15 Manfaat gejolak sosial membuat kepribadian berkembang dan akibatnya bisa juga membuat gila – Perbaiki dahulu sifat dan kebiasaan sehari-hari

Manfaat gejolak sosial membuat kepribadian berkembang dan akibatnya bisa juga membuat gila – Perbaiki dahulu sifat dan kebiasaan

Gejolak sosial adalah perjalanan naik turun, tarik ulur dan gonjang-ganjing kehidupn yang melibatkan dua orang atau lebih, memunculkan banyak rasa, diekspresikan dengan cara khas dimana dapat mengasah kepribadian namun dapat juga menghancurkan kepribadian mereka yang mengalaminya. Dunia ini selalu bergejolak dimana arah gejolaknya ditentukan sendiri oleh orang-orang yang mengalaminya.

Perbaiki dahulu sifat dan kebiasaan sehari-hari agar hati lebih tenang menghadapi gesekan yang akan terjadi

Tapi tunggu dulu teman…. Sebelum anda mengalami gejolak sosial yang sumbernya berasal dari luar, sudahkah anda menyelesaikan gejolak yang asalnya dari dalam diri sendiri. Apabila persoalan kita dengan diri sendiri saja belum beres (selesai), bagaimana mungkin kita tetap tenang saat menghadapi hal-hal yang menjengkelkan dari luar sana? Kalau pikiran lagi keruh, bagaimana bisakah anda menghadapi situasi buruk dengan sabar? Berikut ini beragam masalah hati yang harus segera dibersihkan dan ditinggalkan agar hidup kita lebih tenang. Simak juga, Cara membuat hati tenang penuh kelegaan

  1. Kuatir, takut dengan masa depan.
  2. Tidak sabaran – terlalu terburu-buruk, marah-marah.
  3. Iri hati –Susah melihat orang lain senang dan senang melihat orang lain susah.
  4. Mengumbar kesombongan, gila hormat, lebay.
  5. Lebih gemar membicarakan keburukan orang lain.
  6. Hawa nafsu yang tidak terkendali.
  7. Puncak dari masalah hati adalah ketamakan/ keserakahan.
  8. Dan sifat-sifat dasar manusia yang jelek lainnya.

Gejolak dalam diri sendiri yang masih “runyem” dan belum selesai niscaya semakin memberatkan hidup kita saat menghadapi pergumulan yang datangnya dari luar sana.

Pikiran dan sikap sangat mempengaruhi kemampuan menyelesaikan masalah

Pikiran dan sikap yang tidak baik adalah dosa sekaligus kelemahan yang akan cenderung membuat diri ini mencari perlindungan dan pelarian ditempat-tempat yang tidak halal. Contoh pelariannya adalah narkoba, miras, seks bebas, rokok dan lain-lain. Sedangkan perlindungannya seperti pada, harta, deking dan jabatan. Inilah yang membuat hidup kita tidak pernah damai. Walaupun dari luarnya saja kelihatan damai padahal didalamnya penuh gejolak yang menyesakkan.

Pikiran negatif menghasilkan tindakan yang cenderung buruk – bersihkan hati

Jikalau isi pikiran ini kotor maka sifat dan kebiasaan yang kita lakukanpun buruk sekalipun beberapa diantara kita dapat menyembunyikannya saat di depan umum. Akan tetapi semua unek-unek itu akan terungkap ketika ia di usik dan tertekan secara social (mengalami gejolak sosial). Suasana hati yang jelek ditambah sikap kita yang antipati, antikritik bahkan antisosial membuat persoalan dari luar cenderung membuat diri ini semakin lemah, mudah goyah dan akhirnya tergeletak jatuh begitu saja. Pikiran yang belum benar-benar bersih dan tulus akan merintangi/ menghambat kemampouan kita saat melewati pergumulan hidup. Alangkah baiknya jika hati ini tetap tenang dan penuh kelegaan hari lepas hari. Sebab, suasana hati seperti inilah yang membuat diri ini mampu menghadapi gejolak social yang mungkin segera terjadi. Ini jugalah yang terus membuat kita mampu bertahan untuk tetap kuat dan sabar ditengah tekanan hidup yang mungkin ingin mengubah kita menjadi sesuatu yang lain yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kebenaran sejati. Baca juga, Faktor yang menyebabkan pikiran kacau

Gejolak sosial membuat kepribadian berkembang

Gejolak social, biarkan setiap orang menghadapinya secara realistis (tanpa manipulasi). Kejadian ini menanmbah pengalaman sekaligus membangun kemampuan untuk menyesuaikan diri. Situasi yang keras membentuk orang-orang hebat. Jadi, apapun tekanan yang menghimpit saat ini, nikmati saja kawan. Kecuali jika telah menimbulkan pelanggaran yang nyata (kentara) langsung lapor Polisi.

