7 Alasan Mengapa perempuan lebih cepat dewasa daripada laki-laki – Sebuah teori untuk mendewasakan anak

Faktor penyebab perempuan lebih cepat dewasa daripada laki-laki

Dewasa-nya seorang perempuan sepertinya lebih kentara dimata masyarakat dibandingkan dengan seorang laki-laki. Apakah ini mitos atau fakta? Banyak yang tidak mengerti asal muasal argument ini. Saya sendiri merasa lebih cepat dewasa dibanding adek perempuan di umur yang sama. Ada perlakuan khusus yang kita rasakan dibalik semua kejadian ini.

Jangan buru-buru dewasa

Kedewasaan bukan masalah cepat atau lambatnya. Proses bisa singkat tapi kematangan pasti berbeda. Penilaian teradap karakter dan pola pikir tidak hanya memperhatikan pada kuantitasnya saja (pengetahuan yang luas) melainkan lebih kepada kualitasnya (kedewasaan itu sendiri). Cepat atau lambat tidak masalah yang penting tidak cengeng, mandiri, pegang prinsip, luwes, bisa menyesuaikan diri dan mudah berbaur dengan orang lain.

Perbedaan adalah proses pendewasaan

Setiap dari kita punya pengalaman kedewasaan yang berbeda-beda. Pabrik yang berbeda otomatis menghasilkan manusia yang berbeda pula. Oleh sebab itu hargailah setiap perbedaan kedewasaan. Ada orang yang sikapnya begini, ada orang yang tindakannya begitu, Ada orang yang menonjolkan ini dan ada pula orang yang mengedepankan itu. Itulah hidup teman, lihat, cermati dan selami semua sikap itu lalu ambil yang baiknya untuk diri sendiri sedangkan yang kurang berkenan tidak perlu dipersoalkan. Biarlah ia menjadi bunga-bunga kehidupan, ada bunga mawar, melati, taik ayam bahkan bunga bangkai. Tingkat kedewasaanlah yang menjadi pembeda dari semuanya ini.

Faktor yang menentukan kedewasaan

Harus disadari betul bahwa dewasa tidaknya seseorang ditentukan oleh banyak hal yang berhubungan langsung dengan kehidupannya. Kemajuan kepribadian sangat dipengaruhi oleh perkembangan otak. Banyak penelitian dari dunia barat (salah satunya jurnal Cerebral Cortex) menyatakan bahwa telah terjadi pengurangan hubungan antar sel dalam otak untuk membuatnya lebih efisien dan efektif dalam bekerja. Ini dapat diibaratkan ketika sebuah rangsangan diterima biasanya impuls syaraf mengalirkannya kesemua sel yang lain (keseluruh otak) akan tetapi setelah proses pendewasaan setiap rangsang yang di terima akan dikonsentrasikan ke bagian tertentu saja. Penyusutan ini menunjukkan bahwa orang dewasa lebih efektif dan efisien dalam berpikir.

Bagaimana pengalaman yang baik agar penyusutan ini dapat terjadi? Berikut akan kita pelajari bersama faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya penyusutan kerja otak.

  1. Pengalaman indra. Manusia memiliki 5 indra dimana setiap indra mempunyai pengalaman sendiri-sendiri. Misalnya, Komunikasi (telinga), pengamatan (mata), membaui (hidung), merasakan (kulit), dan mengecap (lidah).
  2. Pengalaman belajar. Baik di sekolah formal maupun informal.
  3. Pengalaman menghadapi masalah (gejolak sosial/ tekanan sosial). Masalah membantu kita memilah-milah mana hal yang penting dan tidak penting, apa yang harus dilakukan dan tidak harus dilakukan, hingga akhirnya menemukan solusi.

Dalam kasus ini, wanita lebih cepat dewasa karena faktor ke tiga. Mereka sudah sejak dini diberikan tanggungjawab oleh Bundanya sehingga keinginannya tertekan dan kepribadiannya berkembang lebih awal daripada pria.

