7 Manfaat Minum Air Secara Perlahan & Pelan – Jangan sekaligus meneguk segelas air

 Manfaat Minum Air Secara Perlahan-lahan dan Pelan-pelan saja

Air adalah komponen kehidupan yang sangat mendasar dan paling banyak dibutuhkan. Tidak ada sesuatu yang dapat menggantikan perannya dalam tubuh. Patut diketahui bersama bahwa kandungannya dalam tubuh sekitar 70% dari total berat badan. Cairan turut berperan dalam proses berlangsungnya berbagai macam reaksi dalam tubuh, terutama dalam darah, organ pencernaan, otak bahkan untuk tingkat sel sekalipun.

Terdapat begitu banyak manfaat air bagi kehidupan manusia. Apabila dituliskan satu per satu, blog ini rasanya tidak cukup untuk membahasnya secara lebih lengkap. Secara umum perannya menjaga kesehatan organ vital, seperti jantung, paru-paru, hati, ginjal, otak, mata, organ kelamin (alat reproduksi) dan lain sebagainya. Selain turut memperlancar aliran darah, ia juga turut berperan dalam membersihkan organ tersebut dari berbagai macam jenis racun/ toksin.

Penting bagi kita untuk mengetahui saat minum sebaiknya pelan-pelan saja. Tidak perlu terburu-buru lalu langsung menenggak segelas air sekaligus. Mungkin di rumah sendiri kita dapat melakukan hal ini akan tetapi ketika keluar dari rumah dan mengunjungi tempat-tempat yang masih terlalu asing bagi kita niscaya suatu saat hal ini akan mendatangkan resiko besar (dampak buruk).

Cobalah untuk menyibukkan diri dengan aktivitas kecil yang positif saat sedang meminum sesuatu. Misalnya bercengkrama dengan teman, melakukan obrolan kecil, membaca koran, membaca online, mendengarkan musik, menonton televisi dan lain sebagainya. Istilah kerennya adalah “sambil menyelam minum air!”. Kebiasaan seperti ini diluar rumah enak dilihat orang lain dan menghindari/ meminimalisir resiko keracunan.

Berbeda aturannya ketika kita minum air di rumah sendiri dengan di rumah orang terlebih jika mereka belum dikenal betul (orang asing). Kalau itu milik kita pasti sudah tahu proses pembuatannya sehingga diri sendiri bisa menjamin bahwa minuman itu sehat adanya. Lain halnya ketika itu diluar pemantauan yakni milik orang asing. Siapa yang tahu, apakah itu sehat atau tidak?

Cara meminum air perlahan-lahan

Mungkin setiap orang memiliki metode yang berbeda soal ini. Bagaimana cara meminum air secara perlahan dan pelan saat bertamu di rumah orang? Berikut penjelasannya menurut kami sendiri.

  • Begitu segelas minuman di sajikan di depan anda, jangan langsung diminum.
  • Saat dipersilahkan oleh lawan bicara (pemilik rumah), minumlah seteguk saja.
  • Disela-sela pembicaraan/ pekerjaan, saat sedang break/ jeda komunkasi, silahkan diminum lagi teman. Lakukanlah hal ini beberapa kali sesuai dengan kebutuhan.
  • Sisakan minuman itu, jangan diminum semuanya, kira-kira ¼ (di bawah ¼) lagi untuk ditinggalkan sisanya.

Manfaat meminum air pelan-pelan

Baiklah mari kita bahas lebih lanjut apa saja manfaat meminum air perlahan-lahan. Berikut selengkapnya.

  1. Etika dan kesopanan.

    Beberapa orang, terutama orang Muslim memiliki etika minum yang ketat. Seperti minumlah saat duduk (jangan sambil berdiri) lalu teguk minuman tersebut perlahan-lahan. Ini menjadi salah satu syarat bagi anda ketika berkunjung ke rumah mereka sehingga relasi dan kedekatan tidak terganggu.

  2. Belajar sabar.

    Kemampuan minum secara perlahan & pelan sebagai selah satu metode untuk menjadi lebih sabar dari hari ke hari. Ini salah satu teknik pembelajaran aplikatif yang sifatnya sederhana tapi manfaatnya besar jika terus menerus dialakukan.

  3. Lebih dinikmati dengan rasa syukur.

    Ingatkah anda untuk menikmati segelas minuman. Mungkin kita kebanyakan lupa karena itu hanya segelas air padahal hal tersebut adalah salah satu nikmat yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa bagi kehidupan ini. Jangan hanya berdoa saat makan melainkan sempatkan diri juga untuk bersyukur saat meminum segelas air putih.

  4. Enak dilihat orang sehingga bebas dari prasangka buruk .

    Meneguk minuman yang sudah dipersilahkan sekaligus menandakan seolah-olah kita sangatlah kehausan. Sehingga pemilik rumah merasa bersalah karena terlambat menyuguhkan air tersebut atau kita yang aneh karena terlalu berlebihan.

    Menenggak segelas minuman sekaligus menandakan bahwa kita masih menginginkannya lagi. Orang asing pemilik rumah bisa jadi berprasangka buruk dan menganggap diri ini terlalu serakah. Air aja diembat gak tanggung-tanggung apalagi kalau dikasih sesuatu yang lebih? 😀

  5. Lebih sehat.

    Setelah makan alangkah baiknya bila tidak langsung meminum segelas air atau minuman apapun. Sebab, jumlah makan yang sudah memenuhi lambung, ketika ditambah lagi akan semakin berat kerjanya sehingga memperlambat proses penyerapan sari-sari makanan.

    Demikian pula ketika minum air di pagi hari (2 – 3 gelas), jangan sekaligus tuh, karena perut bisa terasa sakit. Lakukanlah itu sedikit demi sedikit.

    Ini tergantung dari besarnya rongga mulut masing-masing. Semakin besar rongga mulut maka seteguk air dapat menampung volume yang besar pula sehingga jumlah tegukannya sedikit. Akan tetapi semakin kecil rongga mulut maka seteguk air dapat menampung volume yang lebih kecil pula sehingga jumlah tegukannya lebih banyak.

  6. Bebas dari penyakit.

    Beberapa orang tidak mampu menahan hawa nafsunya terhadap minuman tertentu. Misalnya kopi, teh, kapucino, minuman bersoda dan lain sebagainya. Padahal minuman ini meningkatkan resiko diabetes. Apabila ingin meninggalkan kebiasaan buruk ini, mulailah dengan meninggalkan ¼ sampai ½ sisanya dalam gelas untuk dibuang.

  7. Menghindari minum racun.

    Minum secara perlahan-lahan membuat anda mampu menilai setiap tetas minuman yang masuk kedalam mulut ini. Ingatlah bahwa apa yang masuk tidak dapat ditarik kembali ke luar (dibuang). Efek sampingnya akan nyata setelah beberapa jam, hanya sisanya yang akan dibuang. Oleh karena itu kenalilah setiap kualitas air yang diminum sedini mungkin. Selengkapnya, Cara mengidentifikasi minuman yang mengandung racun

Demikian saja teman. Semoga khasanah pengetahuan anda semakin bertambah lewat semua tulisan di blog ini.

Salam bebas penyakit!

Iklan

One comment

  1. […] Jangan menghabiskan seluruh cairan di dalam gelas. Sisakan bagian bawahnya yang mengendap. Sebab bisa saja bahan kimia berbahaya itu telah mengendap sehingga tidak bereaksi pada tubuh. Oleh karena itu selalu waspada. Baca juga, Manfaat minum air perlahan-lahan […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s