15 Cara menghemat bahan bakar (BBM) Kendaraan

Cara menghemat energi BBM sepeda motor, mobil dan lainnya

Bahan bakar minyak (BBM) – Hemat itu baik. Banyak orang berpikir ketika memiliki uang dapat di gunakan sepuas-puasnya. Padahal ini sama saja dengan membiarkan hawa nafsu lepas kendali. Apabila keinginan tidak terkendali alhasil anda akan membabi buta dan kehilangan arah. Oleh karena itu teman, jangan pernah penuhi semua keinginan/ hawa nafsu anda, di batas-batasin teman agar diri ini bisa belajar mengendalikan hawa nafsu seutuhnya.

Hemat tidaknya kendaraan dinilai dari suara yang dikeluarkannya

Salah satu cara untuk membatasi hawa nafsu adalah dengan cara berhemat. Saat kita melakukannya  ada suatu teknik khusus untuk membuat mesin (baik sepeda motor maupun mobil) lebih irit menggunakan bahan bakar minyak. Rata-rata kendaraan yang diperjual belikan di Indonesia lebih irit dalam penggunaan bahan bakar. Terkecuali untuk roda dua/ mobil yang telah dimodifikasi agar mesinnya lebih bertenaga yang biasanya digunakan di arena balap.

Sebenarnya boros tidaknya kendaraan dapat kita amati secara langsung lewat suara yang dikeluarkan. Semakin menggelagar suaranya maka semakin banyak pula BBM yang digunakannya. Saat berkendara dengan terburu-buru terkadang tidak memperhatikan batas kecepatan hingga membuat mesin mengeluarkan suara yang tidak enak di dengar. Apalagi saat berkendara dengan kecepatan yang tidak konsisten juga membuat penggunaan bahan bakar minyak tidak irit.

Baca juga, Dampak buruk suara knalpot bising dan cara mengatasinya

Hubungan kecepatan dengan penghematan

Kecepatan yang lebih hemat itu tidak terlalu cepat dan juga tidak terlalu lambat. Pada dasarnya saat kita mengemudi dengan suara kendaraan roda empat/ dua yang lebih halus didengar saat itulah mesin yang bekerja lebih efisien. Efisiensi ini tidak sama untuk setiap kendaraan, tergantung dari merek dan tingkat kopling yang digunakan (baik kopling otomatis maupun manual). Setiap level transmisi yang kita gunakan memiliki kecepatan dengan suara halusnya sendiri-sendiri. Silahkan uji coba sendiri untuk kendaraan yang anda gunakan sehari-hari. Bahan bakar 

Lebih hemat dan pengaruhnya terhadap waktu

Tentu saja hemat bahan bakar yang kita maksudkan disini tetap efisien dari segi waktu. Artinya biar hemat tapi tetap tepat waktu. Namun jika kita telaah secara mendalam sebenarnya dua hal ini tidak memiliki hubungan yang saling ketergantungan asal saja kita berangkat lebih awal. Setiap dari kita seharusnya bisa melakukan analisis kecil-kecilan dalam perjalanan yang akan kita tempuh.

Misalnya saja, jarak yang akan kita tempuh sejauh 10 Km. Jika kecepatan spedometer menunjukkan 40 Km/Jam (40/10 = 4). Artinya untuk menempuh jarak 10 Km kita membutuhkan waktu (60 menit/4) kira-kira selama 15 menit.

Lagi, jarak yang ditempuh 50 Km. Jika kecepatan di spedometer 40 Km/Jam (40/50 = 0,8). Artinya untuk menempuh jarak 50 Km kita membutuhkan waktu (60 menit/0,8) selama ±75 menit.

Jika kita bisa memperkirakan waktu (setidaknya waktu kotor) yang dibutuhkan untuk menempuh perjalanan yang jauh atau dekat. Niscaya kita bisa mengantisipasi keterlambatan dengan cara berangkat lebih cepat/ lebih awal. Bila mengawalinya lebih cepat pasti lebih baik juga ketepatan waktu sampainya.

Pengaruh performa mesin dengan penghematan

Setiap kendaraan memiliki performa mesin yang berbeda-beda. Semuanya ini tergantung dari merek, servis rutin yang dilakukan dan kebiasaan pengemudi sendiri dalam berkendara. Apabila kita menggunakan kendaraan yang sudah tua (lebih dari 20 tahun ke atas), sudah pasti lebih boros daripada yang baru. Demikian juga apabila jarang (tidak rutin) melakukan servis akan membuat efektifitas mesin menurun sehingga lebih boros bahan bakar (BBM). Kebiasaan berkendara juga berhubungan erat dengan penghematan yang akan kita lakukan.

Cara efektif agar kendaraan lebih hemat menggunakan BBM

Dari penjelasan sebelumnya diketahui bahwa untuk menghemat penggunaan bahan bakar harus memperhatikan umur kendaraan, sevice yang di lakukan dan kebiasaan berkendara. Dalam penjelasan selanjutnya kita akan mengkupas tuntas kedua  hal ini. Berikut cara efektif untuk menghemat bahan bakar yang telah kita terapkan sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Silahkan dicoba teman

