10 Dampak Negatif Bom Like – Melike Status Sendiri & Memiliki Banyak Akun di Media Sosial, Tidak Ada Untungnya

 

Dampak negatif Bom like – melike status sendiri & memiliki banyak akun di media sosial, tidak ada untungnya

Tidak masalah ketika kita melike status sendiri. Namun akan timbul masalah yang sifatnya kronis (menahun) dan membahayakan diri sendiri ketika kita memiliki ID Kloningan yang banyak untuk melakukan bom like. Kepemilikan ghost account untuk mendukung Prime ID tidak bertahan lama. Popularitas itu hanya sebatas angka di media sosial tanpa ada manfaat positif yang nyata. Artinya anda hanya popular bagi diri sendiri sedang tidak bagi orang lain di dunia nyata. Baca juga, Bahaya ID Kloningan

Candu terhadap Popularitas

Dunia telah dibius oleh pujian dan popularitas. Semua orang bergerak berdasarkan trend yang sedang hot dibicarakan di media sosial. Entah itu positif atau negatif, entah itu baik ataupun jahat, mereka digiring oleh pujian yang tidak ada didunia nyata melainkan hanya terdapat di dunia maya. Angka menjadi sangat krusial dan diminati oleh hampir semua penghuninya. Mulai dari angka like, share, plus, pin dan lain sebagainya yang berhubungan dengan popularitas seseorang. Selengkapnya, Menggila akibat ketenaran

Ada begitu banyak pihak yang berusaha melakukan cara-cara licik untuk meraih popularitas. Mereka berdalil karena privasi dilindungi oleh administrator medsos sehingga banyak akun kloningan yang berkeliaran dengan bebas. Kelemahan ini dipandang sebagai keuntungan oleh banyak pihak apalagi oleh mreka yang berburu pujian dan popularitas. Penyakit ini sudah sangat kronis karena ada puluhan, ratusan bahkan ribuan akun ghost yang sengaja dibuat oleh satu orang untuk tujuan mendukung/ mensuport akun tertentu saja.

Sisi negatif bom like status sendiri & kerugian memiliki akun hantu (ghost account-bot account-id kloningan) di Internet

Sebuah fenomena pastilah ada asal muasalnya. Awal mula dari bom like adalah akun kloningan yang banyak. Saat seseorang mengelola banyak ghost account  pastilahlah ia sangat tergoda untuk meningkatkan popularitas di dunia maya. Terlebih jika jumlah likers dan followers yang dimiliki dapat diuangkan (direward-dilombakan). Niscaya rangsangan yang seperti ini akan mendorong beberapa orang untuk melakukan cara curang/ tidak halal untuk menggapainya dengan membuat akun bot (robot). Terkecuali panitia dapat mengawasinya.

Tidak ada yang peduli jika anda menggunakan cara ini. Ini juga dapat dipandang sebagai sebuah kelicikan yang menguntungkan segelintir orang namun dibalik semuanya itu mental dan moral anda dapat rusak. Gejala ini adalah awal dari kebobrokan mental seseorang. Berikut dampak buruk mencari popularitas dengan cara cepat (menggunakan uang, jasa auto like, jasa followers, jasa plus all dan jasa lainnya).

