19 Cara Berhenti Merokok – 30 Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Fisik, Mental dan Sosial – Menghadapi Perokok Dengan Santai

 Cara berhenti merokok dan menghilangkan kebiasaan buruk ini dengan cepat

Manusia ditawan oleh hawa nafsunya sendiri. Para produsen rokok sudah mengetahui kelemahan anda lalu memanfaatkan kelemahan itu untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Sekali terjeblos dalam perangkap candu maka seumur hidup anda tidak pernah sudi untuk berhenti merokok. Batangan yang lembut dan manis itu tidak hanya mengikat tubuh anda melainkan juga telah melilit mental sehingga rasa-rasanya tidak dapat hidup tanpanya.

Selama di negeri kita Indonesia masih ada orang yang kurang cerdas, pendidikan minim dengan ekonomi miskin maka selama itupulalah industri rokok berkuasa. Sadarilah bahwa bahan polutan yang satu ini hanya dikonsumsi oleh kalangan bawah. Coba cek langsung ke pabriknya, “apakah orang-orang yang bekerja disana merokok? Apakah para maneger/ supervisornya merokok? Atau net-netnya apakah pemilik perusahaan itu merokok?”.

Tahukah anda bahwa dalam setiap batang rokok yang anda konsumsi terdapat racun syaraf untuk membuat pikiran buntu, daya berpikir/ analisis terhambat dan angan melayang-layang? Itu semacam obat bius yang ditujukan bukan pada tubuh anda melainkan pada otak anda. Artinya kebisaan merokok membuat anda mengalami kegagalan proses berpikir sehingga otak buntu dan rasanya tidak ada yang dapat dilakukan selain duduk, termenung sambil menatap dunia ini dengan penuh kehampaan.

Mereka yang pintar-pintar dapat menjadikan rokok sebagai alat konspirasi untuk mengendalikan kehidupan anda. Candu batangan ini dapat menjadi senjata yang menghancurkan kehidupan anda dan keluarga secara perlahan-lahan tapi pasti. Pengaruhnya terhadap syaraf terbukti efektif untuk melemahkan daya pikir dan kesadaran seseorang. Apabila pikiran sudah rusak, responnya kacau balau terhadap sesuatu sehingga mulai timbul gangguan kesadaran. Ditegur-melawan, dilarang-anarkis, dihukum-malah semakin menjadi-jadi.

Gejala kekacauan pola pikir ini sering menyerang generasi muda yang doyan mengisap rokok. Bila seorang muda-mudi pikirannya amburadul niscaya sikapnya disekolah sering melanggar aturan, di rumah tidak patuh dengan orang tua dan dilingkungan tempat tinggalnya dikenal sebagai brandal yang suka membuat onar. Pikiran yang rusak berkaitan erat dengan atitud yang menyimpang. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa rokok adalah awal dari keterpurukan moral seorang manusia.

Akar dari permasalahan rokok di tanah air

Sebelum kemiskinan dan kebodohan hilang dari negerti ini maka perokok akan tetap ada. Ini adalah akar dari permasalahan tingginya prevelensi pemakai di Indonesia. Selengkapnya tentang akar permasalahan ini.

  1. Wawasan & pengetahuan sempit (kebodohan). Pengetahuan seseorang sangat berpengaruh dengan aktivitasnya sehari-hari. Mereka yang memiliki wawasan yang baik bisa menemukan beragam pekerjaan kecil untuk mengarahkan potensinya sehingga hari-harinya tidak membosankan. Lain halnya dengan orang yang minim pengetahuan dan wawasannya. Ia lebih memilih “meninabobokan otaknya dengan merokok”.
  2. Kemiskinan yang memasyarakat. Orang dengan ekonomi sangat rendah adalah sasaran empuk bagi industri rokok. Terlebih ketika mereka tidak memiliki keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Mudah sekali tergoda untuk mengisapnya saat tekanan kehidupan tidak berterima dihati. Ada rasa dihati yang kuat menolak tapi tidak ada daya untuk melawan. Pada akhirnya terpuruk lalu dilampiaskan dengan merokok.
  3. Adanya stres. Balam hidup ini, banyak sekali hal yang berpotensi membuat anda stres. Mulai dari hal-hal yang kecil dan sederhana sampai kepada sesuatu yang sangat besar dan kompleks. Pengalaman mengalami stres akan membuat kekuatan dan daya tahan anda semakin baik saat menghadapi hal yang sama dikemudian hari. Stres yang berlangsung dalam waktu lama akan mendorong seseorang untuk mencari penghiburan duniawi, salah satunya dengan merokok.

