menyenangkan hati Sang Pencipta. Seberapa besar kemiripan jalan yang anda tempuh dengan jalan-Nya maka demikian jugalah penyertaan-Nya dalam hidup ini. Memang harus diakui bahwa mustahillah memiliki jalan hidup 100% dengan jalan Tuhan sebab kita hanya manusia biasa yang tidak sempurna dan penuh kelemahan. Namun bukan dalam arti manusia bisa mengelak dari jalan itu dengan mengatakan bahwa itu manusiawi sebab manusia tidak sempurna. Melainkan berjuanglah semaksimal mungkin untuk menempuh jalan itu sampai garis finish.

Hand phone/ smartphone/ gadget/ tablet, komputer PC atau apapun itu namanya barang elektronik yang anda miliki pasti pernah mengalami masalah sistem dalam pengaturannya. Biasanya seorang user yang ingin memperbaiki kerusakan tersebut secara pribadi akan melakukan refresh yakni mengembalikan semua setelan pada pengaturan pabrik. Jika usaha ini menemui jalan buntu dimana pilihan lain juga tidak ada maka sang customer akan melakukan pilihan terakhir yaitu mereset ulang barang elektronik tersebut. Tentu saja pekerjaan ini bukan tanpa resiko. Biasanya operator teknisinya akan mengkonfirmasikan hal itu kepada pelanggan.

Pertanyaannya sekarang kemanakah sistem default pikiran manusia? Apakah itu kepada ibunya (di dalam rahim ia dibentuk) atau kepada Sang Pencipta Segala Masa? Tidak ada salahnya bagi seorang manusia untuk berkonsentrasi memikirkan kehidupan sang Sbu, itu sudah seharusnya di lakukan. Tapi lebih pentinglah bagi seorang anak manusia untuk kembali memfokuskan pikiran kepada Sang Pencipta. Ini adalah satu-satunya cara untuk membersihkan ulang segala kekotoran, kekumuhan, kedegilan, kebencian, dendam, amarah, prasangka buruk, iri hati, hawa nafsu, kejenuhan dan masalah otak lainnya.

Macam jenis pikiran yang harus segera direfresh

Berikut beberapa keadaaan yang kurang dapat dimengerti dimana satu-satnya cara adalah mereset pikiran sendiri untuk segera kembali kepada Tuhan.

  1. Seandainya gangguan/ godaan sosial terjadi dimana-mana maka berserahlah pada-Nya.
  2. Jika hidup terasa pahit oleh sukarnya persoalan maka refreshlah pola pikir anda.
  3. Ketika ada rasa bersungut-sungut karena masalah yang bertubi-tubi maka tenggelamlah dalam diri isendiri lalu kembali ke panguan-Nya.
  4. Jika kepala pusing memikirkan kelalaian (kesalahan) diri sendiri.
  5. Saat hati anda dipenuhi dengan kebencian, dendam dan kekerasan maka resetlah itu sehingga jauh.
  6. Sewaktu hidup dikuasai oleh rasa sombong & iri hati maka kebaskanlah itu sampai menjauh dari kehidupanmu.
  7. Ketika pikiran dikuasai oleh hawa nafsu, seks, pornografi, rokok, alkohol, makanan bahkan narkoba sekalipun maka kembalilah kehadapan-Nya.
  8. Saat pikiran benar-benar kacau maka atur ulanglah fokus kembali kepada-Nya.
  9. Sewaktu hidup dalam keadaan yang jenuh dan sangat membosankan maka kembalilah membebaskan pikiran dengan memandang kepada-Nya.
  10. Saat pikiran melayang-layang tidak tenang karena berbagai-bagai keinginan di masa depan.

Dalam semua situasi yang menggelisahkan dan tidak menyenangkan ini, alangkah lebih baik jikalau anda kembali merefresh otak ke sistem default agar pikiran jenrih kembali. Kebaikan, semangat dan perjuangan anda akan kembali di restrat ulang sehingga semuanya seperti ssedia kala menurut kehendak Tuhan. Seperti sedia kala juga dalam hal ini dapat berarti kembali kepada kasih mula-mula saat anda baru mengenal Allah.

