10 Cara Sehat Mengkonsumsi Mie Instant 9 Keuntungan & Bahaya mie dalam kemasan

Cara sehat & aman mengkonsumsi mie instan dan bahaya dibaliknya

Keberadaan panganan mie tidak dapat dicabut dari dalam kehidupan manusia Indonesia yang berbudaya. Bahan makanan jenis ini seolah telah berakar kuat dalam keseharian masyarakat pada umumnya. Namanya juga sudah biasa, pasti tidak mudah untuk meninggalkan kebiasaan makan yang menggoyang lidah ini. Oleh karena itu kami berinisiatif untuk memberi sedikit pengarahan/ petunjuk yang sederhana untuk melakukannya.

Membatasi masyarakat secara jelas dan tegas untuk tidak mengkonsumsi mie instan sama sekali merupakan tindakan yang salah. Selain hal ini berpengaruh buruk terhadap ekonomi produsen kelas atas, dampaknya juga dapat berimbas pada tingkat PHK dan pengangguran yang bertambah. Artinya, negarapun jadi repot sendiri kalau usaha dibidang ini ditutup (di-blakcklist) sama sekali. Oleh karena itu kami menempuh jalan tengah.

Walaupun diberbagai media banyak digembar-gemborkan tentang dampak buruk akibat mengkonsumsi mie instan. Akan tetapi, kami memandang hal tersebut sebagai tindakan yang berlebihan yang sedikit dipicu oleh “persaingan usaha antar produsen“. Istilah kerennya adalah “jika kanal produsen yang satu di tutup maka kanal produsen yang lain akan terisi penuh bahkan melimpah ruah”.

Mie instan sehat, sisi positif dan negatif mengkonsumsinya

Pada tulisan sebelumnya telah kami sampaikan betapa semua makanan yang dihasilkan oleh pabrik telah tercemar oleh bahan kimia. Keadaan ini tidak menyangkut produsen mie instan saja melainkan segala sesuatu yang dihasilkan oleh pabrik telah terkontaminasi bahan kimia. Manufaktur membutuhkan bahan kimia, entah itu untuk ditambahkan secara sengaja  maupun yang bersifat kontaminasi/ residu hasil produksi.

Mustahil kita bisa bebas dari produk-produk perusahaan. Itu sama saja dengan “memisahkan kulit dari daging sendiri“. Disinilah kami berperan untuk memberikan sekedar tips & trik tetap sehat bersama bahan kimia dalam produk panganan yang dikonsumsi.

Manfaat mengkonsumsi mie instan

Bahan pangan yang satu ini memiliki kandungan gizi yang beragam (lihat pada kemasan mie yang anda beli). Sebagai salah satu makanan favorit yang sudah mendarah daging di seantero negeri, ia juga merupakan sumber nutrisi yang baik untuk memenuhi kebutuhan anda. Berikut ini akan kami uraikan beberapa keuntungan yang anda peroleh saat memilih untuk mengkonsumsi panganan dari jenis mie.

  1. Menambah energi harian dari karbohidrat yang dikandungnya.
  2. Sebagai salah satu sumber natrium yang baik (garam).
  3. Tambahan asupan lemak/ kolesterol.
  4. Sebagai sumber vitamin yang baik.
  5. Menambah asupan mineral harian.
  6. Dapat dibawa kemana-mana.
  7. Membutuhkan waktu singkat saat penyajian.
  8. Hemat biaya dan anggaran untuk memperolehnya (membelinya).
  9. Tentu saja yang tidak kalah pentingnya adalah rasanya yang gurih.

Dampak buruk mengkonsumsi mie instan

Benarlah kata kebanyakan orang bahwa sikap yang lebay itu tidak baik bagi kesehatan fisik, mental dan sosial. Oleh karena itu kendalikan hawa nafsu anda dari kelezatan makanan yang satu ini. Sebab inilah beberapa bahayanya.

  1. Meningkatkan kadar gula. Konsumsi yang tidak terkendali dapat mendukung penyakit Diabetes.
  2. Mempengaruhi kadar kolesterol tinggi. Makan mie instan yang terlalu banyak akan meningkatkan lemak darah.
  3. Tekanan darah tinggi. Nafsu yang terlalu tinggi terhadap olahan mie membuat tekanan darah tidak stabil.
  4. Membuat anda sakit kepala. Keadaan ini dipengaruhi oleh kadar MSG.
  5. Organ reproduksi terganggu. Konsumsi yang bersifat nonstop (setiap hari) selama berbulan-bulan bahkan menahun dapat mengganggu perkembangan organ vital anda. Bila anda laki-laki mungkin dapat memicu lemah syahwat.
  6. Keguguran.
  7. Kanker.

