Kecewa – Pelajaran Hidup Dibalik Kekecewaan – Reaksi, manfaat, dan akibat dikecewakan

Pelajaran Hidup Dibalik Kekecewaan - Reaksi, manfaat, dan akibat

Kecewa – Lagu-lagu perjalanan kehidupan hari lepas hari yang kita lalui di bumi ini banyak rupanya. Ada rupa-rupa kebahagiaan, ada rupa-rupa kesusahan, semua terjadi silih berganti. Apakah kita bisa menerawang masa depan? Apakah kita tau kapan kita sukses? Apakah kita tahu kapan ajal menjemput? Tidak…. Kita tidak tahu apa-apa. Yang bisa kita lakukan adalah bekerja dengan displin dan tekun lalu berharap Sang Pencipta mengizinkan yang terbaik terjadi dalam hidup kita.

Jangan kuatir tentang sesuatu yang tidak mungkin berubah

Kita harus menyadari, posisi kita didunia ini berada dalam hitungan mundur. Entah kapan waktunya tiba kita berpulang dan meninggakan semua rutinitas serta pencapaian ini. Apa artinya semua perjuangan ini? Akankah kita dihargai sesuai dengan kebaikan kita? Sehingga, sekiranya mungkin kita bisa diijinkan mencicipi surga walau hanya sebagai seorang petugas kebersihan?

Reaksi orang yang berbeda-beda saat dikecewakan

Kekecewaan adalah situasi yang tidak menyenangkan dimana apa yang diharapkan tidak sesuai dengan apa yang terjadi. Sejak dari kita masih bayi hingga sekarang, telah mengenyam kekecewaan berkali-kali dimana reaksi kita beragam dan berubah dari tahun ke tahun seiring dengan bertambahnya taraf kedewasaan. Saat masih jabang bayi jika kecewa pasti reaksinya langsung menangis bahkan apa-apa menangis. Berikut beberapa reaksi ketika seseorang dikecewakan oleh sesuatu dan lain hal.

  1. Menangis

    Menangis itu tidak salah, Manfaat menangis untuk kesehatan fisik dan mental

  2. Marah – marah, termasuk kata-kata kotor dan hinaan

    Baca juga, akibat marah-marah

  3. Diam dalam keBencian lalu dipendam menjadi Dendam
  4. Benci lalu direspon dengan Agresif Melawan
  5. Diam dalam kesabaran lalu Bersyukur dan menguatkan hati sembari tersenyum.

Manfaat kekecewaan

Kuatkan hati menjalani hidup

Sebagai sebuah gejolak sosial, kecewa mengajarkan kita banyak sekali nilai-nilai moral yang tujuannya sebenarnya untuk membuat kita lebih manusiawi. Berikut ini manfaat kekecewaan bagi kesehatan mental manusia.

  1. Tekanan akibat rasa kecewa akan menuntunmu untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Hati yang hancur akibat dikecewakan oleh seseorang menuntunmu belajar untuk mengandalkan Tuhan dalam segala sesuatu.
  2. Kekecewaan membuat kita lebih sabar saat diperhadapkan dalam situasi yang serupa tapi tak sama. Ini bisa menambah pengalaman anda.
  3. Kekecewaan membuat hati lebih kuat dalam menghadapi ujian hidup berikutnya. Menjadi orang yang tegar itu harus dilatih.
  4. Kekecewaan menciptakan pengalaman baru. Orang yang sudah pernah kecewa lebih berlapang dada saat mengalami kekecewaan yang lain dalam kesehariaannya.
  5. Saat kecewa, kita belajar untuk lebih mawas diri kedepannya. Kehati-hatian dalam berpikir dan bertindak membuat kita tidak lagi jatuh dalam kekecewaan yang sama.
  6. Mampu bersikap santai dan tenang dalam tekanan. Kekecewaan membuat daya tahan kita lebih lama. Bertahan dalam penderitaan mengajari kita untuk tetap tenang dalam menghadapi segala sesuatu.
  7. Gejolak sosial semacam ini mampu meningkatkan kecerdasan dan kedewasaanmu.
  8. Tekanan kehidupan jelas membuat stres. Ini adalah kesempatan bagi anda untuk mengelola dan mengatasi stres.
  9. Pada akhirnya kekecewaan membuat kita berubah menjadi lebih baik lagi. Rasa ini mengajari kita untuk membuang rasa malu dan ego untuk meraih hidup yang lebih baik.

