9 Cara Membuat Hari Kerja Lebih Cerah

Cara membuat hari kerja lebih cerah

Kerja – kerja – kerja, itulah slogan yang sedang populer saat ini. Manusia tidak pernah lepas dari aktivitas bekerja sebab tanpanya stres bisa datang secara tiba-tiba. Aktivitas yang positif membuat suasana hati dan pikiran lebih baik. Menjadi seseorang yang dapat membantu yang lainnya dan mampu memberi kontribusi dimanapun adalah cara seorang pekerja untuk berbahagia.

Hidup tergantung dari pikiran

Hari ini adalah anugrah. Tanamkan prinsip tersebut dalam hati anda untuk menenangkan pikiran yang kadang menjadi gelisah dan kuatir tentang sesuatu di hari yang lalu atau berhubungan dengan target di masa depan. Jangan biarkan suasana hati kacau sebab segala sesuatu yang kita ekspresikan bersumber dari sana. Upayakan untuk selalu jadi diri sendiri dan tampil apa adanya dengan demikian tekanan dari dalam dapat diminimalisir.

Sepenggal cerita dari kawan.

Hari Senin sering kali menjadi hari yang penuh tekanan bagi banyak pekerja. Hal ini berkaitan dengan alasan utama yaitu tuntutan beban kerja yang kembali harus dihadapi setelah akhir pekan berlalu. Untuk membangkitkan semangat bekerja meski libur telah usai ada cara asyik yang perlu dicoba. Yaitu dengan menggunakan pakaian berwarna cerah untuk memerangi hari yang paling menyedihkan tersebut.

Beberapa orang berpendapat bahwa memakai pakaian berwarna cerah saat bekerja cenderung terlihat kurang profesional. Akan tetapi penelitian membuktikan bahwa warna-warna cerah sangat baik memperbaiki mood.

Jika Anda tidak cukup berani untuk memakai pakaian warna-warni untuk pergi bekerja, inilah kesempatan Anda untuk tampil mempesona. Ada baiknya mencontoh pada kegiatan amal yang diadakan oleh sebuah badan Kesehatan Mental di Inggris ditahun 2014. Mereka menantang para pekerja untuk berpakaian berwarna cerah untuk membantu memerangi apa yang dipercaya banyak orang sebagai hari yang paling menyedihkan sepanjang tahun  – ‘blue Monday’.

Dari poling yang diadakan oleh badan amal tersebut ditemukan bahwa satu diantara lima orang tidak akan memakai warna cerah untuk bekerja karena terlihat kurang profesional.

Penelitian tersebut juga menemukan wanita lebih cenderung memiliki sifat petualang dibandingkan pria dalam hal warna, dengan 35 % menyatakan akan memakai baju warna terang, dibandingkan dengan pria yang hanya berkisar 24 %.

Tetapi badan Amal tersebut mengajak siapapaun untuk memakai baju warna-warni sebagai bagian dari kampanye yang disebut Blooming Monday.

Kampanye bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap depresi dan kelainan dampak musiman, yang biasanya identik dengan musim dingin yang disebabkan kurangnya cahaya matahari.

Selain itu kampanye ini juga bertujuan untuk mengumpulkan dana yang akan digunakan untuk penelitian untuk menemukan solusi untuk blue Monday.

Jadi kawan, mari ubah hari menjadi hari yang penuh warna. Ubah kegelapan menjadi warna-warni cerah dunia, mulailah dari sini! Neuvoo Indonesia

Semuanya tergantung dari perilaku yang dibiasakan

Cerah tidaknya hari tergantung dari sikap kita. Sekalipun harus diakui bahwa terkadang suasana kantor yang tidak kondusif, gelombang protes, sikap pimpinan dan teman kerja yang tidak kooperatif dapat mencemari hati ini. Oleh karena itu jangan tunggu orang lain membuat harimu baik melainkan mulailah lakukan kebaikan itu untuk membuat dunia ini lebih cerah. Ini adalah keputusan untuk tidak menuntut orang lain melainkan melakukannya mulai dari diri sendiri.

Cara cerdas membuat hari lebih cerah

Dari keterangan di atas, maka dapat diputuskan beberapa teknik untuk menciptakan hari-hari kerja yang lebih cerah.

  1. Sambut hari dengan senyuman.

    Tersenyumlah untuk membuat hati bahagia. Ini adalah salah satu cara yang simple untuk dilakukan yaitu dengan tersenyum kepada setiap orang yang melihat ke arah anda. Ramah-tamah adalah kebahagiaan yang sederhana untuk dilakukan dimanapun dan kapanpun.

