Senam Lutut – 8 Manfaat dan +8 Cara Melakukannya

Manfaat-dan-cara-melakukan-senam-lutut

Manusia tidak bisa lepas dari pergerakan tubuh. Kita tidak seperti pohon yang tegang, statis dan kokoh tak tergoyahkan. Karena pengaruh sendi dan koordinasi otot setiap orang dapat bergerak kesana kemari. Justru ketika organ-organ ini jarang digerakkan akan menimbulkan penyakit bagi manusia itu sendiri. Itulah sebuah ketetapan yang sudah ditakdirkan kepada kita untuk terus dan tetap bergerak hari demi hari.

Pekerjaan yang dilakukan sehari-hari tidak sama antara orang yang satu dengan orang yang lain. Ada orang yang bergerak sangat aktif namun ada juga mereka yang kurang pergerakan saat bekerja, termasuk kami sendiri. Bekerja di belakang meja adalah mayoritas diperkotaan. Keadaan ini beresiko memperburuk kesehatan sebab otot dan sendi memiliki tempat-tempat tertentu yang kadang membuat itu kurang lancar peredaran darahnya.

Pakar kesehatan menyarankan mereka yang jarang bergerak/ aktivitas fisik minim, sebaiknya melakukan olahraga yang berhubungan dengan hobi masing-masing. Baik itu tenis meja, bulu tangkis, bola, futsal dan lain sebagainya. Bagi yang kebetulan tidam memiliki hobbi yang spesifik lebih baik menekuni gerakan olah tubuh yang disebut dengan senam.

Sekilas sejarah balik tentang senam

Senam mulai dikenal pada tahun 1912 di masa penjajahan Belanda. Masuknya olahraga ini bersamaan dengan ditetapkannya pendidikan jasmani sebagai pelajaran wajib di sekolah. Salah satu mata pelajaran kala itu adalah penjaskes, maka dengan sendirinya turut diajarkan senam di sekolah.

Senam yang diperkenalkan pertama kali adalah senam sistem Jerman. Sistem ini menekankan pada kemungkinan gerak-gerak yang kaya sebagai alat pendidikan. Lalu pada tahun 1916, sistem itu digantikan oleh sistem Swedia yang lebih menekankan pada manfaat gerak. Sistem ini dibawa dan diperkenalkan oleh seorang perwira kesehatan dari angkatan laut  kerajaan Belanda yang bernama Dr. H. F. Minkema. Lewat Minkema gerakan oleh tubuh ini mulai tersebar luas, terutama ketika ia pada tahun 1918 membuka kursus senam Swedia di kota Malang untuk tentara dan guru.

Masuknya Jepang ke Indonesia pada tahun 1942 merupakan akhir dari kegiatan senam yang berbau barat di Indonesia. Jepang melarang semua bentuk senam di sekolah dan di lingkungan masyarakat dan menggantinya dengan “Taiso”. Taiso adalah sejenis olahraga pagi (berbentuk kalestenik) yang harus dilaksanakan di sekolah-sekolah sebelum pelajaran dimulai, dengan iringan radio yang disiarkan secara serentak. Sebelum dan sesudahnya, murid-murid diharuskan memberi hormat kepada Kaisar Jepang. Caranya, dengan mengikuti aba-aba yang dikumandangkan, yang berbunyi “sei kei rei”, semua murid harus membungkuk dalam-dalam menghadap ke utara (Tokyo) tempat Kaisar Tenno Heika berada.

Masa “Taiso” tidak berlangsung lama. Pada masa kemerdekaan senam yang diwajibkan Jepang ditentang di mana-mana. Dengan penolakan ini, semua warisan pemerintah Belanda akhirnya digunakan kembali di sekolah-sekolah (sumber google.com).

Senam Lutut

Jaman sekarang, tidak baik lagi penyembuhan penyakit dengan cara kimia. Sebab bahan kimia farmasi selalu disertai dengan pengawet yang membuatnya tetap stabil selama bertahun-tahun. Orang mulai melirik penyembuhan dengan cara alami dan memanfaatkan tumbuhan obat disekitar rumah. Lagi pula badan ini bisa menyembuhkan diri sendiri (regenerasi) asal saja nutrisi yang dikonsumsi tercukupi yang diiringi dengan olahraga teratur.

Senam Lutut dalah gerakan kaki yang beraturan dengan menggunakan kedua lutut untuk berjalan di atas permukaan matras. Gerakan ini sangat kami anjurkan untuk dilakukan oleh semua orang terutama bagi orang dewasa dan orang tua (kakek & nenek) yang jarang bergerak. Sebab di bawah tempurung lutut terdapat pembuluh darah yang sering sekali tidak lancar karena kurang digerakkan.

Gerakan ini membantu anda untuk mendorong mineral, bahan makanan dan sisa hasil metabolisme (termasuk asam urat) yang menumpuk dan membengkak karena terjadi penyumbatan. Urat nadi yang terjepit di sana disebabkan karena melewati daerah sempit antara tempurung lutut dan tulang sendi. Akibatnya bagian tersebut sering terasa sakit dan kaki bagian bawahpun menjadi lebih kurus karena nutrisi yang tidak mencukupi.