Akibat rasa kecewa

Rasa kecewa bisa berakibat fatal namun bisa juga berakibat membangun kehidupan seseorang. Dalam rasa kecewa seseorang diajarkan untuk lebih kuat atau lebih lemah. Pendekatannya adalah, Hanya ada dua gendang dalam kekecewaan, menjadi lebih baik atau malah hancur berantakan. Berikut pembahasan selengkapnya.

  1. Masa transisi. Saat seseorang mengalami kekecewaan. Ia diperhadapkan dalam situasi yang menyakitkan bahkan memalukan sama sekali. Dalam masa transisi inilah, dia kembali mengatur hidup dan merecharger kekuatannya. Inilah masa dimana seseorang mulai mengalami guncangan awal yang akan menentukan tindak-tanduknya yang selanjutnya.
  2. Kemunduran dan hancur. Dalam tahap ini beberapa orang menjadi sangat lemah hatinya, penuh emosional dan cenderung mencari dan melakukan pelarian dalam setiap kekecewaan yang ia alami hingga akhirnya ia mencapai titik dimana hanya ada kebuntuan dan kehampaan. Disaat ini orang tersebut akan terjun bebas sama sekali.
  3. Terpuruk – bertahan – berubah dan menjadi lebih baik. Dalam keterpurukan dan kesakitan oleh karena rasa kecewa yang mendalam. Dihadapi dengan penuh kesabaran dan kekuatan hati. Seseorang yang masih bisa melihat masa depan dan meyakini masih ada harapan untuk hidup yang lebih baik pasti akan melaluinya dengan bersabar. Dia yang yakin dengan dirinya sendiri bahwa masih ada Tuhan yang menolong dan mampu mengubah kehidupannya akan menunggu sembari terus berinovasi dan berkreasi hingga menemukan taraf hidup yang lebih baik.

Cara mengatasi rasa kecewa

Sikap ketika kita kecewa selalu berubah-ubah. tergantung besar kecilnya keinginan dalam hati. Jika kita memiliki keinginan yang besar niscaya kecewanya besar pula dan apabila kita menginginkannya kecil, kelak kecewanya kecil juga. Ada korelasi yang kuat antara keinginan dan kekecewaan. Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika keinginan dalam hati di minimalisir bahkan di nolkan sama-sekali agar apapun hasilnya dapat kita terima dengan lapang dada. Tapi ingat, jangan juga ketika keinginan kita minimalisir/ di nolkan maka usaha kitapun kecil. Artinya nolkan keinginan namun maksimalkan usaha maka lihatlah apa yang akan terjadi kelak.

Selengkapnya, Cara mengantisipasi kekecewaan

Salam kekuatan hati!

Iklan

One comment

  1. […] Seberapa sering anda kecewa? Ada yang mengatakan bahwa “mereka yang sering dikecewakan lalu bertahan dan bangkit lagi lebih siap menghadapi kekecewaan berikutnya”. Yang lain mengatakan, “mereka yang selalu merasakan kekecewaan akan menjadi orang yang anti sosial, menggila bahkan cenderung ingin bunuh diri”. Jadi, yang mana yang anda percayai teman? Sebelum mengambil keputusan alangkah baiknya jika anda mengetahui dengan jelas apa manfaat dari rasa sakit ini. Selanjutnya, Manfaat kekecewaan untuk kehidupan yang lebih baik […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s