10 Jalan Kepada Penyertaan-Nya – Penyertaan Tuhan Sepadan Dengan Tekanan Penderitaan Yang Dialami

Penyertaan Tuhan sepadan dengan tekanan & penderitaan hidup

Kristen sejati – Hidup ini tidak dapat berjalan baik tanpa penyertaan Tuhan. Gejolak yang terus terjadi hari lepas hari mengoras energi baik secara fisik terlebih lagi secara mental (psikhis). Semakin sering ditekan maka sekiranya itu tanah akan semakin padat dan mengeras. Jika itu berhubungan dengan aktivitas fisik pasti kuat. Apabila yang menderita adalah mentalnya niscaya semakin sabar dan tenang dalam bertindak.

Sekalipun masalah mendatangkan manfaat positif maka tidak dapat dipungkiri juga bahwa beberapa orang gagal memaknai tekanan kehidupan. Penderitaan justru membuat mereka semakin egois, penuh kebencian dan dendam yang siap dilampiaskan terhadap diri sendiri dan orang lain. Ini mungkin terjadi karena (a) tidak menerima semua yang terjadi apa adanya, (b) menjauh dari kehidupan sosial dan (c) menjadi minder/ sombong.

  • Bila hati tidak menerima segala yang terjadi senyatanya mengindikasikan sikap yang tidak sabar. Amarah yang terus menerus dibiarkan menuntun seseorang lebih suka melawan dan agresif terhadap orang lain.
  • Mereka yang lebih banyak membenci pihak yang merintanginya tapi tidak meluapkan itu kepada siapapun (hanya memendam saja dalam hati), lebih memilih untuk melampiaskannya dengan menyakiti diri sendiri. Tidak jarang juga diantaranya menjauhkan diri dari pergaulan sehari-hari.
  • Beberapa orang melewati tekanan komunikasi (bully, fitnah, ejekan dan lain sebagainya) yang menyisakan rasa minder dalam hati. Tidak jarang juga yang melawan kelemahannya dengan bersikap arogan dan sombong untuk menutupi kesalahan itu.

Penyertaan Tuhan sederhana tapi membuat hidup ini luar biasa, bisakah anda merasakannya?

Penyertaan Tuhan adalah sesuatu yang membuat anda memiliki kemampuan yang lebih dari orang lain. Kami bisa menyaksikan bahwa semua orang memiliki potensi itu. Tapi tidak semua menyadarinya. Beberapa orang memiliki pemikiran yang terlalu sempit dan kolot. Mereka tidak menghargai apa yang dimilikinya dan malah mengganggap hal itu terlalu kecil dan sepele. Padahal Tuhan sering memakai hal-hal yang sederhana untuk melakukan perbuatan-perbuatan besar.

Yang Maha Kuasa tidak pernah meninggalkan manusia begitu saja. Kita yang sering meninggalkannya karena lebih memilih terlena dengan semua aktivitas keseharian di dunia ini. Semua yang dapat kita nikmati lewat indra membuat fokus lari dari Tuhan. Pikiran hanya tertuju pada apa yang ada didepan mata, yang didengar telinga, yang dibaui hidung, yang di kecap oleh lidah dan yang dapat di raba oleh kulit. Padahal terkadang dunia ini menipu sebab apa yang ada di luar kadang tidak sama dengan apa yang ada di dalam (tujuan – visi).

Sepengetahuan kami, ada banyak bentuk penyertaan Tuhan dalam hidup manusia. Yang diperlukan untuk melihat semuanya itu adalah kerendahan hati untuk merasakan dan kejelian mata hati untuk menyadarinya. Jangan berpikir bahwa berkat, muzizat dan kelimpahan hanya di alami oleh orang-orang tertentu saja. Jika mata hati anda lebih jeli memandang maka uang Rp. 10.000,- menjadi berkah yang luar biasa tapi jika hati tidak pernah bersyukur uang satu jutapun tidak akan memuaskan sama sekali.

Bentuk penyertaan Tuhan

Beberapa bentuk penyertaan Tuhan dalam hidup manusia berupa potensi yang dimiliki. Ada beragam talenta yang dimiliki masing-masing orang. Setidaknya, setiap dari kita memiliki satu bakat yang telah dimanfaatkan sebaik-baiknya atau mungkin juga sudah ada tetapi masih tertidur (dorman). Melalui potensi alamiah yang dimiliki menunjukkan jalan kepada penyertaan Tuhan.

Seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa semuanya ini tergantung dari sudut pandang kehidupan anda. Itu bisa saja dalam bentuk seperti ini.

  • Segala sesuatu yang kita miliki. Artinya yang sudah ada dari sononya seperti bakat potensial, sumber daya (uang dan harta) dan benda-benda apapun di sekitar yang menjadi hak milik pribadi.
  • Segala sesuatu yang dapat kita peroleh di dunia ini. Apa yang didapat dalam setiap langkah kaki sehari-hari. Seperti, informasi, pengetahuan, wawasan, hasil bumi (bagi petani), gaji & tunjangan (bagi pekerja swasta dan pegawai negeri) dan lain sebagainya.

Jalan untuk merasakan penyertaan-Nya

Penyertaan Tuhan hanya dinyatakan kepada orang-orang yang beriman. Orang yang menjalankan perintah-Nya secara seteangah-setengah mustahil akan dapat merasakan penyerataan-Nya. Melainkan hanya mereka yang sungguh-sungguhlah yang benar-benar memperoloeh kemurahan hati Tuhan.

