7 Balasan atas kebaikan yang anda lakukan – Hubungan perilaku dengan sikap orang lain terhadap kita – Jangan harap kebaikan selalu dibalas dengan kebaikan

Balasan atas kebaikan yang anda lakukan - Hubungan perilaku dengan sikap orang lain terhadap kita - Jangan harap kebaikan selalu dibalas dengan kebaikan

Kebaikan hati – Perilaku setiap manusia berbeda-beda, tergantung dari pembawaan kepribadiannya dan tingkat kedewasaan. Sikap yang kita eksprsikan sehari-hari sesungguhnya menunjukkan apa yang sedang dipikirkan. Sebab tindakan dan perkataan berhubungan langsung dengan isi hati ini. Mereka yang sering memikirkan sesuatu yang kotor suatu saat akan mengekspresikan betapa buruknya kehidupnnya.

Sikap, perbuatan dan perkataan cerminan dari pikiran

Orang yang selalu memikirkan materi akan sangat ketergantungan dengan materi (uang dan gemerlapan dunia). Mereka yang lebih suka mengenang masa kejayaannya senantiasa menunjukkan sikap sombong. Orang yang gemar membahas kelemahannya di dalam hati akan terus dihantui oleh rasa minder. Mereka yang terlalu pendendam dalam hati sangat sulit menerima keunggulan orang lain dan terus memelihara sikap iri hati. Apa yang selalu kita pikirkan maka itulah yang akan kita ekspresikan keluar lewat perkataan dan tindakan. Jadi apa yang tetap dikupas tuntas oleh hati anda kawan?

Balasan atas kebaikan yang dilakukan

Jangan salah tangkap apalagi gagal paham. Tidak semua yang kita lakukan akan dibalas oleh orang lain dengan perbuatan yang sama. Harapan semua orang yang berbuat baik adalah ketika kemurahan hatinya dihargai dan ditanggapi positif oleh orang lain. Ini bukanlah hukum yang absolut sebab ada beragam reaksi orang lain saat kita melakukan kebaikan.

  1. Ada yang menangis dan mengucapkan terimakasih.
  2. Ada yang mengucapkan terimakasih lalu berlalu begitu saja.
  3. Ada yang mengucapkan terimakasih dan suatu saat membalasnya pula.
  4. Ada yang tidak mengatakan apa-apa lalu berlalu begitu saja.
  5. Ada yang tidak mengatakan apa-apa namun suatu saat membalasnya pula.
  6. Ada yang mengumbar kebencian dan menganggap kebaikan kita sampah.
  7. Ada yang mengumbar kebencian dan melampiaskannya dengan kejahatan.

Hubungan perilaku dengan sikap orang lain terhadap kita dalam pergaulan sehari-hari

Pada hakekatnya reaksi yang ditunjukkan seseorang setelah mendapat perlakuan yang bagus sangat beragam. Ini sungguh tidak bisa ditebak. Terlebih karena dalamnya hati manusia siapa yang tahu? Tidak ada jaminan perilaku yang anda ekspresikan selalu berhubungan dengan sikap orang lain terhadap anda. Oleh sebab itu kita harus siap dengan segala kemungkinan yang ada. Kesiapan ini membuat kita lebih sabar saat mereka bertindak aneh-aneh setelah di baik-kan.

Bertindaklah dengan tulus

Satu-satunya cara paling aman agar kita tidak kecewa setelah melakukan perbuatan positif adalah JANGAN BERHARAP APA-APA. Saat kita tulus dalam melakukan segala sesuatu maka apapun hasilnya tetap berlapang dada. Terlebih lagi ketika kita melakukannya atas dasar berbuat baik kepada Tuhan dengan menjalankan perintah-Nya. Suda otomatis tetap ada sukacita sekalipun kebaikan kita dibalas dengan kebencian.

Perbuatan positif tak terbalaskan lebih baik

Malahan lebih hebat (Berkatnya bertambah-tambah) ketika kebaikan kita tidak dibalas sama sekali. Sebab untuk apa melakukan perbuatan baik jika kelak suatu saat kita akan menerima kebaikan yang sama dari orang yang sama pula. Bukankah cara seperti ini disebut barter yang berarti bahwa kita sudah menerima balasan/ upah dari perbuatan yang kita lakukan? Justru saat perbuatan baik kita tidak berbalas maka upahnya/ balasannya akan kita peroleh di Sorga kelak.

Ada dua jenis tuaian yang akan kita peroleh dari setiap taburan kasih yang kita sebarkan kepada orang-orang disekitar, yaitu.

  • Kasih yang ditabur selama di bumi lalu dituaipun (terbalaskan) di bumi, yakni selama kita masih hidup.
  • Perbuatan baik yang ditabur selama hidup di bumi akan tetapi imbalannya diperoleh di akhirat kelak, yakni di Sorga yang kekal.

Kebaikan yang dibalas dengan kebencian lebih mulia

Malahan lebih dahsyat (berkatnya berlipat ganda) ketika sikap positif yang kita ekspresikan dibalas dengan kebencian. Inilah yang membuat kita terlatih untuk lebih sabar dan lebih banyak berkorban (termasuk mengorbankan ego/ harga diri). Saat melakukan kebaikan dengan sepenuh hati, tulus, sabar dan berkorban lebih maka Tuhanlah yang akan membalaskannya (memberkati) secara berlipat ganda dalam kehidupan ini dan juga di Sorga kelak (harta di Sorga). Baca juga, Level kebaikan manusia.

Ketika menghadapi kebencian dari orang lain maka ada begitu banyak hal yang harus kita korbankan, entah itu korban perasaan, korban harga diri bahkan korban materi sekalipun. Sadarilah bahwa segenap pengorbanan yang kita relakan ketika rasa benci dari orang lain meluap akan kita tuai bersamaan dengan berkat yang melimpah di Sorga yang kekal.

Tuhan menghargai lebih baik – Adakah anda merasakannya?

Jangan harap kebaikan selalu dibalas dengan perbuatan yang sama sebab banyak orang yang labil secara emosional sehingga mereka menanggapinya dengan cara yang beraneka ragam. Lakukan kebaikan atas dasar sepenuh hati kepada Yang Maha Kuasa agar tetap ada sukacita saat perbuatan positf yang dilakukan dibalas dengan sikap negatif yang berlebihan. Adakah anda merasakan hal tersebut? Jika anda dekat dengan Sang Pencipta Segala Masa maka Ia akan menunjukkannya suatu saat nanti.

Salam perjuangan!

Iklan

One comment

  1. […] Inilah masalah yang dihadapi setiap orang saat melakukan kebaikan, yakni niatnya tidak tulus dan terlalu banyak berharap. Tidak sedikit orang melakukan kebaikan agar disambut positif oleh yang lainnya. Hati-hati teman, anda bisa kecewa berat. Ketahuilah bahwa manusia berbeda-beda. Kebaikan yang kita lakukan dapat dipandang secara beragam, ada yang baik dan ada juga yang menganggapnya “sampah”. Oleh karena itu apapun hal baik yang anda lakukan, kerjakanlah dengan tulus tanpa pamrih (mengharapkan balasan). Kiranya sesuai itu dengan pepatah yang mengatakan “Jika tangan kanan memberi maka tangan kiri tidak melihat”. Biarlah itu menjadi tabungan anda di sorga yang suatu saat akan di balas oleh Sang Pencipta. Menarik, Jawaban atas kebaikan anda. […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s