17 Cara Mengurangi Nafsu Makan – 16 Akibat Makan Berlebihan – Menghilangkan Rasa Lapar & Ngemil Dengan Cepat, Murah dan Mudah

Akibat makan berlebihan

Makanan adalah bahan pangan yang berasal dari alam dan/atau telah diolah sebelumnya yang disajikan untuk memenuhi  asupan nutrisi harian. Aktivitas makan melibatkan organ pencernaan yang dimulai dari rongga mulut, kerongkongan, lambung, usus kecil (halus), usus besar hingga akhirnya dikeluarkan ke rektum (anus). Terdapat beberapa indra yang terlibat untuk membentuk presepsi anda terhadap makanan yaitu indra pengecap (lidah), penciuman (hidung), penglihatan (mata), dan peraba (permukaan kulit dalam rongga mulut dan bibir) bahkan telinga. Artinya semua indra terlibat dalam proses ini.

Makan (III) berada diurutan ketiga dari daftar aktivitas yang paling membahagiakan bila dinikmati setelah fokus memuji-muji Tuhan (I) dan menjadi bermanfaat bagi orang lain (II). Karena begitu sederhana lagipula manfaatnya luar biasa untuk kesehatan tubuh anda. Hanya dengan makanan beberapa orang tampil lebih sehat dan memiliki perawakan yang bagus. Akan tetapi, juga hanya karena makanan beberapa dari kita mengalami sakit-penyakit yang akut dan kronis sampai beresiko memperpendek umur seseorang. Inilah yang namanya “nikmat berujung maut! – Tujuannya menikmati hidup tapi jatuhnya kepada celaka yang sia-sia”.

Makanan murni sebagai kebutuhan primer (utama). Mustahil manusia mampu hidup setelah tidak makan & minum selama berbulan-bulan kecuali karena Kuasa Allah. Selama anda bisa mengendalikan nafsu makan maka selama itupulalah hari-hari berjalan baik. Tidak ada yang mau berada di bawah kuasa anda sebelum mampu mengendalikan diri sendiri. Saat nafsu makan tidak dapat dikontrol niscaya situasi ini akan memperburuk keadaan. Sebab segala sesuatu yang berlebihan tidak pernah berakhir dengan baik.

Sungguh menyedihkan kehidupan ini saat “leher terpotong oleh lidah sendiri”. Hidup yang semestinya masih dapat digunakan untuk kemuliaan nama Tuhan dan digunakan untuk memberi arti (manfaat) kepada sesama berakhir dengan singkat karena alasan sepele. Tentu saja kita semua tidak ingin keadaan seperti itu menimpa kehidupan yang sedang dijalani. Oleh karena itu harus rajin melibas dan menggigit lidah sendiri sebelum ia tidak mendatangkan kebinasaan. Ingatlah “lidah bukan otak anda melainkan otaklah yang mengendalikan lidah”. Ikat dia erat-erat sebelum membawa bencana yang nyata.

Bahaya makan secara berlebihan

Pada bagian selanjutnya akan kami bahas beberapa hal tentang akibat terburuk saat anda memakan segala sesuatu secara berlebihan dan terus menerus. Berikut selengkapnya.

