Pernah Muda · Sehat Alami

+17 Cara Melangsingkan Tubuh Secara Alami, Mudah dan Murah – Diet ketat dibiasakan bukan simsalabim

Tips dan Trik Melangsingkan Tubuh Secara Alami, Mudah dan Murah – Diet ketat dibiasakan bukan simsalabim

Tubuh yang langsing siapakah yang tidak ingin? Terutama bagi kaum hawa. Tidak sedikit perempuan yang mengidam-idamkan hal ini. Mungkin karena kebanyakan artis bertubuh langsing atau memang karena ingin lebih tampil seksi dan mau luwes aja. Kami tidak dapat memahami perasaan wanita. Tapi kami sendiri melihat bahwa langsing dan berisi tidak ada bedanya, asal loe senang, gua gak masalah….

Bukan untuk anak-anak

Sebelum lanjut terus ke bawah. Terlebih dahulu kami peringatkan buat semua pembaca setia bahwa tips & trik yang dituliskan di halaman ini hanya baik dilakukan oleh mereka yang sudah lewat masa pertumbuhan. Bagi anda yang masih remaja dan dalam masa pertumbuhan sebaiknya hindari melakukan diet yang terlalu ketat. Sebab kebiasaan ini justru akan membuat pertumbuhan dan perkembangan tubuh anda terhambat/ terganggu.

Perbedaan antara kurus dan langsing

Melangsingkan tubuh tidak sama dengan mengkuruskan badan. Mereka yang langsing sepertinya lebih enak di lihat daripada mereka yang kurus. Perbedaan antara kedua hal ini terletak pada bentuk tulang yang terlihat. Seseorang yang kurus, bentuk lingkaran badannya (misal. kaki & tangan) kelihatan bersegi (bersudut – kelihatan tulangnya) sedangkan yang langsing lingkaran organnya terlihat lonjong sampai bulat sempurna.

Menahan rasa di lidah berarti mengalihkannya ke indra yang lain

Ada satu fenomena yang kami baca dari setiap orang yang menjaga/ membatasi asupan makanannya yakni “ketika lidah dikunci maka keinginan akan mengalir pada hal-hal yang lain”. Sadar atau tidak ladies, lidah adalah salah satu alat pemuas yang sangat sederhana. Beli aja di kaki lima, seribu, dua ribu, kita sudah senang. Jika anda membatasi lidah maka kemanakah keinginan yang harus dipuaskan itu bermuara? Apakah dalam hal penglihatan, pujian, aroma atau sentuhan lembut? Kami sendiri tidak tahu, silahkan jawab sendiri. Oleh karena itu, kami selalu menghubung-hubungkan kebiasaan belanja seorang perempuan dengan diet yang ia lakukan. Sepertinya, keinginan untuk belanja tinggi karena kepuasan rasa di lidah terbatas.

Berpuasa adalah kunci untuk mengendalikan indra

Sadar atau tidak, bagi kita yang pernah melakukan aktivitas puasa menjadi sebuah metode tersendiri untuk mengendalikan diri dari hal-hal tertentu. Sadar atau tidak ujian berat yang kita lalui saat berpuasa melatih kita untuk menjadi orang yang kuat menahan diri dalam hal-hal tertentu. Bagi anda yang masih belum bisa menahan diri terhadap makanan silahkan lakukan aktivitas ini niscaya mental akan dibentuk untuk menjadi seseorang yang tidak mudah terpengaruh dan tidak mudah tergoda oleh situasi di sekeliling kita.  Kami merekomendasikan jenis puasa yakni makan 2 kali sehari saja. Ini cukup mudah untuk dilakukan silahkan melihat-lihat pada tulisan kami sebelumnya. Selanjutnya, Cara berpuasa yang benar

Melangsingkan tubuh dengan cara yang alami

Sebenarnya alam sudah menyediakan bahan-bahan alami untuk mengurangi jumlah zat gizi yang diserap oleh tubuh. Misalnya saja dengan mengkonsumsi herbal ajaib bawang putih maka konsentrasi kolesterol dalam darah menurun, bawang merah maka konsentrasi gula darah menurun sedangkan dengan mengkonsumsi jahe kolesterol dan gula darah sama-sama turun. Peliharalah kebiasaan mengkonsumsi bumbu dapur ini dengan cara selalu mencampurkannya dalam masakan yang disajikan. Salah satu buah alami yang sangat bermanfaat untuk membakar kolesterol adalah jeruk nipis. Jika anda tidak mengalami maag, tukak lambung dan penyakit perut lainnya, baiklah untuk mengkonsumsi buah ajaib ini.