Cara merefresh pikiran seseorang yang bermasalah

Kesusahan hati tidak bisa ditebak. Semua itu datang tanpa disadari dan sangat tiba-tiba. Oleh karena itu kita butuh kunci ke sistem default untuk kembali menormalkan pikiran ini. Tidak mudah membuat otak tetap tenang saat situasi disekitar mulai menggila. Aktivitas ini diawali dengan menutup kelima indra yang dimiliki. Kemudian mengkonsentrasikan pikiran kepada Yang Maha Kuasa. Merefresh pikiran juga sama artinya dengan berdoa. Setiap orang memiliki teknik berdoa yang bermacam-macam lalu kamipun memiliki susunan yang lain saat melakukannya (maaf jika ada yang masih belum tepat). Berikut selengkapnya.

Cara merefresh pikiran manusia lebih baik

  1. Menutup indra yang mengalami gangguan.

    Terdapat banyak gangguan indra yang mungkin anda alami. Jadi mulailah melatih diri untuk mengabaikan hal-hal tersebut sehingga pikiran bersih dari pengaruh buruk lingkungan. Butuh latihan untuk melakukan ini. Bila anda mulai berusaha dari sekarang niscaya suatu saat nanti akan mampu mengabaikan berbagai-bagai hal yang tidak penting dan tetap fokus pada sesuatu yang positif.

  2. Meninggikan & memuliakan nama-Nya.

    Pujian kepada Allah dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya puisi, syair lagu, kata-kata motivasi, cerita panjang dan lain sebagainya.

  3. Mengucapkan Firman.

    Firman adalah senjata rohani. Mampu menghafalnya adalah salah satu kelebihan bagi anda untuk memperkatannya dalam setiap doa yang terucap. Jika hati ini selalu memperkatakan isi dari Kitab Suci niscaya keinginan yang jahatpun pergi. Sebutkanlah Firman yang dapat anda hafal dalam hati untuk membuatnya lebih kuat. Lagipula Seorang Rasul pernah berkata bahwa Firman membersihkan manusia dari dosa.

  4. Merendahkan hati – Menyangkal diri

    Ini adalah satu-satunya cara menggapai hadirat Tuhan. Misalnya dengan mengaku bahwa “kami bukanlah apa-apa”.

    Menyangkal diri adalah pilihan yang sangat baik untuk membuat anda tetap rendah hati. Jika orang lain memuji/ menyanjung anda katakanlah bahwa
    – Semuanya itu hanya karena kuasa Tuhan
    – Itu berkat kerjasa sama yang baik
    – Bukan saya tapi kita
    – Kami hanyalah debu yang tidak bisa berbuat apa-apa

    Ingatlah bahwa setiap sanjungan/ pengakuan/ pujian dari orang lain beresiko membuat anda sombong. Oleh karena itu anda harus menjatuhkan tinggi hati itu dan merendahkannya bahkan menekannya agar hatimu tidak meninggi karenanya.

    Sebuah teknik untuk merendahkan keangkuhan adalah dengan menghancurkan hati sendiri menggunakan persepsi yang bersifat merendah. Sudut pandang yang digunakan misalnya.

    • Kami hanyala orang yang tidak berguna, dipandang sebelah mata. Sudah selayaknya menerima semua ini apa adanya. Kuatkan hatiku ya Tuhan.
    • Hari-hari kami tidak berarti tanpa-Mu ya Tuhan. Hinakan kami di bawah kaki salib-Mu agar kami layak di hadapanmu. Tegarkan hatiku Tuhan.
    • Itu pantas untuk kami yang bukan siapa-siapa: debu – tanah yang lebih hina dari sampah. Kuatkan kami menjalani semua ini Tuhan.
    • Ini sudah seharusnya kami alami yang hanya sampah saja, orang yang tidaklah berarti. Tabahkan hati ini menjalani hidup Tuhan.
  5. Mengakui dosa.