Perbaiki kebiasaan berkendara menjadi lebih baik

  1. Memanaskan mesin itu tidak butuh waktu lama (sampai setengah jam atau berjam-jam :D) melainkan hanya butuh waktu 2 menit saja.
  2. Saat memanaskan mesin gas kendaraan bermotor tidak perlu dimainkan (ditarik-ulur) melainkan alangkah lebih baik jika dibiarkan begitu saja selama 120 detik.
  3. Mulai menjalankan motor, tarik gas perlahan. Cobalah untuk tidak menancap gas sekaligus.
  4. Pengemudi yang konsisten akan berkendara dengan kecepatan yang konstan/ tetapsehingga membuat bahan bakar minyak yang di gunakan lebih hemat. Menarik gas sangat tinggi secara mendadak/ tiba-tiba membuat mesin mobil/ sepeda motor anda terkejut dan menyedot bahan bakar minyak yang lebih banyak.
  5. Apabila hendak melewati jalan dengan tanjakan, ambillah dorongan sebelum tiba pada tanjakan dimaksud dengan kecepatan kendaraan yang lebih tinggi. Tarik gas sebelum sampai jalan yang menanjak hingga anda melewati seluruhnya dengan aman. Ingatlah bahwa kecepatan yang tidak memperhatikan keselamatan beresiko merugikan anda sendiri dan juga orang lain.
  6. Jangan terlalu sering menukar gigi. Pertukaran kopling yang Terlalu sering menyebabkan kendaraan lebih boros sebab terdapat kecepatan jeda antar level yang membutuhkan BBM lebih.
  7. Tidak melakukan akselerasi dan deselerasi (pindah gigi untuk perlambatan) secara mendadak. Injak pedal gas dengan kalem, jangan menghentak. Demikian pula saat melepas pedal gas.
  8. Untuk jalanan yang bebas hambatan (jalanannya sepi, kendaraan jarang, jauh dari pemukiman padat penduduk) anda diperkenankan menggunakan transmisi dengan level tertinggi (4 untuk motor kecil, 5 atau 6 untuk motor besar). Kecepatan yang anda gunakan tentu saja pada posisi suara yang lebih halus.
  9. Untuk jalanan yang berbukit-bukit alangkah lebih baik jika anda menggunakan level 3/4. Sebab transmisi pada gigi tiga ini sifatnya lebih kuat dorongannya dan dari segi terikan juga lebih baik (Untuk sepeda motor kecil 100 cc – 125 cc). Sedangkan untuk motor gede (+135 cc) silahkan uji coba sendiri teman, apakah pada posisi 3/5 atau 4/5. Tidak lupa dengan kecepatannya yang disesuaikan dengan kehalusan suara yang dikeluarkan oleh kendaraan.
  10. Untuk jalanan dengan banyak hambatan (misalnya karena macet, pemukiman padat penduduk, pasar tumpah) anda dapat menaikkan level kopling sampai 2/4 saja. Selain lebih efisien, posisi seperti ini juga membuat mengemudi lebih seimbang.

    Service kendaraan yang baik dilakukan

  11. Perhatikan tekanan dan kontur ban mobil/ sepeda motor anda. Tekanan dan kontur ban yang memadai (tidak brlebihan dan juga tidak kekurangan) akan turut menghemat  penggunaan bahan bakar.
  12. Gunakan suku cadang asli yang direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan anda.
  13. Service kendaraan anda secara rutin, periksa oli mesin, oli transmisi, oli power steering, oli rem,dan oli kopling secara rutin dan lebih teliti.
  14. Tentu saja yang terakhir adalah lakukan pengisian bahan bakar di POM bensin resmi milik Pertamina yang kualitas dan volumenya sudah terstandarisasi.
  15. Mau lebih hemat lagi? Gunakan kendaraan umum sobat dan cobalah untuk berjalan kaki saat hendak pergi ke tempat yang tidak begitu jauh.

Aturan yang kita sampaikan di atas sifatnya sangat fleksibel teman. Yang kami sampaikan hanyalah sebuah masukan dari pengalaman yang dialami selama ini. Saat anda berkendara abaikan tulisan ini dan berkendaralah sesuai dengan kebutuhan dan situasi yang anda hadapi  tanpa harus mengabaikan peraturan dan rambu-rambu lalu lintas yang berlaku.

Saya sendiri tinggal di daerah yang berbukit-bukit dengan menggunakan motor bobot 125 cc. Sebelum menggunakan cara ini kita rutin mengisi bahan bakar 2 kali seminggu. Namun setelah mengatur kecepatan rata-rata pada 40 km perjam dan gigi 3/4 membuat penggunaan BBM lebih irit (hanya sekali seminggu melapor ke POM bensin) dengan jarak perjalanan dan rutinitas seperti yang sudah-sudah.

Bagaimana dengan anda teman? Lakukan eksperimen sendiri dengan sepeda motor/ mobil anda lalu tentukan kecepatan yang paling sesuai untuk kebutuhan sehari-hari tanpa mengabaikan segi efektifitas dan penghematan BBMnya.

Salam hidup maju!

Iklan

3 comments

  1. […] Pemakaian energi haruslah seimbang. Ketika manusia dengan segala aktivitasnya menghancurkan sumber daya sehingga menghasilkan panas dan polutan maka kita butuh sesuatu yang dapat kembali menyerap panas dan polutan tersebut secara cepat, secepat kita menghabiskannya, yakni tumbuhan hijau. Prinsip pembuatan minyak bumi dan gas alam adalah fermentasi senyawa organik menjadi senyawal lain dengan bantuan mikroorganisme dan garam dibawah tekanan. Dengan demikian polusi yang dihasilkan dapat diimbangi dengan pertumbuhan tanaman hijau yang setara sehingga lingkungan tetap asri dan terpelihara keberlangsungan hidup bersama yang lainnya di dunia yang sementara ini. (Simak juga, Tips menghemat bensin kendaraan bermotor) […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s