11 Cara Menguji Kebenaran Sebuah Konten di Internet – Tulisan di media online harus diseleksi sendiri

Cara mengenali dan menilai kebenaran sebuah konten (tulisan) yang di share di internet dan media sosial

Internet dan media sosial adalah simbol liberalis absolut mutlak. Semuanya ada disana. Sekarang tergantung bagaimana anda memanfaatkan, mengetahui dan menilai setiap tulisan yang ada disana. Milikilah sikap yang kritis dan selektif dalam segala sesuatu.

Pengaruh internet bagi setiap penggunanya sangat besar. Mereka yang dapat memanfaatkan media ini secara maksimal dapat meraup keuntungan setidaknya keuntungan informasi yang mungkin tidak diketahui oleh banyak orang. Kemajuan di bidang ini sangat mendukung berbagai aspek kehidupan terutama aspek ekonomi, sosial dan budaya di tiap-tiap daerah. Bahkan dapat dikatan bahwa trend sosial yang berkembang di masyarakat dipengaruhi oleh konten-konten populer di dunia maya. Baca juga, Peran penting internet dan media sosial bagi kehidupan

Berbagai jenis tulisan di media online

Kebanyakan konten di internet berupa opini dari penulisnya. Kecuali untuk tulisan yang disertai dengan bukti konkret (video & gambar) dan terpercaya sekelas media masa online. Baik itu tentang tips & trik, cara, manfaat, kerugian, tutorial dan masih banyak lagi. Dimana genrenya berbeda-beda, ada yang berjenis dan diklasifikasikan pada bidang kesehatan, kehidupan sosial, ekonomi, budaya, hukum, lingkungan, bisnis/ usaha, teknologi, keunikan, keluarga & anak, kepribadian dan masih banyak lagi. Lalu timbul pertanyaan apakah kemudian latar belakang pendidikan dari setiap penulisnya? Jawannya adalah : “tidak ada yang tahu”.

Apakah mesin pencari bertanggungjawab?

Satu lagi pertanyaan yang sering sekali terngiang dalam hati ini adalah “apakah semua konten di Internet sudah terstandarisasi?”. Mungkin sebagian dari kita menganggapnya sudah tapi kenyataannya adalah BELUM SAMA SEKALI. Apakah Google dan Yahoo peduli dengan setiap kebenaran di setiap “page one” halaman pencarian? Apakah mereka berani menjaminnya? Jawabannya adalah “TIDAK TER-COVER SEMUA”. Bayangkan saja ketika jutaan bahkan miliaran informasi masuk kesana? Mungkin konten-konten populer dapat di moderasi sehingga terjamin kebenarannya tapi untuk tulisan yang tidak terpantau “KITA SENDIRI YANG MENSTANDARISASINYA”. Faktanya adalah situs apapun dimungkinkan untuk muncul di page one asalkan (1) teknik SEO-nya mendukung dan (2) jumlah kliknya tinggi (fantastis).

Kebenaran sebuah informasi adalah kesesuaian antara konten yang ditampilkan dengan fakta dilapangan. Beberapa jenis informasi tersebut dapat ditampilkan asal-asalan artinya teori dan praktek berbeda. Kejelian setiap orang dibutuhkan agar dapat menimbang baik-baik mana yang cocok dan mana yang tidak pas.

Tidak ada hukum yang berlaku untuk media online termasuk search engine

Satu-satunya alasan yang membebaskan search engine dari rasa tanggungjawab terhadap setiap page one yang ditampilkannya adalah tidak adanya hukum yang mengikat hal itu. Coba saja pemerintah membuat suatu undang-undang/ hukum online untuk mengendalikan mesin pencari yang melarang mereka untuk menampilkan situs & konten buruk/ berbahaya bagi penggunanya (user). Sebab biar bagaimanapun mereka harus mematuhi hukum di negara ini selama mereka beroperasi. Jika tidak di patuhi, “blokir”. Kebebasan mereka mengharuskan kita untuk lebih selektif dan turut mengajari orang-orang disekitar agar memilah-milah informasi yang diperoleh. Semuanya tergantung diri sendiri ketika pihak lain semena-mena dan tidak bertanggungjawab maka kita dituntut untuk lebih cerdas karena semuanya akan kita pertanggungjawabkan baik di dunia ini maupun di akhirat.