Tidak ada cara cepat, sabar dong

Pada prinsipnya tidak ada cara cepat untuk melangsingkan tubuh sebab segala sesuatu yang diperoleh dengan cepat, hilangnya cepat juga. Dalam hal ini, kita berbicara masalah membentuk budaya makan & minum yang baik. Membentuk kebiasaan yang baru lebih sulit jika hal tersebut bertentangan dengan kebiasaan lama. Akan tetapi pada dasarnya jika dilakukan secara bersungguh-sungguh dan dengan tekun, alhasil  kebiasaan lama akan tergantikan dengan sebuah budaya baru yang lebih efisien dan lebih sehat tentunya. Hidup ini perjuangan, raihlah segala sesuatu dengan cara yang benar. Memanfaatkan teknologi atau obat-obatan tertentu tidak kami anjurkan sebab efek samping dari bahan-bahan kimia sangat merusak kesehatan itu sendiri. Turut simak, Kerugian melakukan diet yang terlalu ketat

Alasan mengapa tubuh anda melar

Baiklah sebelumnya mari kita bahas mengapa tubuh seseorang menjadi melar? Berikut beberapa alasan yang cukup menarik dari kami.

  1. Alasan fisiologis. Misalnya setelah melahirkan.
  2. Motivasi diet sehat yang kurang. Jika komitmen kita kecil untuk menekuni sesuatu niscaya hal itu seperti hilang-timbul, hidup-mati alias tidak konsisten untuk menekuninya.
  3. Tidak ada dukungan dari keluarga atau orang terdekat untuk diet lebih ketat.
  4. Masih labil dan tidak mampu mengendalikan diri terhadap makanan.
  5. Jumlah yang masuk lebih banyak daripada jumlah yang keluar.
  6. Beban tugas dan aktivitas sehari-hari kurang.
  7. Stres menimbulkan naiknya berat badan. Seorang yang stres biasanya melampiaskannya dengan makan sebanyak-banyaknya.
  8. Tidak ada/ tidak banyak kesempatan untuk menyalurkan bakat sehingga tidak ada kerjaan. Setiap orang memiliki potensi dan potensi itulah yang membuat kita sibuk. Seperti kami sendiri, bakatnya menulis maka menyibukkan diri dengan menulis daripada waktu di buang-buang untuk hal-hal yang tidak berfaedah.

Diet yang ketat ditujukan untuk karbohidrat, lemak dan protein (hewani)

Zat makanan yang disimpan dalam tubuh terdiri dari protein, lemak dan karbohidrat. Sedangkan kebanyakan vitamin dan mineral dibuang bersamaan dengan kotoran (baik tinja maupun urin). Jadi, fokus diet yang dibatasi hanyalah pada nasi, daging dan cemilan saja sedangkan sayur dan buah yang mengandung vitamin & mineral dikonsumsi seperti biasa. Indikator berapa tepatnya jumlah yang dikonsumsi dapat kita rasakan sendiri dengan cara (a) memastikan kekuatan secara fisik dan (b) mengukur berat badan dengan timbangan.

  1. Setelah konsumsi makanan dengan porsi minimalis (kecil) membuat anda mengalami 5 L (letih, lesu, lelah, lemah dan loyo) berarti anda harus menambah porsi makan.
  2. Setelah mengkonsumsi makanan selama beberapa waktu (misalnya seminggu) lalu melakukan klarifikasi berat badan. Jika berat badan bertambah berarti porsi makan dalam seminggu itu terlalu tinggi dan kedepannya harus dikurangi.