Manfaat melakukan senam lutut

Adapun manfaat senam lutut yang mungkin belum anda ketahui yaitu

  1. Untuk merelaksasi (meregangkan) pembuluh darah yang terjepit di bawah tempurung lutut.
  2. Tubuh akan merespon peregangan tersebut dengan memperlancar aliran darah yang melaluinya.
  3. Mengurangi dan menghilangkan rasa nyeri di daerah tersebut. Ini sering disebut dengan penyakit asam urat.
  4. Mengatasi dan menekan pembengkakan yang terjadi disana akibat penumpukan nutrisi maupun oleh karena zat sisa hasil metabolisme. Dimana ada penyumbatan maka disitupulalah ada pembengkakan karena berbagai penumpukan bahan organik yang membuat persendian tidak nyaman.
  5. Menyehatkan kaki anda dan membuatnya tetap berisi. Pada beberapa penyakit asam urat kronis, kaki dibawah lutut mengalami ketidakseimbangan ukuran dengan paha dan badan alias kelihatan lebih kurus karena kekurangan nutrisi. Jika aliran darah sudah lancar niscaya keadaan ini akan dapat dicegah dan diatasi.
  6. Memperkuat bagian tempurung pada lutut anda. Tulang yang sering ditekan lewat latihan akan semakin kuat dan tidak mudah cedera jika mengalami hantaman dari luar.
  7. Memperkuat kaki. Pada umumnya aktivitas berjalan baik menggunakan telapak kaki maupun menggunakan tempurung lutut sama-sama dapat mempurkuat bagian tersebut.
  8. Menjaga keseimbangan. Pada saat pertema melakukan senam ini mungk9n keseimbangan anda akan mudah olehng ke kanan, kiri, depan dan belakang bahkan terjatuh. Namun seiring dengan berjalannya waktu tubuh akan terbiasai.

Cara melakukan senam lutut

Tidak begitu susah melakukan gerakan ini. Hanya butuh terbiasa maka anda akan menemukan betapa mudahnya ini ditekuni dalam keseharian anda. Berikut selengkapnya.

Gerakan I

  1. Pastikan anda menggunakan celana training yang tidak ada bagian yang keras disekitar lokasi yang menutupi lutut misalnya resleting atau kancing.
  2. Berdirilah diatas lantai yang ada matrasnya atau lantai papan atau bisa juga lantai yang sudah di tebar dengan karpet yang bersih dan bebas dari butiran pasir. Agar dapat mengurangi rasa sakit karena tekanan yang tidak biasa.
  3. Berlututlah di atas matras. Lakukan dengan perlahan dan santai saja.
  4. Tegakkan badan anda lalu berdiri dengan bertumpu di atas kedua lutut.
  5. Jika belum terbiasa melakukannya anda dapat bersandar pada sesuatu. Misalnya kursi, meja bahkan melakukannya sambil menghadap di depan dinding juga bisa.
  6. Tarik tumit kaki anda kebelakang sampai ke bokong. Untuk berberapa orang yang belum terbiasa gerakan anda mungkin tidak akan sampai kebokong kecuali anda sudah terbiasa. Dimana keseimbangan terjaga dan dapat menarik tumit sampai lengket dengan bokong menggunakan tangan.
  7. Rilekskan kembali lalu biarkan punggung kaki telentang di atas matras.
  8. Ambil jeda selama 3 – 5 detik lalu ulangi gerakan yang sama selama beberapa menit.

    Gerakan II

  9. Berlututlah di atas matras. Lakukan dengan perlahan dan santai saja.
  10. Tegakkan badan anda lalu berdiri dengan bertumpu di atas kedua lutut.
  11. Jika belum terbiasa melakukannya anda dapat bersandar pada sesuatu. Misalnya kursi, meja bahkan melakukannya sambil menghadap di depan dinding juga bisa.
  12. Berjalanlah di atas matras kian kemari sambil mengangkat betis kira 15 – 30 derajat di atas permukaan lantai.
  13. Lakukan selama beberapa menit untuk melatih kekuatan lutut dan berlatih keseimbangan.

Waktu yang dibutuhkan perhari

Berapakah waktu yang paling ideal untuk melakukan gerakan ini? Saran dari kami untuk usaha yang lebih efektif dan efisien menyehatkan tubuh anda maka lakukanlah masing-masing sebanyak 20 kali untuk setiap gerakannya atau masing-masing 3 menit. Senam lutut ini dapat anda lakukan kapan saja dan dimanapun berada.

Peringatan dari kami yakni untuk tidak terlalu lama (berlebihan) melakukannya sebab dapat membuat permukaan kulit dibagian tersebut menjadi gelap dan beresiko mengalami cidera.

Demikian saja dari kami teman. Manfaatkan senam lutut untuk kesehatan dan kebugaran anda hari lepas hari.

Salam sehat alami!

Iklan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s