15 Bahaya menggunakan parfum – Pewangi tidak selalu baik

Hati-hati menggunakan pafrum bahaya pewangi dalam hidup ini

Parfum adalah komponen kimia yang katanya dari senyawa benzen yang mudah menguap. Pemanfaatannya yang sangat luas dimasyarakat membuat produk ini sangat laku keras. Tidak hanya orang tua, mulai dari anak kecil, remaja apalagi muda-mudi sangat senang menggunakannya. Terlebih bagi mereka yang katanya sedang menjalin hubungan kekasih (pacaran) menjelang pernikahan. Tidak banyak yang menyadari bahwa ada efek samping yang nyata dari penggunaan wewangiaan ini.

Awalnya pewangi alami menjadi kimiawi

Semenjak penggunaan parfum selama berabad-abad yang lalu kebanyakan diekstrak dari sumber alami seperti tumbuhan bahkan hewan. Kendala yang dialami belakangan ini adalah permintaan yang meningkat sedangkan ketersediaan bahan baku alami yang terbatas. Ini berkontribusi terhadap keterbatasan produk dan harga yang selangit. Hingga suatu saat hal ini dipermudah dengan teknologi yang menggunakan bahan kimia sintetik yang jauh lebih mudah untuk diproduksi dengan resapan biaya lebih murah.

Semua bahan kimia berbahaya oleh karena itu harus ada batasan penggunaannya

Bahan kimia sintetik beresiko tinggi bagi kesehatan sebab komponen kimiawi yang masuk kedalam tubuh manusia tidak dapat dicerna seluruhnya. Sehingga meninggalkan residu/ sisa yang beresiko menyebabkan gangguan metabolisme, kanker bahkan kematian. Dampak jeleknya semakin tinggi karena bahan sintetik tersebut sebagian besar diolah dari petroleum. Zat ini disinyalir berpotensi mempengaruhi sistem syaraf, reaksi alergi, hingga kecacatan janin bahkan kanker. Simak juga, Tips Mengetahui makanan mengandung bahan berbahaya

Reaksi yang berbeda ditunjukkan oleh masing-masing orang. Ada yang merasakannya biasa saja namun ada pula beberapa yang mengalami reaksi alergi setelah paparan. Setiap bahan kimia ini harusnya memiliki batas aman dalam pemanfaatannya sehingga tidak menyebabkan gangguan kesehatan yang nyata. Jadi, masalahnya adalah, apakah ada batasan penggunaan bahan sintetis pada parfum yang anda gunakan di rumah? Atau adakah di negara ini badan yang menetapkan dan mengkaji efek samping dari penggunaan bahan ini secara terus menerus? Atau apakah ada pengawasan ketat terhadap semua parfum yang beredar di pasaran?

Parfum menimbulkan polusi kimia

Secara ekologis, bahan kimia ini sekarang memang banyak dituding ikut serta dalam pencemaran udara dan lingkungan yang berperan dalam pemicu menipisnya lapisan ozon. Jelas parfum telah menjadi salah satu bahan kimia yang menyebabkan polusi selain asap rokok, asap kendaraan dan asap pabrik. Apalagi ketika digunakan terus-menerus (setiap hari). Bahkan di beberapa negara terdapat tempat/ area tertentu yang bebas dari keberadaan parfum.

Memancing beberapa hewan untuk lebih agresif

Beberapa parfum yang saya temukan bahkan dapat menarik perhatian binatang tertentu. Sebab pewangi seperti atraktan yang dapat menarik penciuman binatang disekitar anda. Setiap hewan telah menandai mangsanya dengan jenis atraktan  terntentu. Semerbak yang digunakan mungkin sebagai salah satu atraktan yang biasanya dikenalinya sebagai mangsa sehingga ia mendekat dan melukai anda secara tiba-tiba. Baca juga, Cara menghadapi serangan binatang liar, buas dan ganas

Bahaya penggunaan pewangi yang tidak terkendali

Berikutnya akan kita bahas bersama apa-apa saja dampak buruk penggunaan parfum (terutama yang palsu/ oplosan) yang sifatnya terus menerus (continue) bagi kehidupan dan kesehatan bersama.

  1. Menimbulkan polusi udara secara kimiawi. Tidak hanya kendaraan berbahan bakar fosil (minyak bumi) yang dapat menimbulkan polusi melainkan memakai wewangian sintetispun (dari bahan kimia murni) akan menambah intensitas polutan di udara.
  2. Menghambat kerja sistem syaraf pusat (neurotoksik) sehingga menyebabkan pusing, gangguan daya tangkap, pikiran buntu. Peredaran darah ke otak haruslah benar-benar lancar sehingga mampu berpikir secara efektif dan efisiensi.
  3. Menyebabkan ketergantungan. Sifatnya yang mempengaruhi kinerja pikiran dapat menyebabkan ketergantungan sehingga suli meninggalkan kebiasaan menggunakan parum.
  4. Mengganggu konsentrasi pikiran sehingga dapat meningkatkan kebodohan.

  5. Bisa menyebabkan iritasi pada mukosa hidung. Udara yang tidak sehat pertama-tama akan menekan permukaan rongga hidung anda.
  6. Dapat menyebabkan iritasi pada mata. Jika butiran halus dari parfum tersebut masuk ke dalam mata anda ketika disemprotkan maka siap-siaplah mengalami iritasi mata.
  7. Juga menyebabkan iritasi pada kulit. Wewangian yang terlalu kuat bahan kimia sintetisnya dapat menyebabkan kelainan/ pengelupasan/ gangguan pada kulit anda.
  8. Beresiko mengganggu indra penciuman anda sehingga tidak berfungsi optimal. Jika ia bisa menimbulkan rasa perih pada permukaan rongga hidung anda maka dapat dipastikan bahwa pewangi ini dapat mengganggu indra penciuman anda.
  9. Menimbulkan sesak napas terutama bagi penderita asma.
  10. Meningkatkan resiko kanker (karsinogenik) paru-paru.
  11. Menaikkan resiko kanker (karsinogenik) darah.
  12. Menambah dan bisa juga menghilangkan nafsu makan. Parfum jenis ini sering di gunakan di restoran-restoran ternama.
  13. Bisa juga menyebabkan insomnia dan bahkan sebaliknya, yakni terlelap/ tertidur.
  14. Kecacatan janin bahkan keguguran.
  15. Anda dapat menjadi sasaran yang mematikan oleh binatang buas.

Setelah memahami tulisan di atas, kita harus lebih waspada dalam memanfaatkan pewangi dalam kehidupan sehari-hari. Tidak masalah jika anda menggunakan salah satu produk tersebut namun pastikan bahwa “anda tidak menggunakannya setiap hari”. Penggunaan sehari-hari beresiko menimbun lebih banyak bahan kimia dalam paru-paru, darah dan sistem saraf anda. Cara selamat, Melakukan detoksifikasi pada tubuh.

Jadilah konsumen yang bijak!

Iklan

One comment

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s