Kami kembali menegaskan, diet ketat hanya dilakukan pada jenis makanan karbohidrat, lemak dan protein (misalnya, nasi, gandum, daging dan cemilan) sedangkan buah dan sayur (yang mengandung mineral dan vitamin) sama sekali tidak dikurangi dari biasanya karena sekalipun kelebihan maka sisanya akan dibuang bersamaan dengan kotoran (lewat buang air besar, buang air kecil dan keringat)

Cara melangsingkan tubuh

Pilih langsing atau berisi, itu adalah pilihan anda. Kami berharap anda jadi diri sendiri dan jangan terbawa-bawa oleh hasutan situasi atau trend. Sebab menjadi diri sendiri itu lebih indah teman. Solusi dari kami, buat teman seperjuangan yang ingin melakukan diet ketat untuk melangsingkan badan, yaitu :

  1. Anda harus mengambil komitmen dan mengenal diri sendiri.

    Saya maunya apa? Langsing atau berisi atau apa adanya aja”. Jika sudah mengambil keputusan maka peganglah itu sebagai prinsip untuk dilakukan. Harus bisa memotivasi diri sendiri dengan cara memberikan lebih banyak waktu untuk berpikir. Misalnya saja tentang sebab-akibat, membanding-bandingkan (hati-hati jangan merendahkan orang lain saat melakukannya melainkan hanya sebagai motivasi) dan lain sebagainya.

  2. Pegang komitmen itu dan biasakan diet yang sehat hingga membudaya.

    Jangan seperti kunang-kunang yang kadang mati dan kadang hidup. Juga jangan seperti kelap kelip yang kadang terang dan kadang gelap. Melainkan lakukanlah segala sesuatu secara konsisten.

    Jika rutinitas yang baik diulang-ulang maka akan menjadi kebiasaan. Jikalau kebiasaan baik itu dilakukan dengan tekun maka akan menjadi budaya yang menyenangkan. Jika sesuatu sudah membudaya maka tidak ada lagi beban di hati saat menanggung akibat dari komitmen yang telah ditentukan dari awal. Budaya yang baik juga dapat mendatangkan kepuasan dan kebahagiaan tersendiri.

  3. Buat pengingat yang mudah dilihat.

    Jika sudah berkomitmen maka langkah selanjutnya adalah tulis komitmen tersebut di catatan kalender dalam smarthphone anda, di atas meja makan bahkan di depan kaca tempat anda sering berdandan. Atau dimanapun yang diinginkan olehmu. Ini sebagai pengingat agar komitmen anda semakin kuat.

  4. Lakukan secara diam-diam.

    Tidak perlu bercerita kepada teman-teman anda tentang diet ketat yang sedang di tempuh. Sebab pengalaman kami dahulu yaitu ada teman-teman yang sengaja menggagalkannya karena sebelumnya kami telah memberitahukan tujuan dari aktivitas itu.

  5. Lakukan bersama (jika ada lebih baik).

    Baik bagi anda untuk menemukan teman yang cocok untuk melakukan diet ketat ini. Biasanya pekerjaan yang ditekuni secara bersama-sama lebih semangat dan termotivasi melakukannya. Lagipula, jika yang satu minatnya kendur maka yang lain akan menyemangatinya demikian sebaliknya hingga akhirnya keduanya berhasil melangsingkan badan.

  6. Mengalihkan konsentrasi saat tergoda oleh makanan.

    Ini adalah bagian yang tidak kalah pentingnya. Saat mata mula tertarik melihat sesuatu di piring atau sesuatu yang dikonsumsi oleh orang lain, diet ketat yang di tetapkan bakalan batal. Oleh karena itu alihkan konsentrasi anda pada hal-hal yang positif saat godaan itu datang (misal dengan berdoa, mengucapkan firman dan bernyanyi). Bisa juga anda melakukan sesuatu yang menyenangkan (membaca, mendengar musik, jalan-jalan dan lainnya) atau tetap lanjutkan pekerjaan anda.

  7. Latih diri untuk berpuasa.

    Sadarilah bahwa salah satu manfaat berpuasa adalah mengendalikan indra yaitu lidah. Jika anda mampu berpuasa selama satu bulan saja niscaya kemampuan untuk mengendalikan keinginan untuk makan lebih terkendali.

  8. Tentukan porsi makananmu dan konsisten terhadap jumlah tersebut.

    Untuk jumlah porsi makanan yang di butuhkan sebaiknya konsultasi dengan dokter anda. Sebab setiap orang mempunyai porsi makan yang berbeda-beda sesuai dengan umur, jenis kelamin dan pekerjaan yang dilakukan sehari-hari.

  9. Gunakan piring kecil saat makan.

    Sebab panglihatan kita kadang mempengaruhi rasa lapar yang timbul. Jika piring yang digunakan berukuran besar sedangkan nasi dan lauknya hanya menutupi tidak sampai 1/4 bagian, rasanya seperti sangat sedikit. Akan tetapi jika piring yang digunakan kecil dan isinya penuh seolah makanan tersebut banyak.

