7 Cara Alami Mengobati Radang Panggul, Murah dan Mudah dilakukan

cara-alami-mengobati-penyakit-radang-panggul

Zaman sekarang, kuman penyakit semakin menggerogoti tubuh anda jika sistem imun yang dimiliki lemah. Hal-hal yang sebenarnya normal dan biasa adanya menjadi berbahaya bagi tubuh sendiri. Seperti yang akan kita bahas berikut ini yaitu penyakit radang panggul.

Organ reproduksi wanita selalu digandrungi oleh flora normal karena mikroorganisme ada dimana-mana. Kuman jenis ini justru sangat bermanfaat karena turut menjaga pH dan melawan bakteri patogen yang hendak masuk kesana. Tapi bila daya tahan tubuh lemah maka kuman baik inipun cenderung tidak terkendali dan merusak sel-sel disekitarnya hingga menimbulkan peradangan.

Berikut beberapa keterangan dari penyakit ini yang kami ambil dari berbagai sumber dan cara mengatasinya.

Penyakit radang panggul biasa disebut PID (Pelvic inflammatory disease) adalah infeksi yang terjadi pada organ reproduksi wanita. Ini diakibatkan oleh bakteri menular seksual yang menyebar dari vagina ke rahim, saluran tuba dan ovarium.

Banyak wanita yang mengidap penyakit radang panggul, wanita yang terkena PID biasanya suka berganti-ganti pasangan seksual. ada yang mengalami tanda-tanda atau gejala PID atau ada juga yang mengetahui tapi tidak mengobatinya.

Penyakit PID dapat dideteksi ketika wanita tersebut mengeluh kesulitan hamil, atau telah terjadi pengembangan terhadap penyakit PID yang lebih serius.

Tanda dan gejala penyakit radang panggul atau PID adalah:

  • Nyeri di perut bagian bawah dan panggul.
  • Keputihan yang parah dan menimbulkan bau yang tidak menyenangkan.
  • Pendarahan menstruasi yang tidak teratur.
  • Merasakan nyeri pada saat berhubungan seksual.
  • Merasakan nyeri pada saat buang air kecil atau sulit buang air kecil.
  • PID dengan gejala ringan atau PID yang tidak ada gejala biasanya disebabkan oleh klamida.

Penyebab Radang Panggul

PID dapat disebabkan oleh sejumlah bakteri, tetapi paling sering disebabkan oleh infeksi gonore atau klamidia, yang diawali oleh peradangan uretra biasa disebut uretritis. Padahal klamidia dalam keadaan normal adalah flora normal dalam Ms. V. Bakteri dapat masuk dari saluran reproduksi, yang pertama-tama mengakibatkan leher rahim terganggu, hal ini dapat disebabkan oleh penyisipan alat kontrasepsi, saat melahirkan, keguguran atau aborsi.

Sejumlah faktor yang dapat meningkatkan resiko PID, adalah:

  • Menjadi wanita yang aktif melakukan hubungan seksual ketika berusia kurang dari 25 tahun.
  • Memiliki banyak pasangan seksual.
  • Berhubungan seks tanpa kondom.
  • Baru memasang alat kontrasepsi.
  • Memiliki riwayat penyakit PID atau penyakit menular seksual.

Komplikasi Penyakit Radang Panggul

Penyakit PID yang tidak diobati dapat menyebabkan jaringan parut dan terdapat cairan nanah infeksius (abses) yang dapat berkembang di saluran tuba dan merusak organ reproduksi. Kompliasi dapat mencakup:

Kehamilan ektopik (sekitar dua persen sel telur yang telah dibuahi menempel pada organ selain rahim). PID merupakan penyebab utama dati kehamilan ektopik, dimana telur yang dibuahi tidak dapat membuat jalan melalui tuba falopi untuk menanamkannya di dalam rahim. Keadaan ini dapat menyebabkan pendarahan yang mengancam jiwa dan memerlukan operasi darurat.

PID dapat merusak organ reproduksi dan menyebabkan kemandulan (tidak mampu untuk hamil). Semakin sering terinfeksi PID semakin besar resiko infertilitas. Menunda pengobatan untuk PID juga secara dramatis meningkatkan resiko infertilitas.

Cara alami mengobati radang panggul

Teknik yang kami gunakan yaitu metode dari dalam dengan memperkuat daya tahan tubuh pasien sehingga memampukannya untuk memperbaiki dan menyembuhkan diri sendiri. Berikut selengkapnya.

  1. Menikahlah pada umur 25 tahun (ke atas). Sebab disaat itulah organ reproduksi sudah berkembang sempurna (dewasa). Sehingga lebih siap menahan beban dan tekanan yang lebih besar.
  2. Setialah kepada pasangan anda. Memiliki selingkuhan untuk mencari sensasi justru meningkatkan resiko terkena penyakit menular seksual (PMS).
  3. Perhatikan asupan makanan yang seimbang, tidak kurang dan tidak lebih.
  4. Konsumsi buah dan sayur setiap hari. Kami menyarankan anda untuk menyukai jenis buah-buahan yang rasanya ada asam-asamnya. Kandungan antioksidan di dalamnya sangatlah penting untuk sistem imun anda.
  5. Selalu tambahkan herbal alami dari bumbu dapur ke dalam masakan anda. Ketiga bumbu ini mengandung antioksidan yang tinggi pula termasuk disana yaitu bawan putih. Bumbu dapur ini sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  6. Perhatikan asupan garam harian. Sebab NaCL adalah buffer alami bagi tubuh yang juga turut menghambat tumbuhnya kuman patogen di dalam maupun di luar tubuh. Merupakan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh dalam takaran pas akan memberikan dampak yang luar biasa bagi kesehatan.
  7. Tidak lupa juga kami menyarankan anda untuk berjongkok setiap hari. Lakukan senam jongkok minimal 4 kali sehari untuk memperkuat panggul anda. Selain itu teknik ini juga dapat membantu merilekskan otot dibagian bokong yang kebanyakan duduk atau berdiri.

Ingat teman, kesehatan itu investasi yang pada saatnya nanti tidak bisa dibeli sekalipun dengan nilai uang yang besar. Demikian saja saran dan masukan dari kami. Semoga lekas sembuh dan kiranya terhindar dari berbagai penyakit lainnya.

Salam sehat alami.

Iklan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s