  1. Sesaat anda akan merasa senang namun itu tidak bertahan lama.
  2. Tidak lama berselang, anda haus lagi dan lagi. Kemudian ketergantungan dan menginginkannya terus menerus (seumur hidup).
  3. Penipuan yang terus menerus dilakukan dan dibiarkan terjadi akan mendorong anda untuk melakukan penipuan dibidang lainnya. Kebohongan-kebohongan kecil adalah pintu kepada penipuan yang lebih besar, sekelas koruptor.
  4. Mindset/ pola pikir yang mendahulukan uang di atas kebenaran adalah calon-calon orang yang materialistis (mendewakan materi).
  5. Sisi negatif berikutnya adalah menjadi orang yang terlalu cuek. Ini dikarenakan anda mengedepankan materi untuk popular dan mengabaikan proses yang positif dimana disana tertuang unsur keramahan, manfaat, kerja keras dan usaha bermutu lainnya yang sifatnya terus menerus.
  6. Akibatnya lagi anda akan menuntut orang lain untuk menghormati (gila hormat) padahal diri sendiri tidak pernah menghormati siapapun.
  7. Anda menggila lalu terus saja menginginkan bahkan merindukan agar bisa populer/ nge-trend/ dibicarakan oleh banyak pihak, sampai-sampai melegalkan/ menghalalkan segala cara. Sekalipun cara itu bertentangan dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.
  8. Bahaya berikutnya adalah, anda akan menjadi “sangat rapuh”, mudah tertekan oleh situasi (sikon), tidak tahan menderita dan lebih suka melampiaskan emosi lalu menutup kesalahan dengan marah-marah dan menuduh pihak lain soal ini dan itu.
  9. Popularitas jika terlalu diinginkan akan menjadi hawa nafsu. Jika tidak terwujud maka akan menimbulkan stres. Dan apabila sudah terwujud maka hati akan menginginkan sesuatu yang lebih besar dan tinggi dari yang pernah diraih sebelumnya.
  10. Pada akhirnya semua ini akan mengerdilkan kualitas anda. Jika pada awalnya anda menelurkan karya-karya yang unik dan bermanfaat. Akan tetapi maksud hati yang tidak tulus menuntun anda pada keinginan untuk mendapatkan pujian dan pengakuan dari orang lain. Apabila keinginan ini sudah terwujud niscaya secara tidak langsung prestasi anda mulai menurun karena cepat berpuas diri.
    Atau anda bisa juga semakin meredup dan hilang dari peredaran karena harapan yang diimpikan tidak kunjung menjadi nyata (terwujud). Selanjutnya, Cara yang baik dan benar memakai internet

Saya akui sosial media telah memberi solusi positif

Hidup bersosial tidak mudah teman. Itulah dunia nyata. Sedang dalam dunia maya, segala sesuatu bisa terjadi. Sosial media telah mengubah kehidupan kita. Saya sendiri mengakui bahwa dahulu orang yang sangat introvert namun saat terjun dalam dunia maya, mencoba hadir memberi manfaat bagi penghuni facebook. Tidak ada prestasi disana, paling net-net akun yang me-like-an status saya belasan namun tetap dinikmati apa adanya. Sekarang sepertinya telah menjadi orang yang sedikit terbuka dengan dunia dan lebih luwes dalam pergaulan sehari-hari.

Kelakuan di media sosial menembak tindakan anda senyatanya

Saran saya, gunakan medsos untuk hal-hal yang positif sebab kenakalan anda disana akan mempengaruhi pergaulan dan kepribadian anda di dunia nyata. Jangan sangka sepele dengan dunia maya karena banyak dari kita yang menghabiskan waktu lebih banyak disana ketimbang bersosialisasi dengan orang secara nyata. Jadilah orang yang positif dimanapun berada sebab konsistensi adalah penentu yang pengaruhnya sangat besar terhadap prinsip hidup anda.

Dibelahan dunia manapun jadilah orang yang jujur & bermanfaat bagi orang lain

Dimanapun kita berada (baik di dunia nyata maupun dunia maya) sebaiknya tidak menonjolkan diri HANYA untuk disukai orang melainkan juga MELAYAKKAN diri untuk itu lalu mulai menyukai orang-orang disana. Cara paling jitu untuk menunjukkan minat kita yang positif kepada semua orang adalah dengan menjadi pribadi yang bermanfaat (dalam arti positif) bagi orang lain. Contoh sikap ini dapat diekspresikan dengan menerima permintaan pertemanan (dari akun yang jelas), melike status orang lain, bantu share konten/ tulisan yang bermutu, menanggapi status orang lain dengan memberikan komentar yang berkualitas dan masih banyak lagi.

Ingatlah bahwa kebaikan tanpa ketulusan hati akan berujung pada kehampaan dan keterpurukan. Akan tetapi ketika anda memberi manfaat tanpa mengharapkan imbalan yang neko-neko niscaya hasil yang didapatkan benar-benar memuaskan hati.

Salam media social!

Iklan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s