Azas ketidakpercayaan terhadap semua tulisan di internet

Baiklah setiap orang menggunakan azas ketidakpercayaan dalam segala hal yang ditemukan disana. Sebab segala yang baik dan semua yang buruk sudah tersedia dihadapan kita, hanya butuh “satu klik saja” untuk mengakses apapun itu. Seolah-olah “luasnya lautan sudah disediakan dihadapan kita tinggal memilah-milah lalu mengambil apa yang baik dan bermanfaat buat kehidupan.  Oleh karena itu jangan percaya dengan apapun yang anda dapatkan di media sosial sebelum “mengujinya terlebih dahulu”.

Cara mengetahui benar tidaknya sebuah karya di dunia maya

Tidak mudah untuk memastikan validitas sebuah informasi. Mungkin cara pertama yang harus di tempuh adalah mencari tulisan yang sebanding sebanyak-banyaknya hingga ditemukan sebuah garis besar yang dapat diuji coba. Berikut cara menguji kebenaran dan kepatutan sebuah konten yang kita temukan di media internet :

  1. Milikilah sikap yang selektif dan kritis.

    Hidup di dunia ini, jangan semuanya di ACC. Anda dapat tersenyum kepada orang lain bukan berarti setuju terhadap setiap tindakannya melainkan lebih kepada menyatakan kasih Allah. Tetap mengangguk dalam segala hal tetapi kebenaranlah yang anda simpan di dalam hati.

    Hidup mengalir seperti air itu bukan menyatu sama sekali dengan lingkungan. Akan tetapi mengikuti alur yang sedang terjadi tanpa terpengaruh oleh hal-hal buruk yang mereka lakukan disana. Hidup mengalir seperti air adalah dengan senantiasa berpegang pada prinsisp yang dimiliki tanpa harus melawan orang-orang disekitar anda secara langsung.

  2. Bandingkan dengan tulisan sejenis.

    Ketikkan judul/ topik yang sama di mesin pencari (misalnya Google & Yahoo). Apakah yang di tuliskan di situs yang berbeda-beda itu sama dengan/ senada dengan konten yang anda pegang/ miliki.

  3. Bandingkan dengan tulisan yang berlawanan topik.

    Ini adalah salah satu cara untuk memperluas khasanah wawasan dan pengetahuan anda. Jika anda menemukan topik tentang :
    >a> manfaat maka bandingkan dengan kerugian
    >b> dampak buruk bandingkan dengan dampak positif/ baik
    >c> bahaya bandingkan dengan manfaat
    >d> resiko bandingkan dengan keuntungan

  4. Bandingkan dengan situs media terpercaya.

    Informasi yang diperoleh jangan diterima terus apa adanya melainkan bandingkan juga dengan yang dihasilkan oleh media-media ternama, misalnya kompas.com, detik.com, liputan6.com, kaskus.co.id dan lain sebagainya. Ini dapat dilakaukan dengan 2 cara :
    >a> Langsung masuk situsnya, cari kotak pencarian (search) lalu ketikkan topik dan tekan enter.

    cara cerdas mencari informasi di internet langsung menuju situsnya
    >b> Di Googel search engine ketikkan : “masukkantopik site:media.com” ; misalnya, “eskrim jadul site:kompas.com” (tanpa tanda kutip).

  5. Standar kehidupan anda.

    Informasi yang diperoleh dibandingkan dengan standar kehidupan “Kitab Suci”. Tidak ada salahnya jika berkonsultasi dengan tokoh agama yang berdomisili di tempat anda. Baca juga, Jangan lupakan standar kehidupan anda

  6. Kepada orang terdekat

    Tanyakan kebenarannya kepada orang terdekat (orang tua, saudara, sahabat, atasan, rekan kerja dan lain sebagainya).

  7. Tanyakan juga kepada mereka yang ahli di bidangnya.

    Bandingkan pendapat mereka dengan tulisan yang anda temukan itu. Bila perlu tanyakan langsung bagaimana pendapatnya tentang konten itu.

  8. Silahkan cek konten terkait di perpustakaan offline di sekitar lingkungan sekolah/ kampus.

    Perpustakaan besar sekelas perpustakaan daerah (Pusda) adalah salah satu tempat untuk melakukan uji validitas terhadap tulisan yang ditemukan. Lakukan dengan cara membandingkannya langsung dengan tulisan serupa baik dalam bentuk buku, majalah, ensiklopedia, jurnal penelitian dan lain sebagainya.