Selain faktor di atas beberapa hal ini juga turut mempengaruhi seseorang untuk merokok.

  • Masyarakat yang bodoh.
  • Ekonomi yang miskin.
  • Kurang kerjaan – Kurang kesibukan – pengangguran.
  • Pergaulan yang buruk.
  • Pengaruh lingkungan yang tidak sehat.
  • Merasa bosan menunggu sesuatu.
  • Memanipulasi tekanan sosial.
  • Pelarian dari stres.
  • Memenuhi tantangan dari teman.
  • Merasa lebih percaya diri saat merokok.
  • Sudah terlanjur candu sehingga sulit untuk berhenti.

Selengkapnya, Faktor yang menyebabkan anda merokok

Cara menghadapi orang yang merokok di sekitar kita

Perokok bisa ada dimana saja terkecuali ditempat-tempat yang “no smoking area”. Di sekitar lingkungan anda area tempat merokok lebih banyak dibandingkan dengan area tanpa asap rokok. Artinya, kemungkinan untuk terpapar dengan asap kimiawi ini lebih besar potensinya untuk terjadi. Oleh karena itu anda harus senantiasa mempersiapkan diri untuk menghadapi resiko terburuk yakni terpapar dengan asapnya.

Harap dipahami bahwa perokok adalah manusia. Mereka bisa saja salah satu dari orang tua, sanak keluarga, kerabat, teman, tetangga atau orang lainnya dalam hidup anda. Oleh sebab itu berlakulah seperti biasanya saat anda menyambut orang-orang normal di sekitar anda. Kecanduaannya tidak ada hubungannya dengan anda, asalkan dia datang dengan damai maka sambutlah dengan sukacita.

Asap rokok memang berbahaya tetapi lebih berbahaya lagi buat para penggunanya. Berikut beberapa saran dari kami untuk menyambut seorang perokok.

  • Bersikap biasa saja. Tidak perlu menunjukkan ekpresi berlebihan. “Bisa saja anda membenci rokok tapi jangan menjauhi orangnya”.
  • Cobalah untuk mengambil tempat yang dekat dengan sumber udara/ angin sehingga asap yang mematikan itu tidak mengenai anda. Misalnya dekat jendela, pintu atau dari arah angin bertiup sehingga asap tersebut terbang ke arah sebaliknya.
  • Sikap yang anda ambil ini beresiko pada paparan asap yang semakin tinggi sehingga efeknyapun terhadap kesehatan semakin tinggi pula
  • Anda perlu menjaga kesehatan fisik dengan senantiasa mengkonsumsi air putih, makanan berserat, herbal alami, jeruk nipis dan garam. Kesemua bahan pangan ini bermanfaat untuk menangkal efek samping dari asap rokok yang terlanjur dihirup.
  • Jika memang anda dekat dan berada dalam posisi yang bagus untuk menegur maka ingatkan dia akan bahaya rokok dan cara mengurangi ketergantungan terhadapnya. Bila tidak ada kesempatan atau sikon tidak memungkinkan maka tidak perlu diungkapkan.
  • Tidak perlu dipaksakan tanggapannya apa dan bagaimana. Biarkan dia memilih jalan hidupnya teman.

