9 Penyebab Bau Badan Yang Harus Anda Hindari

 

Penyebab Bau Badan Yang Harus Anda Hindari

Bau yang tidak sedap tidak disukai oleh kebanyakan orang. Mereka cenderung menjauh, menyingkir, menyindir/ mengejek bahkan menghina saat bau badan seseorang sangat menyengat. Itulah sikap yang berbeda dari yang lain. Kami sendiri menganggap hal itu biasa saja dan bila perlu kami memberikan dia solusi cara terbaik untuk mengatasi hal tersebut.

Bau badan adalah keadaan dimana aktivitas bakteri lebih dominan dipermukaan tubuh kita. Keberadaan kuman di permukaan tubuh adalah normal atau disebut juga flora normal. Akan tetapi Semua ini akan menjadi buruk ketika aktivitasnya tidak dapat dikontrol oleh sistem daya tahan tubuh sendiri.

Manusia memiliki daya tahan tubuh baik di dalam maupun di luar tubuhnya. Komponen inilah yang menghambat aktivitas bakteri, jamur dan virus baik di dalam tubuh (misalnya dalam paru-paru dan organ pencernaan dan lain-lain) maupun di luar tubuh tepatnya dipermukaan kulit. Oleh karena itu kekuatan daya tahan tubuh adalah salah satu faktor penentu bau badan yang anda alami.

Mari pahami bahwa, keringat yang sehat itu rasanya asin. Garam yang terkandung dalam keringat turut menjaga tubuh dari aktivitas bakteri yang berlebihan. Garam diketahui sebagai senyawa yang mampu menghambat bahkan membunuh (melisiskan) kuman. Sudahkah kebutuhan garam harian anda terpenuhi ? Baca juga, Manfaat garam

Berikut akan kita pelajari bersama apa saja yang menjadi faktor yang menyebabkan bau badan menjadi tidak sedap.

  1. Kebiasaan merokok. Sadar atau tidak setiap perokok bau badannya sangat jelas tercium.
  2. Kebiasaan meminum alkohol. Percaya deh, kebiasaan mabuk-mabukan membuat bau badan anda semakin menyengat.
  3. Kurang minum air. Cairan yang kurang dalam tubuh akan mengakibatkan air seni dan air keringat yang dikeluarkan lebih kental sebab kaya akan bahan organik. Inilah yang berpotensi menyebabkan bau menyengat itu bisa muncul dari dalam tubuh anda.
  4. Kurang mengkonsumsi garam dapur. Kemampuan bahan ini untuk menghambat dan melisiskan kuman bukan cerita omong kosong. Manfaatnya sebagai pengawet sudah dikenal orang sejak zaman dahulu kala. Apabila dalam setiap keringat yang dikeluarkan tidak mengandung garam niscaya aktivitas pertumbuhan bakteri dan jamur semakin merajalela sehingga menimbulkan bau badan.
  5. Konsumsi makanan berprotein khusus seperti jengkol dan petai.
  6. Kurang makan buah dan sayur. Kebiasaan buruk ini harus ditinggalkan sebab buah dan sayur sangat baik untuk menunjang daya tahan tubuh manusia terhadap kuman penyakit.
  7. Kebiasaan makan dalam jumlah yang berlebih. Sadar atau tidak mengkonsumsi protein dan karbohidrat dalam jumlah yang berlebih akan membuat ginjal kita bekerja ekstra lalu mengekskresikan zat makanan tersebut melalui urin dan juga keringat. Dengan membuang sisa protein/ karbohidrat lewat keringat bakteri dipermukaan kulit akan berpesta dan memfermentasi zat tersebut sebagai bahan makanannya dan juga sebagai gas yang menimbulkan bau menyengat.
  8. Kebiasaan tidak mau mandi. Seharusnya setiap orang wajib mandi 2 kali sehari atau mandi itu setelah mengeluarkan keringat banyak. Agar keringat yang kaya akan bahan organik itu tidak dipecahkan/ dicerna oleh bakteri sehingga menghasilkan gas berbau busuk.
  9. Gagal ginjal. Ginjal yang tidak mampu berfungsi maksimal akan membuat zat makanan yang lewat disana tidak direabsorbsi kembali kedalam tubuh melainkan dibuang seiring sekresi urin dan keringat.

Selanjutnya, Cara menghilangkan bau badan

Demikian saja teman. Semoga ini menjadi pencerahan bagi kita semua untuk lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan.

Salam sehat alami

Iklan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s