  10. Makanlah dengan perlahan-lahan.

    Jika anda terlalu cepat mengkonsumsi makanan perut rasanya masih kurang. Nikmati setiap sendokan yang anda masukkan kedalam mulut dan jangan lupa bersyukur dalam doa kepada Tuhan Yang Mahas Esa agar direstui usaha yang sedang anda lakukan.

  11. Hindari makan sendiri di kantin/ warung/ membeli makan yang sudah disiapkan terlebih dahulu dengan porsi banyak.

    terkecuali jika ada teman yang punya selera makan sama (porsi sedikit). Sehingga fokus anda tidak ke meja orang lain melainkan kepada kawan seperjuangan itu sehingga tidak mudah tergoda.
    Sadarilah bahwa ketika kita melihat sekeliling makan dengan bebasnya niscaya kitapun turut terbawa emosi untuk melakukan hal yang sama. Demikian juga untuk makanan yang dibeli diluar dimana porsinya sudah ditentukan banyak maka kadang kita merasa kasihan bila harus membuangnya untuk alasan diet.

  12. Berikan waktu untuk olahraga.

    Semakin minim pekerjaan anda sehari-hari maka semakin banyak pula waktu luang untuk berolahraga. Harusnya anda lebih bersamangat jika sebelumnya telah membulatkan tekad untuk mewujudkannya.

  13. Perhatikan asupan buah dan sayur harian anda.

    Buah dan sayur mengandung lebih sedikit kolesterol/ lemak dan karbohidrat. Usahakan mengkonsumsi yang asam-asam. Salah satu yang terbaik, murah dan mudah di dapat adalah jeruk nipis.

    Jika anda hendak ngemil maka daripada mengkonsumsi makanan olahan dari karbohidrat dan lemak (misalnya gorengan/ jeroan) lebih baik mengkonsumsi buah-buahan (bisa juga dalam bentuk rujak).  Bisa dengan mengkonsumsi jeruk manis, nanas, kedondong, jambu air, belimbing, mangga dan lain sebagainya.

  14. Terbiasa mengkonsumsi yang asam-asam.

    Pelihara kebiasaan mengkonsumsi air jeruk nipis (atau jus jeruk varian lainnya) setiap hari terlebih ketika anda merasa makanan yang dikonsumsi mengandung banyak lemak. Beberapa orang bahkan selalu memesankan jus jeruk setiap kali makan diluar sebagai kontribusi untuk mengurangi lemak dalam makanan yang dipesan.

    Anda juga dapat mengkonsumsi bawang putih atau jahe yang kemampuannya untuk mereduksi kolesterol sedikit di bawah Jeruk nipis.

  15. Jaga kandungan air dalam tubuh.

    Anda juga dapat memanfaatkan air untuk menahan rasa lapar sesaat saja. Dengan banyak minum air perut tidak terasa lapar lagi. Perhatikan asupan air harian anda, yakni 2 Liter perhari (8 – 10 gelas) untuk orang dewasa.

  16. Penuhi asupan garam harian anda.

    Sadar atau tidak kandungan garam yang cukup dalam tubuh dapat menahan keinginan lapar dan haus selama beberapa waktu. Orang dewasa membutuhkan 1/2 sampai 1 1/2 sendok teh garam perhari.

    Jika rasa lapar anda membeludak atau ketika keinginan untuk ngemil membahana. Silahkan tenangkan situasi ini dengan mengkonsumsi larutan garam isotonik. Minuman isotonik seperti ada manis-manisnya gitu sehingga selain menghilangkan racun candu dilidah anda ia juga memberikan sensasi seolah-olah anda baru saja mengkonsumsi air gula yang memberi rasa nikmat tersendiri.

    Cara membuatnya yaitu siapkan 200 mL air putih hangat ke dalam gelas lalu tambahkan dengan kira-kira setengah sendok teh garam (bisa kurang dan bisa lebih). Rasa yang ditimbulkan akan terasa agak manis, akan tetapi jikalau garamnya terlalu banyak bisa berasa asin. Jadi gunakanlah pada takaran yang tepat.