Selengkapnya baca, Faktor yang menentukan kedewasaan anak

Mengapa perempuan lebih cepat dewasa daripada laki-laki

Mari kita bahas, mengapa perempuan perkasa lebih awal dari laki-laki? apa-apa saja yang menyebabkan wanita lebih dahulu dewasa ketimbang seorang pria. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Lebih diperhatikan oleh ibu

Para gadis lebih diperhatikan oleh ibunya. Ini mungkin karena perasaan senasib antara ibu dan anak yang sama-sama terlahir sebagai wanita. Lewat perhatian ini komunikasi dengan orang tua lancar, berkelanjutan dan berkualitas sehingga tanpa disadari cara pandang dan kedewasaan ibu ditransfer otomatis ke anak-anaknya. Sedangkan cowok-cowok kebanyakan kurang diperhatikan oleh ayahnya. Tanggung, ibu juga mau masuk dalam kehidupan anak laki-lakinya tapi segan karena tidak begitu paham tentang dunia pria. Perhatian dan komunikasi yang terbatas dengan anak membuat transfer nilai-nilai kedewasaan pada cowok melambat.

2. Lebih banyak menghabiskan waktu dengan orang yang lebih tua

Dewasa adalah perkembangan pola pikir. Lebih banyak menghabiskan waktu bersama orang yang lebih tua membuat cewek lebih dewasa. Kita lihat kebanyakan cewek lebih betah berlama-lama disamping ibunya. Moment bersama orang tua turut mempengaruhi kepribadian anak. Salah satu kemampuan anak adalah meniru sehingga dapat dikatakan bahwa ketika anak lebih lama disamping orang tuanya maka saat itulah sikap-sikap orang tua di copas (copy/ paste) olehnya. Padahal kebanyakan anak laki-laki lebih suka berlama-lama dengan mainannya sehingga ia mengalami perlambatan dalam hal meniru kedewasaan orang yang lebih tua (terutama orang dewasa).

3. Mau mengalah

Kedewasaan seseorang berawal dari sikap yang mau mengalah. Mengalah adalah salah satu sikap orang dewasa. Banyak anak perempuan yang saya amati lebih suka mengalah apalagi bila diberi pengertian oleh ibunya. Sedangkan mayoritas anak laki-laki justru bertindak sebaliknya “tidak mau kalah” dari orang-orang disekitarnya. Ingatlah bahwa kemauan untuk mengalah adalah sikap yang mencerminkan bahwa seorang anak mau dibentuk oleh orang tuanya.

4. Masih kecil namun ikut-ikut orang tua untuk bekerja

Kedewasaan seseorang berawal dari tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Sejak dari masa kecilnya, setiap gadis sudah nurut sama ibunya lalu diberikan tanggungjawab untuk membantu membersihkan rumah, memasak, belanja dan lain sebagainya. Sedangkan yang cowok-cowok pada kelayapan bermain dengan teman-temannya.

5. Bertanggung jawab terhadap diri sendiri

Pikiran yang dewasa berawal dari tanggungjawab terhadap diri sendiri. Anak perempuan sudah diajari untuk bertanggungjawab sejak dari masa mudanya, merapikan kamar sendiri, menyetrika baju sendiri bahkan mencuci baju sendiri. Tanggungjawab yang tekun dilakukan membuat mereka lebih dewasa dibandingkan dengan pria.

6. Lebih menghargai sistem senioritas di lingkungan pergaulan maupun sekolah

Seorang perempuan lebih menghargai sistem senioritas dalam pergaulan dibandingkan seorang pria. Ini membuat para gadis lebih luwes, senang bergaul dengan orang yang lebih tua darinya dalam kehidupan sehari-hari baik dilingkungan sekitar maupun di sekolah. Bergaul dengan orang yang lebih dewasa tanpa disadari membantu mentransfer nilai-nilai kedewasaan kepada kaum hawa. Sedangkan kebanyakan kaum adam enggan menghargai senioritas dalam pergaulan dan kebanyakan malah mencari teman-teman yang sama dengannya lalu membentuk dunianya sendiri.

