+10 Cara Mengobati Asam Lambung, Tenggorokan terbakar (GERD) dan Maag – Cepat, murah dan mudah di lakukan

Tips Menyembuhkan Asam Lambung, Tenggorokan terbakar (GERD) dan Maag - Cepat, murah dan mudah di lakukan
From Google Image

Darah adalah lautannya tubuh manusia. Segala bentuk proses netralisasi dan detoksifikasi adalah pekerjaan utamanya. Segala sesuatu yang disekresi dan diekskresi oleh tubuh ditransport oleh darah ke bagian-bagian tertentu sebagai mana mestinya. Oleh karena itu kemampuan darah untuk menjaga stabilitas pH-nya adalah sangat penting untuk keberlangsungan hidup manusia.

Lambung adalah salah satu organ pencernaan yang berperan mencerna dan menyerap sebagian kecil dari sari-sari makan. Dalam usaha untuk menghancurkan makanan organ ini mengambil peran dengan mengeluarkan (sekresi) asam lambung. Untuk menjalankan perannya organ ini mensekresi HCl (asam hidroklorida) sebanyak 1.5 mol dM−3 hingga membuat tingkat keasamannya (pH) pada kisaran 1,5 – 3,5.

Fungsi organ pencernaan – lambung

Cairan yang diproduksi ini mengandung asam lambung yang terdiri dari HCl (asam hidroklorida), KCl (kalium klorida) dan NaCl (natrium klorida); pepsin; musin, dan renin. Sekresi asam ini berperan penting untuk melisiskan (membunuh) mikroorganisme yang terdapat dalam makanan & minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Berikut beberapa peran dari cairan ini.

  • Pepsin merupakan enzim yang dapat mengubah protein menjadi molekul yang lebih kecil.
  • Musin merupakan mukosa protein yang melicinkan makanan.
  • Renin merupakan enzim khusus yang hanya terdapat pada mamalia, berperan sebagai kaseinogen menjadi kasein. Kasein digumpalkan oleh Ca2+ dari susu sehingga dapat dicerna oleh pepsin. Tanpa adanya renim susu yang berwujud cair akan lewat begitu saja di dalam lambuing dan usus tanpa sempat dicerna.
  • HCl (Asam Klorida) merupakan enzim yang berguna untuk membunuh kuman dan bakteri pada makanan (wikipedia.org).

Organ ini memiliki bagian pelindung dibagian luarnya yang disebut dengan mucosa. Bentuknya seperti palung yang berlipat-lipat untuk memperbesar perbandingan antara luas dan volume sehingga memperbanyak volume getah lambung yang dapat dikeluarkan.

Pengertian

Penyakit asam lambung adalah ketidakmampuan tubuh untuk mengendalikan dan menetralkan cairan yang dihasilkannya sendiri. Jadi sampai disini dapat dimengerti bahwa asam lambung adalah cairan “bunuh diri” yang mematikan apabila jumlah dan keberadaannya tidak dapat dikontrol oleh mekanisme homeostasis. Jika keadaan ini terus berlanjut maka penyakit kronis lainnya akan bermunculan, salah satunya adalah tenggorokan terbakar dan maag.

Faktor yang menyebabkan

Selain karena faktor internal, penyakit ini disebabkan juga oleh faktor eksternal. Perpaduan antara kesemua hal ini sangat berpengaruh pada derajat keparahan penyakit. Berikut alasan mengapa anda menderita penyakit tersebut.

  • Kurangnya sifat buffer cairan tubuh. Cairan buffer adalah cairan yang tetap dapat menjaga stabilitas keasamannya sekalipun ditambahkan dengan sejumlah asam atau beberapa basa.
  • Makanan yang dikonsumsi bersifat asam sehingga menambah keasaman disana. Misalnya buah dan sayuran yang tingkat keasamannya tinggi, seperti jeruk, belimbing, mangga dan lain sebagainya.
  • Asupan makanan yang masuk membutuhkan getah lambung lebih banyak untuk dicerna. Misalnya makanan berminyak, gorongan, takjil dan lain sebagainya.

