10 Alasan Mengapa Tidak Boleh Menyimpan Rahasia di Internet – 12 Ciri khas perkembangan hidup yang positif di media sosial – Media Sosial & Cloud tidak terjamin aman selamanya

Alasan mengapa tidak boleh menyimpan rahasia di internet – Ciri khas perkembangan hidup yang positif di media sosial - Media Sosial Cloud tidak terjamin aman selamanya

Internet seperti rumah ke dua bagi kita. Hampir semua foto telah di upload  kesana, mulai dari pekerangan, teras, ruang tamu, kamar, dapur, halaman belakang bahkan foto saat dikamar mandipun ada 😀 Kenangan yang kita simpan di media sosial terlalu menawan hingga suatu saat melirik kembali dan terkekeh manis dibuatnya. Melihat kebelakang beberapa status yang telah diposting, saat masih remaja, muda dan dewasa. Tidak jarang kita “kilas balik” perkembangan kehidupan dari tahun ke tahun, beda saat duduk dibangku sekolah, perkuliahan, tempat kerja dan setelah menikah. Apakah anda bisa menemukan perkembangan positif atau malah terjun bebas perlahan-lahan?

Pengertian

Rahasia adalah fakta masa lalu yang disembunyikan dari publik. Biasanya rahasia itu sesuatu yang jelek atau baik? Ini adalah pertanyaan terakhir saat menulis artikel. Namanya juga bersifat di sembunyikan dari pihak lain sudah pasti kalau yang terjadi sebaliknya atau dengan kata lain telah diketahui oleh orang lain maka yang mengalami kerugian adalah diri sendiri. Fakta dapat berupa informasi tulisan, suara, gambar, video atau hal-hal lainnya yang mengandung unsur media informasi yang dapat dikomunikasikan dengan orang lain.  Otomatis kalau fakta itu baik maka dengan senang hati dipublikasikan. Lain halnya ketika itu buruk akan di tutup rapat-rapat.

Ada baiknya jika menekuni sesuatu memberi dampak positif

Sudah bertahun-tahun bahkan puluhan tahun berlangganan di media sosial masakan tidak ada satupun perubahan? Masa iya kita yang dahulu pesimistis semakin pesimis sekaran. Bahkan parahnya lagi masakan kita yang dulunya baik kepada semua orang menjadi sangat sensitif setelah bersosial media. Jangan salah kaprah dan menyalahkan internet karena telah mengubah kehidupan kita menjadi sesuatu yang tidak kita inginkan sejak dari awal. Ini tidak ada hubungannya melainkan kita sendirilah yang secara sadar maupun tidak sadar telah memilih untuk hidup di jalan yang salah. Itu adalah pilihan hati sobat jangan menjadi orang yang mudah dipengaruhi. Harus punya standar hidup sebagai pegangan yang kokoh. Baca juga, Kitab Suci sebagai standar kehidupan

Ciri-ciri perkembangan hidup yang menjadi lebih baik setelah berkenalan dengan internet

Perkembangan kehidupan sendiri dapat kita amati dari status dan konten yang kita publish atau rahasiakan dari orang baik. Ciri khas kemajuan itu seperti ini, mungkin anda mengalami salah satu diantaranya :

