+11 Manfaat, Jenis & Cara Berpuasa Yang Baik Agar Tahan Lama

Manfaat, Jenis dan; Cara Berpuasa Yang Baik Agar Tahan Lama

Puasa adalah (1) menghindari makan, minum, dan sebagainya dengan sengaja (terutama bertalian dengan keagamaan); (2) Isl salah satu rukun Islam berupa ibadah menahan diri atau berpantang makan, minum, dan segala yg membatalkannya mulai terbit fajar sampai terbenam matahari; saum (KBBI Luring). Puasa itu indah. Merupakan keadaan dimana seseorang memutuskan untuk membatasi indra dan sifat konsumtif (misalnya tidak makan selama beberapa waktu) dengan tujuan-tujuan tertentu. Secara prinsip berpuasa adalah sehat dimana kita memberi kesempatan buat sistem pencernaan sendiri untuk beristirahan selama beberapa waktu. Selain itu beberapa orang juga meyakini manfaatnya luar biasa dari sisi spiritual (agama).

Saat berpuasa, tidak cukup hanya indra pengecap (lidah & bibir)  yang di jaga dari hal-hal yang tidak baik-buruk. Melainkan juga ada baiknya jika ke lima indra turut di siagakan dan dipuasakan sehingga aktivitas ini semakin luas manfaatnya. Hal ini dilakukan untuk menutup semua jalur hawa nafus yang melaluinya. Sebab, darimanakah datangnya hawa nafsu kalau bukan karena di awali dengan pencitraan sebuah objek oleh indra. Oleh karena itu ambil prinsip untuk melakukan puasa total sehingga lebih tahan lama.

Apabila kita berpuasa sedangkan orang lain tidak. Sebaiknya kita lebih sabar dan jangan lemah hati lalu tergiur/ berniat untuk membatalkan aktivitas yang sedang di jalani. Sebenarnya ini adalah bagian dari ujian untuk melatih kesabaran dan daya tahan terhadap berbagai bentuk godaan. Jika godaan-godaan kecil saja sekelas godaan terhadap makanan & minuman mampu kita tahankan niscaya hal-hal yang lebih jahat dan lebih menggodapun mampu dibatasi.

Macam-macam puasa

Konsep puasa yang kami maksud disini tidak melulu pada tradisi masyarakat Indonesia melainkan lebih kepada hal-hal yang umum. Ada pola kebiasaan makan orang kita yakni, tiga kali sehari. Apabila seseorang hanya mengkonsumsi makanan dua kali atau satu kali sehari maka aktivitas ini juga tergolong dalam kegiatan puasa. Berikut macam-macam jenis puasa menurut budaya dan indra yang dipuasakan.

  1. Puasa Ramadhan yang dilakukan oleh Umat Islam untuk menyambut Bulan Ramadhan.
  2. Puasa total dimana orang yang melakukannya menjauhkan diri dari kehidupan bermasyarakat (menyendiri) yang disebut juga sebagai bersemedi.
  3. Berpuasa dalam lingkup makanan & minuman. Hanya menjaga diri untuk tidak makan dan minum selama beberapa waktu.
  4. Berpuasa terhadap jenis makanan tertentu. Biasanya orang yang mengidap penyakit kronis memiliki pantangan terhadap beberapa jenis makanan.
  5. Berpuasa dengan tidak mau bicara yaitu menahan lidah untuk tidak mau berkata-kata dengan siapapun.
  6. Puasa bercinta yakni berupaya untuk tidak melakukan hubungan senggama selam beberapa waktu.
  7. Berpuasa dengan menjaga mata yaitu membatasi pandangan pada hal-hal tertentu saja.
  8. Dan puasa jenis lainnya yang intinya adalah menjaga dan membatasi diri dari aktivitas tertentu.

Manfaat berpuasa yang tidak biasa

Dari yang kami ketahui bahwa dengan berpuasa ada banyak manfaat positif yang dapat kita peroleh darinya. Yaitu sebagai berikut.

  1. Sebagai ibadah yang wajib bagi seorang Muslim menjelang Bulan Suci Ramadhan.

  2. Merendahkan diri di hadapan Tuhan.

    Orang Kristen percaya bahwa puasa adalah bagian dari usaha manusia untuk merendahkan diri dihadapan Sang Pencipta. Ini dilakuka ketika kita memiliki permohonan yang sangat mendalam di hadapan Tuhan dan sangat berharap Ia memberikan jalan keluar atas situasi yang dihadapi. Aktivitas ini juga bermanfaat sebagai.
    – Memohon ampun atas dosa yang dilakukan.
    – Menyucikan diri dari segala yang jahat.
    – Memohon petunjuk dan jalan keluar dalam pergumulan.
    – Meminta arahan dari Tuhan tentang jalan yang ditempuh.
    – Memohon bimbingan Tuhan atas pilihan yang diambil.
    – Memohonkan kesembuhan atas penyakit yang diderita.

  3. Menyehatkan pencernaan.

    Moment puasa adalah waktu yang tepat untuk mengistrahatkan organ pencernaan yang biasanya super sibuk dan lelah terlebih di jam-jam pencernaan.