Kami tegaskan sekali lagi : dalam hidup ini, pada intinya semua yang ada bagaikan pedang bermata dua. Dapat mendatangkan kebaikan namun dapat juga menimbulkan ancaman. Oleh karena itu manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya & JANGAN LEBAY!

Cara sehat & aman mengkonsumsi mie instan

Keuntungan & Kerugian mie dalam kemasan

Sekali lagi kami katakan bahwa segala sesuatu dalam “hidup ini bagaikan buah simalakama”. Sekarang buah itu ada ditangan anda. Oleh karena itu bijak dan cerdaslah memanfaatkannya teman. Berikut cara yang kami usulkan agar anda tetap sehat mengkonsumsi instant noodle.

  1. Jauhi gaya hidup lebay.

    Ini adalah pesan pertama kami. Sebab sikap yang berlebihan hanya cocok di-film-kan bukan untuk dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu jangan pernah samakan kehidupan anda dengan kotak seukuran 21 inchi persegi, hidup anda lebih berharga dari itu sobat!

    Mengkonsumsi mie instan 3 kali sehari adalah kebiasaan terburuk yang pernah ada. Keadaan ini dapat membuat anda jatuh sakit dalam hitungan minggu saja.

    Terlalu hemat juga tidak baik untuk kesehatan. Mengkonsumsinya setiap hari tidak kami anjurkan. Adakalanya anda harus mengkonsumsi makanan lainnya yang lebih sehat dengan mengeluarkan nilai uang yang tidak sedikit. Dalam hidup ini cobalah untuk melakukan sesuatu selang-seling sehingga andapun tetap sehat.

  2. Perhatikan “Saran Penyajian”.

    Setiap membeli produk bermerek (misalnya indomie, mie sedap, mie ABC, sarimi dan lain-lain) biasanya selalu menyertakan saran penyajian yang terletak di bagian belakang kemasan. Baca baik-baik dan lakukan proses memasak tanpa mengabaikan saran penyajian yang tertera disana.

    Pernahkah anda menemukan saran penyajian panganan ini hanya diseduh dengan air panas dari termos saja (tidak melalui proses memasak – kecuali untuk jenis mie dalam muk/ gelas)? Pada umumnya perusahaan menyarankan anda untuk memasaknya dalam air yang mendidih. Namun banyak dari teman yang kami kenal tidak sabar dan malas melakukannya. Mereka lebih memilih untuk memasaknya menggunakan air panas dari dispenser/ termos saja.

    Dalam saran penyajian yang kami temukan pada beberapa produk, pemberian bumbu dilakukan setelah proses memasak (setelah mie matang). Tetapi beberapa teman mengabaikannya. Mereka teledor memasak mie bersama bumbunya. Ini jelas tidak baik sebab perusahaan memiliki tujuan tertentu sehingga menyarankan pemberian bumbu dilakukan belakangan setelah matang.

    Oleh karena itu, sekali lagi kami sarankan agar membaca baik-baik semua petunjuk penyajian yang tertera pada produk yang dibeli.

  3. Membuang air rebusan pertama.

    Beberapa orang yakin dengan membuang air rebusan pertama maka zat-zat kimia yang terkandung dalam mie akan ikut tercuci. Kami menyarankan anda untuk melakukan hal ini. Memang ini agak merepotkan tapi manfaat kesehatan setelahnya dapat berguna bagi kesehatan anda. Selain itu tambahkan juga beberapa agen detoksifikasi ke dalam mie instan tersebut.

  4. Menambahkan senyawa untuk mendetoksifikasi.

    Tambahkan air kelapa dalam rebusan pertama untuk dibuang setelahnya. Air buah kelapa muda adalah pilihan yang baik untuk menetralkan racun kimia dari mie instan yang anda konsumsi. Air isotonik ini juga sangat terkenal penggunaannya di masyarakat untuk menghilangkan berbagai macam racun dari dalam tubuh anda.