Komplikasi akibat getah lambung yang tinggi

Jika penyakit asam lambung terus berlanjut maka lama kelamaan akan menimbulkan komplikasi sehingga muncullah penyakit-penyakit lainnya. Berikut daftar komplikasinya.

  • Keasaman yang tidak terkendali akan merusak lapisan mukosa pada dinding lambung sehingga menimbulkan iritasi pada permukaannya.
  • Lama kelamaan peradangan ini akan menyebabkan gastritis (radang lambung) atau lebih dikenal sebagai penyakit maag atau jika sudah menahun sering disebut sebagai tukak lambung.
  • Terjadinya GERD (gastro esophageal reflux disease). GERD biasanya menimbulkan rasa terbakar di bagian dada. Sebab, cairan lambung yang naik tidak hanya sampai ke kerongkongan, tapi bisa sampai ke mulut.
  • Darah tinggi.
  • Penyakit jantung aritmia.
  • Gagal jantung.
  • Kematian.

Gejala penyakit asam lambung

Ada gejala yang tidak menyenangkan terjadi di dalam perut sampai ke mulut akibat penyakit ini. Berikut gejala yang sering dirasakan oleh pasien.

  1. Perut terasa kembung, sering bersendawa dan buang gas (kentut). Mengindikasikan bahwa tingginya produksi getah lambung. Ini adalah gejala awal dari penyakit ini.
  2. Perih di ulu hati. Yang diakibatkan oleh peradangan di permukaan lambung.
  3. Rasa nyeri di bagian perut hingga terasa seperti melilit. Terjadi saat bagian ini bekerja mencerna makanan dimana senyawa asam yang dikeluarkan seolah meningkatkan rasa sakit dibagian yang meradang.
  4. Mual dan muntah kering (tidak jadi). Dikarenakan oleh rasa nyeri yang hebat dari dalam perut yang diikuti dengan nyeri dada.
  5. Terkadang dada terasa seperti terbakar (heartburn). Akibat naiknya pH dalam perut yang refluks ke bagian tenggorokan (GERD). Ini biasanya dirasakan penderita setelah makan dan saat tidur.
  6. Radang tenggorokan dan batuk kronis.
  7. Timbul rasa asam dan pahit di lidah. Akibat naiknya getah lambung sampai ke dalam rongga mulut.
  8. Kesulitan menelan makanan hingga menyebabkan nafsu makan menurun/berkurang. Pada derajat keparahan yang fatal pasien merasa lebih baik tidak makan daripada menanggung rasa sakit yang kemudian muncul.

Faktor pemicu dari luar (eksternal) yang harus diwaspadai

Beberapa penyebab keadaan yang tidak menyenangkan ini disebabkan oleh kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu. Diantaranya adalah.

  1. Asupan makanan & minuman yang kurang baik

Makanan adalah faktor utama yang dapat meningkatkan kadar asam lambung dalam tubuh, sebaiknyA anda menghindari beberapa makanan seperti :

  • Minuman bersoda. Soda dapat meningkatkan tekanan dalam perut,dan meminum soda akan jauh lebih asam dibanding meminum minuman lain.
  • Minuman beralkohol. Kandungan alkohol akan meningkatkan derajat keasaman di dalam organ pencernaan ini.
  • Makanan berlemak. Seperti ice cream, keju, kue, cemilan dan lain sebagainya.
  • Makanan yang digoreng dengan minyak. Misalnya jajanan pasar, gorengan, jeroan dan lain-lain.
  • Coklat. Mengkonsusmi coklat pada malam hari dapat meningkatkan refluks asam karena mengandung stimulan yang disebut dengan theobromine.
  • Kacang. Mengkonsumsi kacang sebelum tidur termasuk kacang mete, kenari dan kacang macadamia.
  1. Stres

Stres merupakan salah satu penyebab dari berbagai macam penyakit.. Sebab ketika seseorang mengalami stres, otomatis sistem imun tertekan dan menurun, sehingga semua jenis penyakit dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh.