  2. Tinggalkan masalah pribadi di rumah.

    Setiap dari kita memiliki persoalan masing-masing. Masalah bila terus dipikirkan malah tambah pusing. Oleh karena itu lebih baik lupakan sejenak lalu fokus saja pada pekerjaan yang dilakukan. Kebiasaan ini membuat pikiran tidak terbeban dan lebih siap menyelesaikan masalah baru yang ditemui di kantor.

  3. Miliki pikiran yang positif.

    Diawal hari kerja, tepatnya senin merupakan tantangan yang berat sebab dihari sebelumnya telah dihabiskan untuk santai dan bersenang-senang. Tinggalkan masa-masa liburan anda lalu ambil komitmen untuk mulai fokus dengan tugas yang menumpuk di atas meja. Pikiran yang positif membuat moot lebih santai dalam menyambut sesuatu yang baru.

  4. Temukan harapan.

    Tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang, tekanan dari beban kerja membuat mood menjadi jelek. Oleh karena itu, ingatlah harapan anda dimasa depan. Setidak-tidaknya milikilah harapan seperti “Hari esok pasti lebih baik dari sekarang”. Beberapa karyawan sering melakukan improvisasi terhadap hal ini seperti, “mengingat hari pernikahan yang sudah dekat, mengingat sesuatu (barang/ apapun itu yang bisa dibeli) untuk dimiliki kelak, kebutuhan istri dan anak dirumah yang harus dipenuhi” dan lain sebagainya.

  5. Milikilah kebiasaan yang baik.

    Sikap & attitude yang baik adalah salah satu syarat penting kedamaian hati. Nilai-nilai kehidupan seperti kesetiaan, kejujuran, kesabaran dan ketekunan adalah sikap yang membuat hidup lebih positif. Sebab hal-hal itu benar adanya dimana kebenaran adalah kebutuhan hati.

  6. Berbaur dengan teman-teman kantor.

    Jadilah teman yang baik buat orang lain. Memang harus diterima kenyataan bahwa tidak semua teman dikantor pro (berpihak) kepada kita. Terkadang ada beberapa yang menjadi rival yang tangguh. Oleh karena itu miliki sikap yang memperlakukan semua orang sama, tidak perlu merasa punya musuh agar pikiran lebih tenang dan hati penuh kelegaan. Menyatulah dengan situasi yang dihadapi, silahkan beradaptasi dalam segala situasi, misalnya dengan bercakap-cakap, tertawa bersama, senang bersama, sedih bersama dan lain sebagainya.

  7. Menjadi orang yang bermanfaat.

    Hal ini adalah salah satu gagasan yang baik untuk membuat kita bahagia. Sebab kebahagiaan sejati dihasilkan lewat perilaku yang mendatangkan kebaikan bagi orang lain. Jangan pelit membagi ilmu dengan teman, berikan solusi saat teman susah, bantulah mereka sebisa mungkin menurut talenta yang dimiliki.

  8. Gunakan pakaian yang sopan.

    Seperti telah dikatakan sebelumnya bahwa warna pakaian yang cerah dapat memperbaiki mood. Anda jadi diri sendiri saja bila berpakaian. Gunakanlah sesuatu yang layak dan tidak melanggar aturan yang sudah disepakati bersama. Penampilan anda turut mempengaruhi suasana hati orang lain. Tapi ingat juga bahwa penampilan yang lebay akan membuat mereka jengkel bahkan ilfil melihatnya.

  9. Nikmati semuanya apa adanya.

    Seperti yang kami katakan sebelumnya, hidup ini harus di nikmati bahkan setiap detik yang kita lewati harus dimaknai dengan penuh rasa syukur. Oleh karena itu, jangan terburu-buru dengan target anda melainkan temukan kesenangan tersendiri di balik setiap aktivitas yang dilakukan. Seperti kata pepatah “Lakukan apa yang kamu sukai dan cintai apa yang kamu lakukan“. Bila tidak cinta dengan pekerjaan yang dilakukan bagaimana hal itu bisa dinikmati?

    Jangan terlalu pelit untuk mencicipi uang hasil jerih lelah sendiri. Lebih berharga rasanya menggunakannya bersama dengan orang yang disayangi, misalnya keluarga, orang tua, pasangan hidup, anak, saudara, sahabat dan lain sebagainya. Rencanakan waktu tertentu untuk mewujudkan hal ini.

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya bahwa cerah tidaknya hari ini tergantung dari sikap dan perilaku yang diekspresikan. Oleh karena itu, pancarkanlah kebaikan maka kebaikan itu akan mencerahkan harimu!

Salam kerja keras!

Iklan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s