10 Manfaat Listrik Padam – 8 Kerugian akibat mati lampu yang berlangsung terus menerus

Keuntungan dan kerugiaan ketika listrik padam (mati lampu)

Listrik adalah salah satu kebutuhan sekunder dalam kehidupan manusia. Hampir semua hal-hal yang menawan disekitar kita membutuhkan listrik untuk beroperasi. Contoh kecil saja seperti Radio dan pemutar musik lainnya membutuhkan energi listrik. Apalagi sohib dekat kita, smartphon juga membutuhkan daya listrik walaupun memiliki batre supercharger, ada waktunya juga harus dihubungkan ke sumber daya listrik untuk mengisinya kembali.

Siang hari sepertinya tidak terasa jika sumber daya yang satu ini menghilang dari peredaran sebab masih ada sinar matahari langsung yang menyinari sudut-sudut ruangan. Beberapa barang elektronik juga masih bisa dioperasikan walau tidak maksimal dalam hal pemakaian. Berbeda halnya saat malam tiba. Padamnya lampu-lampu diatas plafon terasa sampai kelubuk hati. Peralatan elektronik yang biasanya membuat tertawa seperti televisi, radio, laptop dan yang lainnya seolah diam seribu bahasa.

Manfaat ketika malam menjadi gelap gulita karena padamnya listrik

Walau kesan pertama saat mendengar listrik padam sepertinya tidak enak didengar. Tetapi setelah dijalani bersama keluarga ternyata manfaatnya tidak kalah menarik jika di syukurin. Berikut manfaat ketika listrik dirumah padam :

  1. Saatnya istrahat full time. Malam yang terang biasanya dihabiskan dengan kesibukan yang berhubungan dengan pekerjaan dan hobi tapi malam ini lebih baik tiduran aja di atas kasur sambil menikmati keheningan malam.
  2. Keributan dan kebisingan seolah lenyap ditelan bumi. Biasanya orang-orang dirumah suka nonton tv terlebih kalau acaranya asyik seperti telenovela dari India dan Turki. Teriakan yang menggelegar dan cengas-cengis yang cukup mengganggu itu tidak ada lagi. Walau sudah menyesuaikan diri dengan keadaan ini namun tetap saja telinga ini lebih nyaman rasanya.

    Mau tahu, Faktor penyebab film luar negeri lebih disukai daripada film lokal?

  3. Gejolak sosial telah mengundurkan diri. Tidak ada lagi rebutan channel Televisi. Sepinya malam ternyata berdampak pada gejolak sosial yang biasanya terjadi seolah telah kehilangan semangat untuk saling bertemu.
  4. Lebih fokus belajar. Adik dirumah lebih betah berlama-lama didepan bukunya. Tidak seperti biasanya dimana kadang perhatian mereka tersita saat klimaks sinetron di TV lagi hot.
  5. Lebih banyak waktu untuk bercengkrama dengan anggota keluarga. Kalau bisanya cengkramanya hanya soal-soal yang berhubungan dengan kotak ajaib namun dengan padamnya lampu pendekatannya menjadi lebih dalam lagi. Komunikasi dan kedekatan berjalan beriringan saat larut malam tiba.
  6. Ada kesempatan juga untuk bercengkrama dengan tetangga. Sepertinya malam ini terasa hambar jika tidak diisi dengan komunikasi yang biasanya hangat. Daripada terbuang sia-sia mendingan cari tahu kabar berita terbaru dari tetangga sekalian juga gosip-gosip yang lagi hot di lingkungan kita. 😀
  7. Lebih menghargai waktu dan lebih menghargai orang lain. Kadang kita menganggap PLN itu tidak ada. Mungkin sangking sibuknya ativitas sehari-hari. Moment ini mengajarkan kita untuk tidak macam-macam dikantor dan lebih menghargai waktu. Ternyata PLN itu juga penting ya teman…. k’k’k’k
  8. Lebih banyak waktu untuk merenung dan koreksi diri. Saat kesepian bersatupadu dengan keheningan, hanya celoteh hewan malam yang terdengar nyaring di telinga ini. Sejenak kembali kebelakang sambil mengoreksi setiap detik yang telah berlalu, mungkin ada silaf dan dosa yang perlu diperbaiki esok hari.
  9. Hujan Inspirasi lagi. Inspirasi itu memang sangat langka teman namun saat kita berdiam dalam heningnya malam yang sepi sambil merenungi hari-hari yang telah dilalui saat itu juga kita menemukan banyak hal yang menarik yang harus ditulis dan dikabarkan kepada kawan agar bermanfaat untuk orang lain.
  10. Malam terasa lebih panjang, begadang ditiadakan malam ini. Seolah aktivitas ngeblogging seperti, mengunjungi situs terpopuler, blog walking, posting di forum-forum ternama dan yang lainnya sudah tidak ada lagi. Jadi lebih cepat tidur malam ini tanpa ada beban sedikitpun. Sehingga esok hari bangunnya lebih cepat dan tentu saja lebih segar.