  1. Pada awalnya kita lebih suka merahasiakan kehidupan ini dengan menyetel privasi “hanya saya” atau “teman” sekarang sudah lebih terbuka dengan pengaturan “privasi publik”.
  2. Sebelum-sebelumnya kita lebih senang tarok foto artis idola di wall bahkan di foto profil sekarang sudah lebih berani unjuk gigi sendiri sekalipun “kelihatan ompongnya” 😀
  3. Yang sudah-sudah kita lebih suka mengkibuli orang seputar profil tempat tinggal, pekerjaan, jabatan yang tinggi-tinggi sekarang justru ngepost “indahnya hidup di desa di tanah sendiri”.
  4. Kalau dahulu status kita lebih banyak mengeluh kepada jagad maya maka sekarang justru turut memberi dukungan dan semangat positif kepada teman-teman disana.
  5. Kemungkinan dahulu kita sangat cepat me-like apalagi meng-share semua konten aneh yang di temukan di media sosial. Akan tetapi sekarang, kita sangat hati-hati, memeriksa dahulu kebenaran sebuah informasi barulah dishare ke teman-teman yang lain. Baca juga, Cara menilai kelayakan sebuah konten di internet
  6. Apabila di awal-awal masuk facebook, twitter & G+ kita lebih sering share foto-foto diri sendiri (masih jomblo ngenes pulak ckckckkk) sekarang fotonya jadi rame-rame atau paling tidak berdua dengan pasangan hidup.
  7. Jika dahulu kita lebih sering update status (bahkan tiap jam) maka sekarang lebih jarang karena kesibukan positif di dunia nyata.
  8. Dulu kita banyak musuh dan suka menyindiri dan caci maki mereka di status sendiri sekarang pembenci kita sudah lebih banyak lagi lalu status kita motivasi dan semangat perubahan.
  9. Di waktu yang lampau kita lebih suka mojokin orang sedang sekarang kita lebih senang mendukung kaum terpinggirkan.
  10. Di masa lalu kita lebih intens melakukan interaksi di media sosial sedangkan sekarang lebih giat menjalin hubungan baik dengan lebih banyak orang di dunia nyata.
  11. Sebelumnya lebih senang meng-copy-paste karangan dari penulis lain, nah sekarang lebih baik menyusun kata-kata sendiri.
  12. Dahulu anda menulis status pendek sekarang sudah mahir menulis cerita berdurasi panjang.

Kilas balik, sejarah bagus juga

Sejarah itu penting lho kawan. Sejenak melihat kebelakang kehidupan kita dapat belajar betapa sombong, bodoh, lucu, culun dan lemahnya diri ini. Lalu mari ambil hikmahnya, apa yang dapat kita ubah dan perbaiki untuk masa depan yang lebih cerah. Mengambil beberapa kisah di masa lalu sebagai pelajaran untuk di jadikan pengalaman berharga. Ada pelajaran hidup di balik semua yang telah terjadi. Bukan rasa sakit itu yang diingat-ingat melainkan hikmahnya. Kebiasaan mengingat kepahitan membuat emosional labil, mudah marah dan hawa nafsu tinggi. Lupakan masa lalu tapi ambil hikmah dari semua peristiwa itu.

Pergerakan kita di dunia maya selalu diawasi

Rahasia itu penting tapi internet bukan tempat yang “pas” untuk menyimpannya. Sebenarnya, kita hanya numpang di rumah orang (media sosial) namun selama ini kita terlalu percaya diri lalu mempercayainya sebagai rumah sendiri padahal kita hanya diijinkan numpang (daftar) gratis di salah satu kamarnya. Sadarilah bahwa kamar (akun) yang anda miliki bukan ruangan polos apa adanya. Melainkan ada sesuatu yang lebih canggih dari sekedar “CCTV” yang selalu mengawasi pergerakan anda bahkan saat keluarpun (log out) pengawas itu menyeleksi (scan) segala yang disimpan dalam kamar itu. Inilah yang namanya teknologi tingkat tinggi.

Di dunia nyata aja bisa “terungkap” apalagi di jagad maya

Logikanya adalah, rahasia yang kita simpan kepada sahabat terdekatpun suatu saat akan terbongkar. Terlebih lagi ketika menitipkan informasi yang bersifat rahasia di rumah orang lain. Sudah pasti, paling tidak pemilik rumah (administrator) telah mengenalinya juga. Mari melihat kebelakang, dokumen paling rahasia milik organisasi sehebat CIA saja bisa dibongkar dan dibeberkan ke khalayak luas terlebih lagi kontent/ tulisan/ foto/ video milik orang kecil seperti kita. Jangan menganggap privasi di dunia maya mutlak tidak dapat dibobol. Mungkin dalam waktu “dekat tidak” tapi dimasa depan siapa yang jamin?

Tidak ada yang benar-benar rahasia di media sosial

Tidak ada rahasia di Internet, semua yang anda upload ke media sosial dan cloud telah diketahui “ber-genre/ jenis apa?” Oleh karena itu jangan coba-coba menyimpan konten yang beresiko mempermalukan anda kelak. Berikut ini alasan mengapa kerahasiaan di facebook, twitter dan google plus tidak selalu aman.

Apa alasannya, mengapa tidak boleh menyimpan rahasia di tempat lain.

Jangan menyimpan rahasia di kediaman orang yang tidak dikenal. Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya bahwa kita hanya “menumpang” di rumah orang. Masakan kita lebih percaya fasilitas orang lain ketimbang milik pribadi.