    Pembuatan air garam manis ini juga dapat anda lakukan sambil menyeduh segelas teh dimana garam sebagai gulanya yang memberi sensasi manis-nikmat di mulut.

  17. Takuti diri sendiri.

    Seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa praktek ini bukanlah bagi orang yang berada dalam masa pertumbuhan. Jika anda hendak serius ingin memiliki badan yang langsing dan seksi maka milikilah indikator pasti agar anda dapat mempertahankan komitmen tersebut. Misalnya dengan membeli timbangan rumahan sehingga anda dapat selalu mengontrol perkembangan diet yang sedang dijalani.

    Hindari terlalu serius mendengarkan “kata orang” tentang pola makan yang dimiliki. Melainkan jadilah diri sendiri dan kendalikan berat anda dengan selalu mengontrol kemajuannya (berat badan) di atas timbangan yang dimiliki. Sesekali (sekali dalam 1 atau 2 bulan) juga anda perlu menggunakan timbangan di tempat umum (rumah sakit, puskesmas), bisa juga milik orang lain untuk memastikan bahwa timbangan anda masih berfungsi dengan baik.

  18. Cara menghilangkan nafsu makan dengan cepat.

    Saat hasrat untuk makan ini dan itu atau hendak ngemil mencuat ke permukaan, anda dapat mengkonsumsi larutan garam isotonik untuk menghilangkan keinginan itu. Larutan ini semacam antioksidan untuk menghilangkan candu karena makanan tertentu dari dalam mulut dan perut. Juga dengan mengkonsumsi larutan garam manis ini, perut anda akan terasa sudah terisi.

    Jika hasrat untuk makan lebih lagi muncul setelah waktu makan besar (makan pagi, siang dan malam) maka anda dapat juga mengkonsumsi jus/ perasan jeruk nipis. Jeruk nipis juga terbukti sebagai antioksidan yang dapat menghilangkan pengaruh toksin karena kecanduan terhadap makanan dan minuman tertentu.

  19. Cara mengalihkan hati dan indra.

    Untuk mengendalikan hatimu dapat dengan senantiasa fokus kepada Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian.
    Bisa juga dengan memikirkan sesuatu tentang ilmu pengetahuan yang positif.
    Atau terus menekuni pekerjaan positif yang sedang dilakukan, bisa juga menekuni bakat dan potensi yang dimiliki.

    Jika hatimu sudah terkendali artinya hawa nafsu tidak liar/ tidak suka macam-macam maka indra cenderung terkendali sehingga dapat menenangkan diri dalam segala sesuatu yang dikerjakan.
    Dibalik semuanya itu, andapun dapat mengalihkan hasrat yang terlalu tinggi terhadap makanan dan minuman dengan menyibukkan indra dengan hal-hal tertentu. Misalnya.

    • Mata dengan melihat pemandangan yang bagus, pameran karya seni, menonton bioskok, opera, komedi, menonton televisi dan lain sebagainya.
    • Telinga dengan mendengar radio, mendengar musik, mengikuti ceramah dari tokoh agama, mengikuti acara yang mengundang motivator tertentu, mengikuti konser musik dan lain-lain.
    • Kulit dengan mengikuti spa, kusut, berhubungan badan (bagi yang sudah memiliki pasangan resmi), masturbasi bagi yang masih singel.
    • Hidung dengan menggunakan minyak angin, minyak telon atau pewangi aroma terapi lainnya.
    • Lidah dapat dilakukan dengan berkomunikasi dan bercengkrama dengan sesama.
    • Teknik gabungan yaitu dengan bekerja melanjutkan pekerjaan yang positif, senam, berolahraga, menekuni hobi, memberishkan rumah dan lain sebagainya.

Berhasil tidaknya program diet untuk melangsingkan badan yang anda tekuni tergantung dari konsistensi dan integritas dalam diri sendiri. Yakinlah bahwa hal-hal yang dilakukan secara terus-menerus dan konsisten akan menjadi kebiasaan yang membudaya sehingga membuat bahagia dan membuahkan hasil yang tidak biasa. Di atas semuanya itu jadilah diri sendiri: dengarkan, resapi dan lakukan apa kata hatimu kawan.

Salam sehat alami!

Iklan

Satu tanggapan untuk “+17 Cara Melangsingkan Tubuh Secara Alami, Mudah dan Murah – Diet ketat dibiasakan bukan simsalabim

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s