9 Manfaat Suara Hewan & Alam Liar Yang Seirama Mencerdaskan Dan Meringankan Stres – Alam Semesta Bernyanyi Dengan Bunyi Yang Merdu

Manfaat suara hewan dan alam liar yang memuliakan nama Tuhan dan mencerdaskan manusia

Alam dapat bernyanyi dan berdendang. Bukan hanya manusia yang mampu melantunkan alunan suara merdu melainkan lingkunganpun dapat melakukannya dengan cara tersendiri. Suasana sekitar yang masih terjaga asri dan lestari akan menghasilkan udara yang sejuk dengan bisikan-bisikan yang memukau yang berasal dari semilir angin yang berhembus dan suara binatang didalamnya.

Lingkungan yang asri memberikan kita kekuatan

Alam yang asri dimana tumbuhan hijau dan hewan berkeliaran adalah tempat yang sempurna untuk didiami. Hidup ini lebih lengkap dan lebih rame rasanya. Alam memberi kita kekuatan dan mendorong kita untuk menjadi manusia yang lebih arif dalam memanfaatkan segala potensi yang ada. Kita ditakdirkan untuk menaklukkan bumi tetapi orang bijak tidak memusnahkannya, si bebal justru menggerogoti dan mencabut sampai akar-akarnya tak tersisa hingga punah.

Ada nyanyian pedesaan yang belum kita pahami

Hidup di pedesaan membuat kita mengerti betapa indahnya alam yang terbentang hijau. Sudah sepatutnya kita menjaga warisan Sang Pencipta. Ia yang dahsyat itu ternyata telah menyediakan hiburan yang mencerdaskan bagi umat-Nya. Hanya saja selama ini kita tidak menyadarinya. Selama ini alam bernyanyi namun tidak ada yang memahaminya. Selama ini di sekitar kita keluar bunyi-bunyian yang indah namun kita mengabaikannya.

Alam semesta bernyanyi dengan bunyi yang merdu

Sadarilah teman bahwa alam semesta bersuara mengagungkan kebesaran dan kekuatan Sang Pencipta Segala Masa. Gemuruh petir, ombak, gemericik aliran air sungai, air terjun dan angin menceritakannya tetapi kita diam. Suara hewan, burung, reptil, serangga dan yang lainnya memberitakannya tapi kita tidak mengerti. Jika kita dengarkan dengan seksama, hewan-hewan ini mengeluarkan suara yang teratur dengan intonasi yang sama dari zaman ke zaman.

Suara binatang menceritakan sesuatu – Adakah kita mengerti?

Mereka tidak kotor seperti manusia yang berdosa karena mereka tidak mengenal hukum-Nya. Mereka tidak sadar karena memiliki kapasitas otak yang kecil sehingga tidak memiliki hawa nafsu. Yang mereka miliki hanyalah “insting” itulah yang secara turun-temurun menghubungkan mereka dengan Sang Pencipta. Mereka tidak berubah dan suara yang dihasilkanpun tidak berubah dari generasi ke generasi. Nenek moyang hewan-hewan ini telah menyaksikan proses penciptaan manusia dan itulah yang terus mereka sampaikan dari hari ke hari ke telinga kita namun tidak seorangpun yang mengerti.

Manfaat suara hewan liar di sekitar

Tidak seperti kita yang hanya mampu menghasilkan suara dengan getaran sonik (20 Hz – 20.000 Hz). Selain mampu mengeluarkan suara acoustic (sonic) hewan juga mampu mengeluarkan dan menangkap suara dengan getaran infrasonic (1 Hz sd 20 Hz) dan ultrasonic (> 20.000 H). Berikut ini manfaat suara binatang yang sering terdengar senyap, aneh dan kadang menakutkan disekitar kita.