  1. Uang menipis bahkan tidak tersisa sama sekali untuk ditabung.
  2. Saat ada masalah tidak dihadapi senyatanya melainkan cenderung melakukan pelarian dengan mengkonsumsi sesuatu.
  3. Terus-menerus melarikan diri dari masalah tidak membuat suasana hati tenang melainkan tekanan itu semakin berat saja pada akhirnya anda rentan stres.
  4. Tidak dapat berpikir dengan jernih dan logika hilang (otak buntu) sampai membuat pekerjaan terhambat bahkan kreativitas menghilang sama-sekali.
  5. Kadar Gula darah tinggi. Keadaan ini dapat memicu penyakit lainnya.
  6. Kadar kolesterol tinggi.
  7. Asam urat berada di atas batas normal. Ini akan menyakiti persendian anda.
  8. Obesitas melanda tubuh anda yang seksi. Banyak orang yang merasa bahwa terlalu gemuk itu tidak enak dilihat.
  9. Sakit gigi dan mata mulai kabur.
  10. Cidera/ luka/ peradangan tidak sembuh-sembuh.
  11. Tekanan darah tinggi mendekat.
  12. Organ ginjal mengalami kemunduran fungsi.
  13. Jantung tidak sehat/ sakit jantung.
  14. Menderita penyakit ejakulasi dini (impoten) dan kemandulan.
  15. Kanker rahim/ prostat melanda.
  16. Pada akhirnya anda akan lebih cepat kembali Kepangkuan Bapa di Sorga ketimbang orang lain yang seusia anda.

    Baca juga, Cara menguruskan badan agar enak dipandang

Cara menurunkan nafsu makan dan menghilangkannya dengan cepat

Jika anda telah selesai mengendalikan aktivitas seks yang liar maka pengendalian diri yang berikutnya adalah terhadap kebiasaan makan terlalu banyak. Rasanya lebih rumit untuk mengendalikannya sebab terlalu sering dilakukan. Bahkan kita makan 3 kali sehari, belum termasuk cemilan disana. Sekalipun demikian pepatah jadul mengatakan “dimana ada niat disitu ada jalan”.

Kami sendiri dahulu seorang pelahap yang sangat doyan dengan makanan ini dan itu. Saat itu dimulai, posisi masih di tanah rantau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih baik. Dalam banyak waktu kosong kami manfaatkan untuk melakukan banyak kegiatan ini dan itu, termasuk jalan kaki menyusuri pinggiran kota dan tidak lupa untuk memuaskan lidah dengan jajanan pasar yang begitu menggoda. Kebiasaan ngemil inilah yang sungguh tidak mampu kami tahan lebih lama. Itu seperti hawa nafsu yang kuat dimana akibatnya uang kiriman dari orang tua tidak tersisa sama sekali bahkan minta nambah terus. Padahal kami bukan orang yang suka belanja, merokok, alkohol, main di café, main perempuan (free seks) dan tabiat boros lainnya. Melainkan semuanya ludes tak tersisa hanya karena ngmil lagi dan lagi 😀

Berikut ini, kami akan memberikan beberapa rekomendasi untuk menghilangkan nafsu makan dan kebiasaan mengkonsumsi cemilan yang berlebihan. Demikian selengkapnya.

  1. Ambil komitmen dan bulatkan tekad.

    Anda perlu menyadarkan otak sendiri. Jangan mau dibius oleh situasi melainkan kendalikan itu seutuhnya. Buatlah motivasi sendiri lalu ambil komitmen untuk mulai mengurangi kebiasaan mengkonsumsi makanan dan cemilan secara berlebihan. Mungkin anda mengidolakan seseorang maka jadikanlah itu sebagai penyemangat yang semakin membulatkan tekad anda untuk menguasai hawa nafsu di bidang ini.

  2. Buat catatan yang mudah dilihat.

    Menulis beberapa catatan untuk menuliskan komitmen anda disana lalu letakkan di tempat-tempat yang mudah dilihat. Misalnya di depan lemari, di depan kaca, di tempat gantungan pakaian dan dimanapun yang anda inginkan termasuk di dalam layar gadget/ smartphone yang dimiliki. Catatan ini berperan sebagai pengingat agar anda tidak kebablasan untuk mengkonsumsi sesuatu.

  3. Buat target menabung.

    Miliki harapan di masa depan – apa rencana yang dicita-citakan. Biasanya ini kalau para jomblo “kalau nafsu menghabiskan uang menjadi-jadi maka IA AKAN INGAT PESTA PERNIKAHANNYA DI MASA DEPAN”. Ibu dan Ayah juga kalau nafsu menghabiskan uang tidak terkendali INGAT DENGAN PEMBANGUNAN RUMAH DI MASA DEPAN”.

