11 Cara Agar Tidak Melihat & Mencegah Dihantui Oleh Roh Jahat – Faktor Penyebab Melihat Hantu Mitos Atau Fakta

Hantu mitos atau fakta - Cara mengatasi agar tidak melihat hantu dan tidak dihantui oleh roh-roh jahat

Keberadaan hantu seperti sebuah mitos yang masih belum terungkap kebenarannya di tengah masyarakat Indonesia. Ada segolongan orang yang percaya bahawa hantu itu nyata namun ada juga yang menganggap bahwa cerita hantu itu hanya guyonan yang syarat dengan omong kosong. Banyak pihak yang sangat tertarik untuk menyelidiki hal ini namun mereka menemukan jalan buntu.

Banyak teman saya yang mengaku pernah melihat penampakan seram di kebun/ hutan, di sekitar lingkungan rumahnya bahkan ada juga yang di dalam rumahnya sendiri. Katanya arwah gentayangan itu terdapat di tempat-tempat tua, sunyi-sepi, hutan belantara yang rimbun dan di lokasi yang pernah terjadi kasus pembunuhan masal, mutilasi atau kasus yang mengerikan lainnya. Beberapa teman juga mengaku tidak pernah melihat makhluk seram ini dan saya sendiripun tidak pernah melihatnya.

Menarik sekali membicaran masalah ini sebab ada yang pro dan kontra dengan kisah yang sebenarnya. Bahkan anak muda juga sangat antusias ingin menyaksikan kisah-kisah seram yang hangat diceritakan oleh orang tua. Entah apa yang ada dipikiran nenek dan kakek kita hingga menceritakan kisah-kisah yang seram kepada anak dan cucunya sehingga melahirkan sebuah mitos yang dipercaya kebenarannya secara turun-temurun.

Lalu mengapa sampai sekarang masih terdapat film horror di layar kaca. Mulai dari film lokal, film luar (internasional) bahkan hollywood-pun masih memproduksi kisah-kisah yang menakutkan ini. Ini semua karean masalah ekonomi, “dimana ada semut disitu ada gula”. Bisnis perfilman itu omsetnya tinggi dan salah satu genre yang paling disukai oleh khalayak ramai adalah film horror.

Mitos tentang hantu yang sebenarnya memiliki makna moral dibaliknya

Ada baiknya jika kita memahami bahwa orang tua jaman dulu lebih senang memakai pendekatan tentang “hantu” untuk membuat anak-anaknya lebih waspda dan selalu berhati-hati saat melangkah menjalani hidup. Cara ini mereka pandang sangat efektif dan pengaruhnya dapat bertahan lama turun-temurun.

Seharusnya kita generasi masa kini tidak sepenuhnya percaya dengan cerita-cerita tua yang sudah usang itu melainkan marilah kita mengambil makna positifnya saja. Kita lihat sisi moral yang ingin disampaikan para leluhur dari setiap cerita seram yang penuh mistik itu, seperti:

  1. Hutan bambu itu ada setannya : Artinya, jaga lingkungan dan jangan memperlakukannya sembarangan apalagi membabatnya sampai habis.
  2. Apabila matahari telah jatuh diufuk barat jangan masuk hutan angker disana banyak setannya : Artinya agar anak-anaknya tau waktu bermain, jangan sampai kebablasan dan tidak pulang kerumah padahal sudah maghrib.
  3. Kisah tentang kuntilanak yang bangkit dari kubur : Artinya, zaman dulu tingginya angka kematian ibu hamil tinggi sekali sebab masyarakat belum mengenal gaya hidup sehat sepenuhnya. Menyaksikan hal itu, ada kekhawatiran buyut kita, jangan-jangan ibu hamil diguna-gunai/ santet oleh dukun setempat. Oleh karena itu isu tentang setan kuntilanak yang bangkit dari kubur disebarkan untuk menakuti dukun/ tukan santet dizaman itu.
  4. Jenazah yang belum dibuka tali pocongnya akan berkeliaran dan menghanti masyarakat, : Artinya agar para laki-laki lebih serius menguburkan jenazah dan jangan mengabaikan setiap kaidah yang sudah ditetapkan.
  5. Rumah angker. Banyak orang diluar negeri yang meneliti berbagai rumah hantu yang ada disekitar mereka dan pada akhirnya sebuah fakta ilmiah mengungkapkan bahwa struktur rumah yang dimaksud tidak baik dalam hal sirkulasi udara sehingga membuat orang-orang didalamnya kekurangan oksigen hingga akhirnya mengalami halusinasi dan melihat hantu yang dibayangkannya sendiri.
  6. Jangan terlalu lama berkeliaran dihutan nanti dibawa lari oleh setan rimba, Artinya, Jika masuk hutan jangan sampai larut malam sebab bekal minum yang sudah habis akan membuat tubuh kekurangan cairan (dehidrasi) sehingga membuat seseorang melihat hal-hal yang aneh berupa fatamorgana yang sebenarnya tidak nyata.

