9 Cara efektif mengusir lalat di warung – Cara mudah, murah dan alami mengatasi bahkan menghilangkan serangga pengganggu lalat

Cara mengusir lalat dan serangga pengganggu lainnya dari rumah dan warung anda

Lalat adalah binatang pengganggu yang sangat menyukai protein, lemak dan karbohidrat. Seperti manusia juga, serangga yang satu ini butuh protein dan bahan organik lainnya untuk pertumbuhan, perkembangbiakan dan regenerasi sel yang rusak. Inilah yang membuatnya begitu tertarik untuk menghinggapi makanan/ sisa makanan diatas meja.

Bahaya lalat bagi kesehatan manusia

Kebiasaan lalat rumah, lalat kecil, hijau dan buah untuk menghinggapi sisa-sisa inilah yang terkadang membuat kita risih. Mengapa tidak? Serangga ini membawa beragam penyakit dan menjadi salah satu vektor yang paling berpengaruh dalam penyebaran penyakit diare/ sakit perut, diare, demam tifoid (tifus), disentri, kolera, lepra, batuk, flu, TBC, cacingan dan penyakit parasit lainnya. Ini tentu sangat berbahaya bagi kesehatan masyarakat kita.

Warung makan adalah pusat penyebaran dan pengendalian penyakit di masyarakat

Edukasi kepada masyarakat sangat dibutuhkan tentang hal ini. Apalagi kepada mereka yang memiliki warung makan, kedai kopi, restoran, jajanan anak, dan usaha rumahan dibidang kuliner lainnya. Sebab rumah makan dan sejenisnya menjadi salah satu pusat penyebaran penyakit di masyarakat. Inilah yang dinamakan dengan usaha preventif/ pencegahan agar masyarakat terhindar dari penyakit. Namun bukan dengan cara menggusur/ menutup Usaha Kecil dan Menengah (UKM) seperti ini melainkan dengan memberitahu mereka bagaimana cara mudah dan efektif untuk mengusir bahkan menghilangkan sama-sekali lalat dari dagangan mereka.

Manfaat Lalat sebagai indikator keberadaan bahan kimia berbahaya

Jangan terlalu ilfil terhadap lalat kecil. Sebenarnya keberadaan mereka di sebuah rumah makan menandakan bahwa di warung makan itu bebas dari boraks dan formalin. Ingatlah teman bahwa jaman sekarang banyak pedagang curang dan kebohongan mereka makin tercium busuknya ketika tidak ada satupun lalat disana padahal makanan yang dijajakan di kaki lima dan terbuka (tidak menggunakan pembungkus). Penciumannya sangat peka bahkan sampai beberapa meter dari objek yang mengandung bahan kimia. Ingatlah, serangga ini ada satu-satu tidak apa-apa tapi kalau berkerumun sampai menghinggapi makanan juga itu jelas tidak sehat.

Selengkapnya, Bagaimana cara mengetahui bahan kimia berbahaya pada makanan

Cara efektif mengatasi bahkan menghilangkan lalat dari rumah

Berikut ini langkah efektif yang alami untuk mengusir bahkan menghilangkan lalat dari sekitar makanan kita.

1. Ingatlah bahwa lalat tertarik dengan sisa protein/ sisa makanan yang masih menempel dipermukaan lantai, meja, steling, dan perlengkapan makan lainnya. Oleh karena itu lakukan langkah sebagai berikut:

  • Pel lantai setiap pagi sesaat sebelum membuka warung.
  • Cuci steling setiap pagi sesaat sebelum membuka rumah makan (dengan sedikit sabun colek).
  • Cuci bersih wajan dan peralatan makan setiap kali pakai.
  • Setiap malam tiba dan kedai anda hendak tutup masukkan steling, kursi, meja dan peralatan jualan lainnya kedalam rumah agar anda terhindar dari orang-orang jahil.

2. Manfaatkan perasan jeruk nipis dan/atau cengkeh

  • Potong jeruk nipis simetris. Satu Bagian peras lalu campurkan/ ikutkan dalam sabun colek yang anda gunakan saat membersihkan stelling dan meja saji/ peralatan masak.
  • Satu bagiannya lagi biarkan menelungkup terbuka pada steling jualan, boleh juga diikutkan dengan cengkeh yang ditancapkan pada bagian tengahnya. Ganti jeruk ini setiap hari.
  • Boleh juga anda menumbuk beberapa bunga cengkeh kering dan menambahkannnya kesabun cuci piring/ peralatan masak anda.

Selengkapnya, Khasiat jeruk nipis sebagai buah ajaib

3. Menggunakan larutan garam

  • Garam adalah mineral ajaib yang dapat mengsir serangga dari lingkungan rumah anda. Tidak hanya itu saja bahkan semut, kecoak, lipan, kalajengking, tikus, ular dan hewan pengganggu lainnya dari sekitar rumah dan warung anda.
  • Selain itu, larutan garam juga seperti desinfeksi yang membunuh jamur, bakteri dan virus dari permukaan meja dan steling anda.
  • Penggunaannya bersamaan dengan jeruk nipis adalah pilihan yang bagus untuk membebaskan lingkungan usaha “rumah makan” yang anda jalani dari berbagai serangga dan binatang pengganggu.
  • Tambahkan 1/2 sampai 1 sendok teh garam dalam semua air cucian yang digunakan untuk membersihkan permukaan lantai, meja dan steling bahkan peralatan dapur (wajan penggorengan, kukusan, kuali, pisau dan lainnya) dan peralatan makan juga (piring, gelas, sendok makan dan garpu). Jumlah garam yang digunakan boleh lebih, tergantung dari banyaknya peralatan yang hendak bersihkan.

