10 Cara mencegah windows instal ulang terus – Mengatasi crash yang berulang-ulang dalam sistem operasi windows PC

 

Cara mengatasi windows yang sering meminta untuk di instal ulang terus

Salam sahabat IT

Teknologi tidak bisa lepas dari kehidupan kita. Tanpa teknologi banyak hal yang tidak bisa dilakukan dan dinikmati bersama keluarga. Dalam dunia kerjapun teknologi membantu memperlancar pekerjaan sehari-harinya. Bahkan tidak berlebihan jika kita katakan bahwa tanpa teknologi mobilitas/ pergerakan kita terbatas disitu-situ saja.

Teknologi komputer memudahkan pekerjaan dikantor. Waktu yang dipergunakan untuk bekerja menjadi lebih efektif dan efisien. Masalah baru muncul ketika windows PC yang kita gunakan mulai usang. Start up mulai lambat, proses membuka sebuah software lebih lemot dari biasanya. Ini jelas tidak kita inginkan sebab beresiko menghilangkan data-data penting dan memperlambat kerja pada umumnya.

Keadaan seperti ini tidak bisa ditoleransi lebih lama lagi. Keputusan untuk menginstal ulang menjadi alternatif terbaik. Tentu saja harus menunggu hingga seluruh aplikasi diinstal kembali, waktu satu dua hari itu tidak terasa untuk urusan ini. Tetapi bagi yang sudah biasa hanya butuh beberapa jam saja.

Kita sendiri memperbaiki-nya langsung sebab kegiatan ini tidak begitu sulit bagi yang sudah terbiasa. Sambil juga menghemat ongkos perbaikan yang mungkin harus dikeluarkan. Kadang kesal juga terus menerus melototin komputer dan mengamati pergerakan angka dalam setiap proses instalasi. Oleh sebab itu, bagi teman-teman yang ingin melakukan instal ulang lebih baik serahkan saja sama tukang reparasi di kota. Hanya saja resikonya adalah ketika apa yang diinstal oleh sikawan tidak sesuai dengan harapan kita. Ini kerap kali terjadi apalagi ketika siabangnya suka otak-atik hardware bawaan di PC kita. Berhati-hatilah mempercayakan perbaikan perangkat komputer anda ke orang lain. Jaman sekarang, pedagang yang tidak jujur, bukan tidak ada. Kejelian dan kewaspadaan kitalah yang mampu mengenali itu.

Berdasarkan pengalaman beberapa bulan ini, Windows PC tetap awet tenan dan stabil jika fitur update otomatisnya diaktifkan. Pengalaman ini tidak sengaja saya temukan setelah instal ulang beberapa kali (dalam waktu dekat) dan lupa menonaktifkan fitur ini dalam mode otomatis. Niscaya sampai sekarang laptop baik-baik saja tanpa ada crash yang berarti.

Masalah driver juga sangat penting untuk notebook/ laptop/ pc/ desktop yang kita gunakan. Sebab harus ada sinkronisasi, jika menggunakan windows yang senantiasa update maka gunakanlah juga driver yang selalu update. Kedua-duanya harus update jika terjadi ketimpangan dimana hanya OS anda saja yang selalu diperbaharui atau hanya driver saja maka akan terjadi ketidak seimbangan sistem dikarenakan oleh ketidak selarasan antara kedua hal ini. Inilah yang sering menyebabkan windows minta di instal ulang terus. Artinya jika OS anda senantiasa di-update maka driver juga harus.

Memang tidak hanya itu saja cara yang kita efektifkan untuk memaksimalkan kinerja windows. Berikut cara-cara praktis lainnya untuk membuat windows lebih ringan dan tidak haus di instal ulang terus.

  1. Instal yang asli.

    Usahakan untuk mengistal sistem operasi windows bawaan/ original yang didownload langsung dari situs windowsnya. Harganya memang mahal tapi ada versi trial-nya toh… yang langsung didownload dari situs microsoft.com. Hati-hati mendownload instalasi windows dari situs lain sebab saya telah beberapa kali terjebak masalah hanya karena mendownload instalasi windows yang sudah di otak-atik sama hackernya.