  1. Merokok

Di dalam sebuah rokok, terdapat banyak zat yang dapat merusak tubuh salah satunya organ lambung. Tidak cukup sampai disitu, penyakit lainnyapun yang lebih berbahaya seperti kanker akan menyerang tubuh anda cepat atau lambat.

  • Faktor lainnya yang turut berpengaruh.
    – Sering terlambat makan,
    – Mengkonsumsi makanan & minuman dalam jumlah berlebihan,
    – Makan sambil tiduran,

Cara alami, cepat, murah dan mudah dilakukan untuk menyembuhkan asam lambung, maag dan tenggorokan terbakar

Sekali lagi kami tegaskan bahwa penyakit ini timbul karena tubuh tidak mampu menahan balik kekuatan yang diekspresikannya. Tindakan yang merugikan diri sendiri ini akan terus berlangsung hingga menyebabkan kerusakan parah bahkan sampai kematian. Oleh karena itu sebelum hal ini menimpa anda sebaiknya perhatikan catatan berikutnya.

Makanan & minuman yang berpengaruh langsung terhadap pengobatan asam lambung, radang tenggorkan dan maag.

  1. Konsumsi makanan yang bersifat alkali (basa) dan menyerap asam. Makanan jenis ini ditandai dengan kandungan seratnya yang tinggi. Diantaranya adalah pisang, pepaya, segala jenis sayur, ubi kayu, ubi jalar, ubi ungu, talas, sagu dan lain sebagainya.
  2. Penuhi asupan garam harian anda yang berada pada kisaran 1/2 sampai satu setengah sendok teh perhari untuk orang dewasa. Sodium adalah salah satu penyusun elektrolit dengan jumlah yang paling tinggi dalam cairan tubuh.
    NaCl adalah senyawa yang dapat membantu meningkatkan kemampuan buffer darah untuk menjaga pH-nya tetap stabil. Larutan garam ini juga bisa meredakan rasa terbakar di mulut dan tenggorokan.Natrium bisa dikonsumsi dalam jumlah yang lebih dari 9 gram per hari asalkan ditambahkan pada kadar isotonik. Biasakan diri untuk membuat larutan garam manis isotonik, tambahkan secukupnya pada setiap air putih yang hendak di minum. Jika biasanya anda minum 8 – 10 gelas per hari maka tambahkan sodium secukupnya agar minuman tersebut berasa ada manis-manisnya. Tidak perlu banya, melainkan sedikit saja; biasanya jika garamnya terlalu banyak maka akan berasa asin sedang bila terlalu sedikit akan terasa tawar.

Selengkapnya, Manfaat garam yang dahsyat

  • Perhatikan asupan air harian anda. Kandungan air dalam tubuh yang mencukupi akan membantu sistem haemostasis menjaga keseimbangan asam-basa. Konsumsi air sebanyak kurang lebih 2 liter perhari (8 – 10 gelas perhari).

    Harap disimak baik baik untuk “mengonsumsi air sedikit-sedikit (dua tiga teguk sekali minum) tetapi harus lebih sering (tekun)“. Kebanyakan orang mengonsumsi air sekaligus satu gelas, itu bisa membanjiri organ pencernaan sehingga banyak nutrisi yang hilang terbuang. Akan tetapi kelemahan teknik ini adalah “banyak yang melupakannya karena kata “sedikit-sedikit.” Oleh karena itu buatlah target minum air tiap hari dalam beberapa botol/ muk/ teko. Lalu letakkan itu disamping anda atau disamping meja kerja sehingga tidak lupa melulu.

  • Makanan yang sehat dan seimbang setiap hari. Salah satu komponen makanan yang mudah terlupakan adalah buah dan sayur. Kedua hal ini sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh anda tetap kuat sehingga tidak mudah terkena penyakit. Salah satu buah yang kami rekomendasikan yang cukup murah dan mudah di dapatkan adalah pisang dan jeruk nipis.
  • Tambahkan bumbu dapur yang merupakan herbal ajaib untuk daya tahan tubuh yang lebih baik. Bawang putih, bawang merah dan jahe adalah penyedap makanan yang dapat membantu menjauhkan anda dari berbagai macam penyakit kronis maupun akut.