Tingkatan/ level gejolak sosial

Lalu kita akan belajar tingkatan gejolak sosial yang mungkin terjadi di sekitar. Masalah demi masalah yang datang seperti inilah yang mampu mengubah kepribadian dan pandangan hidup kedepan menjadi lebih baik.

  1. Gangguan indra. Ini adalah aktivitas yang mengganggu kelima indra manusia yang terjadi secara tidak sengaja karena pergesekan kepentingan dimana tidak menyebabkan kerugian secara fisik maupun materi. Rangsangan yang terjadi secara berlebihan akan mengganggu kenyamanan seseorang sehingga ia bersikap agresif penuh emosional kecuali bersabar.
    Misalnya :
    – Suara bising
    – Bully, ejakan, hinaan
    – Penampakan jorok/ hancur/ disturbing picture
    – Bau menyengat yang tidak enak
    – Tidak sengaja tersenggol saat berjalan di lorong
    – Makanan yang tidak enak (kebanyakan atau kurang garam, sepat)
  2. Fitnah atau tuduhan yang tidak jelas kebenarannya. Saat kita di fitnah orang yakinkan diri sendiri untuk tidak takut dan gentar jika memang kita belum melakukannya.
  3. Salah paham/ gagal paham. Perbedaan Iq manusia membuat daya mengerti antara satu orang dengan yang lainnya berbeda-beda. Kemampuan ini kadang menimbulkan perbedaan maksud dan tujuan diantara beberapa orang padahal yang dibahas sama.
  4. Gesekan sosial yang menyebabkan kerugian. Ini sudah lebih rumit sebab telah menimbulkan kerugian secara nyata (fisik, materi). Penyelesaian kasus seperti ini lebih baik diserahkan kepada pihak yang Berwajib.

Persoalan dengan orang terdekat lebih rumit

Persoalan bisa muncul dari mana saja. Baik dari diri sendiri, orang terdekat (keluarga, saudara, sahabat) bahkan dari orang lain. Biasanya gejolak yang muncul dari orang lain (yang mungkin tidak kita kenal baik) tidak begitu mengganggu, akan lebih cepat dan lebih mudah penyelesaiannya Akan tetapi ketika kita bermasalah dengan orang yang sangat dekat di hati/ disamping, rasa sakit yang ditimbulkannya lebih dalam. Mengapa hal ini bisa terjadi? berikut alasannya.

  1. Karena kita terpaut perasaan dengan mereka.
  2. Ada kecenderungan berat sebelah dalam bersikap karena hubungan yang dekat atau pengalaman masa lalu.
  3. Mungkin saja ada dendam/ kebencian/ kepahitan yang dahulu belum pernah diungkapkan. Jadi ketika ada masalah semua unek-uneknya dikeluarkan.

Oleh karena itu alangkah lebih baik jika semua gesekan yang terjadi antara keluarga, saudara dan sahabat diselesaikan sampai tuntas. Agar kedepannya jangan sampai menimbulkan persoalan yang lebih besar lagi.

Manfaat gejolak sosial

Pergumulan hidup tidak pernah berakhir kawan. Oleh karena ia menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Sebab kekuatan, kesabaran, pengertian dan kesadaran anda sekarang ditentukan oleh kemampuan anda mengatasi masalah dihari-hari sebelumnya. Brikut ini keuntungan yang dapat digali dari persoalan yang dihadapi.