    Anda dapat membuat harapan yang lain sehingga mendorong kebiasaan untuk berhemat. Tapi ingat lho HEMAT TIDAK SAMA DENGAN PELIT. Pelit terhadap diri sendiri untuk membeli makanan sehari-hari juga tidak baik untuk kesehatan anda.

  4. Jika dimungkinkan, lakukan tindakan yang sama bersama keluarga, sahabat atau teman.

    Kebersamaan adalah simbol kekuatan. Melakukan sesuatu berdasarkan pada komitmen bersama dapat membawa mereka pada tujuan yang sudah ditetapkan selama ini. Itulah mengapa ada pepatah yang mengatakan bahwa “lebih baik dua daripada satu, lebih baik tiga daripada dua, lebih baik lima daripada empat, lebih baik bareng-bareng daripada seorang diri saja”. Didalam kebersamaan ada rasa saling peduli dan saling menguatkan satu sama lain.

  5. Hindari membeli makanan/ cemilan dalam jumlah banyak.

    Mungkin saja pada awalnya anda berpikir bahwa menumpuk/ menimbun makanan di kulkas adalah ide yang bagus untuk stok seminggu/ sebulan. Dibeli sekaligus biar lebih murah, lagipula dapat diskon tuh kalau belanjannya banyak. Cemilan yang telah ditumpuk didekat anda justru akan semakin memudahkan/ melanggengkan kebiasaan ngemil secara berlebihan. Kebiasaan ini justru semakin memudahkan anda untuk ngemil dan ngemil lagi. Usahakan jajanan jauh dari rumah dan sekitar anda. Ini sebagai langkah antisipasi jika suatu waktu nafsu makan terlanjur memuncak maka masih sempat pikir panjang untuk segera berubah saat diperjalanan membeli jajanan yang diinginkan

    Lebih cerdas jika anda membeli segala sesuatu satu per satu/ yang dijual secara eceran. Artinya apa yang dibutuhkan hari itu maka itulah yang dibawa ke rumah. Aktivitas ini sekaligus sebagai sarana olahraga bagi anda dengan catatan anda ke kedai/ warung terdekat berjalan kaki/ naik sepeda.

  6. Saat menunggu sesuatu dan/atau sedang bosan alihkan konsentrasi lalu cari kesibukan kecil.

    Lebih baik anda melakukan aktivitas kecil yang menyenangkan, misalnya saja adalah
    – bernyanyi fokus kepada Tuhan,
    – merapikan kamar/ rumah,
    – melakukan aktivitas fisik-olahraga,
    – membaca,
    – menulis,
    – ke perpustakaan
    – bercengkrama dengan teman,
    – jalan-jalan,
    – ke bioskop,
    – mendengar radio,
    – nonton televisi,
    – sosial media-internet,
    – main game seru dan lain sebagainya (perhatikan urutan prioritasnya).

    Kegiatan yang menyenangkan ini sangat membantu untuk mengalihkan dan membawa lari situasi perut anda menjadi terlupakan.

  7. Saat sedang stres jangan melarikan diri ke makanan.

    Siapapun dapat mengalami stres dalam hidup ini. Hadapi tekanan itu apa adanya teman lalu terima semua yang terjadi senyatanya. Saat sedang menghadpi masalah alangkah lebih baik untuk fokus kepada Tuhan maka Ia yang murah hati dan penuh kasih setia itu akan mengarahkan hidup anda kepada solusi atau lewat hamba-Nya dan Firman-Nya.

  8. Hati-hati saat berteman dengan seseorang.

    Jika anda berteman dengan seseorang bukan dalam arti bahwa segala sesuatunyapun harus sama seperti dia. Tidak ada salahnya berkawan dengan banyak orang. Ini malah baik untuk perkembangan kehidupan sosial anda.

