8 Manfaat Flora Normal – Terlalu bersih itu tidak baik

manfaat-flora-normal-dalam-tubuh

Flora normal adalah kuman (bakteri dan jamur) yang melakukan simbiosis mutualisme baik di luar maupun di dalam tubuh manusia. Inilah yang membuktikan bahwa manusia tidak dapat hidup soliter. Bukan hanya manusia melainkan semua makhluk hidup yang ada di bumi ini tidak dapat keluar dari rantai kehidupan atau sistem sosial yang mewujudkan kebersamaan. Kita butuh ini, butuh itu karena tidak bisa membuat kebutuhan sendiri dan tidak mampu menjaga diri sendiri. Kita butuh yang lainnya untuk berhasil & sukses di bumi ini.

Mau hidup sendiri pasti umurnya pendek

Sejak dari awal kehidupan manusia ditakdirikan untuk tidak egois. Komponen terkecil dalam tubuh mengajarkan bahwa sistem (tubuh manusia) tidak dapat melakukan satu kerja saja atau mengunggulkan satu teknik saja untuk menjadi sehat melainkan banyak faktor yang harus diseimbangkan pemenuhannya sehingga umur lebih panjang di dunia ini. Jadi dapat disimpulkan bahwa setiap orang yang egois tidak berumur panjang di bumi ini.

Manusia harus sakit agar semakin kuat.

Sistem imun memiliki otak sendiri. Sel darah putih mampu mengkodekan sebuah antigen dan menciptakan solusi praktis buat menghalau kehadiran antigen tersebut di lain waktu. Untuk kuman yang baru dan belum dikenali sebelumnya membutuhkan waktu yang lama untuk menanganinya/ menghambatnya/ melisiskannya. Antigen yang lambat ditangani akan menimbulkan gejala dan tanda penyakit yang dirasakan langsung oleh pasien.

Semakin banyak jenis kuman yang terpapar dengan sistem imun kita maka kemampuannya untuk menangani bakteri & jamur patogen semakin cepat ditanggapi dan diproses untuk segera dilokalisir dan dilisiskan. Pada prinsipnya, hal ini seperti sistem pemberian vaksin kepada anak dimana daya tahan tubuhnnya dirangsang oleh kuman yang telah di lemahkan agar memberi respon positif terhadap jenis kuman tersebut di waktu yang akan datang.

Anak yang sakit mendatangkan kerugian bagi dirinya sendiri dan keluarga namun sekaligus juga mendatangkan keuntungan bagi perkembangan daya tahan tubuhnya di masa depan. Apabila kuman tersebut terpapar kembali di masa yang akan datang niscaya tanda & gejala yang ditimbulkannya lebih ringan dan dapat ditangani segera.

Mereka yang hidup di tempat yang kotor dan kumuh lebih kuat daya tahan tubuhnya terhadap berbagai macam jenis kuman penyakit sebab sistem imunnya telah menghafal/ mengkodekan banyak kelemahan mikroorganisme. Sedangkan mereka yang hidup di tempat yang bersih dan steril cenderung lebih mudah sakit saat terpapar dengan kuman penyakit sebab sel darah putih belum pernah menghafal kelemahan kuman tersebut sebelumnya.

Ilmu kedokteran hanya cocok di terapkan di rumah sakit

Harap berhati-hati dalam menerapkan ilmu kesehatan dan kedokteran yang anda pahami. Sebab segala sesuatu yang berlebihan tidak baik untuk tubuh. Misalnya saja dalam hal penggunaan larutan sterilisasi. Jika larutan ini dimanfaatkan dan diterapkan di permukaan tubuh, ada kemungkinan kuman baik disana mati dan larutan tersebut meresap (penetrasi) ke dalam jaringan dan masuk ke sistem intravaskuler (darah).

Apabila rumah sendiri kita jadikan rumah sakit yang sistem kebersihan dan sterilitasnya tinggi maka begitu anggota keluarga keluar dari zona nyaman tersebut niscaya akan mengalami sakit yang diiringi dengan tanda dan gejala yang berat. Sebab paparannya terjadi pertama sekali. Menerapkan pembersih super untuk membunuh kuman di rumah sama artinya dengan menganggap bahwa anggota keluarga sendiri sangat lemah dan rapuh terhadap penyakit sehingga butuh cairan ekstra untuk proses sterilisasi.

Terlalu bersih membuat daya tahan tubuh tidak berkembang

Rumah kita seharusnya tidak disamakan dengan kamar operasi yang harus menggunakan etanol/ alkohol di setiap sudutnya. Menggunakan bahan-bahan pembersih yang terlalu pekat dari obat keras (berasal dari asam kuat atau basa kuat). Selain sebagai sebuh pemborosan hal ini juga kami anggap sebagai salah satu langkah yang tidak benar karena sama dengan memanjakan sistem imun sendiri. Artinya peran daya tahan tubuh telah digantikan oleh bahan kimia yang dibeli di pasaran.

