3 Tipe manusia berdasarkan orientasinya terhadap waktu – Jangan Fokus pada berkat, muzizat dan kelimpahan melainkan lakukanlah apa yang baik

Tipe manusia berdasarkan orientasi berpikir - hubungan perilaku dan orientasi berpikir

Tipe orang – Manusia memiliki pola pikir yang berbeda-beda. Perbedaan inilah yang menentukan kedamaian hati, perbuatan baik dan keluwesan dalam bersikap. Dalam banyak situasi terkadang kita hanya menina bobokan pikiran sendiri agar hati terasa senang dan penuh kelegaan. Keadaan ini memang tidak salah namun suatu saat kita akan terkejut dan memberontak karena apa yang kita bayangkan tidak kunjung terjadi.

Imajinasi itu baik tapi terus berkhayal adalah merusak

Permainan pikiran jelas sangat manis. Kita bisa menjadi apa saja dalam segala yang kita inginkan yang disebut dengan imajinasi. Membayangkan hal yang Indah-indah dapat membuat kita melayang dan terbang seperti lepas dari kehidupan yang sebenarnya. Inilah narkoba alami yang kita ciptakan sendiri. Sebagai seorang manusia normal berimajinasi adalah hal yang wajar.

Bakat imajiner yang mumpuni sebaiknya dialirkan untuk menjadi seorang pelukis, penulis fiksi, perancang dan lain sebagainya. Jika bakat ini tidak tersalurkan lebih baik tinggalkan khayalan ini dan mulailah hidup lebih realistis.

Saat hidup di dunia nyata, kita harus mulai menerima kenyataan, sepahit apapun itu. Kuatkan hati dan jangan mencle-mencle atau berimajinasi untuk menenangkan pikiran sendiri. Menghadapi masalah dengan memikirkan hal yang indah-indah cenderung membuat kita menjadi kekanak-kanakan. Selain itu situasi ini juga membuat diri sendiri stagnan dan cenderung tidak mau move on dari masalah tersebut.

Jenis dan golongan manusia berdasarkan cara pandangnya terhadap waktu

Berikut ini kita akan membahas tipe-tipe manusia berdasarkan orientasinya terhadap waktu dalam melakukan aktivits sehari-hari.

1. Tipe manusia manipulatif

Jenis manusia yang bekerja sambil memikirkan kehidupannya di masa depan

Tipe kepribadian manipulatif

Dalam banyak kesempatan kita selalu mencoba untuk menjadi sesuatu. Menyeret diri sendiri untuk menjadi orang yang mampu melihat masa depan padahal yang di depan mata adalah kegelapan dan lembah kekelaman. Saya tidak habis pikir kebiasaan ini, menggunakan tujuan-tujuan manis untuk menciptakan sebuah khayalan yang memandang pada keadaan yang tidak nyata lalu melangkahi masalah seolah kita telah lolos. Mereka yang penuh manipulasi selalu bisa menciptakan dunianya sendiri yang penuh kepalsuan semata untuk menyenangkan diri sendiri.

Saat menjalani hari-hari, Mungkin lebih baik jika pikiran sudah melihat apa yang akan kita raih di depan (harapan). Sesaat ini memang baik akan tetapi jika HATI TERUS MERASA LEGA DENGAN APA YANG ADA JAUH DI DEPAN sehingga ada kecenderungan kehilangan kesadaran dan terlena dengan khayalan yang indah ini padahal belum tentu terjadi, mungkin saja kita dipanggil Tuhan esok atau lusa. Jangan sampai kita dibodohi oleh pikiran sendiri sehingga membuat hidup kita stagnan disitu-situ saja karena hanya terus berimajinasi tanpa berbuat apa-apa.

jika yang dibahas-bahasa adalah apa yang belum tentu bisa kita raih di masa depan niscaya lama-kelamaan kita akan kecewa sendiri. Ini sama seperti ketika kita hanya fokus memikirkan tentang berkat, mukzizat dan kelimpahan. Jika kita hanya fokus pada destinasi yang seperti ini maka ada kecenderungan diri ini untuk bermalas-malasan/ berleha-leha lalu dengan usaha yang sangat minus kita mengharap ada sesuatu yang lebih besar. Ini akan membuat kita stagnan terus dan tidak maju-maju.

Sadarilah bahwa kita hanyalah manusia biasa. Makhluk yang tidak berhak menentukan apa yang harus terjadi dalam hidupnya di masa depan. Cita-cita boleh tinggi dan harapan boleh tidak terkendali namun jangan pernah membawa semuanya itu dalam aktivitas sehari-hari sebab beresiko membebani kehidupan.  Tidak masalah jika kita punya harapan sendiri-sendiri dalam hidup ini. Biarlah harapan itu kita simpan dalam lubuk hati yang paling dalam saja. Lalu mulailah berpikir untuk memantaskan diri dengan memperbaiki perkataan dan perilaku sehari-hari.