    Berikan garam 1/2 sendok teh pada saat merebus mie pertama kali. NaCl adalah agen detoksifikasi yang terkandung dalam jumlah banyak di kelasnya. Kemampuannya untuk melakukan detoksifikasi terhadap berbagai macam toksin sudah terbukti keampuhannya. Ini disebabkan oleh karena ion Na+ yang dapat mengikat berbagai macam lemak jahat dan logam berat dengan mencucinya bersamaan dengan pembuangan air rebusan pertama.

  5. Menambahkan herbal ajaib dalam masakan.

    Memasak mie instan apa adanya (hanya menambah bumbu yang sudah ada dalam kemasan). Kurang efektif untuk menghilangkan pengaruh buruk dari berbagai macam bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu anda harus lebih kreatif dengan menggunakan herbal alami ini dalam proses memasak. Ketiga herbal ini diketahui sangat baik dalam melakukan netralisasi racun dalam tubuh manusia.

    Temukan juga, Manfaat herbal ajaib bagi kesehatan

  6. Tambahkan sayuran dalam makanan olahan yang anda buat.

    Sayuran adalah komponen yang baik buat kesehatan anda. Mengandung antioksidan, vitamin, mineral dan serat yang baik untuk tubuh. Antioksidan dapat pula berfungsi untuk menetralkan racun yang terdapat dalam makanan yang dikonsumsi termasuk mie instan. Demikian halnya juga dengan serat, kemampuannya untuk membersihkan organ perncernaan dari berbagai residu bahan kimia berbahaya sangat mumpuni. Contohnya, cabai, tomat, sayur buncis, kacang panjang, kangkung, sayur pahit, sayur manis, kol, wortel dan lain sebagainya.

  7. Mengkonsumsi buah yang asam-asam.

    Kandungan asam adalah pertanda bahwa bahan pangan yang anda konsumsi mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan vitamin C juga bermanfaat untuk melakukan detoksifikasi dalam tubuh anda. Untuk berjaga-jaga, kalau-kalau ada bahan kimia berbahaya yang sudah terlanjur masuk ke dalam tubuh anda. Salah satu buah yang murah dan mudah di dapatkan adalah jeruk nipis.

    Selengkapnya, Kegunaan jeruk nipis bagi kesehatan

    Boleh juga sambil memesan mie instan di kedai/ warung, anda dapat turut memesan jus jeruk dingin. Banyak macamnya jus dipasaran, misalnya jeruk manis, terong belanda, mangga, sirsak, jambu, belimbing dan lain-lain.

  8. Penuhi asupan garam harian.

    Sodium klorida adalah senyawa ionik yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan. Perannya yang sangat luas dalam kehidupan membuat senyawa ini sangat penting untuk dikonsumsi. Batasan asupannya berada pada takaran 9 gram perhari atau 1/2 sampai satu setengah sendok teh perhari untuk orang dewasa. Selain berperan dalam hal detoksifikasi racun dalam tubuh ia juga menyehatkan berbagai organ anda termasuk kulit.

  9. Konsumsi air dalam jumlah yang cukup.

    Cairan turut membantu mengangkut dan menghilangkan toksin dari dalam tubuh anda. Pastikan selalu mengkonsumsi 8 – 10 gelas air setiap harinya atau kira-kira 2 Liter untuk ukuran orang dewasa.

    Kami tidak bermaksud untuk menyarankan anda meminum air yang banyak (lebih dari satu gelas) setelah makan : ini jelas tidak baik untuk kesehatan pencernaan. Sebab cairan yang terlalu banyak dapat memperberat kinerja lambung anda.

  10. Berolahraga.

    Keringat yang keluar saat berolahraga merupakan cara tubuh untuk membuang sisa metabolisme dan toksin dari dalam tubuh. Jika anda rutin melakukannya niscaya ativitas ini akan menyehatkan tubuh luar-dalam. Kami menyarankan untuk melakukannya paling tidak selama 30 menit dalam seminggu. Jalan kaki dan senam juga merupakan bagian dari olahraga. Selain itu beberapa hobi juga membutuhkan aktivitas fisik seperti bulu tangkis, tenis meja, lari, renang dan lain sebagainya.

Demikian saja teman. Semoga anda dapat tampil sehat dan tetap awet muda hari demi hari.

Salam panjang umur!

Iklan

One comment

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s