    Dari yang kami pahami, dosa tidak hanya dinilai dari kerugian yang ditimbulkannya. Melainkan juga dihasilkan lebih awal oleh proses berpikir yang kemudian diwujudkan dalam kata-kata dan perilaku sehari-hari.

  6. Pasrah seutuhnya.

    Berserah sepenuhnya pada kehendak Tuhan. Ini adalah cara untuk memberi hidup dikendalikan Tuhan. Apapun keputusan yang anda pilihkan maka hasilnya dipasrahkan kepada Yang Maha Kuasa.

  7. Bersyukur selalu.

    Rasa terimakasih yang penuh adalah salah satu cara untuk merasa cukup dengan semua nikmat yang Tuhan berikan. Ini akan mengawali kepuasan hati seseorang terhadap carut-marut kehidupan.
    Rasa syukur juga disebut sebagai suatu keadaan menerima semua yang terjadi apa adanya. Seperti dengan mengatakan “kami pantas menerimanya, kuatkan hatiku ya Tuhan

  8. Memiliki pengharapan.

    Harapan di masa depan adalah hal yang menimbulkan semangat berkobar. Kami sendiri tidak ingin mengekspose hal ini terlalu jauh tapi kami yakin bahwa “Ada masa depan yang lebih baik bagi setiap orang yang percaya kepada-Nya“. Lagi pula Tuhan Yesus sudah menjanjikan “Hidup yang kekel dikehidupan berikutnya

  9. Bernyanyi dalam hati.

    Saat anda bernyanyi dalam hati dapat menggunakan lagu yang sudah ada atau bisa juga dengan mendayagunakan lagu sendiri (ciptaan saat itu juga – spontanitas). Tergantung suasana hati dan pikiran lalu biarkan itu mengalir seperti air.

Sedikit contoh cara merefresh otak

Merefresh otak dilakukan dengan gaya bebas dan tidak terikat secara kontekstual. Artinya lakukanlah menurut pengertian sendiri terhadap Firman dengan mengambil beberapa kata di dalamnya untuk menguatkan hati. Ini dilakukan sebab kami jujur tidak pernah menghafal satu ayat spesifik dalam Kitab Suci (maaf ini kelemahan kami yang terlalu bodoh 😀 ). Jika memang anda mampu menghafalnya maka silahkan memperkatakan Firman tersebut di dalam hati dalam usaha untuk merefresh cara pandang terhadap dunia ini

Baiklah akan kami tirukan sedikit gaya bebas untuk merefresh ulang otak yang lagi penat terhadap semua masalah yang ada.

“ya Tuhan, Engkau Allah yang perkasa, Allah yang hebat, Allah yang luar biasa yang telah menyatakan kemurahan hati-Mu kepada kami. Kami hanyalah orang-orang yang tidak berguna, penuh hawa nafsu dan keinginan duniawi. Kami mohon ampun atas semua dosa-dosa yang telah kami lakukan ya Tuhan….. Rendahkanlah kami dibawa Kaki Salib-Mu (salib = penderitaan) sebab Engkaulah junjungan hidup yang telah membawa kami kedalam hidup yang kekal. Kami percaya apapun yang terjadi saat ini adalah rencana-Mu maka jangan biarkan kami berada di jalan-jalan yang salah ya Tuhan….. Tuntunlah kami dalam kerendahan hati pada kebenaran-Mu sehingga kami beroleh masa depan yang lebih baik. Dalam nama Yesus, Amin.”

Anda dapat melakukannya dimanapun berada, di sekolah, di rumah, diperjalanan, dan lain sebagainya. Bisa juga menggubahnya dalam bentuk lagu/ nyanyian dalam hati. Silahkan lakukan kreasi anda sendiri teman, menurut pengertian sendiri sehingga anda menjadi diri sendiri. Jangan lupa untuk memperhatikan kaidah-kaidah Firman dan petunjuk yang disampaikan oleh hamba-Nya.