  9. Lakukan percobaan kecil-kecilan.

    Uji coba dengan melakukan praktek kecil-kecilan. Namanya juga coba-coba, jadi gunakan sumber daya minimalis/ seadanya untuk melakukannya. Ini dilakukan untuk memperkecil resiko jika memang itu tidak baik & benar.

  10. Tentukan sendiri kelayakan tulisan itu.

    Setelah mengetahui hasilnya. Ambil keputusan, pikirkanlah baik-baik tentang manfaat positif dan negatif yang diberikan. Tempuh jalan tengah agar kerugian bisa diminalisir (bila perlu tidak ada sama sekali 😀 ) namun keuntungan diperjelas/ ditegaskan.

  11. Jikalau itu berita seputar fakta yang baru saja terjadi.

    Yang namanya berita pastilah mengandung fakta yang sudah disaksikan oleh beberapa orang.

    Silahkan hubungi orang yang mengalami hal tersebut apakah itu memang benar-benar sudah terjadi dalam hidupnya.

    Bisa juga dengan mengunjungi TKP untuk mengetahui lebih jelas apa yang sebenarnya terjadi disana (paling tidak dari jauh saja mengamati).

Hati-hati saat anda menemukan sebuah pernyataan di internet. Jangan langsung di tanggapi melainkan pikirkanlah baik-baik apakah informasi tersebut sudah benar atau belum sama sekali. Anda tidak harus mengkopi-paste seluruh informasi yang diterima. Seleksilah terlebih dahulu agar semuanya itu dapat membawa kebaikan dalam kehidupan pribadi, keluarga dan sosial kemasyarakatan. Cermati dengan sungguh, Cara cerdas dan bijak memakai internet

Salam dahsyat!

Iklan

6 comments

  1. […] Di internet itu semuanya ada namun tidak semua benar. Apapun informasinya Jangan mudah percaya dan jadilah orang yang selektif yang selalu cerdas. Bahkan Sekalipun anda menemukannya di situs terkenal dan berbayar (member premium) tidak menjamin kebenarannya karena internet itu bukan tuhan!. Kebenaran absolut hanya milik Tuhan saja dan kitab suci-NYA. Simak juga, Cara memastikan kebenaran sebuah informasi […]

    Suka

  2. […] Di internet memang ada banyak ajaran-ajaran agama tersebar namun tidak berarti semua yang ada disana adalah benar atau semuanya salah. Sebab bisa saja tulisan-tulisan disana disusupi informasi yang salah yang dari luarnya tampak bagus akan tetapi isi dan ajakannya sangat provokatif dan bersifat merusak. Oleh karena itu jadilah orang yang senantiasa berhati-hati, kritis dan selektif di dunia maya. Selengkapnya, Cara menentukan benar tidaknya sebuah konten di Internet […]

    Suka

  3. […] Kemungkinan dahulu kita sangat cepat me-like apalagi meng-share semua konten aneh yang di temukan di media sosial. Akan tetapi sekarang, kita sangat hati-hati, memeriksa dahulu kebenaran sebuah informasi barulah dishare ke teman-teman yang lain. Baca juga, Cara menilai kelayakan sebuah konten di internet […]

    Suka

  4. […] Referensi tulisan kami tidak berasal dari buku, majalah ataupun koran sebab budget yang dihabiskan untuk memperoleh semuanya itu sangatlah mahal, sebagai keluarga sederhana, dana untuk itu tidak mencukupi. Untuk memperoleh informasi yang lebih murah dan mudah hanyalah melalui internet. Akan tetapi dibalik kemudahan ini ada resiko besar yang harus diantisipasi dengan cara selektif dan kritis. Sebab kesalahan dalam hal menyerap informasi akan berakibat buruk cepat ataupun lambat. Salah satu cara terbaik untuk menghindari hal ini adalah dengan senantiasa membanding-bandingkan tulisan/ konten disana yang satu dengan yang lainnya sehingga anda dapat menemukan kesamaan yang dapat diterapkan dalam hidup sehari-hari. Silahkan baca, Tips menilai informasi di Internet benar atau salah. […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s