  1. Untuk memperindah kehidupan di bumi ini. Tinggi nilai estetika lingkungan saat ada banyak makhluk hidup yang meramaikan kehidupan ini.
  2. Mengingatkan kita agar tidak egois. Kiranya kebiasaan mementingkan diri sendiri jauh dari kehidupan anda. Sebab kebanyakan orang yang tidak peduli dengan keberadaan lingkungan alam dan sekitarnya adalah orang yang hanya memikirkan keuntungan akan rupiah.
  3. Untuk menyadarkan dan mengingatkan kita dari segala perbuatan yang jahat. Pernah sekali saya memiliki niat jahat lalu tiba-tiba ada suara yang begitu menggelegar sampai ketelinga ini (suara binatang). Itulah yang menyadarkan saya dari keadaan yang salah.
  4. Bermanfaat membangunkan kita dari tidur panjang di malam hari dan tidur singkat di siang hari. Suara ayam dan burung mendorong kita untuk lebih cepat dan lebih rajin bangun di pagi hari. Kadang juga saat tidur di siang hari kita di bangunkan oleh suara-suara aneh (suara binatang).
  5. Bermanfaat menenangkan hati dan pikiran kita ke alam bawah sadar. Silahkan di nikmati alunan nada-nada klasik yang bertebaran di sekitar anda. Baik itu di malam hari maupun di siang hari lalu temukan sisinya yang melegakan hati.
  6. Berguna buat mempersiapkan kita menghadapi stres (misalnya karena knalpot bising) dan meringankan gejala stres lainnya. Suara aneh dan kadang menakutkan ini sebenarnya mempersiapkan kita untuk menghadapi masalah yang lebih besar. Saat ada masalah kita dituntut untuk mengabaikan masalah itu lalu nikmatilah alunan merdu yang indah disekitar anda.
  7. Berguna buat membantu meringankan sakit kepala. Semenjak saya sampai di lingkungan alam pedesaan yang indah ini, tidak pernah sakit kepala. Suara-suara itu seolah memperkuat jalinan syaraf di otak kita.
  8. Mengajari kita untuk bernyanyi dan memuliakan Sang Pencipta. Perhatikan dengan seksama pola-pola yang ditunjukkan oleh suara hewan ini. Mungkin menjadi salah satu ide untuk menyusun sebuah lagu yang indah.
  9. Mendorng manusia untuk menjadi lebih cerdas sehingga mampu mengendalikan diri sendiri. Kita jangan membatasi pikiran/ pemahaman bahwa hanya musik klasik yang mampu mencerdaskan orang melainkan bunyi-bunyian yang sayup disekitar lingkungan rumah anda juga dapat melakukan hal yang lebih baik.
  10. Bunyi yang kita dengar dari hewan sebenarnya ingin menceritakan sesuatu kepada manusia tentang Sang Pencipta namun bodohnya kita tidak pernah mengerti hal itu. Adakah orang bijak yang ingin mengungkapkan rahasia ini? kita tunggu saja.

Apapun suara yang terdengar lembut, aneh, sayup bahkan kadang menakutkan di sekitar anda, nikmati saja. Baik itu suara burung, jangkrik, kodok, ayam, bebek dan masih banyak lagi. Bunyi-bunyian ini sebenarnya ingin menyampaikan hikmat dan pengetahuan kepada anda. Oleh karena itu dengarkan dengan seksama lalu sesuaikan irama otak dengan iramanya (terima irama itu dengan suka hati) kemudian tenggelamlah dalam ketenangan jiwa yang tak terbatas.

Ayo lestarikan lingkunganmu dan hentikan perburuan yang tidak perlu dan kurang cerdas.

Salam dari kita untuk Indonesia yang lebih hijau!

Iklan

2 comments

  1. […] Kita tidak sendiri dalam hidup ini bahkan di rumah sendiripun tidak, setidaknya ada beberapa anggota keluarga yang menemani anda. Ditambah lagi ketika rumah anda berada dipinggiran hutan yang asri dan sejuk. Dimana disana ada berbagai-bagai suara hewan diantaranya adalah jengkrik, ayam, burung, katak/ kodok dan lain sebagainya. Semuanya itu terkesan sayup tapi merdu ditelinga anda sehingga dapat memberikan sensasi rasa tenang seketika. Ditengah semua suara nan merdu dan sayup itupun kita masih dapat berkonsentrasi untuk berpikir. Baca juga, Alam bernyanyi memuji Tuhan. […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s