Gado-Gado

16 Potensi Negatif Uang Dalam Kehidupan Manusia – Terlalu banyak rupiah tidak baik dan mendatangkan bencana

Dampak buruk uang dalam hidup manusia

Uang adalah alat tukar yang resmi di berbagai negara. Itulah masalah yang kerap kali muncul dalam kehidupan manusia. Tidak bisa memisahkan hidup ini dari rupiah. Situasi ini seperti dua mata koin yang bersebelahan. Anda butuh uang untuk hidup tapi bukan dalam arti ia adalah segalanya. Sebab uang tidak punya otak sedangkan anda adalah “seseorang dengan kecerdasan” yang dapat berpikir dan menimbang dengan baik.

Mengapa manusia butuh uang? Karena kita tidak mampu memenuhi semua kebutuhan yang diperlukan sehari-hari. Ada beberapa barang kebutuhan yang diperoleh dari orang lain. Beberapa lagi diantaranya sebagai pembayaran salah satu bentuk jasa yang telah digunakan. Uang adalah simbol sosialisme yang menyatakan bahwa anda tidak dapat hidup tanpa orang lain. Dengannya, beberapa hal yang tidak ada dapat tersedia tanpa harus melalui pekerjaan yang rumit.

Kertas berharga ini juga sering digunakan untuk menghargai orang lain. Sebagai salah satu alat tukar dan sekaligus menghargai barang yang dihasilkan lewat kreativitas produsen. Mereka yang kreatif dibayar dengan sejumlah rupiah sebagai penghargaan betapa pentingnya hasil karyanya bagi kehidupan umat manusia. Sekalipun demikian, kami menyarankan untuk tidak terlalu menggantungkan kreativitas (lebay) pada uang melainkan arahkan potensi anda untuk membantu kehidupan orang lain.

Sebenarnya uang adalah material yang sangat berbahaya jika seseorang memiliki hal ini dalam jumlah yang tidak sedikit. Sebab beberapa orang dari kita tidak memiliki prinsip dan mudah dipengaruhi oleh orang lain. Istilah kecenya “dikasih nasi bungkus aja udah nurut!“. Seolah kertas ajaib ini dapat mengelap bahkan mencuci otak manusia untuk melakukan hal-hal diluar batas kewajarannya.

Potensi negatif memiliki uang

Beberapa pendapat kami yang menyatakan betapa berbahayanya apabila seseorang tidak memiliki dan/atau memiliki uang dalam jumlah banyak. Berikut dampak buruk dari situasi ini.

  1. Dapat membutakan mata hati.

    Jika tidak ada kertas ajaib beberapa orang keluar dari kemanusiawiaannya dan melakukan hal-hal diluar batas kewajaran untuk melarikan segepok harta benda milik orang lain menjadi miliknya sendiri.

  2. Menimbulkan stres bahkan depresi, menggila lalu mengakhiri hidup.

    Mereka yang benar-benar tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup ditambah lagi utang yang melilit dimana-mana dapat mengalami stres berkepanjangan. Keadaan ini dapat mendorong seseorang untuk mengalami depresi yang pada akhirnya mengambil keputusan sepihak yang bodoh untuk mengakhiri hidup.

    Terlalu menggantungkan kesenangan dan kepuasan terhadap uang dapat mengancam kehidupan anda. Sebab rupiah tidak bisa terus menerus dihasilkan. Itu adalah sesuatu yang terbatas. Bagaimana anda memuaskan diri ketika aliran rupiah berhenti dalam hidup anda? Kami doakan semoga tidak stres karenanya.

  3. Mengatur orang untuk berbuat jahat.

    Memiliki banyak sumber daya membuat beberapa orang dapat mengendalikan beberapa orang yang tidak memiliki prinsip untuk melakukan/ mewujudkan kepentingan yang diinginkan oleh sipemilik modal tersebut.

  4. Membeli hewan langka yang dilindungi.

    Perburuan hewan langka tidak pernah berakhir. Ini dikarenakan otak picik para konglomerat terkaya dunia yang secara diam-diam mengajukan tawaran tinggi untuk binatang tersebut di pasar gelap. Ini sebagai salah satu konspirasi besar mengajak warga untuk membenci satwa disekitar mereka.

  5. Memburu barang antik yang dilindungi.

    Jutawan yang tidak memiliki perasaan menginginkan hal-hal yang aneh. Padahal dengan sumber daya yang ia miliki dapat memperoleh barang yang lebih berharga dari hal tersebut. Mereka berburu barang antik, candi, kendi, patung dan lain sebagainya yang merupakan peninggalan bersejarah. Namanya juga peninggalan jaman dulu seharusnya dilindungi sebagai bagian dari budaya masyarakat setempat bukan malah dimalingkan.