Alasan ilmiah mengapa melihat hantu di dunia nyata

Itulah beberapa mitos tentang keberadaan hantu dan fakta yang dapat kita ambil hikmahnya agar kehidupan kita lebih damai dan bebas dari rasa takut. Sekarang mari kita bahas bersma mengapa kita bisa melihat sesuatu yang samar-samar seolah menjadi nyata dimata?. Sadarilah teman bahwa hantu itu tidak ada, ada alasan ilmiah mengapa anda melihat hantu. Ilmu pengetahuan dan sains modern sudah dapat menjelaskan fenomena ini. Berikut ulasan selengkapnya:

  1. Membayangkan hantu ada didepan mata padahal karena terlalu sering menonton film horor. Percaya atau tidak, mata kita adalah terang yang menyinari seluruh tubuh dan perjalanan kehidupan ini. Jika mata kita gelap karena kerap kali dan gemar menonton film horor niscaya kehidupan kitapun dibayang-bayangi oleh apa yang kita lihat itu.
  2. Menganggap hantu itu nyata karena rasa bersalah yang menekan dan menakuti kita dari dalam. Biar bagaimanapun kesalahan harus segera dibereskan teman. Kesalahan yang dibiarkan berlarut-larut apalagi sampai menghilangkan nyawa orang lain akan menghantui dan menggetarkan kita setiap hari. Oleh karena itu, jika anda salah segera diperbaiki dan meminta maaf.
  3. Melihat hal-hal yang tidak ada menjadi ada karena kekurangan oksigen. Suplai oksigen yang tidak mencukupi akan mengganggu koneksi reseptor pada sel-sel syaraf otak sehingga mempengaruhi kinerjanya secara keseluruhan. Bias yang tinggi akan menyebabkan seseorang menyaksikan khayalan sebagai sesuatu yang nyata. Kekurangan oksigen dapat terjadi dalam beberapa menit saja yang pada akhirnya membuat penderita mengigau.
  4. Mengapa bisa ada penampakan aneh disekitar anda ? Karena mengalami keracunan gas yang berbahaya, salah satunya adalah gas karbon monoksida. Gas ini tidak berbau dan tidak berwarna dan apabila ia terhirup secara tidak sengaja maka gas ini akan menggeser ikatan oksigen dengan darah sehingga suplai oksigen berkurang drastis. Jika ini berlangsung terus menerus dapat menyebabkan kematian. Dalam beberapa kasus gas CO yang terhirup tidak dalam dosis yang mematikan. Keadaan seperti ini akan mengganggu saturasi oksigen dalam darah dan menyebabkan otak kekurangan oksigen. Inilah yang menyebabkan anda berhalusinasi dan melihat penampakan makhluk halus disekitar.
  5. Mengigau karena kekurangan cairan dan melihat hantu. Saat manusia kekurangan cairan atau istilah medisnya dehidrasi, saat itu jugalah suplai cairan ke otak menjadi terhambat sehingga membuat impuls syaraf tidak terkoneksi dengan baik. Keadaan ini menyebabkan seseorang mengalami fatamorgana atau melihat yang tidak ada menjadi nyata termasuk melihat setan. Dehidrasi yang dialami selama seharian dibawah terik matahari dapat membuat seseorang berhalusinasi
  6. Mengigau karena kelaparan sehingga melihat bayangan yang tidak nyata. Gejala yang ditimbulkan sama saat kekurangan cairan hanya saja rentang waktu tidak makan sampai beberapa hari (Bisa sampai dua tiga hari). Kinerja otak yang menurun menyebabkan bias penglihatan sehingga seseorang merasa telah melihat hantu.
  7. Percaya hantu hanya dari rumor yang sengaja disebarkan dimasyarakat oleh pihak-pihak tertentu untuk menguasai suatu tempat/ wilayah/ daerah. Ini adalah salah satu konspirasi pembodohan masyakarakat agar tidak ada orang yang betah tinggal didaerah tersebut.