Ada berbagai jalan yang mempertemukan kita dengan penyertaan Tuhan, diantaranya adalah.

  1. Lewat hati merasakan.

    Hati yang selalu tertuju kepada-Nya disetiap waktu dan dalam segala sesuatu yang kita hadapi, utamakan untuk berseru kepada-Nya. Ketentraman dan kedamaian hati adalah wujud dari rasa berserah penuh kepada Yang Maha Kuasa.

  2. Lewat doa-doa yang dilantunkan.

    Setiap waktu adalah doa bahkan dalam setiap detik yang kita lalui ada rasa bersyukur buat penyertaan-Nya.

  3. Melalui sikap dan perilaku sehari-hari.

    Sikap manusia ada dua jenis, yakni perkataan dan pebuatan yang diekspresikan. Lewat aktivitas ini, kita dapat merasakan sendiri bagaimana kasih karunia-Nya dalam setiap langkah kaki. Butuh mata rohani yang peka dan tertuju kepada-Nya untuk melakukan kebenaran dalam sikap yang diekspresikan. Sebab dimana ada kebenaran maka disitu ada Tuhan.

  4. Lewat ibadah keagamaan yang dijalani.

    Setiap dari kita memiliki kepercayaan yang berbeda dengan ibadah yang berbeda-beda pula. Jika acara spiritual dilalui dengan penuh rasa berserah penuh kepada Sang Khalik niscaya anda menemukan titik ketenangan dan kebahagiaan yang tidak biasa.

  5. Lewat talenta yang dimiliki.

    Tuhan dapat bekerja dengan luar biasa jika sesuatu dikerjakan dengan penuh ketulusan dan kerja keras.

  6. Lewat orang lain.

    Hubungan sosial yang baik dengan sesama merupakan salah satu jalur berkat yang dapat menghampiri anda kapan saja.

  7. Lewat pekerjaan.

    Apa yang dikerjakan dengan tekun dan penuh kesungguhan suatu saat akan memberikan hasil yang lebih baik.

  8. Melalui organisasi/ kelompok dalam masyarakat.

    Ikut dalam organisasi tertentu tidak masalah selama tujuannya tidak menyimpang dari kebenaran dan kebaikan bersama. Anda dapat mengecap banyak pengalaman disana. Pandai-pandailah menyesuaikan diri teman.

  9. Lewat fenomena alam.

    Banyak orang yang sudah pernah mengalami keajaiban lewat kejadian alam yang dirasakan disekitarnya.

  10. Lewat persoalan kehidupan.

    Ada banyak masalah yang dialami dalam kehidupan ini, baik yang besar maupun kecil, baik yang dekat maupun jauh, kegagalan maupun kejatuhan, baik yang genting maupun yang biasa-biasa saja. Lewat semuanya itu anda dapat melihat penyertaan-Nya.

Tujuan utama dari masalah yang mengimbangi penyertaan Tuhan

Penyertaan Tuhan begitu nyata dalam kehidupan ini. Ingatlah bahwa semuanya itu dapat memberi rasa senang dan bahagia sebab hal-hal yang tidak biasa menghampiri anda. Jangan biarkan semuanya itu membuat anda terlalu senang, lupa diri dan akhirnya membanggakan diri sendiri. Kesombongan itulah yang membuat sinar-Nya meredup bahkan hilang sama sekali. Oleh karena itu gunakanlah prinsip semakin diberkati maka semakin rendah hati.

Kami dapat merasakan dengan jelas bahwa ada keseimbangan antara penyertaan Tuhan dengan pergumulan hidup yang dirasakan sehari-hari. Sebab jika berkat, muzizat dan kelimpahan terlalu besar maka beresiko membuat anda sombong. Tapi tidak pernah penderitaan yang dialami melebihi kekuatan kita sehingga membuat stres, depresi bahkan menggila.

Tidak perlu marah jika ada orang yang suka mencari-cari masalah dengan anda. Seolah kehidupan anda terus-menerus didera oleh berbagai-bagai persoalan hidup yang tidak putus-putusnya. Ingatlah selalu bahwa (a) Tuhan masih ada menyertaimu dalam situasi sesulit apapun. (b) Terima semuanya apa adanya, (c) biarkan Dia masuk, (d) berusahalah semampumu (gunakan sumber daya yang dimiliki dengan efektif dan efisien; sekiranya mungkin, tidak ada salahnya meminta bantuan dari orang lain), (e) selebihnya biarkan Tuhan yang bekerja, (f) hasilnya pasrahkan kepada keputusan-Nya. Niscaya apapun masalah yang dihadapi dapat diselesaikan yang indah pada waktunya menurut rencana Tuhan.

Tuhan menyukai orang yang rendah hati. Itulah mengapa ia mengutus orang-orang tertentu untuk menguji kita. Itu bukan karena mereka benci atau iri hati kepada anda sehingga ditanggapi dengan rasa dendam dan amarah yang membara. Ingatlah bahwa semuanya itu terjadi untuk membersihkan hati ini dari rasa egois dan kesombongan. Sebab rasa sombong itu sangat manusiawi terlebih ketika anda memiliki sesuatu yang tidak biasa (luar biasa) dari orang lain. Jadi penyertaan Tuhan selalu diiringi dengan tekanan kehidupan untuk merendahkan hati ini.

Tetap rendah hati untuk menjaga hubungan yang lebih intim dengan-Nya.

Iklan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s