Dampak buruk rokok bagi kesehatan fisik, mental dan sosial

Bahan kimia berbahaya dalam rokok

Adapun sebatang rokok diketahui mengandung zat-zat kimiawi lebih dari 4000 lebih zat kimia dimana 60 jenis diantaranya diketahui sebagai karsinogen (zat pemicu kanker). Racun utama pada rokok adalah Tar yang dapat menimbulkan kanker paru, Nikotin yang memacu jantung dan tekanan darah yang pada akhirnya berakibat timbulnya hipertensi, dan Karbon Monoksida yang biasa dipakai untuk eksekusi hukuman mati melalui kamar gas. Zat kimia yang berbahaya lainnya adalah Carbon monoxide, Arsenic, Ammonia, Acetone, Hydrogen cyanide, Naphthalene, Sulphur compounds, Timbal, Alkohol, Formaldehyde dan Butane.

Pernahkah anda melihat sesuatu benda/ hewan/ tumbuhan yang hangus terbakar? Demikianlah juga tubuh anda akan hangus terbakar oleh asap rokok yang anda hisap sehari-hari. Departemen Kesehatan Indonesia merilis bahaya rokok bagi kesehatan fisik, mental dan sosial dimana beberapa kami tambahkan yaitu sebagai berikut :

Bahaya rokok bagi kesehatan fisik

  1. Rambut rontok.
  2. Kerusakan gigi (karies).
  3. Pandangan kabur (katarak).
  4. Gangguan pendengaran.
  5. Kulit keriput.
  6. Kanker kulit.
  7. Tulang keropos (osteoporosis).
  8. Hipertensi.
  9. Penyakit Jantung.
  10. Penyumbatan paru-paru (emphysema)
  11. Kanker paru, hidung, mulut, lidah, payudara.
  12. Pembesaran ujung jari (Disklori jari-jari).
  13. Tukak lambung.
  14. Kanker uterus/ rahim.
  15. Ejakulasi dini – Impotent.
  16. Kerusakan sperma.
  17. Kulit yang bersisik (psoriasis).
  18. Jari-jari menghitam (penyakit buerger).

    Dampak buruk rokok bagi kesehatan mental

  19. Mengganggu perkembangan otak.
  20. Analisis kurang. Hubungan antar impuls syaraf terganggu sehingga sulit memahami hal-hal yang baru.
  21. Pola pikir terhambat dan cenderung berpikiran pendek.
  22. Pikiran sering buntu sehingga kebanyakan tidak mau melakukan apa-apa (diam-diam saja).
  23. Lebih senang menyendiri (bersama teman-teman yang sama sepertinya) dan berkhayal.
  24. Kreativitas dan inovasi dangkal bahkan tidak ada sama-sekali.
  25. Rentan stres yang berkepanjangan.

    Sisi negatif rokok bagi kehidupan sosial

  26. Moralitas amburadul. Suka melawan dan melanggar aturan.
  27. Hubungan dengan orang tua dan keluarga terdekat menjadi terganggu.
  28. Beberapa teman memilih untuk “jaga jarak“.
  29. Kemauan bergaul dan berorganisasi tidak ada (tidak peduli).
  30. Dikenal sebagi salah seorang dengan temperamen yang buruk dan tidak terkendali.
  31. dan masih banyak lagi…..

Cara praktis berhenti merokok

Ancaman dibalik asap rokok sungguh sangat kompleks. Ini tidak hanya menyangkut masalah kesehatan fisik saja melainkan juga dapat sampai mempengaruhi orang-orang terdekat disekitar anda. Kecanduan rokok adalah awal dari kerusakan sistem syaraf pusat. Oleh karena itu alangkah lebih baik apabila anda segera berhenti merokok. Berikut cara yang kami rekomendasikan untuk menghilangkan kebiasaan merokok.

  1. Ambil komitmen dan bulatkan tekad.

    Ini adalah langkah yang pertama-tama anda butuhkan sebab kendali kehidupan anda posisinya di dalam otak. Mengambil sebuah komitmen untuk meninggalkan kebiasaan merokok adalah awal yang sangat baik. Jangan biarkan sebatang rokok mampu mengendalikan kehidupan anda. Jika hal ini terjadi berarti harga diri anda cuma 500 perak. Oleh karena itu berpedomanlah kepada orang lain disekitar anda yang dapat menghilangkan kebiasaan ini. Tentukan salah satu tokoh yang pantas dijadikan panutan untuk memotivasi anda dalam mewujudkan cita-cita yang indah ini.