7. Hidup mandiri jauh dari kasih sayang orang tua adalah puncaknya

Pada akhirnya anak perempuan yang memilih untuk hidup mandiri jauh dari orang tua yang mendewasakan seorang anak. Hidup sendiri jauh dari perhatian ortu mengajarkan seorang anak banyak hal. Mulai dari bertanggungjawab terhadap diri snediri, menyelesaikan masalah sendiri, menemukan semangat ditengah kesendiriaan, mulai mengerti betapa berharganya seorang teman, mulai peduli dengan lingkungan sekitar dan lain sebagainya.

Saya, laki-laki. Dahulu belum pernah mengalami nomor 1 – 6

Seperti yang telah dijelaskan diatas, enam dari tujuh hal yang tertulis sangat banyak dialami oleh perempuan. Inilah yang membuat mereka lebih duluan dewasa dari para pria. Waktu yang lebih banyak dihabiskan bersama dengan orang yang lebih tua, perhatian yang lebih, kemauan untuk mengalah dan penghargaan terhadap senioritas membat nilai-nilai kedewasaan ditransfer ke anak baik secara langsung maupun tidak langsung.

Saya sendiri jujur bahwa point satu sampai enam tidak di alami sewaktu kecil dan remaja. Sebab orang tua lebih fokus kerja daripada memperhatikan anak. Kita sendiri malah lebih banyak diperhatikan oleh tante dan nenek dirumah. Satu hal yang benar-benar menempa saya adalah point nomor tujuh.

 

 

 

 

 

Buat teman-teman yang non Kristen, anda tidak perlu membaca tulisan saya yang berikutnya. Sub judul berikutnya menceritakan tentang pengalaman rohani. Terimakasih kunjungannya.

 

 

 

 

 

 

 

Tuhan sahabat sejati

Hanya mengandalkan Tuhan, Diperhatikan oleh-NYA dan berlama-lama disisi-NYA sangat mendewasakan

Mengarungi lautan yang luas dan jarak yang jauh dari keluarga membuat saya benar-benar terpisah dari kasih sayang ibu. Di tanah orang sepinya hidup tanpa orang tua itu kentara banget. Sekalipun demikian saya tidak menyendiri terus dan tidak bergaul dengan sembarangan orang disana. Saya putuskan untuk tekun belajar dan tetap mencari Tuhan dalam hari-hari yang dilewati.

Satu saja organisasi yang diikuti adalah UKMKP UNIMED. Ini adalah organisasi kerohanian yang sangat mendekatkan saya kepada Tuhan Yesus. Ada yang namanya persekutuan kelompok kecil, bedah Alkitab, games, retret keluar daerah dan masih banyak lagi. Lewat organisasi kristen ini, saya menundukkan ego dan hawa nafsu lalu memilih untuk setia kepada-NYA.

Tidak lupa untuk saat teduh setiap hari, tekun mengikuti arahan kak Citra (kakak rohani saya dulu) dan senantiasa berpegang teguh pada aturan yang telah ditetapkan membuat hidup saya lebih terisi dan lebih berbeda dari orang-orang muda yang sezaman. Disinilah saya menemukan perhatian dan kedewasaan yang sesungguhnya.

Ingat teman, sekalipun anda tidak diperhatikan saat ini. Ada Tuhan yang senantiasa memperhatikan dan mendewasakan anda hari lepas hari. Ikuti lekak-lekuknya kehidupan tapi jangan terbawa arus dan kehilangan jati diri.

Salam luar biasa.

Iklan

One comment

  1. […] Perempuan-perempuan perkasa justru memiliki tubuh yang lebih kekar dan kulit yang kasar karena sudah berulang kali terkelupas karena kerasnya hidup. Mereka bekerja untuk orang-orang yang dicintai bukan mementingkan dirinya atau mencari kesenangan sendiri melainkan turut ambil bagian dalam membahagiakan selurah anggota keluarganya. […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s