    Harap disadari bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Seorang teman pasti memiliki sisi positif yang baik untuk ditiru dan mungkin juga ia memiliki sisi negatif yang tidak pantas untuk ditiru. Oleh karena itu jadilah orang yang selektif dengan saat bergaul dengan siapapun.

    Bersahabat dengan orangnya tapi jauhi kebiasaan makannya yang kebablasan“. Jadilah orang yang memegang teguh prinsip seumur hidupnya dan jangan mudah terombang-ambingkan oleh pengaruh negatif/ jelek dari orang lain.

  9. Letakkan air lebih dekat disamping anda ketimbang cemilan.

    Air adalah salah satu penahan rasa lapar dan nafsu makan. Apabila keinginan itu tiba-tiba muncul dalam pikiran maka segeralah meneguk segelas air secara perlahan-lahan.

    Selain itu kebutuhan akan H2O diperlukan untuk membantu proses detoksifikasi dalam tubuh. Asupannya perhari berada pada kisarang ± 2 Liter (8-10 gelas) untuk orang dewasa.

  10. Konsumsi buah dan sayur.

    Keduanya dapat menjadi makanan pengganti. Saat anda lapar lebih baik mengisi perut dengan buah dan sayur sebab rata-rata bahan makanan ini mengandung karbohidrat, lemak dan protein yang lebih rendah.

    Dua komponen ini adalah kaya dengan vitamin, mineral dan antioksidan untuk kesehatan anda. Jangan lupa mengikutkannya dalam setiap menu makanan harian. Salah satu buah yang murah dan mudah di dapatkan adalah jeruk nipis yang baik untuk mendetoksifikasi residu racun diseluruh tubuh. Ada indikasi seseorang menjadi lebih doyan/ suka makanan oleh karena bahan kimia tertentu masih menetap dalam syarafnya. Bahan kimia inilah yang membuat candu dengan merangsang nafsu makan/ ngemil anda semakin tinggi lagi dan lagi.

  11. Konsumsi vacum cleaner nabati.

    Makanan berserat adalah jenis kebutuhan yang bermanfaat untuk membersihkan usus anda dari berbagai-bagai bahan-bahan kimia yang beracun. Ia akan menyerap semua toksin yang masih tersisa dalam organ pencernaan kemudian membawanya keluar melalui rektum. Ini adalah aktivitas yang membantu anda untuk melakukan proses netralisir lebih lanjut. Contoh dari makanan berserat tinggi adalah umbi-umbian, ubi kayu, ubi jalar, talas, sagu dan lain sebagainya.

  12. Memelihara konsumsi herbal ajaib.

    Tiga bumbu dapur ini dapat membantu menghilangkan agen toxin yang menyebabkan anda terus ketergantungan dengan makanan atau minuman tertentu. Padukan bawang merah, bawang putih dan jahe dalam setiap masakan anda. Manfaat antioksidan dari masing-masing bahan di atas adalah baik bagi kesehatan anda.

  13. Perhatikan asupan garam harian anda.

    Senyawa elektrolit NaCl adalah ion terbanyak dalam tubuh anda. Elektrolit juga berfungsi sebagai netralisasi dan mengangkut zat-zat makanan yang dikonsumsi secara berlebihan untuk di buang melalui urin dan feses. Perannya sebagai penawar racun bermanfaat untuk mengikat toxin tersebut sehingga tidak lagi berbahaya bagi tubuh lalu didetoksifikasi dihati hingga akhirnya di over ke ginjal dan dibuang melalui urin.