  2. Buatlah catatan yang mudah dilihat.

    Tulislah beberapa catatan untuk mengingatkan dan menyemangati anda agar segera meninggalkan kebiasaan merokok. Mungkin itu bisa diletakkan di depan kaca, dibelakang pintu, di dalam kamar sendiri atau dibagian-bagian tertentu yang mudah diamati. Jangan lupa juga menuliskannya dalam gedget/ smartphon yang dimiliki sehingga catatan tersebut bisa tampil di layar utama sebagai pengingat.

  3. Minta orang terdekat untuk membantu mengingatkan anda.

    Jika anda seorang Ayah maka mintalah bantuan istri untuk selalu mengingatkan tentang hal ini. Orang terdekat juga dapat membantu untuk mencegah dan menyemangati untuk tidak mengisap rokok pada saat situasi lagi memburuk/ sedang tidak semangat/ bad mood. Kerja sama yang baik antar anggota keluarga/ kerabat/ sahabat/ teman akan membuat anda mampu mencapai cita-cita yang baik ini.

  4. Lakukan secara bertahap.

    Jika selama ini anda adalah pecandu berat yang mampu mengkonsumsi 2-5 bungkus per hari maka berpikirlah untuk mulai menguranginya secara bertahap. Misalnya saja, minggu ini 4 bungkus, minggu depan 3 bungkus, minggu depannya lagi 2 bungkus dan terus berkurang sampai hari-hari anda benar-benar tidak ketergantungan pada sebatang rokok lagi.

  5. Hindari untuk membeli rokok dalam jumlah banyak.

    Jangan menumpuk stok rokok dirumah anda. Semakin mudah anda memperolehnya maka semakin sulit kebiasaan ini untuk ditinggalkan. Oleh karena itu belilah rokok secara eceran. Usaha ini dapat memperlambat keingingan anda untuk mengisapnya atau setidaknya ada waktu sejenak (jalan ke kantin/ ke kedai/ ke warung) untuk tersadar dari keinginan yang salah tersebut.

  6. Buat target menabung.

    Miliki harapan di masa depan – apa rencana yang dicita-citakan. Biasanya ini kalau para jomblo “kalau nafsu untuk merokok menjadi-jadi maka IA AKAN INGAT PESTA PERNIKAHANNYA DI MASA DEPAN”. Ayah juga kalau nafsu menghabiskan uang tidak terkendali INGAT DENGAN PEMBANGUNAN RUMAH DI MASA DEPAN”.

  7. Saat menunggu sesuatu dan/atau sedang bosan alihkan konsentrasi lalu cari kesibukan kecil.

    Lebih baik anda melakukan aktivitas kecil yang menyenangkan, misalnya saja adalah
    – bernyanyi fokus kepada Tuhan,
    – merapikan kamar/ rumah,
    – melakukan aktivitas fisik-olahraga,
    – membaca,
    – menulis,
    – ke perpustakaan
    – bercengkrama dengan teman,
    – jalan-jalan,
    – ke bioskop,
    – mendengar radio,
    – nonton televisi,
    – sosial media-internet,
    – main game seru dan lain sebagainya (perhatikan urutan prioritasnya).

    Kegiatan yang menyenangkan ini sangat membantu untuk mengalihkan dan melupakan rokok untuk sesaat saja.

  8. Saat sedang stres jangan melarikan diri untuk merokok.

    Siapapun dapat mengalami stres dalam hidup ini. Hadapi tekanan itu apa adanya teman lalu terima semua yang terjadi senyatanya. Saat sedang menghadpi masalah alangkah lebih baik untuk fokus kepada Tuhan maka Ia yang murah hati dan penuh kasih setia itu akan mengarahkan hidup anda kepada solusi atau lewat hamba-Nya dan Firman-Nya.