    Selengkapnya, Waspadai setiap konspirasi yang mungkin anda alami

Cara mencegah agar anda jangan sampai dihantui oleh roh jahat

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati teman. Oleh karena itu alangkah baiknya jika anda memepersiapkan diri untuk mengantisipasi situasi yang mungkin bosa merugikan anda. Berikut ulasan selengkapnya tentang cara mengatasi agar tidak sampai melihat hantu gentayangan.

  1. Dekatkan diri dengan Yang Maha Kuasa. Kedekatan dengan Tuhan dibuktikan dengan firman dan puji-pujian bagi nama-Nya yang dilakukan setiap waktu. Bukan hanya 2 kali atau 5 kali sehari melainkan setiap saat kapanpun ada kesempatan yang baik. Pikiran adalah jalan untuk membuat anda selalu terhubung 100% dengan Yang Maha Kuasa. Bahaslah firman dan pujilah Dia senantiasa di dalam hati anda.
  2. Jangan terlalu sering menonton film horror. Isi otakmu sangat tergantung dari apa yang kamu indrakan. Jaga mata dari hal-hal yang tidak bermutu. Kita malah tidak pernah menonton film bergenre ini teman.
  3. Miliki komitmen & keyakinan yang kuat bahwa hantu itu tidak ada. Sadarilah bahwa hantu itu sesuatu yang berada diantara kenyataan dan imajinasi. Anda harus benar-benar dapat membedakan kedua hal ini. Sedangkan imajinasi itu sendiri merupakan akumulasi dan transformasi dari berbagai informasi yang pernah anda saksikan selama ini.  Oleh karena itu dapat kita simpulkan bahwa keberadaan makhluk halus ini hanyalah sebatas imajinasi saja.
  4. Jika anda bersalah, terima kesalahan itu beserta resikonya. Bila masih ada kesempatan silahkan meminta maaf. Jangan pernah lari kawan karena roh jahat akan menghantuimu.
  5. Pastikan rumah anda memiliki ventilasi dan tidak pengap. Udara yang tidak lancar akan menyebabkan penghuninya kekurangan oksigen dan berhalusinasi dalam beberapa menit saja.
  6. Jangan memanaskan kendaraan di dalam rumah/ garasi sebab proses pembakaran yang tidak sempurna saat kendaraan baru dihidupkan berpotensi menghasilkan karbon monoksida yang dapat meracuni anda dan keluarga dalam beberapa menit saja sehingga mendorong anda untuk berhalusinasi.
  7. Bagi anda yang berada di jalur gunung berapi. Perhatikan secara seksama lingkungan sekitar anda. Jika terdapat retakan tanah timbunlah rekahan itu hingga tertutup rapat. Sebab terkadang tanah yang merekah (mengalami retak-retak) di jalur gunung api rawan mengeluarkan gas beracun (salah satunya gas CO) yang dapat membuat anda berfantasi negatif.
  8. Selalu pastikan untuk meminum air sesuai anjuran dokter (untuk orang dewasa 8-10 gelas/ 2 liter perhari). Ingatlah bahwa dehidrasi selama seharian dapat menyebabkan fatamorgana.
  9. Kelaparan/ puasa/ diet terlalu ketat. Silahkan berpuasa sesuai anjuran dokter. Jikapun puasa anda membutuhkan waktu lama upayakan untuk meminum air disela-sela waktu itu untuk mencegah otak tidak kekurangan cairan.
  10. Jika sosok makhluk gaib mendatangi anda. Saat anda merasakan ada seseorang yang mendekat tetapi tidak kunjung dekat maka dapat disimpulkan bahwa setan yang mengunjungi itu hanyalah sebatas imajinasi saja. Silahkan pegang tangannya dan rangkullah dia lalu katakan kepadanya “kita adalah teman“. Pasti setelah itu anda tidak takut lagi sebab telah berdamai dengan diri sendiri.
  11. Konspirasi mengusir penduduk untuk bermukim disuatu daerah. Keberadaan setan/ hantu yang agak nyata disuatu daereah perlu diselidiki dengan seksama apakah ini benar-benar nyata atau hanya penipuan para konglomerat disana. Satu-satunya jalan adalah menjadi detektif hantu seperti dalam film scooby-dooby-doo….. k’k’k’k’ Maksuda saya yang kreatiflah teman.

Jaman sekarang, jangan percaya sama hantu kawan. Tidak ada lagi yang seperti itu. Zaman sudah berbeda, manusia dikuasai oleh hawa nafsunya. Hawa nafsu inilah yang lebih menakutkan dari hantu. Manusia yang tidak bisa mengendalikan diri akan cenderung dihantui oleh hawa nafsunya sendiri.

Salam hidup damai!

Iklan

One comment

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s