    Kebiasaan yang harus ditinggalkan untuk menghindari asam lambung, tenggorokan terbakar dan maag

  • Sebisa mungkin biasakan untuk makan pada waktunya atau milikilah jadwal yang dilakukan terus-menerus secara konsisten. Terkecuali jika anda sudah dalam program diet yang rutin dilakukan setiap hari, entah itu makan hanya makan dua atau satu kali sehari saja. Asalkan ingatlah untuk selalu mengisap ludah sendiri untuk membantu menetralkan asam lambung juga sembari memberi rasa kenyang.
  • Sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan & minuman secara berlebihan. Ini akan membuat lambung anda kepenuhan sehingga getahnya mudah tergoncang dan naik ke atas.
  • Makanan yang pedas dan berminyak seperti gorengan (jajanan pasar) memang tidak membawa masalah serius bagi kesehatan anda. Akan tetapi mengkonsumsi cemilan sejenis ini secara berlebihan akan meningkatkan asam lambung secara signifikan.
  • Hindari makan sambil tiduran. Aktivitas ini jelas tidak baik sebab bisa saja anda keselek dan cairan lambung menembak (refluks) tenggorokan anda.
  • Tolong diperhatikan! Boleh meminum air setelah makan. Akan tetapi jika anda mengkonsumsi air sekaligus (lebih dari 1 gelas/ 200 cc) dalam satu waktu niscaya getah yang asam itu akan refluks ke tenggorokan bahkan mencapai bagian mulut juga. Ini mungkin menyebabkan dada terasa nyeri dan mulut seperti terbakar.
  • Duduklah dengan tenang setelah makan sampai 15 menit pertama. Gerakan yang terlalu aktif mungkin akan mengganggu koordinasi dalam katub kerongkongan anda sehingga guncangan di dalam perut dapat mencapai kerongkongan bahkan rongga mulut.
  • Tinggalkan kebiasaan mengkonsumsi alkohol secara berlebihan. Paling net-netnya segelas kecil saja perhari itupun untuk menjaga tubuh tetap panas saat cuaca/ udara dingin.
  • Jauhkan rokok dari kehidupan anda. Rokok itu amat berbahaya teman. Coba bayangkan bagaimana rasanya saat anda menghirup knalpot motor orang lain dari belakang? Rasanya pasti tidak enak di hidung dan juga tidak baik untuk kesehatan.
  • Minuman bersoda tidak selalu buruk. Tetapi sekali lagi kami sampaikan bahwa terlalu sering mengkonsumsi minuman ini dapat mengganggu kesehatan organ pencernaan anda.
  • Jangan konsumsi makanan asam sebelum makan. Alangkah lebih baik bagi anda untuk menikmatinya setelah itu. Atau bagi anda yang memiliki masalah perut lakukan setelah makan 15 – 30 menit.

    Cara cepat menghilangkan rasa seperti terbakar dan nyeri dada saat asam lambung meninggi