  9. Hati-hati dengan teman “yang suka ngajak anda untuk merokok“.

    Teman harus dikawani, alangkah lebih baik jika anda dapat memilah milah orang. Sebab tidak ada manusia yang sempurna. Dalam setiap pribadi ada sifat baik dan mungkin juga ada sifat jeleknya. Oleh sebab itu prinsipnya adalah “Berkawanlah dengan yang baik itu namun jauhilah yang keburukannya“. Sikap selektif sangat dibutuhkan dalam hidup ini “Jalinlah hubungan yang karib dengan orang lain tapi jauhi rokoknya“.

    Anda harus tegas memegang prinsip. Jangan mau hidup di bawah pengaruh buruk orang lain. Tentukan jalan hidupmu sendiri dan tentukan pilihanmu teman. Ingatlah bahwa rokok bisa saja menjadi alat konspirasi orang lain untuk melemahkan otak/ pikiran anda secara perlahan-lahan.

  10. Bersihkan lingkungan rumah dari segala sesuatu yang mengingatkan anda tentang rokok.

    Tempat tinggal anda yang berbau rokok cenderung mengingatkan anda tentang itu dan mungkin saja minat untuk melakukannya kembali mencuat ke permukaan. Oleh karena itu bersihkan dan cuci pakaian, taplak meja, gorden, selimut, sprei dan kain lain yang mencirikan aromanya.

    Stiker orang yang sedang merokok atau apapun yang berbau seperti itu pada perabotan rumah dan dinding kamar perlu dicopot. Berusaha untuk menghilangkan segala sesuatu yang berpotensi mengembalikan minat anda yang sudah terkubur dalam. Lebih baik anda memasang stiker “no smoking” atau yang lainnya di tempat-tempat tertentu yang mudah dilihat orang lain.

  11. Letakkan air lebih dekat disamping anda

    Air adalah salah satu penahan agar anda tidak merokok. Apabila keinginan itu tiba-tiba muncul dalam pikiran maka segeralah meneguk segelas air secara perlahan-lahan.

    Selain itu kebutuhan akan H2O diperlukan untuk membantu proses detoksifikasi dalam tubuh. Asupannya perhari berada pada kisarang ± 2 Liter (8-10 gelas) untuk orang dewasa.

  12. Konsumsi buah dan sayur.

    Keduanya dapat menjadi makanan pengganti. Saat anda ingin rokok lebih baik memanjakan lidah dengan mengkonsumsi buah-buahan.

    Dua komponen ini adalah kaya dengan vitamin, mineral dan antioksidan untuk kesehatan anda. Jangan lupa mengikutkannya dalam setiap menu makanan harian. Salah satu buah yang murah dan mudah di dapatkan adalah jeruk nipis yang baik untuk mendetoksifikasi residu racun diseluruh tubuh.

    Ada indikasi seseorang menjadi lebih doyan/ suka merokok oleh karena bahan kimia tertentu masih menetap dalam syarafnya. Bahan kimia inilah yang membuat candu dengan merangsang keinginan merokok semakin tinggi lagi dan lagi.

  13. Konsumsi vacum cleaner nabati.

    Makanan berserat adalah jenis kebutuhan yang bermanfaat untuk membersihkan usus anda dari berbagai-bagai bahan-bahan kimia yang beracun. Ia akan menyerap semua toksin yang masih tersisa dalam organ pencernaan kemudian membawanya keluar melalui rektum. Ini adalah aktivitas yang membantu anda untuk melakukan proses netralisir lebih lanjut. Contoh dari makanan berserat tinggi adalah umbi-umbian, ubi kayu, ubi jalar, talas, sagu dan lain sebagainya.

  14. Memelihara konsumsi herbal ajaib.

    Tiga bumbu dapur ini dapat membantu menghilangkan agen toxin yang menyebabkan anda terus ketergantungan dengan makanan atau minuman tertentu. Padukan bawang merah, bawang putih dan jahe dalam setiap masakan anda. Manfaat antioksidan dari masing-masing bahan di atas adalah baik bagi kesehatan anda.