  1. Jujur itu hebat.

    Jikalau anda sudah hidup jujur mengapa masih ada yang di rahasiakan? Seharusnya kejujuran membuat kita lebih terbuka karena semuanya baik-baik saja. Perilaku yang merahasiakan sesuatu mengindikasikan bahwa anda termasuk golongan orang-orang pendusta.

  2. Untuk apa menyimpan keburukan.

    Kebiasaan merahasiakan keburukan menunjukkan bahwa hidup anda sedang tidak berada dalam jalur yang benar. Berubahlah sebelum penyesalan dan rasa bersalah menghantuimu.

  3. Ada admin yang ahli mengotak-atik rumah sendiri.

    Namanya juga rumahnya berarti seluk beluk dan lekak lekuknya sudah diketahui olehnya. Tinggal memasukkan beberapa “source code” dan menggunakan perangkat lunak terntentu untuk “memanggil” apa yang dicarinya.

  4. Ada mesin pengawas otomatis yang mampu mengeneralisasi setiap konten yang diupload ke cloud.

    Seperti mesin penjawab otomatis tapi lebih canggir dari itu. Kemampuaannya mampu membedakan isi berdasarkan jenis (gambar, tulisan, video, suara dan lain sebagainya), kepatutan (baik, buruk, dewasa, anak-anak) dan topik (kesehatan, olahraga, berita terkini, iklan, sosial, kepribadian, teknologi, bisnis, ekonomi, budaya dan masih banyak lagi).

  5. Tidak terhapus semuanya.

    Apapun yang anda tuliskan/ yang dikirim ke situs tertentu tidak terhapus sama sekali ketika anda men-delete-nya secara manual. Bisa saja itu dapat di panggil kembali atau di-recovery ulang oleh pemilik rumah.

  6. Pahami kemampuan google.

    Ketika gmail menyatakan telah meng-scan setiap email yang masuk ke tempatnya lalu dipilah-pilah bedasarkan kepentingan tertentu. Niscaya segala sesuatunya juga bisa dilakukan secara diam-diam oleh provider/ situs lain.

  7. Belum lagi masalah ketika akun anda di hack oleh orang lain.

    Niscaya anda bakal pusing tujuh keliling dibuatnya. Tapi untuk diketahui bersama bahwa sistim verifikasi 2 tahap telah menolkan resiko ini. Adakah setiap akun anda di media sosial sudah diatur untuk menganut/ menerapkan sistim itu? Butuh email dan nomor handphone sendiri.

  8. Skandal.

    Berdasarkan pengalaman, dokumen CIA saja dapat di bongkar oleh Snow*en apalagi milik kita orang kecil ini.

  9. Contoh besar.

    Email tim kampanye Partai Republik di Amerika bisa terungkap ke publik apalagi kita orang yang berasal dari negara yang masih belum menunjukkan andilnya dalam pergerakan dunia sekelas Indonesia.

  10. Kalau masih kecil belum terasa nanti sudah besar baru.

    Saat masih ceteng (anak ingusan, belum jadi apa-apa), diantara jutaan bahkan miliaran file, di manakah milik anda? Tidak ada yang tahu, anda sendiri tidak tahu (rahasia) dan pemiliknyapun tidak tahu (menjaga kerahasiaan) saking banyaknya. Lain halnya ketika anda sudah berada di posisi strategis (tenar – populer – penting), niscaya sang admin bakal mengobok-obok data diri dan masa lalu anda secara detail. Jika ada yang dapat di bisniskan (diperjual-belikan) maka ia akan memanfaatkan pihak ke tiga untuk menguras hasil keringat anda.

Jadi berhenti mengkoleksi keburukan sendiri di internet (cloud) sebab biar bagaimanapun juga hal ini beresiko merugikan anda di masa depan. Gunakanlah media sosial sepositif mungkin untuk membuat hidup anda lebih bermanfaat bagi orang lain.

Salam santun!

Iklan

One comment

  1. […] Sudah banyak pemberitaan dari berbagai belahan dunia yang membongkar beberapa rahasia orang ternama. Jika orang-orang populer dengan sumber daya yang tinggi saja dapat dibongkar rahasianya apalagi dengan orang-orang sederhana seperti kita ini. Simak juga, Hindari menyimpan rahasia di Internet […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s