Anak yang dimanjakan cenderung tidak bisa mandiri dan dewasa sehingga tidak siap menghadapi berbagai tantangan yang berisi kekacauan kecil dan besar di dunia ini. Demikian pula halnya dengan sistem imun manusia. Jika tidak pernah terpapar dengan pembawa masalah (bakteri, jamur dan virus) maka ia tidak akan pernah menjadi lebih kuat.

Garam menyeleksi kuman, yang baik diaktifkan, yang patogen di tenangkan

Lebih baik menggunakan bahan yang alami sebab segala sesuatu yang berasal dari alam tidak mengganggu kesehatan justru memelihara, menjaga bahkan turut menyehatkan pula. Ambil saja contoh dalam penggunaan larutan garam untuk menstrerilisasi permukaan tubuh saat sedang terluka (baik luka terbuka maupun luka tertutup).

Mikroorganisme memiliki rantai makanan sendiri. Seperti halnya di daratan, ada yang dimakan dan ada yang memakan dimana pemangsa selalu lebih kuat dari yang dimangsa. Kuman pemangsa inilah yang berbahaya bagi manusia atau disebut juga dengan mikroorganisme patogen. Jika predator yang patogen ini tidak mendapatkan makanannya yakni flora normal. Alhasil ia akan menyerang sel tubuh manusia untuk dimangasa sehingga membuat kita sakit.

Trendnya adalah flora normal dirangsang oleh garam untuk meningkatkan aktivitasnya mencerna bahan-bahan organik yang terkandung dalam makanan & minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Sedangkan kuman yang patogen memperoleh makanannya dengan mudah dari flora normal yang berkembang di dalam maupun di luar tubuh. Inilah yang membuat mikroorganisme patogen lebih tenang dan menjadi jinak.

Manfaat flora normal

Berikut selengkapnya keuntungan yang kita rasakan langsung oleh karena kehadiran flora normal.

  1. Melatih daya tahan tubuh untuk lebih kuat. Di awal-awal kuman-kuman ini jahat dan menyebabkan penyakit. Ini terjadi saat kita masih bayi/ anak-anak. AKan tetapi seiring waktu berlalu sistem imun kita belajar untuk mengendalikan jumlahnya sehingga tidak sampai menimbulkan penyakit.
  2. Melatih tubuh untuk resisten dengan jenis toksin tertentu. Semua bakteri & jamur menghasilkan toksin di akhir proses metabolismenya. Bahan ini berupa limbah yang pada awalnya menjadi racun dalam tubuh. Namun setelah paparan terjadi terus-menerus akhirnya tubuh mampu menyesuaikan diri dengan toksin tersebut dalam kadar tertentu.
  3. Membantu daya tahan tubuh melawan penyakit. Melawan kuman patogen (bakteri & jamur) dengan cara menghasilkan toksin yang menghambat/ melisiskan kuman tersebut.
  4. Flora norma menjadi korban untuk memberi makan kuman patogen sehingga tidak menimbulkan bahaya (tidak jahat) penyakit bagi manusia. Serangan kuman predator pada tubuh manusia menjadi nihil karena makanannya sudah terpenuhi.
  5. Tubuh memiliki resistensi yang tinggi terhadap bakteri dalam kuantitas tertentu. Artinya, kuman dapat diatasi pada jumlah tertentu. Saat jumlahnya terlalu banyak tubuh cenderung kelebihan beban sehingga timbul-lah gejala sakit. Akan tetapi keberadaan kuman baik yang membantu melawan antigen tersebut meningkatkan resistensi tubuh terhadap antigen dengan kuantitas yang lebih banyak.
  6. Sebagai indikator kuat lemahnya daya tahan tubuh. Apabila flora normal sudah menyebabkan penyakit artinya jumlah sel darah putih berada di bawah ambang normal. Ini biasanya ditemukan pada orang dengan defisiensi sistem imun seperti pada penderita AIDS.
  7. Membantu mencerna/ membusukkan makanan dalam saluran pencernaan. Menghasilkan enzim tertentu untuk mencerna makanan sehingga dimudahkan dalam proses penyerapan.
  8. Menghasilkan vitamin & mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Misalnya bakteri E. Coli yang menghasilkan vitamin K dalam lambung. Seperti bakteri pembusuk di tanah yang melakukan proses demineralisasi sehingga membuat tanaman subur demikian jugalah flora normal memecahkan bahan organik menjadi anorganik/ mineral yang bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Demikian saja teman. Salam sehat alami!

Iklan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s