  • Isaplah ludah sendiri. Air liur adalah garam alami yang dianugerahkan Tuhan kepada manusia untuk memenuhi kebutuhannya terhadap air dan mineral. Mengemut ludah sendiri merupakan tindakan yang mendorong sebanyak-banyaknya elektrolit alami ke dalam kerongkongan dan organ pencernaan lainnya. Seperti kita ketahui bersama bahwa cairan asam lambung bisa saja secara tidak sengaja refluks ke saluran kerongkongan. Akan tetapi saat anda senantiasa mengemut/ menelan ludah sendiri maka elektrolit air liur akan membantu menetralkan keadaan tersebut. Jadi sariawan yang mungkin saja diderita oleh kerongkongan akan dinetralkan lewat aktivitas menelan ludah sendiri.
  • Segera buatkan larutan garam isotonis: Tambahkan 1/2 sendok teh garam dalam 200 cc air putih. Aduk rata hingga larut. Minum larutan tersebut sambil kumur-kumur secara bertahap (tidak sekaligus). Alhasil rasa nyeri dibagian tenggorokan akan segera hilang dan andapun dapat melanjutkan pekerjaan seperti biasa.Pembuatan larutan isotonik inipun dapat dipadu dengan teh bubuk. Seduh teh dan jadikan garam sebagai pengganti gula yang memberikan rasa manis-nikmat yang pas. Takaran penggunaan sodium klorida sedikit saja sehingga sensasi manis-manisnya kentara. Jikalau berlebihan niscaya akan terasa asin.
  • Minumlah teh pahit campur garam. Ini adalah perpaduan rahasia anti asam lambung yang keampuhannya luar biasa. Campurannya adalah Air panas, bubuk teh (teh celup sobek bungkusannya) dan garam juga gula (sedikit saja, tidak usah banyak).Cara membuat: masukkan bubuk teh secukupnya ke dalam gelas, tambahkan sedikit garam (cukup diujung sendok teh) dan gula (bila suka kasih sedikit tetapi tidak diikutkan juga tak apa). Aduk rata semua bahan tersebut. Lalu silahkan konsumsi 2 sampai 3 kali sehari (pagi, siang, malam). Ini adalah cara efektif untuk mengatasi sariawan kerongkongan (GERD).
  • Saat tenggerokan seperti mau terbakar rasanya (GERD), silahkan konsumsi makanan yang sifatnya alkali seperti yang kami sebutkan di atas. Misalnya.
    – Semua jenis sayuran yang direbus (terkecuali yang ditumis).
    – Boleh juga air kelapa muda.
    – Salak, buah tinggi serat walau agk asam.
    – Apel merah, buah tinggi serat.
    – Pisang.
    – Pepaya.
    – dan berbagai jenis umbi-umbian.

Demikian saja teman. Kami bahagia kalau orang Indonesia sehat dan cerdas sehingga semua orang dapat berinovasi, berkreasi dan berkolaborasi di bidangnya masing-masing.

Salam dahsyat!

17 comments

  1. Aku sdh hampir 5 tahun menderita asam lambung, semakin hari semakin terasa lebih sakit. Mungkin ada cara penyembuhan yg lebih praktis dan benar benar menyembuhkan.

    Disukai oleh 1 orang

    • Saran dari kami adalah….
      Selalu konsumsi air garam manis isotonik setiap hari. Ketika anda mengkonsumsi air putih silahkan tambahkan sedikit garam agar rasanya berasa ada manis-manisnya….
      Semoga cepat sembuh….
      Terimakasih.

      Suka

  2. […] Kerongkongan yang rasanya seperti terbakar disebabkan oleh refluks cairan lambung ke atas. Rasa nyeri dan panas ini akan terus ada jika pH dindingnya masih asam. Ketika anda rajin mengunyah makanan sampai halus, lembab dan berair, akan membantu menetralkan pH permukaan yang asam tersebut. Sebab air liur sebagai elektrolit dengan pH netral akan melunakkan permukaan kerongkongan sehingga suasananya akan kembali normal (netral/ tidak asam lagi). Saksikanlah, Cara mengatasi panas dalam kerongkongan. […]

    Suka

    • Terimakasih, Tulisan ini cuma sisa permen karet yang dikumpul-kumpulkan, mugkinkan itu bermanfaat?
      Semoga yang membacanya juga sembuh total dan berhasil dalam setiap usaha positifnya.
      Salam santun…..

      Suka

    • Bisa jadi demikian…
      Pada dasarnya keadaan lambung manusia selalu dalam suasana asam oleh pengaruh larutan HCl. Tetapi saat aliran fluida dari mulut ke lambung tetap lancar niscaya asamnya lambung tidak sampai merusak. Akan tetapi saat minum air kurang dan menelan ludah juga minim. Keadaan semacam inilah yang berpotensi mengganggu kesehatan.
      salam jumpa kembali.

      Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.