  15. Perhatikan asupan garam harian anda.

    Senyawa elektrolit NaCl adalah ion terbanyak dalam tubuh anda. Elektrolit juga berfungsi sebagai netralisasi dan mengangkut zat-zat makanan yang dikonsumsi secara berlebihan untuk di buang melalui urin dan feses. Perannya sebagai penawar racun bermanfaat untuk mengikat toxin tersebut sehingga tidak lagi berbahaya bagi tubuh lalu didetoksifikasi dihati hingga akhirnya di over ke ginjal dan dibuang melalui urin.

  16. Olahraga secara teratur.

    Ini adalah salah satu kebiasaan yang harus dipelihara setiap orang. Saat anda berolahraga maka peredaran darah menjadi lancar dan racun-racun yang dihasilkan oleh tubuh yang disimpan di bawah kulit akan dikeluarkan/ dibuang bersama keringat yang keluar. Olahraga seperti ini banyak bentuknya (misalnya melakukan hobi olahraga, senam, fitnaes dan lain-lain) dan dapat anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saat ada waktu luang dari pada ngemil di depan televisi lebih baik dimanfaatkan untuk sejenak melakukan gerakan-gerakan kecil.

  17. Belajar berpuasa.

    Apabila anda terus memenuhi keinginan untuk  merokok niscaya nafsunya makin tinggi teman bukan makin turun. Segala sesuatu yang dimanja cenderung menjadi-jadi dan tidak terkendali. Puasa adalah salah satu cara anda untuk membatasi keinginan ini. Dengan belajar melakukan puasa niscaya hawa nafsu untuk merokok dapat dikendalikan secara penuh. Disamping itu Berpuasa juga banyak khasiatnya teman…..

    Cara jitu dan cepat menghilangkan nafsu makan dan kebiasaan jajan disore hari.

  18. Garami lidah anda.

    Saat nafsu untuk merokok memuncak dan cenderung tidak bisa dikendalikan. Buatlah segera larutan garam isotonik. Larutan ini sangat bermanfaat bagi anda untuk menghilangkan rasa pahit di lidah sehingga menghentikan kebiasaan ini. Telah diketahui bahwa sensasi pahit di lidah adalah semacam bahan kimia yang menimbulkan candu. Ini membuat perokok yang mengalaminya berusaha menghilangkan kepahitan tersebut dengan mengisap rokok terus-menerus.

    Sodium klorida seperti menahan/ memblok rasa lapar anda. Larutan ini dikenal sebagai pencuci berbagai bahan kimia berbahaya dalam tubuh manusia. Ia menetralkan racun dan membantu mensekresikannya lewat urin, feses dan keringat.

    Selama rasa pahit (candu) ini ada maka selama itu pula hawa nafsu dibidang ini tinggi. Larutan garam akan membantu menghilangkan rasa yang pahit di lidah dengan mencuci/ membersihkan permukaannya dari bahan kimia berbahaya sehingga menghentikan keinganan para perokok yang kadang tidak terkendali.

  19. Mengkonsumsi buah yang asam-asam

    Juga dapat menghilangkan toxin candu yang ada di lidah anda dengan catatan TIDAK SEDANG MENGIDAP PENYAKIT TUKAK LAMBUNG. Saat berada dimanapun, pesanlah jus asam seperti jus terong belanda, sirsak, mangga dan salah satu yang sangat murah dan mudah diperoleh adalah jus jeruk nipis. Kemampuan buah-buahan ini untuk menghilangkan keinginan untuk merokok berlebih sangat efektif asalkan dikonsumsi secara rutin.

Demikian saja teman. Menghilangkan kebiasaan merokok dari kehidupan anda berarti memberi keleluasaan yang lebih untuk mengembangkan pola pikir sehingga tampil lebih cerdas, kreatiF dan inovatif.

Salam sehat luar dalam

Iklan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s