  2. Temukan sendiri aktivatornya.

    Kalau untuk aktivatornya sendiri, silahkan cari saja di internet atau anda bisa langsung mencarinya di situs kuyhaa-android19.com atau silahkan browsing di google.

  3. Pastikan untuk tetap update.

    Nyalakan fitur windows update otomatis (biasanya ini sudah default). Caranya klik start >> ketik dikolom search “windows update” (tanpa tanda kutip) >> klik “windows update settings” >> Klik “chose how update get instaled” >> Pilih “Instal updates automatically (recomended).

    Satu-satunya kerugian mengaktifkan fitur update otomatis adalah kuota internet anda bakal disedot secara diam-diam. Oleh sebab itu siapkan dana yang cukup untuk itu.

  4. Gunakan software default.

    Gunakan antivirus bawaan windows seperti Microsoft Security Essensial atau windows defender
    Instal aplikasi yang diperlukan saja. Untuk apa juga menginstal aplikasi sekelas adobe kalau tidak pernah digunakan?

  5. Update driver anda,

    Gunakan driver yang kompatible dengan OS yang dijalankan. Jika anda tidak tau kemana mencari driver yang cocok untuk windows yang sedang dijalankan maka gunakanlah driver pack solution.
    – Buang driver lama anda dan peroleh secara online hanya yang anda butuhkan.
    – Jika anda ingin update driver secara offline bisa juga di download.
    – Driver pack solution lebih praktis dan lebih update sehingga sangat kompatible dengan OS terbaru yang sedang digunakan.

  6. Boleh juga tidak menggunakan driver agar lebih ringan.

    Bagi anda yang hanya menggunakan laptop/ destop PC dengan feature standar istilahnya hanya buat ngetik dan urusan kantor saja sebaiknya tidak perlu menginstal driver sebab OS bisa berjalan sendiri dengan normal secara default/ standar.

  7. Tidak perlu menginstal registry/ cleaner ini atau itu, windows bisa kok memperbaiki diri sendri.

  8. Penggunaan software sesuaikan dengan kapasitas PC anda.

    Gunakanlah barang elektronik ini sesuai dengan fungsinya sejak dari awal yang ditentukan oleh pabrik pembuatnya. Jangan sampai sesuatu yang diperuntukan untuk pekerjaan ringan dengan spec rendah digunakan juga untuk main game berkapasitas besar.
    Terlalu banyak menggunakan software juga dapat merusak laptop/ komputer anda. Alangkah baiknya jika menghemat kapasitas dengan memasang software satu untuk setiap jenis/ genre.

  9. Manfaatkan yang portable.

    Gunakan aplikasi portable untuk membuat laptop/ komputer anda semakin ringan. Silahkan berkunjung dimari untuk mendapatkannya portableapps.com Keuntungan lain dari aplikasi portable adalah software komputer anda tetap aktif dan database didalamnya tetap sama sekalipun telah diinstal ualang.

  10. Biarkan semua nilainya default untuk pengaturan sebab windows lebih pintar dari kita dan dia tahu apa yang dia butuhkan.

  11. Beli yang baru atau perbaiki yang lama.

    Masalah OS yang crash terus-menerus turut dipengaruhi oleh hardware-nya. Sebaiknya anda mengkonsultasikan keadaan ini kepada seseorang yang ahli. Hardware komputer yang bermasalah turut mempengaruhi OS didalamnya. Oleh karena itu silahkan diperbaiki ke agent terdekat atau bila anda punya budget maka belilah yang baru.

Sepertinya itu saja yang perlu anda lakukan teman. Itu semua juga yang kita lakukan di laptop kita sampai awet muda dan tetap kelihatan fresh disegala waktu dan disemua kondisi.

Salam teknologi yang berkelanjutan!

Iklan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s