  1. Tandanya bahwa kita harus lebih dekat dengan Tuhan.

    Dalam hidup ini tanpa Tuhan maka manusia kehilangan arah hidup. Kenikmatan dunia dan berbagai gemerlapan disekitar anda membuatmu semakin jauh dari Yang Maha Kuasa. Oleh karena itu lewat masalah yang terjadi hidup ini akan digiring untuk kembali fokus kepada Tuhan. Baca juga, Cara mengisi kekosongan di hati

  2. Kesempatan untuk merasakan penyertaan dan kemurahan hati Tuhan.

    Sadarilah teman bahwa permasalahan yang anda alami adalah jalan kepada penyertaan Tuhan. Jika anda disakiti oleh orang lain maka Tuhan akan membalaskannya dengan berkat sebab Ia adalah Allah yang membalikkan situasi. Kutuk yang tidak pantas anda terima akan diubahnya menjadi berkat. Perlakukan buruk yang tidak pantas anda terima akan diubahkan menjadi perlakuan baik. Milikilah pengharapan itu teman.

  3. Membuat anda lebih rendah hati.

    Saat masalah tidak ada banyak orang yang mengedepankan ego dan kesombongannya. Dengan adanya persoalan hidup hal-hal yang seperti ini akan terkikis sedikit demi sedikit.

  4. Pengalaman bertambah.

    Menambah pengalaman pribadi untuk dipelajari sendiri maupun untuk diajarkan/ diceritakan kepada orang lain. Pengalaman sangatlah berharga teman bahkan kami dapat mengatakan dalam banyak hal, ini tidak dapat dibeli oleh siapapun.

  5. Membuat anda lebih cerdas.

    Pergumulan hidup mampu mengasah kemampuan menyelesaikan masalah, sehingga sikap-sikap yang kita ekspresikan semakin mendekati nilai-nilai Ke-Tuhanan (kepercayaan yang dianut). Artinya ini mengembangkan kemampuan intelektual dan spiritual anda.

  6. Jadi lebih sabar.

    Masalah membuat anda tetap sabar dalam segala situasi sebab ini merupakan sarana latihan kesabaran sehingga mendatangkan kebaikan bagi kehidupan emosional anda. Sifat yang biasanya pemarah akan menggiring anda untuk berkepala dingin dalam segala situasi.

    Melatih kekuatan hati dan daya tahan : Mengajari kita untuk lebih sabar dan tetap tegar dalam segala keadaan. Tetap tegar dalam menghadapi berbagai persoalan tidak mudah melainkan ini butuh proses latihan yang tekun.

  7. Mengenal orang lain.

    Ada kemungkinan untuk lebih mengenal kepribadian orang disekitar kita termasuk mengenal orang yang baru. Ini adalah kesempatan bagus buat anda untuk memiliki lebih banyak teman/ koneksi/ klien/ partner.

  8. Memperbaiki hubungan dengan orang lain.

    Jika anda mampu melihat suatu persoalan sebagai sebuah jalan kepada kebaikan maka pikiran positif yang seperti itu akan membawa anda dalam jalan kebaikan salah satunya dapat memperbaiki hubungan yang sudah lama renggang dengan orang lain.

  9. Belajar memahami pola penyelesain masalah.

    Tahukah anda bahwa saat kita diperhadapkan dengan keadaan yang tidak baik maka ada hal-hal tertentu yang secara rutin dilakukan? Inilah yang kami maksudkan dengan hal-hal kecil mengantarkanmu kepada hal besar. Jikalau anda dapat menyelesaikan suatu persoalan maka ada pola yang dipelajari dari sana. Dikemudian hari pola ini bermanfaat untuk mengajari anda bagaimana menyelesaikan masalah dalam skala besar.

  10. Kesempatan untuk mengoreksi diri dan memperbaiki sikap dan tutur kata.

  11. Keuntungan sebagai batu loncatan yang mengawali perubahan besar menuju hidup yang lebih baik (revolusi mental).

  12. Belajar mengendalikan diri dari hawa nafsu yang sesat.

  13. Dimampukan untuk menekan sifat kebinatangan dari dalam hati (kebencian, dendam dan amarah).

  14. Pada akhirnya gejolak sosial yang dapat diselesaikan sendiri membuat kita lebih dewasa.

  15. Terkadang pergumulan yang kita hadapi membuat diri ini terinspirasi menemukan sebuah karya yang inovatif, kreatif dan kolaboratif.

Kerugian dari persoalan yang muncul

Disamping manfaatnya yang luar biasa, Gejolak sosial juga dapat menimbulkan efek samping bagi kehidupan kita. Berikut ini dampak buruk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.

