9 Manfaat burung liar yang dibiarkan hidup di alam bebas – Stop! Berhenti memburu burung agar jumlah serangga tidak meledak

Manfaat burung liar
Burung Cendrawasih

Burung adalah hewan kecil yang berterbangan disekitar lingkungan rumah kita. Sesekali kita bisa mendengar kicauannya yang sayup dan merdu. Beberapa juga yang berukuran besar memiliki suara yang begitu jelas bahkan bagi beberapa orang yang baru mendengarnya akan merasa ketakutan. Sebagai sesama ciptaan selain bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia namun jangan lupa juga untuk lebih bertanggungjawab saat memanfaatkannya.

Ditakdirkan menaklukkan bumi, bukan memusnahkannya sampai punah

Manusia memang ditakdirkan untuk menaklukkan bumi hanya jangan egois dan serakah sampai-sampai tidak memikirkan keberlangsungan hidup hewan-hewan tersebut dimasa depan. Jangan sampai indahnya kicauan burung di pohon-pohon yang rimbun tidak lagi kita dengarkan dimasa mendatang dimana keindahannya hanya menjadi cerita dongeng bagi anak cucu kita.

Stop! Berhenti memburu burung agar jumlah serangga tidak meledak

Taukah anda bahwa burung memimpin di depan sebagai pemakan serangga setelah kelelawar ? Jumlah mereka di alam sangat menentukan jumlah serangga. Diantara serangga yang menjadi mangsanya, beberapa adalah hama tanaman yang sangat mengganggu kualitas dan kuantitas hasil panen.Oleh karena itu hendaklah kita lebih arif dan bijak sebelum memutuskan untuk memburu lalu membunuh hewan kecil ini. Kita berharap perburuan terhadap binatang ini hanya dilakukan jika memang jelas-jelas merugikan kawasan pertaniaan. Alangkah lebih baik jika binatang mungil ini dibiarkan bebas begitu saja untuk menjaga keseimbangan alam sekitar kita.

Manfaat burung liar yang dibiarkan hidup di alam bebas

Setiap dari kita juga harus memahami bahwa makhluk hidup nan mungil ini memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita sehari-hari. Diantaranya adalah

  1. Burung adalah salah satu komponen lingkungan yang turut melengkapi kesan eksotik dari sisi keindahan lingkungan.
  2. Menjadi salah satu hewan yang turut berperan dalam proses penyerbukan tanaman.
  3. Menjadi salah satu hewan yang berperan dalam penyebaran vegetasi tumbuhan ke berbagai daerah.
  4. Kotoran burung menjadi kompos di tanah untuk yang bermanfaat untuk menyuburkan tanaman.
  5. Membantu menyebarkan vegetasi tanaman ke berbagai wilayah khusus untuk mereka pemakan buah.
  6. Mengendalikan jumlah serangga di alam. Menekan jumlah serangga tertentu yang sifatnya merugikan bagi pertanian.
  7. Sebagai bagian dari rantai makanan yang membuat hewan buas terpenuhi kebutuhannya dan tidak menyerang pemukiman warga.
  8. Mencegah pembusukan buah oleh karena serangga yang secara tidak sengaja meletakkan telurnya di atas kepala putik pada musim berbunga. Jika burung pemakan serangga dapat menekan jumlah serangga ini maka jumlah buah yang busuk sebelum masa panaen dapat ditekan.
  9. Sadarilah bahwa bukan hanya musik klasik yang dapat menenangkan pikiran akan tetapi suara burung juga dapat menenangkan pikiran sekaligus membuat orang cerdas.

Manfaat burung liar di sekitar anda

Sebuah pemikiran muncul bahwa sebagai salah satu hewan yang telah lebih dahulu ada dibandingkan manusia, ia menyimpan rahasia penciptaan. Sebab suara burung konsisten dari tahun ke tahun (tidak pernah berubah). Lagipula hewan ini tidak memiliki kesadaran jadi hanya kata-kata yang di titipkan oleh Pencipta kitalah yang terus disiulkan oleh binatang ini. Adakah orang bijak yang dapat menyibakkan kebenaran yang teresmbunyi ini? Kita tunggu saja teman.

Salam perubahan!

Iklan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s