2. Tipe manusia jaman baheulah

Golongan orang yang beraktivitas sembari memikirkan dan membahas terus masa-masa silam yang telah ia lalui.

Jenis manusia jaman baheula, zaman dulu

Mereka yang seperti ini cenderung menjadi sombong karena prestasinya di masa lalu namun tidak jarang juga yang mengalami ketakutan karena kegagalannya di masa lalu. Sekeras apapun usaha kita masa lalu tidak akan kembali.

Kita jauh dari hal-hal yang baik dan cenderung menginginkan hal baik itu terjadi pada diri ini. Padahal apa yang kita inginkan tidak berhubungan (matching) dengan apa yang dilakukan. Tidak menerima realitas adalah awal dari bencana dan kegilaan moral. Kita membabi-buta oleh karena tingginya khayalan namun sangat kontras dengan kenyataan. Situasi seperti ini bisa membuat hidup kacau balau karena depresi terhadap masa lalu. Sesungguhnya yang sudah terjadi biarlah terjadi, ikhlaskan saja teman sebab masa lalu tidak pernah kembali lalu mulailah lembaran baru untuk masa depan yang lebih baik.

3. Tipe manusia up to date

Golongan orang yang bekerja sambil berpikir apa yang terbaik yang harus dilakukan sekarang (realita)

Level manusia yang up to date (terbarukan)

Saat kita berjalan mengarungi dunia yang fana ini. Semua punya tujuan, mengapa dia hidup dan masih terus beraktivitas dalam usahanya hingga sekarang. Pikiran kita tidak perlu membahas atau mengupas tuntas tempat yang akan kita tuju kelak melainkan marilah melayakkan diri sendiri dengan memperbaiki sikap: tutur kata dan perilaku sehari-hari menjadi lebih baik. Itulah fokus pikiran kita, apa yang benar dan yang baik yang harus kita lakukan hari ini. Apa yang berpotensi memperburuk sikap kita kepada orang lain. Apa yang mengganggu pikiran dan harus segera kita perbaiki. Bagaimana usaha kita untuk bisa berbuat baik kepada lebih banyak orang lagi hari ini.

Apabila Fokus pikiran kita bersifat up to date maka segala daya upaya yang kita lakukan akan tepat sasaran dimana semuanya itu menjadi lebih efektif dan efisien. Biarkan hidup anda mengalir seperti air sebab setiap orang memiliki panggilan yang berbeda-beda (passion). Tampillah apa adanya dan Jadi diri sendiri. Berusahalah untuk berbuat baik kepada banyak orang; Rajin memperbaiki diri; Berusaha lebih keras namun tetap jujur; Lebih sabar dalam menghadapi orang lain dan memberi jalan keluar buat masalah mereka; dan masih banyak lagi hal yang bisa dilakukan untuk masa depan yang lebih baik. Jika kita layak berkat, mukzizat dan kelimpahan itu akan datang sendiri tanpa kita sadari.

Dalam segala sesuatu, jangan biarkan pikiran anda kosong. Upayakanlah untuk selalu memikirkan hal-hal yang baik dan benar (salah satunya tentang wawasan ilmu pengetahuan yang benar). Pikiran yang sedang kosong adalah sarang bagi hawa nafsu dan hasutan negatif dari orang lain. Salah satu pilihan terbaik adalah dengan selalu fokus kepada Tuhan dalam semua keadaan dalam Firman-Nya dan puji-pujian untuk kemuliaan nama-Nya di dalam hati. Hanya dengan fokus kepada Yang Maha Mulia pikiran dijernihkan, diwaraskan bahkan anda akan dipertemukan dengan passion-mu.

Kita sedang menabung

Hidup ini “seperti seorang yang menabung” teman. Ada yang menabung di bank kebaikan hati, ada pula yang menabung di bank kejahatan dan yang lebih anehnya lagi ada orang yang menabung di bank kebaikan sekaligus kejahatan. Yang terakhir ini yang membuat saya heran, ntar buka tabungannya seperti apa ya…. 😀 😀 Seru juga tuh, ketimpa manggis runtuh sekaligus ketimpa hujan batu, campur sari cuy….. wkwkwkkk

Hari ini anda melakukan apa? Suatu saat tabungan itu akan dibuka jua. Teruslah menabung kebaikan sebayak-banyaknya. Tidak usah dihitung berapa pengeluaran kita, tidak usah dibahas jadi apa tabungan kita kelak, tidak usah dipikiri seperti apa tabungan itu nanti, tidak usah diambil pusing jadi apa kita kelak. Suatu saat yang Yang Maha Kuasa akan membukakannya hingga membuat kita terkesan sebab semuanya indah pada waktunya. Baca juga, level kebaikan manusia

Cita-cita boleh ada lalu sesuaikanlah sikap, perilaku dan usahamu dengan harapanmu. Jadilah penabur yang penyabar, kuat dan rela berkorban! Salam dahsyat!

Iklan

2 comments

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s