Pengalaman yang indah dengan orang tua

Pengalaman yang indah dengan orang tua

Pengalaman bersama orang tua sangat bervariasi. Jangan berpikir bahwa jika sesuatu itu dikatakan indah maka semuanya adalah yang berkenan dihati dimana ada sukacita, tawa dan hidup yang keren. Ini adalah persepsi yang salah. Keindahan itu lahir, timbul dan berkembang dari jatuh bangunnya kehidupan. Taukah anda bahwa hidup ini hanyalah soal rasa. Bukan yang manis terus, pahit melulu, asam saja, asin selalu melainkan perpaduan kesemua rasa itulah yang membuat hidup ini indah.

Kenangan masa kecil sangat mempengaruhi kehidupan

Pengalaman yang kita alami dimasa kecil sangat mempengaruhi mental dan kepribadian ini. Sebab kondisi mental masih lembek sehingga mudah dibentuk dan diarahkan untuk hal-hal tertentu. Inilah yang membuat pengalaman saat kanak-kanak menjadi bagian yang sangat menentukan untuk membentuk kepribadian ini kedepannya. Namun bukan berarti kenangan ini nilainya mutlak dimana posisinya berada di alam bawah sadar yang bisa berubah karena kita DISADARKAN oleh tekanan (gejolak sosial) dan pengertian sendiri.

Kenangan yang berkesan melibatkan dua orang atau lebih

 

Fakta-kehidupan

Mustahil memiliki pengalaman berharga jika kita hanya seorang diri dan enggan untuk berbaur/ bersosialisasi baik dengan sesama anggota keluarga maupun dalam masyarakat. Saat kita memutuskan untuk bergaul dengan orang lain maka saat itu jugalah diri ini harus siap untuk menghadapi segala gejolak sosial yang mungkn saja terjadi. Kita bisa memetik pelajaran hidup dibalik semua tekanan yang datang cepat atau lambat, sadar ataupun tidak.

Bosan itu relatif – Ada pelajaran berharga dibalik kebosanan

Pengalaman yang itu-itu saja terkesan membuat bosan oleh karena itu jagan sering-sering dilakukan. Namun harus juga dipahami saat kita bertahan dalam kebosanan maka kita belajar untuk sabar dan belajar menghargai dan menikmati hidup yang kadang menyakitkan. Biarkan hidup berjalan sesuai alurnya sebab dalam naik turunnya dan maju mundurnya kehidupanlah kita menemukan rasa spesial yang begitu nikmat untuk dikenangkan. Jadi jangan pernah benci, sebal atau ilfil dengan situasi yang anda rasakan saat ini sebab siapa tahu hal tersebut diperuntukan Tuhan untuk membuat hidupmu menjadi lebih baik lagi.

Bukan pengalaman yang WAW

Bukanlah sesuatu yang begitu besar, bagus dan mahal yang akan membawa kita untuk memiliki pengalaman yang akan terus diingat melainkan dalam kepahitan dan kesesakan dimana kita dimampukan untuk keluar dalam sempitnya kehidupan lalu melewatinya dengan aman, damai dan tentram. Ini adalah gejolak rasa dari posisi terendah melejit ke posisi atas yang menimbulkan rasa senang dan sensasi tersendiri.

Hajaran yang keras tidak selalu berdampak buruk

Hajaran dari orang tua jelas kita perlukan. Ini adalah kenangan yang mengingatkan untuk tidak melakukan kesalahan yang sama lagi. Sebab anak yang di hajar adalah mereka yang disayangi.Tanpa tekanan, naluri kebinatangan akan menguasai diri ini. Jadi berbahagialah jika dahulu anda pernah di jewer oleh orang tua.

Jangan lebay lakukanlah sesuatu yang wajar

 

Cara yang benar memuji anak di rumah dan di sekolah

Hal yang berlebihan yang dilakukan Ayah & Bunda justru pengalaman inilah yang berpotensi merusak masa depan si buah hati. Sebab anak kelak akan merindukan sesuatu itu padahal tidak ada jaminan seuatu akan selalu ada disisi. Saat itu hilang maka mulailah mereka melakukan usaha-usaha untuk mencarinya kemana-mana yang beresiko menjerumuskan/ menjatuhkannya. Silahkan disimak, Bahaya pujian yang berlebihan

Semua yang dialami penting

Semua pengalaman bersama orang tua itu penting. Baik saat senang, sedih, susah, suka, duka, dimarahi, dihajar, diajari, dikasihi, komunikasi dan segala aktivitas yang menyenangkan juga semua yang menyedihkan akan membentuk diri ini menjadi pribadi yang siap menghadapi dunia yang tidak selalu baik terhadap orang-orang di dalamnya.

Pengalaman yang indah bersama orang tua

Harap kita ketahui bersama bahwa indah itu bukanlah nilai yang tetap. Justru dalam fluktuasi kehidupanlah kita bisa mengatakan bahwa itu adalah kenangan yang waw…. Perpaduan antara suka dan duka, susah dan senang, baik dan buruk yang membawa kepada refleksi kehidupan yang bermakna positif sehingga menganggap bahwa itu adalah sepotong masa lalu yang luar biasa. Kita bisa juga merasakan keindahan itu saat sedang dalam proses menyelesaikan masalah besar/ kecil. Begitu pergumulan itu selesai dengan cara yang unik maka disaat itulah mulai ada pikiran bahwa hidup ini indah adanya. Salah satu yang lainnya yang membuat hidup ini indah adalah saat kita selalu bersyukur atas segala yang telah terjadi hari demi hari.

Saatnya membalas kebaikan orang tua

Saat-saat yang paling indah bersama orang tua adalah ketika seorang anak mengerti bahwa Ayah & Bundanya juga hanya manusia biasa yang memiliki keterbatasan dalam hal emosional, intelektual dan materi. Apabila kita telah sampai pada titik ini niscaya akan memahami betapa kasihnya orang tua terhadap anak-anaknya. Mereka telah berjuang dan berkorban untuk menghidupi kita selama ini, sudahkah kita berterimakasih kepada mereka? Selagi masih ada kesempatan kasihilah orang tua dengan sepenuh hati. Selagi masih mampu turutilah keinginan mereka. Selagi masih bisa biarkanlah mereka menikmati kebahagiaan pada masa tuanya. Sebab kita tidak tahu kapan yang Di Atas memanggil

Salam cinta sejati

Iklan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s