  14. Olahraga secara teratur.

    Ini adalah salah satu kebiasaan yang harus dipelihara setiap orang. Saat anda berolahraga maka peredaran darah menjadi lancar dan racun-racun yang dihasilkan oleh tubuh yang disimpan di bawah kulit akan dikeluarkan/ dibuang bersama keringat yang keluar. Olahraga seperti ini banyak bentuknya (misalnya melakukan hobi olahraga, senam, fitnaes dan lain-lain) dan dapat anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saat ada waktu luang dari pada ngemil di depan televisi lebih baik dimanfaatkan untuk sejenak melakukan gerakan-gerakan kecil.

  15. Belajar berpuasa.

    Apabila anda terus memenuhi keinginan lidah niscaya nafsunya makin tinggi teman bukan makin turun. Segala sesuatu yang dimanja cenderung menjadi-jadi dan tidak terkendali. Puasa adalah salah satu cara anda untuk membatasi keinginan lidah. Dengan belajar melakukan puasa niscaya hawa nafsu untuk menkonsumsi makanan lebih banyak dapat dikendalikan secara penuh. Disamping itu Berpuasa juga banyak manfaatnya.

    Cara jitu dan cepat menghilangkan nafsu makan dan kebiasaan jajan disore hari.

  16. Garami lidah anda.

    Saat nafsu makan memuncak dan cenderung tidak bisa dikendalikan. Buatlah segera larutan garam isotonis. Larutan ini sangat bermanfaat bagi anda untuk menghilangkan rasa pahit di lidah sehingga menghentikan kebiasaan mengkonsumsi lebih banyak makanan/ cemilan. Telah diketahui bahwa sensasi pahit di lidah adalah semacam bahan kimia yang menimbulkan candu. Ini membuat orang yang mengalaminya berusaha menghilangkan kepahitan tersebut dengan mengkonsumsi lebih banyak makanan dan minuman.

    Sodium klorida seperti menahan/ memblok rasa lapar anda. Larutan ini dikenal sebagai pencuci berbagai bahan kimia berbahaya dalam tubuh manusia. Ia menetralkan racun dan membantu mensekresikannya lewat urin, feses dan keringat.

    Selama rasa pahit (candu) ini ada maka selama itu pula hawa nafsu dibidang ini tinggi. Larutan garam akan membantu menghilangkan rasa yang pahit di lidah dengan mencuci/ membersihkan permukaannya dari bahan kimia berbahaya sehingga menghentikan keinganan untuk memasukkan sesuatu ke dalam mulut lebih banyak lagi.

  17. Mengkonsumsi buah yang asam-asam

    Juga dapat menghilangkan toxin candu yang ada dilidah anda dengan catatan TIDAK SEDANG MENGIDAP PENYAKIT MAAG. Saat berada dimanapun, pesanlah jus asam seperti jus terong belanda, sirsak, mangga dan salah satu yang sangat murah dan mudah diperoleh adalah jus jeruk nipis. Kemampuan buah-buahan ini untuk menghilangkan nafsu makan berlebih sangat efektif asalkan dikonsumsi secara rutin.

Intinya adalah bulatkan tekad, hindari kebiasaan buruk lalu bersihkan tubuh anda dari bahan kimia yang menimbulkan candu dan pada akhirnya bersihkan lidah anda dari rasa pahit yang mendalam dengan larutan garam isotonik. Demikian saja uraian singkat dari kami teman, semoga dapat membatu menyehatkan anda.

Salam sehat jiwa & raga!

Iklan

One comment

  1. […] Apa indikator anda kawan jika berlebihan mengkonsumsi materi? SEBAIKNYA ADA, kalau tidak niscaya semua dihajar ckckckckkkkk. Berbahagialah mereka yang saat ini sakit sebab dengan penyakit itu mereka ditakuti sehingga dapat membatasi diri untuk mengkonsumsi materi. Bila anda tidak punya penyakit setidaknya MILIKI TIMBANGAN di rumah (khusus dewasan bukan anak dan remaja) agar hal tersebut menakuti anda sehingga bisa memelihara diet yang baik, sehat dan tidak berlebihan. Juga, Cara berhenti makan berlebihan […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s