Apalah arti doa tanpa tindakan yang nyata

Kami tidak menganjurkan anda hanya berdoa saja melainkan mewujud nyatakan segala doa-doa itu dalam kehidupan sehari-hari. Apalah arti doa tanpa tindakan yang nyata? Jika lain yang di doakan sedangkan yang dilakukan lain bagaimana mungkin doa itu menjadi manjur. Jika anda menghendaki doa menjadi salah satu alat tersimple untuk merefresh otak maka wujudkanlah ia secara konsisten dalam perkataan dan perbuatan sehari-hari.

Tanpa keselarasan “sikap dan doa” tidak mungkin ada nikmat yang di dapat. Justru ada rasa tidak enak di hati yang menjurus kepada rasa bersalah. Anda butuh integritas untuk terus menerus melakukan hal tersebut dalam koridor yang benar. Oleh karena itu pastikan anda memposisikan diri di jalur yang sama antara apa yang dipikirkan (didoakan), diperkatakan dan diperbuat adalah sama.

Mereset masa lalu yang suram

Mereset ingatan perlu dilakukan saat hati dipenuhi dengan kebencian, dendam dan amarah kepada seseorang. Mungkin itu karena suatu kejadian dan lain hal yang membuat diri ini merasa tersinggung. Apabila ingatan ini tidak segera direset atau dihilangkan dari pikiran niscaya akan mempengaruhi jalan pikiran dan jalan hidup anda kedepan. Oleh karena itu selalu fokuskan pikiran kepada Tuhan. Setiap kali ingatan buruk itu kembali langsung tepis dalam doa dan nyanyian yang ditujukan hanya kepada-Nya seorang. Jangan biarkan kebencian menguasai pikiranmu melainkan kuasailah kebencianmu, teman.

Doa dalam hati adalah salah satu cara untuk kembali menjernihkan pikiran yang sempat keruh oleh berbagai-bagai pengaruh buruk. Saat anda berdoa maka hidup dikembalikan kepada Tuhan seolah pikiran kembali disegarkan oleh-Nya. Sehingga suasana hati yang sempat kasak-kusuk kembali bersemangat untuk memulai hari baru yang luar biasa.

Kita tidak ada secara otomatis di dunia ini. Ada satu pribadi yang menciptakan kita. Saat kembali kepada-Nya maka pikiran yang dianugrahkannya sejak dari mulanya kepada manusia akan dibersihkan, diluruskan dan dimurnikan seperti dilahirkan kembali (lahir baru : otak yang baru, hati yang baru). Disaat situasi menjadi buruk, penuh ketidakpastian, gejolak, menimbulkan kekuatiran dan ketakutan bahkan bisa juga menyulut kebencian, dendam dan amarah maka sudah saatnya pembersihan (kembali ke sistem default). Biasakanlah untuk menyegarkan pikiran dengan Firman, doa dan nyanyian pujian maka Ia akan menjadi obat mujarab yang ampuh untuk menenangkan hati. Semakin lama, semakin terbiasa hingga suatu saat menjadi budaya yang mendatangkan kebahagiaan bagi diri sendiri dan bagi sesama.

Salam doa bersama!

Iklan

20 comments

  1. […] Oleh karena itu, daripada anda berpikir tentang hal-hal yang beruk di masa lalu/ kepahitan yang sedang dialami maka lebih baik bagi anda untuk mencari kesibukan positif, membaca Firman, mengembangkan pengetahuan dan wawasan (membaca buku) atau bisa juga dengan cara senantiasa merefresh otak dalam doa-doa yang tertuju kepada Tuhan. […]

    Suka

  2. […] Ada banyak hal yang keluar dari kepala kami namun tidak semuanya diungkapkan lewat gagasan dan tulisan. Hidup kami dedikasikan untuk membangun masa depan yang lebih baik. Namun kami sendiripun kadang gelisah saat menerapkan limu tersebut bahkan terkadang hari-hari mengalami kehilangan arah. Akan tetapi seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa satu-satunya yang tetap membuat pikiran tetap tenang dan selalu waras yakni dengan merefreshnya dalam Doa dan Pujian kembali kepada Tuhan. […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s