Dampak buruk malam hari yang terlalu gelap

Sekalipun malam gelap tanpa listrik memberi manfaat yang lebih namun jangan lupa juga teman bahwa gelapnya malan ini tetap memberikan sisi gelap bagi kehidupan manusia. Berikut ini kerugian yang kita alami saat listrik telah padam total:

  1. Otomatis tidak ada hiburan. Televisi sebagai sumber hiburan utama dalam keluarga sedang tidur entah sampai kapan. Tontonan favorit juga hilang dariperedaran.
  2. Laju Informasi melambat. Pengetahuan kita akan kejadian terpanas hari ini tidak diupdate lagi. Wawasan kita hanya berkembang sebatas apa yang kita dengar dari tetangga dan orang-orang sekitar.

    Mau tahu Betapa pentingya informasi bagi kehidupan kita?

  3. Pekerjaan rumah jadi terbengkalai. Seperti menyetrika, memasak, menyuci dan lain sebagainya yang biasanya menggunakan listrik dan otomatis kembali ke manual.
  4. Pekerjaan dikantor menumpuk sebab yang biasanya dibawa kerumah jadi tidak dapat lagi dikerjakan apalagi yang berhubungan erat dengan peralatan elektronik seperti laptop.
  5. Harus tiap hari belanja. Mungkin biasanya belanja itu 2 atau tiga kali seminggu karena dirumah ada kulkas/ freezer. Pembeku yang kehilangan daya tidak dapat menahan awetnya bahan makanan/ makanan lebih lama lagi.
  6. Uang bensin bertambah terutama bagi mereka yang menggunakan genset.
  7. Yang memiliki usaha (UKM) biaya produksi juga bertambah.
  8. Awas maling menyusup ditengah gelapnya malam. Harus ekstra hati-hati buat teman-teman sebaiknya menutup pintu-pintu dan jendela saat hari masih terang. Buat jaga-jaga aja sih…. “bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati!”

Keuntungan pemadaman lampu yang bergilir/ pemadaman total bagi pengusaha

Sekalipun dampak negatif padamnya listrik terasa banget buat aktivitas di malam hari, masih ada juga lho, pihak-pihak yang diuntungkat atas kejadian ini. Wah…. Jangan-jangan ada unsur kesengajaan juga nich. Ada kongkalingkong alias deal-deal yang tersembunyi antara penguasa dan pengusaha K’k’k’k’ Berikut ulasan selengkapnya :

  1. Yang paling diuntungkan adalah POM bensin, makin laris aja tuh bensinya di jiregen.
  2. Pedagang genset, lampu rechargerable, lilin dan peralatan elektronik lainnya yang bisa menghasilkan, menyimpan dan mengakselerasi lampu dan barang elektronik lainnya.
  3. Biasanya kalau malam dah gelap-gulita beberapa orang kurang betah berlama-lama menyepi dirumah sendiri bersama keluarga. Jadi lebih enak nongkrong di warung, cafe, atau tempat-tempat berkumpul lainnya. Pemilik tempat ini jelas diuntungkan.
  4. Pemadaman listrik yang berulang kemungkinan merusak komponen elektronik. Otomatis alat elektronik beresiko rusak parah. Harus diperbaiki lagi nich atau bila perlu diganti sekalian. 😀

Persiapan yang harus dilakukan menunggu giliran pemadaman listrik

Adapun persiapan-persiapan yang perlu kita lakukan menyambut padamnya listrik yang tidak bisa ditebak itu bahkan sekalipun itu sudah terjadi, yaitu :

  1. Pastikan anda meletakkan korek api/ mancis, lilin dan lampu led anda ditempat yang mudah dijangkau walau gelap telah datang secara tiba-tiba.
  2. Siangnya pastikan batre Handpone sudah dicas sampai full.
  3. Persiapkan lilin atau lampu yang bisa menyimpan daya dan yang lainnya. Pastikan lampu rechargerable untuk di cas ulang saat dayanya terasa sudah meredup.
  4. Lampu led rechargerable yang sudah lama tidak digunakan (lebih dari tiga bulan) alangkah baiknya jika di cas ulang untuk mengembalikan daya yang telah hilang dimakan waktu dan mempertahankan keawetan batrenya.
  5. Bagi yang memiliki genset, ada baiknya jika memiliki minyak cadangan di jiregen untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terduga.
  6. Ada baiknya meletakkan genset ditempat dengan aliran udara yang lancar/ diluar rumah untuk mencegahnya cepat panas.
  7. Jangan lupa membaca buku panduan genset anda sebab ada batas waktu pemakian maksimal untuk setiap merek.

Itulah semuanya suka duka saat listrik dirumah sedang padam. Tidak masalah kalah padamnya itu hanya semalam-malaman. Agak jengkel juga kalau padamnya itu sampai berhari-hari. Tapi coba dinikmati saja karena semuanya ini ada hikmahnya. Sepertinya sampai disini saja kawan tulisan ini. Semoga bermanfaat buat yang lain.

Salam manis dari kegelapan malam!

Iklan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s