  4. Menurunkan kadar gula darah.

    Bila biasanya anda memiliki kadar gula yang tinggi atau memang menderita diabetes maka berpuasa adalah solusi yang tepat untuk menurunkan kadar gula anda.

  5. Kolesterol yang tinggi menurun.

    Bagi para penderita kadar lemak total yang tinggi dapat mencoba untuk melakukan puasa makan daging alias jadi vegetarian dalam jangka waktu tertentu.

  6. Menurunkan persentasi asam urat dalam darah.

    Sendi yang terasa nyeri dan sakit disebabkan oleh tingginya kadar asam urat. Oleh sebab itu, anda harus berpuasa terhadap makanan yang mengandung sayuran hijau dengan kadar asam urat tinggi.

  7. Menurunkan berat badan.

    Anda yang ingin menurunkan berat badan lebih ideal dapat melakukan cara ini. Mudah dan praktis kok terutama bagi perempuan yang ingin menjaga kelangsingan tubuhnya. Dapat dicoba ladies….

  8. Menyehatkan organ jantung.

    Terkadang makanan yang berlebihan menyebabkan gangguan dan memperberat kerja organ ini. Memberikan beberapa waktu dalam seminggu untuk berpuasa adalah salah satu cara untuk menyehatkan jantung,

  9. Belajar sabar.

    Saat berpuasa secara tidak langsung kita ditantang oleh orang-orang disekitar yang tidak melakukan aktivitas yang sama. Jika tidak kuat niscaya kita akan tergiur dan akhirnya batal deh…. Atau bisa jadi juga kalau tidak kuat malah marah-marah kepada orang tersebut.

  10. Berkonsentrasi dan Belajar mengabaikan.

    Saat kita puasa seolah-olah tantangannya justru semakin banyak. Entah itu dari teman atau dari orang asing yang tidak dikenal. Usaha kita satu-satunya adalah mengalihkan perhatian kepada hal-hal yang positif sehingga konsentrasi tidak pecah dan hati tetap teguh untuk menyelesaikan apa yang telah dimulai. Mengalihkan konsentrasi berhubungan erat dengan mengendalikan indra dari objek tertenu.

  11. Pada akhirnya kita dimampukan untuk mengendalikan hawa nafsu dan mengendalikan diri sendiri.

    Apabila anda ingin belajar mengendalikan hawa nafsu maka lebih baik anda mencoba untuk berpuasa karena ini adalah pelajaran awal untuk mengendalikan diri sendiri. Jikalau nafsu di indra sudah dapat teratasi/ diredam/ ditekan/ dihilangkan sama sekali maka

Cara yang baik untuk melakukan puasa sehingga lebih tahan lama

Kami sendiri selalu melakukan puasa setiap hari. Makan hanya dua kali sehari, yakni pagi dan petang. Manfaat yang dirasakan memangg luar biasa sampai sekarang masih sehat dan tidak pernah sakit sejak kurang lebih empat tahun yang lalu. Berikut cara berpuasa yang baik, kami anjurkan kepada semua pembaca di blog ini.

Tahap persiapan

  1. Rumuskan komitmen untuk melakukannya. Ambil prinsip untuk konsisten melakukannya. Tanpa sebuah tekad yang bulat apapun yang ditekuni akan kandas di tengah jalan.
  2. Ketahui terlebih dahulu manfaatnya. Jika mengenal manfaatnya niscaya kita lebih termotivasi.
  3. Pastikan kondisi tubuh anda sedang fit sesaat sebelum melakukannya. Hindari berpuasa jika tidak diijinkan oleh dokter anda.
  4. Tidak perlu sesumbar lalu memberitahukan aktivitas anda kepada teman-teman yang lain, kecuali mereka bertanya sendiri. Informasi ini bisa saja mereka manfaatkan untuk mempermainkan/ menggoda anda.
  5. Tidak lupa untuk mengucap syukur dan berdoa sesaat sebelum, ditengah dan setelah puasa selesai sehingga aktivitas yang anda tekuni direstui sama Yang Di Atas.
    Jika anda senantiasa fokus kepada Tuhan saat berpuasa niscaya anda akan dijauhkan agar tidak melakukan perbuatan yang salah dan pikiranpun dimurnikan oleh-Nya.
    Fokus ini dapat dilakukan dengan senantiasa membahas Firman-Nya, berdoa dan memuji-memuliakan nama-Nya. Baik lewat mulut, dengan iringan musik maupun dalam hati.
    Saat berpuasa alangkah lebih baik jika anda melakukannya didalam hati saja sebab melakukannya lewat mulut dan alat musik dalam waktu lama (lebih dari 2 jam) dapat membuat anda dehidrasi dan kehilangan tenaga.