4. Memberdayakan plastik kembung yang di isi dengan setengah air

  • Isi plastik bening dengan setengah air putih jernih
  • Ikat mulutnya dan biarkan isinya terlihat padat/ kembung
  • Gantungkan plastik ini didekat/ dibawah lampu
  • Manfaatnya adalah untuk membiaskan penglihatan lalat sehingga dia kehilangan arah dan kebingungan lalu pergi begitu saja.

5. Menggunakan tirai

  • Menggunakan Tirai yang bersih membantu menghalangi masuknya lalat menghinggapi makanan & minuman dalam steling anda.
  • Anda juga dapat menggunakan tirai pada jendela dan pintu untuk menghalangi binatang kecil ini memasuki tempat usaha anda.

6. Membersihkan lingkungan sekitar anda dari sampah terbuka

  • Dengan lingkungan yang bersih dan bebas sampah baik disamping, didepan dan juga dibelakang rumah akan membantu mengurangi jumlah lalat di kedai.
  • Jangan menumpuk sampah disalah satu tempat dengan terbuka karena sisa protein disana dapat mengundang lalat berkerumun.
  • Manfaatkan tempat sampah yang tertutup untuk menghindari kontak dengan lalat.
  • Anda boleh juga memanfaatkan kresek/ plastik belanjaan untuk menampung dan mengumpul sampah secara tertutup.

7. Pilihan alami lainnya

  • Ada banyak macam pilihan untuk mengusir serangga pengganggu ini dari rumah dan tempat usaha anda. Tanamlah tumbuhan herbal yang mengeluarkan wewangiaan di sekitar tempat tinggal anda. Tanaman inipun dapat diletakkan di tempat-tempat dimana angin masuk (akses masuk hunian anda), misalnya di dekat pintu dan di dekat jendela.
  • Memanfaatkan daun-daun alami yang baunya menyengat untuk diletakkan di sekitar makanan.
  • Daun serai, jeruk (all variant), bawang putih, pandan, kemangi, mint, lavender dan sebagainya dengan cara meletakkannya di dalam steling anda.
  • Memanfaatkan tanaman pengusir serangga juga sangat efektif seperti tanaman tomat, lavender, tansy, pennyroyal, kantung semar atau rue dan lain-lain dengan cara menanam tanaman tersebut didalam pot lalu letakkan disekitar warung anda.
  • Satu-satunya cara alami menghilangkan lalat adalah dengan cara membuat rumah anda tertutup sama-sekali sehingga tidak ada jalan masuk buat serangga pengganggu ini.

8. Teknik mekanik

  • Beberapa rumah makan yang modalnya sudah lumayan melakukan teknik ini.
  • Mereka menggunakan kipas angin untuk menghalau lalat dengan meletakkannya lebih tinggi dari posisi pelanggan yang sedang menyantap makanan.
  • Dapat juga dengan mengarahkan kipas tersebut kearah luar pintu untuk menghalau masuknya serangga pengganggu ini.
  • Jauhi serangga ini dari steling dan meja makan dengan memanfaatkan lilin. Harap hati-hati dalam menggunakannya, jangan didekatkan dengan benda-benda yang mudah terbakar. Sesuaikan ukuran lilin dengan steling agar tidak sampai menyebabkan kebakaran dan kaca pecah.
  • Reket listrik adalah salah satu pilihan mekanik untuk menjauhkan hewan kecil ini dari dagangan anda. Akan tetapi kelemahannya adalah ia tidak bekerja secara otomatis. Kita dituntut untuk mengeluarkan tenaga ekstra dan mengawasi lalat yang datang 24 jam (apa sanggup 😀 ).
  • Mengusir serangga ini dengan lem lalat menjadi salah satu pilihan namun ini tidak baik juga bila di lihat oleh pelanggan di warung sebab memberikan kesan jorok.

9. Secara Kimiawi

  • Membasmi lalat rumah, kecil, buah dan hijau dengan cara kimia memang sangat praktis dan mudah dilakukan.
  • Silahkan beli di toko pertanian, toko pestisifda pembasmi hama atau toko yang menjual alat kebutuhan rumah tangga. Ada banyak pilihan untuk tujuan ini.
  • Masalahnya adalah, bahan kimia berbahaya bagi kesehatan. Belum lagi jika zat tersebut tidak sengaja jatuh ke makanan dan minuman yang disediakan, bisa keracunan tuh…..

Pastikan makanan kita bersih sebab makan adalah salah satu jalur utama masuknya penyakit ke dalam tubuh. Bersih itu indah, sehat dan mudah asal kita tahu caranya. Ini juga bisa mengusi serangga lainnya seperti kecoak, nyamuk dan lain sebagainya.

Dimana ada sampah organik terbuka maka disitu ada lalat

Salam sehat alami

Iklan

2 comments

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s