  6. Membeli sesuatu yang tidak bisa dibeli dari orang lain.

    Memiliki banyak uang membuat keinginan menjadi lebih banyak bahkan hal-hal yang seharusnya tidak bisa dibeli maka bisa dibeli pula. Misalnya saja kesucian (perjaka/perawan), kepercayaan (agama), harga diri dan lain sebagainya.

  7. Aksi penggelapan.

    Sesuatu yang seharusnya menjadi milik publik/ umum dibawa lari menjadi milik pribadi hanya untuk memperkaya diri. Praktek korupsi sedang santer dibicarakan di Indonesia. Semoga praktek seperti ini segera ditinggalkan oleh para petinggi di negeri kita.

  8. Mempengaruhi gelar perkara yang sedang berlangsung.

    Merupakan salah satu aksi kejahatan yang paling populer di zaman sekarang dengan menyogok lembaga peradilan. Ini dikenal dengan budaya sogok-menyogok diantara para petinggi/ pejabat.

  9. Mengontrol Aparat Keamanan.

    Pelanggaran yang terjadi dilapangan dapat dengan mudah dibersihkan hanya dengan membayar beberapa rupiah kepada petugas.

  10. Melanggar aturan dan kode etik.

    Beberapa orang yang ahli dan profesional di bidannya melakukan pelanggaran aturan hanya demi uang. Pendidikan selama bertahun-tahun seolah tidak ada artinya dibandingkan dengan selembar rupiah.

  11. Memanjakan manusia.

    Saat tangan penuh dengan kertas ajaib niscaya apapun bisa dilakukan. Hampir semua keinginan dapat dipenuhi bahkan ujian kehidupanpun dapat dihindari. Menghindar/ memanipulasi ujian kehidupan adalah salah satu wujud dari sikap yang tidak dewasa. Orang seperti ini akan cenderung memiliki mental tempe yang kekanak-kanakan.

  12. Memperbanyak sampah.

    Saat uang yang dimiliki terus bertambah maka kebutuhanpun otomatis bertambah. Semakin banyak membeli barang maka semakin banyak pula sisa yang dibuang dalam bentuk bungkusan dan produk yang telah rusak. Inilah yang membuat sampah semakin banyak saja. Apabila pengelolaannya tidak baik alhasil sampah yang dihasilkan akan berserakan dimana-mana dan mengotori lingkungan.

  13. Merusak habitat pohon.

    Semakin banyak rupiah di tangan maka semakin besar pula keinginan/ keserakahan manusia untuk membangun rumah mewah bak istana nan megah seluas lapangan bola. Pembangunan perumahan mewah inilah yang memaklumkan penebangan pohon agar daerah tersebut menjadi kosong dan siap gunakan.

  14. Merusak lingkungan tanah.

    Pembangunan lahan-lahan industri yang tidak bertanggung jawab membuang limbahnya sembarangan dapat merusak tanah. Limbah yang merusak tersebut akan membunuh biota dalam tanah seperti mikrooganisme dan tumbuhan didalamnya.

    Pemanfaatkan pohon untuk membangun perumahan juga dapat menyebabkan erosi dan tanah longsor. Oleh karena tanah menjadi gundul maka bencanapun semakin berdatangan.

  15. Mencemari lingkungan perairan.

    Perusahaan yang tidak bertanggung jawab membuang limbahnya tanpa melalui proses netralisasi terlebih dahulu. Keadaan ini beresiko membunuh biota air seperti ikan, kerang dan udang. Bahkan manusia yang sudah terlanjur menggunakan air tersebut untuk kebutuhan sehari-hari sehingga menimbulkan penyakit kronis dan akut termasuk kanker.

  16. Pencemaran lingkungan + Degradasi moral akan mempercepat kiamat.

    Perilaku yang tidak bertanggug jawab yang membuat lingkungan sekitar anda tercemar ditambah dengan moralitas/ perilaku manusia yang amburadul akan mendorong bumi ini semakin cepat mengalami kiamat. Pemakaian uang yang tidak bertanggung jawab akan mendorong bumi ini dalam kehancuran.

Setelah dibahas-bahas, ternyata dampak negatif apabila tidak memiliki uang lebih sedikit dibandingkan dengan saat memiliki banyak uang. Oleh karena itu, tulisan ini sebagai peringatan bagi kita bersama agar menggunakan uang dengan bijaksana.

Apabila sejumlah uang dalam jumlah yang sangat besar berada ditangan yang salah niscaya banyak kejahatan yang bisa terjadi. Lingkungan sekitar anda bisa porak-poranda oleh karena kepentingan seseorang yang tidak bertanggung jawab. Potensi ini bisa disalahgunakan untuk mengendalikan seseorang agar melakukan kejahatan/ perbuatan menyimpang tertentu. Ingatlah bahwa semakin banyak uang potensi baiknya besar dan potensi buruknya menakutkan juga.

Salam santun!

Iklan

3 tanggapan untuk “16 Potensi Negatif Uang Dalam Kehidupan Manusia – Terlalu banyak rupiah tidak baik dan mendatangkan bencana

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s