  1. Menimbulkan rasa tidak nyaman, ketakutan dan kekuatiran di hati. Padalah jikalau anda terbiasa menghadapi persoalan rasa ini terkikis bahkan tidak ada lagi. Manusia terkejut dan ketakutan saat mengalami hal baru akan tetapi tidak sama-sekali saat sudah terbiasa.
  2. Emosional memuncak. Beberapa orang yang tidak dapat mengendalikan emosinya dapat meledak karena berbagai peristiwa disekitar yang tidak menyenangkan. Amarah yang berlebihan akan membawa seseorang kepada keterpurukan yang merugikan diri sendiri dan orang lain.
  3. Mengganggu hubungan dengan orang lain. Semuanya tergantung anda. Mau bersabar dan menggunakan logika atau mengedepankan emosional yang tidak terkendali.
  4. Menyebabkan pelarian ke hal-hal yang buruk. Misalnya, minggat dari rumah, merokok, miras, narkoba, seks bebas dan masih banyak lagi. Jangan suka lari dari masalah teman. Melainkan hadapi itu bahkan nikmatilah rasa sakitnya.
  5. Menimbulkan stres, depresi bahkan akibatnya bisa membuat gila dan menimbulkan dorongan/ hasrat untuk bunuh diri. Setiap orang punya kapasitas dalam menghadapi pergumulan hidup. Kita butuh orang yang lebih hebat dan lebih tinggi pengalamannya saat menghadapi gejolak kehidupan. Silahkan curhat kepada Tuhan dan Firman-Nya. Ini adalah pilihan terbaik (menyelesaikannya sendiri). Selanjutnya anda bisa juga menceritakannya/ curhat kepada keluarga, saudara, sahabat, dokter, psikiater bahkan aparat hukum sekalipun (jika ada unsur pelanggaran hokum). Semuanya tergantung dari kemampuan anda dan luasnya masalah yang dihadapi.

Saat menghadapi persoalan, berpikirlah sebelum bertindak. Kedepankan penalaran yang logis sebelum menuruti sisi emosional anda. Orang bodoh yang sabar (diam) juga akan dianggap bijak saat mengalami gejolak sosial. Hadapi masalahmu senyatanya dan jadilah dewasa.

Salam pribadi tangguh!

Iklan

3 comments

  1. […] Dalam persoalan kita ditekan secara mental sehingga memaksa otak untuk menemukan solusi. Menemukan solusi bukanlah perkara yang mudah melainkan butuh berpikir dan berlogika. Semakin banyak persoalan yang dapat diselesaikan maka semakin dewasa otak anda. Baca juga, Manfaat masalah dalam kehidupan kita […]

    Suka

  2. […] Kami disuguhi minuman dan senyuman didepan akan tetapi kenyataan yang selanjutnya sangat merusak. Hati manusia siapa yang tahu. Satu yang dapat kita kunci bersama yakni perbuatan yang penuh dengan tipu-tipu (yang tidak jujur) mencerminkan betapa rusaknya keinginan dan rapuhnya kepribadian orang tersebut. Rasa bersalah akan memunculkan ketakutan yang menggetarkan hati sehingga membuat mereka terlihat kaku dan melakukan sesuatu yang tidak wajar (tidak biasanya). Dari sini saja dapat kita curigai ada sesuatu dibalik situasi yang sedang berlangsung. Di atas semuanya itu, jangan menaruh rasa curiga dan emosional yang berlebihan di depan sebab analisis sosial itu sangat kompleks. Daripada berteriak-teriak KONSPIRASI lebih baik bagi kita mencari solusi bersama untuk hidup yang lebih baik lagi. Perlu diketahui, Manfaat gejolak sosial – masalah membuatmu berkembang […]

    Suka

  3. […] Besar kecilnya peperangan yang kita alami saat ini, selalu ada rasa yang campur aduk didalamnya, sedih, senang, suka, duka, tawa, tangis, canda bahkan saat-saat tertekan dan menderita juga ada. Tanpa anda sadari,  hal-hal semacam inilah yang membuat kita belajar untuk terbiasa sembari belajar menyesuaikan diri dengan segala rasa yang ada. Jikalau anda sudah dewasa dan mampu belajar dari segala rasa itu maka menjadi terbiasa sehingga di dalam kesakitan dan kepahitanpun terasa biasa saja (tidak sakit dan tidak membuat gundah gulana lagi) malahan bisa dinikmati dan disambut dalam ramah-tamah menebar kebaikan kepada semua orang. Selanjutnya, Manfaat masalah sosial […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s