    Di awal puasa

  6. Jagalah asupan cairan anda (kira-kira 3 gelas x 200 mL) terpenuhi sesaat sebelum berpuasa.
  7. Selalu sertakan herbal alami dalam setiap masakan anda, yakni bawang putih, bawang merah dan jahe. Herbal ini bermanfaat untuk menjaga aliran darah tetap lancar dan daya tahan tubuh tetap bekerja maksimal.
  8. Konsumsi makanan yang seimbang dengan buah dan sayur di dalamnya. Konsisten dengan porsi makan yang biasa anda lakukan. Jangan berlebihan mengkonsumsi makanan sebab dapat memperberat aktivitas organ pencernaan sehingga mengharuskan anda untuk tidur.
  9. Konsumsi larutan air garam ½ sendok teh dalam 250 mL air panas sesaat sebelum memulai puasa. Ini dilakukan untuk menjaga jumlah cairan tetap stabil dalam tubuh anda. Air garam memang telah terbukti dahsyat mencegah dehidrasi sehingga dapat menahan rasa haus dan lapar anda lebih lama.

    Saat puasa sedang jalan

  10. Berpuasa secara totalitas mengharuskan anda untuk mengasingkan diri dari keramaian untuk bersemedi dan memfokuskan seluruh pikiran hanya kepada Tuhan.
  11. Jika sedang dalam puasa makan pastikan anda tidak melakukan aktivitas fisik yang berat di hari itu.
  12. Apabila sedang puasa minum. Alangkah baiknya jika anda tidak terlalu banyak bicara dan bercanda gurau dengan yang lainnya.
  13. Hindari membuang ludah (air liur) terlalu sering. Daripada dibuang lebih baik di telan untuk menjaga stok cairan tubuh.
  14. Saat puasa bercinta mengharuskan anda untuk tidak melakukan hubungan intim selama beberapa waktu.
  15. Saat yang berpuasa adalah mulut maka apapun dan dimanapun berada menahan mulut untuk berbicara. Jika hendak mengatakan sesuatu lebih baik tulis disecarik kertas saja.
  16. Puasa mata adalah kemauan untuk membatasi diri melihat hal-hal yang buruk dan mengundang dosa.
  17. Jika anda sudah terlalu lelah namun waktu puasa belum berakhir maka alangkah lebih baik jika anda tidur terlebih dahulu. Kami menyarankan agar anda memasang jam alarm agar tidak tidur kebablasan.
  18. Lakukanlah semuanya itu terus menerus sebab dalam hal inilah anda diajari untuk senantiasa konsisten dalam menjalani hidup.

    Ketika berpuasa berakhir.

  19. Silahkan berdoa dan mengucap syukurlah terlebih dahulu sesaat sebelum aktivitas ini berakhir.
  20. Sebelum mengkonsumsi makanan ringan, lebih baik minum air terlebih dahulu sebanyak 2 gelas x 200 mL secara perlahan.
  21. Konsumsilah makanan yang seimbang dengan buah dan Hindari kebiasaan “membalas dendam” untuk menambah porsi makan yang telah berkurang/ hilang dalam beberapa jam terakhir.
    Tidak lupa untuk selalu menyertakan herbal ajaib dalam setiap makanan yang dimasak.
    Perhatikan asupan garam harian anda. Sodium klorida adalah mineral ajaib yang sangat berfaedah untuk membersihkan/ detoksifikasi tubuh dari berbagai jenis racun baik yang berasal dari luar maupun yang berasal dari dalam. Kebutuhan garam per hari untuk orang dewasa adalah 1/2 sampai 1 1/2 sendok teh.
  22. Di jam-jam berikutnya konsumsi air 3 gelas x 200 mL secara terpisah. Sehingga total air yang anda konsumsi dalam 24 jam (1 hari) terakhir sebanyak 8 gelas.

Dalam hidup ini sesekali membatasi indra adalah baik untuk mulai belajar mengendalikan hawa nafsu terutama yang sesat. Jikalau indra saja bisa dikendalikan maka andapun dapat mengendalikan hal-hal yang lainnya dalam hidupmu. Sebab perkara-perkara kecil mengawali kehidupan anda untuk diantarkan bahkan dipercayakan menanggung hal-hal yang lebih besar. Demikian saja tips sehat dari kami teman. Semoga anda yang sedang berpuasa dapat dibantu dengan informasi ini.

Salam sehat alami

Iklan

2 comments

  1. […] Sadar atau tidak, bagi kita yang pernah melakukan aktivitas puasa menjadi sebuah metode tersendiri untuk mengendalikan diri dari hal-hal tertentu. Sadar atau tidak ujian berat yang kita lalui saat berpuasa melatih kita untuk menjadi orang yang kuat menahan diri dalam hal-hal tertentu. Bagi anda yang masih belum bisa menahan diri terhadap makanan silahkan lakukan aktivitas ini niscaya mental akan dibentuk untuk menjadi seseorang yang tidak mudah terpengaruh dan tidak mudah tergoda oleh situasi di sekeliling kita.  Kami merekomendasikan jenis puasa yakni makan 2 kali sehari saja. Ini cukup mudah untuk dilakukan silahkan melihat-lihat pada tulisan kami sebelumnya. Selanjutnya, Cara berpuasa yang benar […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s